alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57972d995a51633e348b4569/miskonsepsi-tentang-penyebab-pasang-surut-air-laut
Miskonsepsi Tentang Penyebab Pasang Surut Air Laut
:welcome :welcome :welcome :welcome :welcome

Apa yang terbayang ketika ada pertanyaan apa sih penyebab Pasang-Surut Air laut? I bet kebanyakan dari kita menjawab penyebabnya adalah karena GAYA GRAVITASI BULAN.

Penjelasan seperti ini bisa didapatkan dari buku-buku pelajaran IPA dari SD-SMP-SMA, atau juga dari WIKIPEDIA (Gravitasi bervariasi secara langsung dengan massa tetapi berbanding terbalik terhadap jarak, lihat Rumus Gravitasi NEWTON. Meskipun ukuran bulan jauh lebih kecil dari Matahari, namun gaya gravitasi Bulan dua kali lebih besar dari pada gaya tarik Matahari dalam membangkitkan pasang surut laut karena jarak bulan lebih dekat daripada jarak Matahari ke bumi.). Lebih lengkap silahkan ke sumur https://id.wikipedia.org/wiki/Pasang_laut

Mungkin kita akan langsung setuju karena FAKTA nya air laut surut terjadi saat siang, sedangkan pasang terjadi saat Malam hari dimana Bulan ada di atas kita. Makanya kita berfikir bahwa Bulan lah yang menarik air laut pada malam hari sehingga terjadi pasang pada malam hari.

Tetapi tahukah kita bahwa ternyata sebenarnya pernyataan itu SALAH, kenapa SALAH? coba hitung dengan rumus Gaya Gravitasi Newton!!!

Iya sih memang jarak Bumi ke Matahari lebih jauh ketimbang Bulan (390 kali), tetapi tolong dong jangan abaikan pengaruh Massa terhadap Gaya Gravitasi. Coba perhatikan rumus Gaya Gravitasi Newton berikut:
:nulisah

F = G x M1 x M2 / r^2

dimana:
F = Gaya Gravitasi
G = Konstanta/Tetapan Gravitasi, 6.67 x 10^-11 Nm2/kg2. Bisa diabaikan dalam perhitungan kali ini - karena perbandingan saja jadi bisa dicoret.
M1 = Massa Benda 1
M2 = Massa Benda 2
r = Jarak kedua benda

Data:
Massa Bumi = 5.97 x 10^24 kg
Massa Bulan = 7.35 x 10^22 kg
Massa Matahari = 1.99 x 10^30 kg

Jarak Bumi - Bulan = 384 400 km
Jarak Bumi - Matahari = 149 600 000 km


Coba anda semuanya hitung, maka anda akan mendapatkan bahwa Gaya Gravitasi Matahari - Bumi adalah 178.76 kali LEBIH BESAR ketimbang Gaya Gravitasi Bulan - Bumi.
:nulisah

Jika demikian, maka seharusnya air laut justru pasang ketika matahari ada di atas air laut alias siang hari karena gaya tarik Matahari JAUH JAUH LEBIH BESAR ketimbang Bulan.. Tetapi kan FAKTA nya tidak, berarti penyebab terjadinya Pasang Surut Air laut BUKAN karena Gravitasi Bulan>Matahari..!!!

Jangankan untuk menarik air laut dari bumi yang jauhnya 384 400 km (500 kali lipat jarak Surabaya - Jakarta via Pantura), lha wong menarik dan MENAHAN ATMOSFER (berupa udara yang massa jenis nya jauuuhh jauhh jauhh lebih ringan dari air laut) di PERMUKAAN nya saja si bulan TIDAK MAMPU karena gravitasi nya sangat kecil.. :gagalpaham

Atau 1 lagi nih. Matahari itu mampu menarik planet2 dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter (paling besar),......... Pluto (2006 dicoret sebagai planet di tatasurya) kesemua muaaaanyaaaa........... eh masa iya kalah tarik-tarik an Air Laut sama Bulan yang hanya bagian dari satelit alamnya Bumi???? Ngek ngoookkk......

agar lebih gampang, cekidot ilustrasi di bawah ini: emoticon-Stick Out Tongueencet
Miskonsepsi Tentang Penyebab Pasang Surut Air Laut

emoticon-Request Any thoughts? share dong.. :terimakasih

*trit ini adalah versi upgrade dari trit di Lounge "http://www.kaskus.co.id/thread/5795926512e257f5198b456d/penyebab-pasang-surut-air-laut" pindah ke Sains & Teknologi agar lebih tepat.
nyimak dulu emoticon-Cool
emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By peyotpetot
emoticon-Matabelo


Buset, sampai agan peyotpetot pun tak mampu berkata2.
Nunggu agan pi, keknya musuh abadi nya bikin akun lagi. emoticon-Ngakak
http://oceanservice.noaa.gov/educati...s/welcome.html emoticon-Matabelo

Trus apa?

Gua mesti percaya sama teori lu, itung2an satu rumus lu, logika sd lu, dan harus mengesampingkan fakta ilmiah yang udah diakui di seluruh dunia, diterapkan di seluruh dunia, yang usah diresearch secara mendalam selama bertahun2, Emangnya lu siapa, dapet sumber dari mana, berani2nya nentang mereka yang jauh lebih berpengalaman, dan teknologi canggihnya

Bullshit!
Quote:Original Posted By cosebel


Buset, sampai agan peyotpetot pun tak mampu berkata2.
Nunggu agan pi, keknya musuh abadi nya bikin akun lagi. emoticon-Ngakak


Iya .. karena gak pernah terpikir sebelumnya emoticon-Hammer2
tapi setelah nggugel .. ternyata memang disebabkan oleh bulan, walaupun ceritanya tidak sesederhana yang diajarkan oleh guru di sekolah ... emoticon-Matabelo

Itung-itungannya yang disajikan di atas sudah benar kok ... cuma ada faktor lain yang menyebabkan bulan lebih "kuat" pengaruhnya.

Jarak bumi dan matahari yang lumayan jauh menyebabkan gravitasi matahari yang sampai ke bumi bisa dianggap "merata", hampir tidak ada perbedaan antara gravitasi yang diterima oleh sisi yang menghadap matahari dengan sisi yang membelakangi matahari.

Sedangkan jarak bumi dan bulan yang dekat membuat perbedaan gravitasi bulan di sisi yang menghadap bulan lumayan lebih besar dibanding di sisi yang membelakangi bulan. Dan itu lah yang menyebabkan terjadinya tambahan volume air yang paling besar pada fenomena air pasang.

Ibaratnya, bulan memencet jerawat di muka bumi, sedangkan matahari menarik seluruh kepala bumi ke pelukannya.

Begitu looooh ................................................................ emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By malikf4
Gua mesti percaya sama teori lu, itung2an satu rumus lu, logika sd lu, dan harus mengesampingkan fakta ilmiah yang udah diakui di seluruh dunia, diterapkan di seluruh dunia, yang usah diresearch secara mendalam selama bertahun2, Emangnya lu siapa, dapet sumber dari mana, berani2nya nentang mereka yang jauh lebih berpengalaman, dan teknologi canggihnya

Bullshit!


Anak lonj? emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By peyotpetot


Iya .. karena gak pernah terpikir sebelumnya emoticon-Hammer2
tapi setelah nggugel .. ternyata memang disebabkan oleh bulan, walaupun ceritanya tidak sesederhana yang diajarkan oleh guru di sekolah ... emoticon-Matabelo

Itung-itungannya yang disajikan di atas sudah benar kok ... cuma ada faktor lain yang menyebabkan bulan lebih "kuat" pengaruhnya.

Jarak bumi dan matahari yang lumayan jauh menyebabkan gravitasi matahari yang sampai ke bumi bisa dianggap "merata", hampir tidak ada perbedaan antara gravitasi yang diterima oleh sisi yang menghadap matahari dengan sisi yang membelakangi matahari.

Sedangkan jarak bumi dan bulan yang dekat membuat perbedaan gravitasi bulan di sisi yang menghadap bulan lumayan lebih besar dibanding di sisi yang membelakangi bulan. Dan itu lah yang menyebabkan terjadinya tambahan volume air yang paling besar pada fenomena air pasang.

Ibaratnya, bulan memencet jerawat di muka bumi, sedangkan matahari menarik seluruh kepala bumi ke pelukannya.

Begitu looooh ................................................................ emoticon-Ngacir



emoticon-Matabelo
baru kepikiran juga kalo seterpi ituemoticon-linux2

=========
kok analogi-nya tarik sama pencet sih om?emoticon-EEK!
lebih cocok kalo pake pencet dan rangkulemoticon-Malu
Quote:Original Posted By peyotpetot


Iya .. karena gak pernah terpikir sebelumnya emoticon-Hammer2
tapi setelah nggugel .. ternyata memang disebabkan oleh bulan, walaupun ceritanya tidak sesederhana yang diajarkan oleh guru di sekolah ... emoticon-Matabelo

Itung-itungannya yang disajikan di atas sudah benar kok ... cuma ada faktor lain yang menyebabkan bulan lebih "kuat" pengaruhnya.

Jarak bumi dan matahari yang lumayan jauh menyebabkan gravitasi matahari yang sampai ke bumi bisa dianggap "merata", hampir tidak ada perbedaan antara gravitasi yang diterima oleh sisi yang menghadap matahari dengan sisi yang membelakangi matahari.

Sedangkan jarak bumi dan bulan yang dekat membuat perbedaan gravitasi bulan di sisi yang menghadap bulan lumayan lebih besar dibanding di sisi yang membelakangi bulan. Dan itu lah yang menyebabkan terjadinya tambahan volume air yang paling besar pada fenomena air pasang.

Ibaratnya, bulan memencet jerawat di muka bumi, sedangkan matahari menarik seluruh kepala bumi ke pelukannya.

Begitu looooh ................................................................ emoticon-Ngacir




Anak lonj? emoticon-Cape d...


hmm gitu yaa.. tapi gan, iya ane masih ga ngeh yang bagian analogi yg agan bikin dg pencet2 jerawat, dst...

yang ttg jarak bumi terhadap matahari yg sangat jauh membuat gravitasi matahari bisa dianggap "merata" itu dasar hukum (rumus) nya dari mana gan? kyknya ga ada deh ahli fisika yg membuat korelasi/hubungan antara jarak dengan tingkat persebaran gaya tarik.. lagipula ukuran bulan dan matahari itu sama kalau dilihat dari bumi, coba cek pas terjadi gerhana total, sama kan. Bulan karena memang ukuranya kecil, matahari meski ukuran besar tapi jaraknya 390 kali lebih jauh sehingga terlihat ukuranya sama dengan bulan.. Jadi kalau dibayangin nyubit balon (ane ambil contoh sesuatu yg bisa berubah bentuk, bukan benda solid), maka ukuran cubitan bulan dan matahari sama ukuran cuman beda tarikan, matahari lebih kejam nariknya... mungkin analogi di atas lebih pas gan.. emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By pitik.oenyoe


emoticon-Matabelo
baru kepikiran juga kalo seterpi ituemoticon-linux2

=========
kok analogi-nya tarik sama pencet sih om?emoticon-EEK!
lebih cocok kalo pake pencet dan rangkulemoticon-Malu


Hehe ane juga baru kepikiran seterpi itu.. emoticon-Angel

Quote:Original Posted By maximum.bagus


hmm gitu yaa.. tapi gan, iya ane masih ga ngeh yang bagian analogi yg agan bikin dg pencet2 jerawat, dst...

yang ttg jarak bumi terhadap matahari yg sangat jauh membuat gravitasi matahari bisa dianggap "merata" itu dasar hukum (rumus) nya dari mana gan? kyknya ga ada deh ahli fisika yg membuat korelasi/hubungan antara jarak dengan tingkat persebaran gaya tarik.. lagipula ukuran bulan dan matahari itu sama kalau dilihat dari bumi, coba cek pas terjadi gerhana total, sama kan. Bulan karena memang ukuranya kecil, matahari meski ukuran besar tapi jaraknya 390 kali lebih jauh sehingga terlihat ukuranya sama dengan bulan.. Jadi kalau dibayangin nyubit balon (ane ambil contoh sesuatu yg bisa berubah bentuk, bukan benda solid), maka ukuran cubitan bulan dan matahari sama ukuran cuman beda tarikan, matahari lebih kejam nariknya... mungkin analogi di atas lebih pas gan.. emoticon-Smilie



Hehe ane juga baru kepikiran seterpi itu.. emoticon-Angel



Coba gunakan rumus gravitasi untuk menghitung daya tarik bulan di sisi yang menghadap bulan dan yang membelakangi bulan.
Gunakan juga rumus yang sama untuk menghitung sisi yang menghadap matahari dan yang membelakangi matahari.

Terlihat bahwa rasio antara gravitasi yang menghadap dan membelakangi lebih besar bulan daripada hasil rumus yang sama dari matahari.

Jadi semua air laut tertarik, tapi yang lebih tertarik ke bulan di sisi menghadap bulan lebih banyak daripada yang membelakangi. Hal yang sama juga terjadi akibat gravitasi matahari, cuma perbedaan sisi yang menghadap dan membelakangi lebih kecil daripada bulan.

Sebenarnya para ahli astronomi sudah dari dulu tahu kok soal perbedaan daya tarik di sisi menghadap dan membelakangi. Fenomena perbedaan daya tarik di sisi yang menghadap dan membelakangi ini dipakai oleh para ahli astronomi untuk menjelaskan terjadinya cincin Saturnus. Pada masa lalu, tidak ada cincin tapi satelit yang mengorbit terlalu dekat ke planet Saturnus, lalu akibat perbedaan gravitasi antara sisi yang menghadap dan membelakangi Saturnus maka satelit tersebut pecah berantakan. Kalo kenapa jadi halus, itu karena pecahannya saling bertabrakan selama jutaan tahun.

Wah baru tau ane gan, thx udah share. Ijin bookmark dulu gan.
https://en.wikipedia.org/wiki/Tidal_force

emoticon-Smilie
ada thread dikaskus yg bilang pasang surut ntu sebenernya bukn gr2 bulan tpi rotasi bumi emoticon-Leh Uga
Demen ginian sayang ane g pinter itung2 an emoticon-Hammer2
lumayan gan,, tapi emang pasang surut disebabkan oleh bulan,,
bukan karena bulan lebih kuat,, tapi karena bulan memberikan efek terhadap bentuk laut..