CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Mengenal 'Republik Tiongkok', Negara Besar yang Kini Dikucilkan Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5777478596bde61e308b456d/mengenal-republik-tiongkok-negara-besar-yang-kini-dikucilkan-dunia

Mengenal 'Republik Tiongkok', Negara Besar yang Kini Dikucilkan Dunia

Mengenal 'Republik Tiongkok', Negara Besar yang Kini Dikucilkan Dunia
emoticon-Ultah Selamat datang, dan terima kasih sudah mampir ke thread saya yang pertama emoticon-Ultah


Mengenal 'Republik Tiongkok', Negara Besar yang Kini Dikucilkan Dunia

Saat ini, istilah ‘Tiongkok’ atau ‘China’ mengacu pada ‘Republik Rakyat Tiongkok’, sebuah negara komunis yang menguasai hampir seluruh wilayah Asia Timur. Negara bentukan Mao Zedong ini hingga sekarang dikenal sebagai “raksasa ekonomi dunia” setelah Amerika Serikat. Selain itu, Tiongkok juga merupakan salah satu anggoto tetap daripada Dewan Keamanan PBB (Selain Amerika, Per.Inggris, Prancis, dan Federasi Rusia).
Namun, jarang dari kita yang mengenal negara ‘Republik Tiongkok’. Yang sebenarnya, negara tersebut terbilang lebih tua dan memiliki perjuangan yang luar biasa bagi rakyat Tiongkok. Nah, di sini ane akan bahas tentang Republik Tiongkok. Silaken disimak, gan emoticon-Jempol

Spoiler for 1.Dahulu Menguasai Asia Timur, kini Hanya Sebesar Pulau Taiwan:

Spoiler for 2. Konflik Kaum Komunis (Kunchangtang) dengan Kaum Nasionalis (Kuomintang) dan Perang Saudara Tiongkok:


Spoiler for 3. Barisan Terdepan Melawan Fasisme Jepang:


Spoiler for 4. Dahulu Anggota Tetap DK PBB, Kini Justru “Dikeluarkan” dari PBB:


Spoiler for 5. Jangan Panggil Kami Tiongkok, Sebutlah Kami Sebagai “Taiwan”:



Spoiler for Bonus:


PENUTUP

Sebagai sebuah negara, Taiwan berhak untuk mendapat pengakuan sebagai negara yang berdaulat. Saatnya kita menghargai dan menghormati Taiwan sebagai sebuah negara yang merdeka, Taiwan yang tidak terikat oleh Republik Rakyat Tiongkok.

Apakah anda mengakui Taiwan sebagai provinsi daripada Tiongkok atau bukan, itu bukan masalah bagi mereka. Taiwan hanya ingin diakui sebagai negara merdeka. sebagaimana kita Indonesia. emoticon-Shakehand2


Terima kasih buat agan-agan yang udah mampir di thread ane, jangan lupa emoticon-Toast


Halaman 1 dari 41
waktu perang saudara emang gak dibantuin sama mamarika?

Ane kira masih bagian dari rrc

Ternyata memang ada konflik dulunya emoticon-Big Grin

emoticon-Traveller
Quote:


sebenernya pihak KMT/nasional sempet dibantuin ama USA
tp kemudian dicabut
dr terawangan mod berwin yg diberikan kepada ane, katanya pihak KMT/nasionalis make dana buat foya2, jd pihak USA jd males ndanain, gak tau deh bener apa gak emoticon-Hammer2
Diubah oleh dragonroar
Karena RRC punya kebijakan untuk memutus hubungan diplomatik kepada negara manapun yg berani mengakui kedaulatan Taiwan / RoC, cuma sedikit negara yg punya hubungan diplomatik dengan Taiwan. Sebagai gantinya, supaya bisa menjalin hubungan dengan negara-negara yg punya hubungan diplomatik dengan RRC, Taiwan mendirikan "kantor dagang" di negara-negara terkait (termasuk di Indo & AS). Dan untuk menghindari kesan kalau kantor dagangnya adalah kedutaan tidak resminya Taiwan, kantor dagangnya memakai nama identitas Taipei

Quote:


Kubu nasionalis / KMT awalnya dapat bantuan uang + senjata dari AS. Tapi tujuan AS ngasih bantuan itu sendiri lebih sebagai cara untuk membangun ulang Cina usai perang melawan Jepang semasa WWII. Sementara AS maunya kubu nasionalis & komunis segera akur buat mendirikan pemerintahan bersama. Tapi setelah AS ngeliat kalau kubu nasionalis nggak berminat untuk berbagi kekuasaan & nggak bisa memanfaatkan uang bantuan dari AS secara efisien, akhirnya AS mundur dari Cina pada tahun 1947 & menganggap perang di Cina sebagai urusan internal mereka

Baru setelah AS ngeliat tentara Cina berhamburan di Korea semasa Perang Korea, AS sadar kalau politik ekspansionis RRC terlalu berbahaya jika dibiarn begitu aja. Sehingga sejak itu, AS berkomitmen untuk mendukung negara-negara non-komunis di Asia Pasifik
Diubah oleh Shuma-Gorath
Tapi masih makmur aja sampe skrg
'What Do You Really Want From Us?'

Duo-Liang Lin,
Professor Emeritus of Physics, State University of New York, Buffalo
around 2008 OLYMPICS in Beijing


When we were the Sick Man of Asia,We were called the Yellow Peril.
When we are billed as the next Superpower, we are called The Threat.

When we closed our doors, you launched the Opium War to open our markets.
When we embraced free trade, you blamed us for stealing your jobs.

When we were falling apart, you marched in your troops and demanded your fair share.
When we tried to put the broken pieces back together again, Free Tibet, you screamed. It was an

Invasion!

When we tried communism, you hated us for being communist.
When we embraced capitalism, you hated us for being capitalist.

When we had a billion people, you said we were destroying the planet.
When we tried limiting our numbers, you said we abused human rights.

When we were poor, you thought we were dogs.
When we lend you cash, you blame us for your national debts.

When we build our industries, you call us polluters.
When we sell you goods, you blame us for global warming.

When we buy oil, you call it exploitation and genocide.
When you go to war for oil, you call it liberation.

When we were lost in chaos, you demanded the rule of law.
When we uphold law and order against violence, you call it a violation of human rights.

When we were silent, you said you wanted us to have free speech.
When we are silent no more, you say we are brainwashed xenophobes.

Why do you hate us so much? we asked.
No, you answered, we don't hate you.

We don't hate you either,
But do you understand us?

Of course we do, you said,
We have AFP, CNN and BBC. . . .

What do you really want from us?
Think hard first, then answer . . .

Because you only get so many chances.
Enough is Enough, Enough Hypocrisy for This One World.

We want One World, One Dream, and Peace on Earth.
This Big Blue Earth is Big Enough for all of Us.



© 2008 The Washington Post Company
Diubah oleh jokolelono101
Keren!

Dari pecahan mainland, terdesak karena perang saudara,

hingga akhirnya berdikari dan punya power. emoticon-2 Jempol
Diubah oleh lopis.manis
Ane kutuk trid ini jadi HT! emoticon-Marah

Pasti terwujud, ane jamin! emoticon-Toast
Diubah oleh lopis.manis
lah ini udah jadi HT aja emoticon-Wow

gw pikir Taiwan emang udah berdiri sendiri alias bukan bagian dari china, ternyata masih dianggap bagian dari china emoticon-Hammer (S)
menakutkan sekali saat terjadi perang saudara
apa skrng INDONESIA mengakui Taiwan sbgai sbuah negara gan?
pake wajib segala kkemoticon-Bingung
semoga Allah membalas kekejaman mao zedong
ribet amat negara tuhemoticon-Wkwkwk
Jadi kasihan kalo diperhatiin.
Gr2 kasus sebelah jadi tau oh ini to kenapa roc sama prc ribut gegara pegang bendera.
kalo lihat the crossing, memang kayaknya PRC itu kurang ajar
nggak ikut berperang lawan jepang, begitu selesai perang mengusir penjajah, langsung dimanfaatkan

tp memang warga taiwan itu kelihatan kalo mereka orang orang terdidik
lebih teridik dari orang orang spore
Trit keren nih
Taiwan? Mantap tu negara gan.
Kecil2 cabe rawit emoticon-Malu (S)
Dlu ane jga kira itu taiwan msh 1 sama yg gede (RRC) emoticon-Hammer (S)
Tau2 beda.
Btw bahasanya masih sama gan? emoticon-Malu (S)

Penjelasannya mantep gan emoticon-Big Grin
Cendol otw emoticon-Cendol (S)

Pejwan di HT emoticon-Malu (S)
Diubah oleh stephensimayor

keren

awalnya ane bingung pertama baca ini trit. tapi setelah ane baca berulang, baru ane nyadar Republik Tiongkok ama Republik Rakyat Tiongkok itu beda. apalagi pas baca penjelasan di komiknya, RoC dan PRC, ane jadi bener2 paham. ini trit keren, nambah wawasan ane. dulunya ane kira Taiwan itu negara merdeka, eh ternyata masih belum diakui ama PBB. btw, nanya dong, Tiongkok ama Cina bedanya apa? kalo manggil orang Taiwan itu Tiongkok, salah ya?
wah panjang juga ya
Halaman 1 dari 41


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di