alexa-tracking

Jenis Gangguan Atau Masalah Pada Gigi dan Mulut

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/576b695d98e31b51538b4569/jenis-gangguan-atau-masalah-pada-gigi-dan-mulut
icon-hot-thread
Jenis Gangguan Atau Masalah Pada Gigi dan Mulut
Siang agan" semuanya, nubie baru belajar posting, jangan di bully ya..
Ok, kita mulai aja..


Spoiler for "Cek cek & cek":


Spoiler for "Wooww":


Jenis Gangguan Atau Masalah Pada Gigi dan Mulut

Hayo, siapa yang gak pernah mengalami gangguan pada gigi & mulut, kayanya setiap orang pernah mengalaminya deh emoticon-Ngakak
Kalau lagi sakit gigi rasanya gimanaaa gitu ya cenat cenut emoticon-Wow

Sakit gigi merupakan salah satu keluhan pada gigi yang paling sering dialami.
Jika kita bertanya apa penyebab sakit gigi?
Kebanyakan akan menjawab kerusakan gigi adalah penyebabnya.

Kita bahas dulu mengenai struktur atau bagian pada gigi.
Setiap gigi manusia memiliki 3 bagian utama :
Puncak atau Mahkota Gigi, merupakan bagian gigi yang tampak dari luar, bagian ini dilapisi oleh lapisan pelindung yang disebut email gigi.
Leher Gigi, merupakan bagian gigi yang sudah tertanam oleh gusi, bagian ini terdapat dibawah mahkota gigi dan diatas akar gigi.
Akar Gigi, merupakan bagian gigi yang tertanam dibawah rahang dan tidak tampak dari luar, masing-masing jenis gigi pada manusia memiliki jumlah akar gigi yang berbeda-beda.

Biar lebih lengkap & jelasnya bias lihat digambar berikut..
Spoiler for "Bagian / Struktur gigi":


Nah, sekarang kita masuk ke permasalahannya..

1.Hipersensitif
Spoiler for "Gigi Sensitif":

Gigi sensitif adalah kondisi di mana gigi bereaksi terhadap makanan atau minuman yang panas, manis atau asam. Bila Anda memiliki gigi sensitif, meminum soda dingin atau memakan cokelat bisa tiba-tiba menyebabkan nyeri hebat pada gigi Anda. Rasa sakit terasa tajam (ngilu), seperti tersengat listrik dan biasanya hanya berlangsung beberapa detik.
Gigi ngilu disebabkan karena lapisan gigi yang terbuka menyebabkan cairan rongga dentin bergerak cepat hingga ujung saraf memanjang dan mengerut. Saat ini terjadi rangsangan yang diterjemahkan otak sebagai rasa ngilu.

Untuk mencegah gigi ngilu :
Hindari sikat gigi setelah makan atau minum. Minimal 30 menit setelah makan
Tak usah menggosok gigi terlalu keras
Lebih baik hindari tusuk gigi. Alih alih pakai benang gigi untuk membersihkan
Batasi konsumsi makanan minuman yang terlalu asam, panas, dingin, maupun manis
Pilih sikat gigi berbulu lembut dengan kepala berukuran tak besar

2.Karies / Gigi Berlubang
Spoiler for Karies / Gigi Berlubang":

Karies gigi adalah sebuah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi. Penyakit ini menyebabkan gigi berlubang. Jika tidak ditangani, penyakit ini dapat menyebabkan nyeri, penanggalan gigi, infeksi, berbagai kasus berbahaya, dan bahkan kematian.
Untuk memperbaiki gigi berlubang, lebih baik agan pergi ke dokter gigi untuk dibersihkan dan kemudian ditambal gigi yang berlubang tersebut.

Hayo ngaku siapa yang giginya kaya gitu emoticon-Wkwkwk

3.Gingivitis / Radang Gusi
Spoiler for "Radang Gusi":

Radang gusi atau gingivitis atau bisa juga disebut dengan gusi bengkak adalah inflamasi atau peradangan yang terjadi pada gusi. Sebagian besar kasus radang gusi termasuk kondisi yang ringan hingga menengah, tetapi sebaiknya diobati sesegera mungkin. Radang gusi yang dibiarkan begitu saja berpotensi berkembang menjadi periodontitis.

4.Periodontitis / Infeksi Gusi
Spoiler for "Infeksi Gusi":

Periodontitis merupakan infeksi gusi berat yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Kondisi ini tidak boleh dianggap enteng dan harus segera diobati. Selain bisa menyebabkan gigi tanggal, bakteri yang ada di dalam jaringan gusi juga bisa masuk ke aliran darah dan menyerang organ tubuh lainnya, misalnya paru-paru dan jantung.

Jadi Periodontitis ini merupakan infeksi yang terjadi karena gusi yang sering bengkak / Gingivitis dan tidak segera diobati gan emoticon-Takut

5.Sariawan
Spoiler for "Sariawan":

Salah satu permasalahan mulut yang sering dialami banyak orang adalah sariawan. Penyakit ini yang disebabkan oleh jamur Candida albicans ini memang tidak menular, tapi sangat mengganggu. Jamur ini biasanya memang berada di dalam mulut tapi dalam jumlah kecil. Jadi yang menyebabkan sariawan ini karena Peningkatan jumlah Candida albicans yang signifikan gan.

Beberapa faktor pemicu meningkatnya jumlah jamur tersebut adalah:
Kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik.
Sistem kekebalan tubuh yang menurun.
Penggunaan obat-obatan tertentu, misalnya antibiotik atau kortikosteroid.
Penggunaan gigi palsu.

6.Tumor Mulut
Menurut ane ini yang paling seram gan emoticon-Takut
Dikarenakan banyak yang ngeri dan ada yang request minta ganti mulustrasinya, jadi ane ganti gambarnya..
Maaf buat agan" yang dah keburu ngeliat DP nya emoticon-Shakehand2
Spoiler for "Tumor Mulut":

Tumor mulut hampir sama dengan tumor yang lainnya. Yaitu daging atau sel yang tumbuh berkembang seperti parasit yang merusak jaringan hidup disekitar gigi.
Tumor gigi adalah suatu penyakit yang sangat berbahaya yang bukan hanya menyakitkan tetapi bisa berujung pada kematian .Berbagai kasus kematian karena tumor gigi diberbagai negara karena minimnya kesadaran masyarakat menjaga kesehatan gigi dan merawat gigi serta gusi mereka.

Spoiler for Tips":


Jadi kesimpulannya rajin" gosok gigi & jangan lupa pergi cek kesehatan gigi agan ke dokter gigi emoticon-Jempol

Spoiler for "Tambahan":


Sekian dulu dari nubie gan, mohon maaf kalau ada kesalahan atau kurang rapi emoticon-Shakehand2

Spoiler for "Sumur":



Semoga Bermanfaat emoticon-Shakehand2
Tambahan dari agan yang lainnya
Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Nice inpoh gan emoticon-2 Jempol

Quote:

Sudah diganti gan emoticon-Shakehand2

Monggo mampir, dibaca, semoga bermanfaat..
jir,ngeri semua,apalagi yang tumor itu

btw bawah ane gigi nya taring semua bre
Bawah gua nggk ada gigi
emoticon-Big Grin
Gigi geraham emoticon-Traveller
Mang gigi perlu di rawat kalau ga bisa jadi sumber penyakit, sakit gigi juga ampunnnnnemoticon-Cool
panjng.. komen dulu baru baca emoticon-Big Grin
Alamat "email"nya gigi emg apaan gan, kok ada emailnya? Itu aja dulu... emoticon-Bingung
tumor mulut, kanker lidah emoticon-DP


Jenis Gangguan Atau Masalah Pada Gigi dan Mulut
Gigi boneng masuk gans😟
ngeri gambarnya emoticon-Takut (S)
serem banget sampe tumor emoticon-DP
Quote:

emoticon-Matabelo

Quote:


Email disini bukan dimaksud dengan surat elektronik ya gan, hehe..
Email pada gigi merupakan lapisan terluar gigi, yang menutupi seluruh mahkota gigi gan & juga merupakan bagian / tubuh (selimut pada lapisan luar gigi) yang paling keras dan dibentuk oleh sel-sel yang disebut ameloblast. Meskipun sangat keras, email gigi juga rentan terhadap serangan asam, baik itu langsung dari makanan atau dari hasil metabolisme bakteri yang memfermentasi karbohidrat yang kita makan dan menghasilkan asam gan.
Semoga bermanfaat..emoticon-Shakehand2
gambarnya dp brayemoticon-DP
Nyimak dulu bre :nyantai
emoticon-Hammer2 gambar2nya serem semua gan emoticon-DP
wah..mantap ne postingannya..sangat membantu informasinya gan..emoticon-Shakehand2
gigi susuh ...emoticon-Jempol
Quote:


Quote:


Quote:


Serem mana sama si valak gan emoticon-Ngakak

Quote:


emoticon-Shakehand2
Quote:


serem itu lah apalagi yang tumor tuh kalo si valak masih bisa kabur hihihi ................... emoticon-Ngacir