CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
Komunitas Calya Sigra Kaskus
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/577603ae5a5163a93f8b4573/komunitas-calya-sigra-kaskus

Komunitas Calya Sigra Kaskus

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 271 dari 507
Quote:


Hanya Copas n share dari fesbuk forum sebelah ([url]https://www.faceb**k.com/photo.php?fbid=10209493688732368&set=gm.1176517262423592&type=3)[/url] :

Ijin share pengalaman selama pakai sigra r dlx a/t... terima unit 20 agust 2016... awal pemakaian normal setelah 2 mingguan timbul gejala ac tidak dingin sampai 3x terutama saat macet lama... komplain ke astra daihatsu cibereum bandung, akhirnya dicek saat service 1000km... ecu diganti dan diprogram ulang ecu nya... setelah itu belum ada gejala ac gak dingin lagi... walaupun menurut saya on/off ac agak aneh tidak sama seperti mobil all new xenia saya yg dulu, seperti tidak bisa diatur tingkat kedinginannya... minggu kemarin dibawa ke puncak, ditanjakan tenaga lemot, pakai gigi 2 biarpun di kickdown seperti gak mau pindah gigi 1, kickdown harus sampai mentok sekali... tenaga lemot sekali apalagi macet2 ditanjakan... avg bbm overall 9-10 km/l... selebihnya mobil ini oke, cocok untuk jalan dalam kota... mohon pencerahan dari teman2 semua... makasih

-----------------------------
Buat teman2 KCSK, yang punya permasalahan awal TIBA2 AC tidak dingin di perjalanan, mending menepi sebentar cek air coolant radiator, beberapa ECU sepertinya bermasalah ini seperti permasalahan yang diatas sama yg sudah2, atau kalau akan service 1000km mending di cek di beres sekalian ECU nya. cmiiw. mungkin agan2 KCSK yang lain ada saran yang lain monggo urun rembug..
Quote:


nah coba dibaca lagi tuh ..yg link #1 dibagian paling bawah ada tabel konvensional oktan korespon dgn kompresi mesin....yg link #2 kan ada link lagi untuk hitungan konvensional nya...(yg males nyari lagi nih gue copas)

RON 88 untuk kompresi mesin antara 8,1:1 s/d 8,5:1
RON 90 untuk kompresi mesin antara 8,6:1 s/d 9,2:1
RON 92 untuk kompresi mesin antara 9,3:1 s/d 10,0:1
RON 95 untuk kompresi mesin antara 10,1:1 s/d 10.7:1
RON 97 untuk kompresi mesin antara 10,8:1 s/d 11,5:1
RON 100 untuk kompresi mesin antara 11,6:1 s/d 12,2:1

kompresi si calya ada diberapa nih?...seingat gue sih udah dekat2 11

untuk yang ketiga...contohnya itu untuk mobil masih karburator yg masih non ECU dan kompresi 9

jadi kalo merujuk pada link2 dari anda.....nah kompresi mesin calya/sigra itu ..cocoknya di octane berapa? emoticon-Smilie
Sorry dopost.. emoticon-Cape d...
Diubah oleh bams89
Quote:


Setuju banget om...

Quote:


link yg om kasih, yg pertama bilang RON tinggi itu bagus, tapi kalo ketinggian juga ga ada gunanya di performa, yg ada boros di dompet (yup, setuju)
yg kedua, yg bilang pak dosen ya, beliau bilang RON tinggi bagus supaya nggak ngelitik (bbm kebakar sebelum waktunya), tapi kalo ketinggian bakal malah ngempos karena gak terbakar sempurna.. hmm... wait, knp ga kebakar sempurna ya? beliau ga jelasin kenapa nya sih.. tapi cmiiw, kalo udah disulut percikan busi ya pasti kebakar habis itu bbm kn... nalah RON yg tinggi dia timing pengapiannya tepat karena kebakarnya akibat disulut busi bukan kebakar duluan akibat ketinggian kompressi seperti pakai RON rendah...
yg link ketiga malah ga ada penjelasan cuma dia bilang bikin mesin panas udah gitu aja... emoticon-Mewek
kalo ane penganut aliran minum RON yg sesuai sih.. cuma meluruskan saja, gpp kok CalSig pakai petromak turbo juga..

warm regards...
Quote:


Ane jugfa binggung om. Kalau baca di forum ini ada yang bisa 1:20. Kalau ane liat di indikator mobil ane cuma mentok di 1:14.

Tapi over all sih ane ngerasa irit karena kemarin ane pake rute pamulang-slipi-pamulang cuma turun 1 bar. Trs pamulang-soeta-pamulang turun 1 bar juga...

Om, kalau taksi online harus KIR ya om?
Quote:


bukannya sebelunya ente bilang kalo oktan ketinggian ga ada effectnya ya? cuma effect dikantong? ane ga bilang calya ga boleh minum pertamax turbo. tapi kalau ketinggian ada effect negatif juga. btw calsig kalo ga salah 11.5 kompresinya.

Quote:


yang pertama dia jelasin kalo ketinggian dari ron seharusnya tidak akan terbakar semua karena mesin ga kuat untuk bakar dengan oktan tersebut. mobil malah ngempos dan boros serta timbul panas karena mesin digenjot terus menerus dengan daya maksimal. begitu pula yang kedua. saya juga ga bilang calsig ga boleh pertamax turbo si. la kompresinya aja 11.5 cmiiw

peace yoooo

Quote:


iya om peace kok..hehe... saya malah seneng kalo ada yg ngajak diskusi santun gini... emoticon-Shakehand2

jadi gini om, yg membuat bbm tidak kebakar semua karena mesin nggak kuat mbakar itu gimana ya?
jadi timming pembakaran itu ya di saat busi memercik om, nah kalo busi belum mercik bensin udah kebakar duluan namanya knocking ya (akibat RON kurang tinggi)... percikan busi itu pasti om membakar habis bbm yg ada diruang bakar.. kecuali busi udah mau mati ya..hehe... orang kena kompress aja bensin ada yg udah bisa kebakar (RON rendah) apalagi dipercik api dari busi.....emoticon-Jempol

kalo mau lebih seru nih ada artikel baru masih anget om..
http://tmcblog.com/2016/10/18/vlog-m...n-yang-sesuai/
baca komentar2 di bawahnya malah lebih seruuu.. hihihiii...
Quote:


coba dibaca dulu deh pelan2 postingan saya.....saya ngomong kan dalam context pump gasoline aka. BBM yg di jual di SPBU, untuk mobil jaman sekarang (dgn segala komputerisasinya) boleh dibilang tidak ada effectnya menggunakan octane yg lebih tinggi, kecuali kalo anda ngisiin 130 octane....nah kalo itu ane belum tau deh tuh apa hasilnya emoticon-Smilie.....di link2 anda itu juga tidak disebutkan...berapa sih yg disebut "oktan ketinggian" itu yg sampai menyebabkan kerusakan pada mesin?...coba tolong di elaborate....mungkin ane kelewat bacanya...

tapi kalo ngomong bego2an...ngomong orang awam.....jika memang "oktan ketinggian" itu bisa membahayakan mesin...tentu manufacturer akan memberikan peringatan ...seperti mereka memberikan peringatan untuk minimum oktan yg dianjurkan.....tapi sptnya belum pernah saya lihat di owner's manual...mengenai maximum oktan...kalo minimum recommended octane....sering..emoticon-Smilie

tentunya (dan saya yakin pernah) ada yg memberikan tabel2...mengenai tenaga mesin yg dihasilkan yg correspond the tingkat oktan bahan bakar yg dipakai saat itu.....tabel2 itu memang bisa memberikan masukan.....tapi jangan lupa...harus diperhatikan juga kondisi setelan mesin/komputer mesinnya bagaimana?...apa fixed tanpa di adjust?..atau di adjust?...karena tiap mobil beda2....ada yg ECU nya sangat pintar...jadi bisa merubah banyak parameter berdasarkan input dari sensor...ada juga yg ECU nya otaknya pas pasan emoticon-Smilie...jadi tetap perlu bantuan manusia untuk menyesuaikannya dgn jenis bahan bakar yang dipakai...


tapi yg jelas sih...untuk konteks bahan bakar yg di jual di SPBU (di sini kan range nya antara 88 sampai 98....ada sih yg pertamina racing..104 atau 108 octane ...tapi sangat sangat jarang)...jauh lebih berbahaya pake BBM yg "under octane" daripada yang "over octane"....bahkan kadang2 kalo claim garansi...bisa gugur garansinya kalo ketahuan pake BBM yg "under octane"

kalo merujuk pada link yg anda berikan (ini saya copas lagi)

RON 88 untuk kompresi mesin antara 8,1:1 s/d 8,5:1
RON 90 untuk kompresi mesin antara 8,6:1 s/d 9,2:1
RON 92 untuk kompresi mesin antara 9,3:1 s/d 10,0:1
RON 95 untuk kompresi mesin antara 10,1:1 s/d 10.7:1
RON 97 untuk kompresi mesin antara 10,8:1 s/d 11,5:1
RON 100 untuk kompresi mesin antara 11,6:1 s/d 12,2:1

kalo benar spt kata anda bahwa calsig ini kompresinya 11.5 ...bukankah recommended octanenya lebih dekat ke 98 octane (97 kan tidak ada yg jual emoticon-Smilie ) daripada ke 92 octane ?

jadi karena saya berbicara dalam konteks BBM yg dijual di SPBU....jadi saya berani bilang...ruginya paling di dompet atau paling besar ya di diminishing return ....

PS: untuk yg lain...sorry nih jadi bikin cerpen emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Diubah oleh dj296

keluhan lagi

setelah kemarin ada kasus overheat ehh hari ini nemu kasus baru lagi, dan ini masalah yg cukup serius menurut saya pribadi.
berikut ini linknya emoticon-Hot News emoticon-Cape deeehh emoticon-Takut
berita 1
berita 2

emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S) padahal mobil belum sampe garasi tp udah kena berita kaya gini??
gmn nih tanggapan dr agan-agan disini semua??
Quote:


iya setuju gan, jad kelinci percobaan dulu.. biar revisi batch ke 2 lebih mantap
Quote:


kalo urusan ban...ya harusnya tanggung jawab dari supplier ban nya....tapi kalo mau fair sih ..harusnya diteliti lebih mendalam lagi...karena bisa dan sangat bisa ada dua sisi...yaitu:

1. Bridgestone ecopia memang kalah boleh dibilang itu dipasarkan untuk segment bawah dari market segment nya bridgestone...kalo boleh kasar...ya low grade nya bridgestone yg dipasarkan untuk head to head dgn kelas2 GT radial, achilles dkk....kalo ban "beneran"nya bridgestone itu mulainya di seri turanza...jadi memang kualitasnya agak dibawah "real" bridgestone tires...memang karetnya lebih empuk dan lebih mudah tertembus paku dan lebih mudah sobek...dan mungkin karena kepentok dgn limit COGS...jadi kualitasnya ya pas pasan....

2. Tidak bisa dibantah juga bahwa pengguna calya/sigra ini adalah first time buyer/first time driver.....jadi mungkin karena masih kurang pengalaman jadi itu ban lebih sering ngehajarin macam2....jadi kalah lah bannya...

pendapat mana yang benar?....ya sekali lagi...harus masih diteliti lebih lanjut....asal jangan jadi kejadian spt Firestone di amerika saja..emoticon-Cape d...
agan2 ane mau cerita nih, pengalaman ane...moga jg jd pembelajaran buat agan2 disini jg emoticon-Hammer (S)
ane wktu itu sempet inden sigra, niat ane emg beli sigra tp ditengah jln ane brubah pikiran dan pngen ganti calya aja. akhirnya langsung ane kontak sales daihatsu buat pembatalan indennya..
singkat cerita ane uda kasih buku tabungan ane dan kwitansi yg diminta sales, ga lupa ane tanya brp lama prosesnya katany 2mnggu.. ane cm ksh duit indent 1jt sih
disamping itu langsung ane order calya dan uda ane pake sampe saat ini emoticon-Malu (S)
nah yg sigra ini kan ane cancel indentnya, itu tiap minggu ane follow up salesnya ktany msh dlm proses msh diproses dsb dsb... sampe uda 2bln lbh nih.. niat ane bsk mau samperin ke daihatsu mau marah2 nih krn ga jls prosesnya 2mnggu kok jd 2bln.. eh tiba2 tlp ruma ane berdering trnyata daihatsu tlp ane dan nanya inden ane mau dilanjutin apa ga.. LAH ANE HERAN LAH!! ANE UDA 2BLN LALU LBH MINTA CANCEL KOK MALAH DITANYAIN INDEN SAYA MAU DIAPAIN??
Singkat cerita ane jlsin deh baik2 kalo ane udah proses cancel sejak lbh dr 2bln lalu sampe skrg ga jls progressnya, nnya ke sales katanya sdg proses blablabla.. tp tu org daihatsu kayaknya mau nutup2in kenakalan salesnya dg blg "mungkin sdh diproses sm salesnya nanti kita koordinasi" trs ane tanya emg butuh brp lama proses pembatalan inden gini si yg ditlp blg 7hari kerja... BUSET.. Langsung ane bilang berarti ini sales ga proses pembatalan saya dong! krn uda 2bln ni logikanya ga msk akal!

nah bgtu deh agan2, moga2 jd pelajaran buat kita semua yaa.. krn ane liat kmrn disini jg bnyk yg cancel indentnya jg, jd buat pelajaran aja bahwa proses pembatalan inden hanya btuh waktu 7hari kerja normalnya
pdhl ane uda berniat mau orderin ayla ke sales itu, itung2 biar dia ga nyesel gtu uda kenal ane, tp tau busuknya dia lepas tangan dr cancel indent ane uda muak!! gamau deh order sm sales itu lg kalo ada kesempatan buat beli daihatsu next time nya
Quote:


wow emoticon-Matabelo
moga2 aja calsig ga jd produk gagal ahh emoticon-Hammer2
nih dibawah berita ada pesan :
Saat dihubungi OtoDriver pagi tadi, PT Bridgestone Tire Indonesia mengaku siap menampung keluhan jika nantinya kejadian ban Ecopia mudah rusak ini semakin meluas. "Nanti kalau meluas akan kami kumpulkan ban tersebut untuk dicek kondisinya," tutur Herry Maylanda, Manajer Technical Service Departement PT Bridgestone Tire Indonesia (17/10).
mungkinkah nanti akan ada RECALL utk calsig??
Quote:

Iya memang bnr gan msh hrs diteliti lagi lebih lanjut mana yg benar mana yg salah.

Cm kl boleh berpendapat serendah-rendahnya kualitas ban seharusnya jgn smp mengorbankan sisi kekuatan ban itu sendiri. Soalnya tahu sendiri gmn kondisi medan di jalanan indo ga semulus pipinya maudy ayunda atau sandra dewi 😍😍
Jd sdh semestinya para insinyur di bridgestone mempertimbangkan kekuatan ban buatan mereka dan untuk kasus ini terutama pada bagian side wallnya.

Ini sekedar share saja menurut pengalaman saya di dunia R2 banyak produsen ban yg menyasar kelas middle low tp kualitasnya ga jelek-jelek amat sampe gampang sobek gt, paling berbeda di kualitas compound ban, usia pakai, model kembangan tapaknya, dll.


Tappiiiiii itu semua hanya pendapat saya ajahh, hehe.
Dan untuk kasus ini msh hrs diteliti lbh jauh seperti kata agan 👍

Yah harapan saya jangan sampe mobil lagi melaju trs tiba-tiba kita secara ga sengaja ngehajar lubang trs "duaarrr" bannya pecahh, waduuhhh bs amsyong ituu..
Hehe

Emang kasusnya firestone knp gan?? Jd senapsaran 😐


Quote:

Yah semoga ajahh, berharap yg terbaik dehh.
Apalagi mobil saya aja belum saya terima ehh udah dpt berita kaya gini 😐😐


Diubah oleh mbhawol
Quote:



kalo menurut saya pribadi lho ya selama diakibatkan menabrak gak terlalu serius sih cuma butuh perhatianemoticon-Bingung,kecuali full penumpang dan full bagasi ban pecah nah emoticon-Takut (S)
saya bawa luarkota sidoarjo jogja aman2 aja full muatan,cuma kalo buat luar kota mesti hati2 biasanya jalan di perbatasan kota atau provinsi jalan gak semulus di dalam kota waspada lobang,dengan kriteria ban ecopia gak menutup kemungkinan kalo kena lobang yg lumayan dalam bisa kempes,basicnya jg city car yg notabennya untuk dalkot saja,kalo untuk luarkota pastilah ada minusnya dalam kenyamanan,untuk kelas lcgc,yg terpenting safety driving keselamatan bukan suatu kebetulan,emoticon-Jempol.CALSIG masih ok lah menurut saya sendiri
Quote:


Wah rute akap nih agan.. 😁😁
Yahh baguslah kl ada yg sharing selama perjalanan jauh ga ada kendala, sy cm khawatir ban pecah ketika mobil lg melaju. Kan bs munting ga karuan itu gan, hehe.

Quote:

hehe bisa aja gan bukanya rute patas emoticon-Wakaka
saya gak tangung2 nyiksa mobil baru, 12 jam nonstop tanpa mati mumpung garansi masih berlaku,emoticon-Ngacir2


Quote:

Iya ya patas 😁😁
12jam? Wow agan kayanya berbakat jd drivernya sumber kencono 😁😁😁😁
Hahaha, justkid gan.

Kl saya ampun dah nyiksa smp gt, mobil sih mgkn ok aja tp boyok bs encok pegel linu gan.
Hahaha.
Quote:

santai gan boyok ane nyaman pake calsig di dukung arm rest,kecuali pake kakaknya calsig baru lah kerasa pegel,

Quote:


wajar nte kan dikasih contoh ama direktur marketing nya untuk lepas tangan, baca aja komentarnya direktur marketing PT astra daihatsu motor soal overheat.
deuh sampe sejauh ini anjloknya integritas astra.
dari direktur mpe kroco semua lepas tangan...
emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
Halaman 271 dari 507
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di