alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Saham /
[TUTORIAL] STEP BY STEP MEMULAI INVESTASI SAHAM INDONESIA & TIPS MEMILIH SEKURITAS
4.92 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5772334012e257ec158b456a/tutorial-step-by-step-memulai-investasi-saham-indonesia-amp-tips-memilih-sekuritas

[TUTORIAL] STEP BY STEP MEMULAI INVESTASI SAHAM INDONESIA & TIPS MEMILIH SEKURITAS

Hi gan,

Perkenalkan saya giorgio, saya sekarang moderator di subforum saham. Semoga thread yang saya buat ini bisa menjadi inspirasi bagi para pemula untuk memulai terjun ke dunia Pasar Modal khususnya di Saham Indonesia.



Apa itu saham ?
Saham adalah suatu tanda penyertaan atau kepemilikan dalam suatu perusahaan. Jadi jika kita membeli saham artinya kita membeli bagian kepemilikan suatu perusahaan

Apa saja keuntungan berinvestasi Saham ?
  • Capital Gain
    Capital Gain merupakan selisih antara harga beli dan harga jual saham. Contoh Anda membeli saham ABCD dengan harga Rp.100 per saham. lalu menjual saham ABCD tsb di harga Rp.300. Anda akan mendapat selisih keuntungan Rp.200.
  • Devidend
    Devidend adalah semacam pembagian keuntungan yang diberikan suatu perusahaan kepada para pemegang sahamnya.
  • RUPS
    Para pemegang saham berhak mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham.

Berapa modal minimal untuk membeli saham ?
Ada banyak persepsi mengenai berapa dana minimal untuk memulai investasi saham. Saran saya adalah sesuaikan dengan kemampuan financial Anda dan yang terpenting adalah dana yang bisa Anda relakan suatu saat jika kondisi pasar tidak menentu.

Step memulai Investasi Saham Indonesia :
1.Membuka rekening efek melalui perusahaan sekuritas. Syarat ini mutlak dan wajib, tidak bisa kita datang langsung ke Bursa Efek Indonesia ingin beli saham ABCD, BCDE, dll. Semua harus melalui sekuritas yang sudah terdaftar resmi di Bursa Efek Indonesia.

2.Ketika rekening efek dan rekening dana nasabah terbentuk otomatis kita sudah bisa melakukan transaksi di Pasar Modal Indonesia.

3. Silahkan Kontak kepada para broker yang ada di subforum ini untuk mendapatkan info lebih lanjut.


Tips untuk memilih perusahaan sekuritas/broker :
Ada banyak sekali perusahaan sekuritas atau broker yang menjadi anggota Bursa Efek Indonesia pada saat ini. Beberapa yang perlu anda cermati :
  • Pastikan Broker pilihan Anda tercatat sebagai anggota Bursa Efek Indonesia. Cek daftar anggota bursa di website BEI

  • Jumlah setoran awal. Besarnya setoran awal bervariasi mulai dari Rp. 100.000 sampai dengan Rp.10.000.000 bagi para beberapa broker tertentu. Sesuaikan dengan tingkat kemampuan Anda.

  • Besarnya komisi transaksi jual/beli. Untuk setiap transaksi rata-rata komisi pembelian saham sebesar 0.1-0.3 % & untuk komisi penjualan saham antara 0.2-0.4 %. Biasanya untuk mendapatkan komisi yang lebih rendah bisa langsung nego dengan sekuritas atau broker pilihan Anda.

  • Apakah broker memberikan rekomendasi tertentu. Pastikan Anda mendapatkan rekomendasi, jika Anda belum bisa melakukan analisa sendiri.

  • Fasilitas yang di dapat setelah join. Apakah broker menyediakan edukasi, seminar atau talkshow, dll

  • Apakah ada biaya bulanan dan minimal transaksi. Pastikan ketentuan broker/sekuritas sesuai dengan kriteria Anda



Tips Investasi Saham Bagi Pemula :

  • Pastikan Dana untuk berinvestasi saham adalah uang dingin/ idle money. Pergunakan uang dingin untuk berinvestasi, maksudnya adalah uang yang tidak dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, dana darurat, asuransi, dll
  • Tentukan Anda ingin menjadi Trader atau Investor. Penting untuk mengetahui karakteristik strategi masing2.
  • Rutin Berinvestasi. Lakukan invesasi secara berkala dan disiplin. Jika ada uang lebih, usahakan untuk menambah dana investasi
  • Belajar melakukan Analisa saham secara rutin. Dari Analisa Teknikal, Analisa Fundamental, Sistem,Bandarmologi, dll. Sehingga mempunyai feeling dalam memilih saham
  • Lakukan diversifikasi Saham. Maksudnya adalah membeli beberapa jenis saham dari sektor2 yang berbeda, sehingga resiko akan menjadi lebih minim
  • Psikologi. Jaga kondisi emosi karena inivestasi saham memerlukan waktu sebelum menunjukan hasilnya. Kesabaran tsb yang menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan
  • Lakukan review berkala pada saham pilihan. Review dilalukan untuk menentukan apakah saham yang dimiliki masih layak dipertahankan atau tidak




Ada banyak perusahaan sekuritas/broker yang terdapat di SubForum Saham Kaskus. Berikut saya rangkum beberapa broker di kaskus yang sudah tercatat di BEI :

  • Mirae Asset Sekuritas
  • Indo Premier Securities
  • Samuel Securities
  • Mandiri Securities
  • Philip Securities
  • BNI Securities
  • Lautandhana Securindo
  • Mega Capital


Silahkan jika ada masukan/tambahan mengenai step awal dalam berinvestasi saham boleh di posting disini, akan saya tambahkan ke halaman pertama. Jika masih ada pertanyaan jangan segan untuk postiing disini juga, saya akan membantu menjawab. bagi rekan2 broker yang mau membantu menjawab juga boleh. (pertanyaan yang akan di jawab adalah pertanyaan yang tidak ada dalam konten di atas)


Best Regards,

giorgio
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danuwahyu4 dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh giorgio
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 50
PEMBELIAN SAHAM PERDANA (INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO))

Sebuah perusahaan yang akan memutuskan akan go public harus terlebih dahulu mempersiapkan segala persyaratan dokumen yang diharuskan oleh Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal, kemudian perusahaan tersebut dapat menawarkan sahamnya kepada publik – Penawaran Saham Perdana (IPO-Initial Public Offering).

Proses Go Public Perusahaan
Bermula dari perusahaan kecil yang membuat produk atau jasa yang kemudian berkembang, sehingga akhirnya dapat menjadi perusahaan yang cukup maju. Perusahaan terus berjalan, produksi atau jasa kian bertambah, modal perusahaan juga harus diperbesar bahkan jika perlu harus dilakukan ekspansi. Jika suatu perusahaan sudah sampai pada tahap tersebut, maka perusahaan tersebut dapat memilih untuk go public – sharing kepemilikan saham dengan publik dan sebagai kompensasinya perusahaan tersebut memperoleh modal yang dibutuhkan.

Langkah awal proses go public perusahaan adalah direksi perusahaan datang ke perusahaan sekuritas yang akan bertindak sebagai penjamin emisi yang menjamin penawaran saham perdana perusahaan tersebut. Perusahaan sekuritas bersama-sama dengan emiten mempersiapkan dokumen, menetapkan harga saham dan menjualnya ke publik.

Proses go public perusahaan selanjutnya adalah menyiapkan prospektus perusahaan. Penjamin emisi akan menyiapkan prospektus perusahaan go public, yaitu suatu dokumen resmi yang harus disiapkan untuk setiap investor yang tertarik terhadap perusahaan tersebut. Isi prospektus tersebut tentang analisa detail sejarah keuangan perusahaan, tentang produk atau jasa dan latar belakang serta pengalaman manajemen perusahaan. Prospektus perusahaan go public juga memperkirakan berbagai macam resiko yang akan dihadapi perusahaan. Prospektus penawaran perdana saham itu dipublikasikan melalui iklan prospektus singkat. Iklan tersebut menginformasikan hal-hal yang layak diketahui oleh calon-calon investor. Penjamin emisi kadang juga mengatur pertemuan antara manajemen perusahaan dengan investor potensial besar, seperti para manajer untuk dana pensiun, manajer investasi reksadana atau unit link.

Setelah melalui masa penawaran saham perdana, penjatahan, dilanjutkan dengan pengembalian uang pemesanan bagi pembeli yang tidak kebagian saham, kemudian penyerahan kolektif saham maka sekitar satu bulan kemudian saham tersebut dicatatkan (listing) di bursa efek. Sejak hari pertama pencatatan itu, saham sudah resmi diperdagangkan di pasar sekunder. Saat saham diperdagangkan pada hari berikutnya, harga saham tersebut bisa saja naik atau turun, tergantung keputusan investor dalam menahan atau menjual sahamnya. Investor yang menjual sahamnya pada hari pertama listing, semata-mata hanya mengejar capital gain, tentu saja jika harga saham tersebut naik. Tapi jika harga saham tersebut turun, orang cenderung menahan sahamnya untuk waktu yang lebih lama sambil mengunggu harganya naik. Turun atau tidaknya harga saham IPO tergantung pada banyak faktor. Faktor yang paling utama adalah kondisi perusahaan tersebut ketika masuk bursa, baik atau buruk. Karena ada perusahaan yang terpaksa masuk bursa karena ada perjanjian dengan krediturnya. Dengan kondisi seperti itu, maka terbuka kemungkinan harga sahamnya juga mudah turun. Berbeda dengan perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana (IPO) karena kebutuhan ekspansi bisnis.

Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara membeli saham IPO :
  • Dapatkan lembaran formulir pemesanan pembelian saham penawaran umum yang disebut dengan Formulir Pemesanan Pembelian Saham (FPPS), kemudian isi formulir tersebut dan lampiri dengan dengan fotokopi KTP. (Form bisa di dapatkan di Sekuritas yang ditunjuk oleh perusahaan ybs atau di biro administrasi efek (BAE)).
  • Lakukan pembayaran atas pemesanan yang Anda lakukan dan simpan bukti pembayaran tersebut.
  • Kembalikan formulir pemesanan untuk penawaran saham perdana (IPO) tersebut yang dilengkapi dengan bukti pembayaran ke agen penjualan tepat waktu. Hari terakhir masa penawaran umum merupakan hari terakhir pengembalian. Masa penawaran umum berlangsung selama minimal tiga hari.
  • Tunggu pengumuman hasil penjatahan. Pemesanan saham tidak selalu dapat dipenuhi semuanya. Jika jumlah efek yang dipesan melebihi jumlah efek yang tersedia, maka pemesan akan mendapatkan setidaknya satu lot plus bagian yang teralokasikan dari sisa yang ada. Atau jika setiap pemesan tidak mendapat kesempatan minimal satu lot, maka penjatahan dilakukan dengan cara undian.
  • Jika lot yang diterima tidak sesuai dengan yang kita pesan, kelebihan uang akan di kembalikan dengan berupa cek.
  • Dapatkan Surat Saham Kolektif (SSK), yaitu bukti investasi Anda.


Analisa kembali dan double check dahulu sebelum membeli saham IPO karena tidak semua perusahaan IPO adalah perusahaan yang bagus.



Best Regards,

giorgio
Diubah oleh giorgio
RESERVED
RESERVED
Gan, setoran perbulanan apakah setiap sekuritas wajib? Info dong yang biasanya bagus sekuritasnya. Nubi nih, anak kos kosan juga, jadi mau nentuin juga start awal, maksih gan
Quote:


tidak ada setoran per bulan gan di sekuritas. mungkin maksudnya deposit awal. kl deposit awal beda2 tiap sekuritas. tapi saat ini sudah ada beberapa sekuritas yang bisa dengan deposit awal 100 rb.
Lihat 3 balasan
mantap threadnya om giorgio. sukses selalu emoticon-Cendol (S)
gan maaf ane belum paham ni di bagian step memulai investasi saham,

tadikan ada langkah awalnya yaitu membuka rekening efek, nah buka rekening nya dimana, bagaimana dan tahap selanjut nya bagaimana gan, maaf masih 0 banget tentang beginian, tolong bimbingannya..
Post ini telah dihapus oleh giorgio
klo di indo priemer ada pelatihan sama sarannya g gan??
Quote:


makasi om emoticon-Angkat Beer

Quote:


buka rekening efek di perusahaan efek gan, list perusahaan sekuritas sudah saya posting di atas, silahkan langsung ke thread perusahaan efek ybs agar bisa di terangkan lebih lanjut.

Quote:


langsung ke thread ybs ya gan emoticon-Smilie
Ane pemula baru bikin akun YP001 bbrp hari lalu emoticon-Big Grin

Yg penting pilih saham yg likuiditasnya bagus perusahaan bonafid, resiko lbh kecil. Hati2 sama perusahaan kurang bonafid yg digoreng sesaat, lalu saat harga di puncak terjadi panic sell dan tdk ada yg mau beli : p
Apa saja variabel penting dalam pemilihan sekuritas ?
Bisa di rundown dengan prioritasnya ?

Mohon bimbingannya suhu.
Diubah oleh AndiMUfans
Salam kenal dari anaksaham

ikut belajar lagi gan
Quote:


welcome to Pasar Modal Indonesia gan, gud luck emoticon-Angkat Beer

Quote:


sudah tertulis datanya di page 1 emoticon-Angkat Beer

Quote:


Quote:


salam kenal gan emoticon-Angkat Beer
Oiya gan.. Kalau pertama join, kita cuma naruh 100rb. Nah mending kita ngambil apa gan??
Quote:


kalau cuma taruh 100rb, beli saham2nya terbatas gan. paling saham2 yg harga nya 1000 ke bawah. dan itu blmn bayar fee untuk Sekuritasnya
Quote:

Ooo gt ya.. Fee sekuritasnya sekitar 0,1-0,3 % kan??
Buat pemula ada saran saham apa yg harus d beli?? Paling ga buat pandangan lah
Quote:


biasa untuk online trading fee beli 0.15 dan fee jual 0.25%. ada juga yang 0.19 / 0.29. berbeda2 tergantung sekuritasnya.

bagi pemula sebaiknya beli saham2 LQ45 atau saham2 blue chip (BBRI, JSMR, TLKM, INDF, ASII, dll)
Quote:

Makasi infonya gan..
Hmm.. Masi blm tau saham LQ45 iti apa aja..emang ada berapa banyak jenis saham y gan??
Halaman 1 dari 50


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di