CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Cerita Pejalan Domestik /
Cewek Nggak Usah Takut Solo Traveling ke Flores: Catper 1 Bulan Keliling Flores
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57690372a2c06ee4728b4568/cewek-nggak-usah-takut-solo-traveling-ke-flores-catper-1-bulan-keliling-flores

Cewek Nggak Usah Takut Solo Traveling ke Flores: Catper 1 Bulan Keliling Flores

Halo, Gan!

Mau share perjalanan solo traveling ke Flores via darat dan laut.
Awalnya ane mau ikut open trip living on board 4D3N keliling Taman Nasional Komodo dengan meeting point Labuan Bajo. Sayangnya, pas ane mau daftar kuotanya udah penuh dan malas cari organizer yang lain. Kebetulan tempat yang ane mau daftar itu diurus sama adeknya temen. Daripada ga jadi liburan, akhirnya ane putusin untuk keliling Flores sendirian. Pertama kali jalan jauh nggak ditemenin siapa-siapa.

Berangkat ke Flores via jalur darat dan laut. Kalau naik pesawat mahal soalnya. Budget terbatas. Hehe. Kalo via darat terus ane pikir bakal capek banget di jalan. Untungnya ada temen ane yang kasih saran untuk naik kapal Pelni.

Ane naik kereta ke Surabaya dan lanjut naik kapal Pelni KM Nggapulu dari Tanjung Perak.
Ane mulai perjalanan dari Larantuka sampai Labuan Bajo. Berangkat dari Depok 19 Maret 2016 sampe Depok lagi 26 April 2016. Total 38 hari perjalanan hehehe.

Spoiler for Transportasi:


Kenapa mulai dari Larantuka? Kebetulan ada Festival Semana Santa, perayaan Paskah untuk umat Katolik. Festival yang didatangi sama ribuan orang dari dalam dan luar negeri untuk mengikuti Pekan Suci ini. Beruntung ane dapet tumpangan di sini, jadi menginap hampir seminggu pun nggak masalah. Hehe.

Spoiler for Larantuka:


Alamnya Larantuka indah banget, gan. Dikelilingi pulau dengan bukit-bukit kecil. Sayangnya ane ga sempet main ke pantai-pantainya karena terlalu lelah pas ziarah sementara perjalanan harus terus berlanjut. Dari Larantuka, lanjut ke Kelimutu.

Spoiler for Kelimutu :


Dari Kelimutu ane lanjut ke Ende. Temen ane pernah nyaranin untuk numpang kendaraan kalau ke Indonesia Timur. Yaudah ane coba aja. Lagipula jarak Moni ke Ende juga nggak terlalu jauh. Sekitar 2 jam. Katanya orang Flores baik-baik, gan. Awalnya takut tapi ane beraniin aja. Kapan lagi punya pengalaman numpang kendaraan di Indonesia Timur? Beruntung lagi ane dapet tumpangan motor ke Ende. Sayangnya di tengah jalan ada perbaikan dan jalan ditutup sementara. Jadi nunggu sekitar 1,5 jam sampe jalannya dibuka lagi.

Di Ende ane numpang di basecamp guru-guru SM3T, Dikenalin sama temen ane, jadi ane juga baru ketemu di Ende. Sebelumnya pernah ketemu sama sekali tapi ane tetap disambut baik. Makasi ya, Mbak, Mas, Pakde dan Bude yang udah menampung dan ajak saya jalan-jalan keliling Ende.

Spoiler for Ende:


Dari Ende, ane lanjut ke Bajawa, gan. Ane mencoba untuk menumpang kendaraan lagi alias hitchhiking. Ane nunggu di depan pom bensin yang banyak bis dan truk mangkal. Sempet ditanya sama orang2 di sekitar situ mau ke mana. Ane jawab ke Bajawa, disuruh naik bis tapi ane tolak. Ane bilang mau numpang dan udah nyiapin kertas berisi tulisan butuh tumpangan ke Bajawa. Ane sampe dicariin tumpangan truk sama yang nanyain ane sebelumnya. Baik banget. Katanya ada truk dengan arah yang sama tapi nggak sampe Bajawa, cuma sampe tengah doang tapi kalo udah di tengah itu angkutan ke Bajawa udah banyak.

Awalnya ane tolak tapi orang itu maksa, yaudah mau gimana lagi udah dicariin. Ane akhirnya naik truk beras menuju Raja. Beruntung lagi bisa duduk di depan karena masih kosong cuma diisi sopir dan mama yang belanja beras. Di jalan juga ane sempet dibellin minum sama mama tersebut. Aduh baik banget deh. Dari Raja ane lanjut naik travel ke Bajawa, lumayan jadi jauhhh lebih murah. Ane naik travel karena udah sore di Raja, sekitar jam 4an. Ane nggak berani jalan malem.

Spoiler for Bajawa:


Dari Bajawa, ane lanjut ke Ruteng, Sempet ane pikir nggak usah ke Wae Rebo karena waktu di Ende duit ane kayaknya nggak cukup kalau ke Wae Rebo, apalagi ane mau naik kapal juga ke Labuan Bajo, Tapi namanya keberuntungan ada aja, di Ende temen ane telpon katanya mau bayar pinjaman yang dulu ane kasih. Alhamdulilah, dana datang di saat yang tepat. Biaya masuk Wae Rebo itu 200K, kalo nginep 325K. Belum lagi guide / porter.

Dari Bajawa ke Ruteng ane naik mobil travel. Soalnya masih lelah banget dari Inerie. Sialnya, travel yang ane tumpangin itu nunggu sampe penuh dulu. Nunggu sampe dua jam nggak ada penumpang lain. Akhirnya ane dioper ke travel lain yang emang pengen balik ke Ruteng. Agak ngeri juga karena cuma sendirian. Nunggu dari jam 1 siang itu, jam 4 kurang baru berangkat. Sempet takut kenapa-kenapa, tapi ane udah siap pisau lipat sama stun gun. Di tengah perjalanan pas udah mau magrib untungnya ada penumpang lain yang mau ke Ruteng juga. Puji Tuhan, nggak sendirian lagi.

Spoiler for Ruteng:


Dari Ruteng, ane meluncur ke Labuan Bajo. Destinasi terakhir ane di Pulau Flores. Naik travel resmi Gunung Mas. Jadwalnya pasti, nggak kayak travel dari Bajawa sebelumnya. Ane cukup lama di Labuan Bajo karena menunggu jadwal kapal yang ke Surabaya. Masih nggak mampu beli tiket pesawat. Hehe.

Kalo di Labuan Bajo banyak banget bule dan cafe-cafe. Liat sunset dari sudut manapun di Labuan Bajo, semuanya indah. Sebenernya mau ambil paket living on board kayak yang awalnya ane mau tapi karena keterbatasan dana ane cuma naik kapal yang sehari ke Pulau Komodo, Pink Beach dan Pulau Kelor. Kalau ke Pulau Padar, Pulau Rinca dan Pulau Papagaran, ane beruntung karena nebeng kapal LSM di sana yang lagi mengajak tamu mereka keliling-keliling.

Spoiler for Labuan Bajo:


Ane sampe Larantuka 23 Maret 2016 dan naik kapal pulang dari Pelabuhan Labuan Bajo, tanggal 21 April 2016. Total 29 hari ane mengelilingi Pulau Bunga. Padahal ekspektasi ane cuma 2 minggu. Itu pun belum semua ane kunjungi. Ane nggak sempet mampir ke Maumere karena nggak ada kenalan di sana. Sayang banget padahal banyak yang bilang pantainya indah-indah di sana.

Ane cuma menginap di hotel satu kali, yaitu di Desa Moni pas mau ke Kelimutu. Sisanya ane numpang-numpang. Terbukti orang-orang Flores baik-baik semua. Ane juga bawa tenda buat jaga-jaga kalo misal nggak punya duit untuk bayar penginapan. Eh malah nggak kepake sama sekali. Hehe. Sempet celana ane hilang dan rusak, padahal duit udah mulai tiris di Ende. Mau nggak mau beli deh. Ane cuma bawa 5 baju dan 4 celana. Celana hilang 1, rusak 1. Sisa 2 dan beli lagi 1, jadinya sisa 3.

Tips jika menumpang di rumah orang:
- Biasanya tuan rumah nggak mau menerima uang yang kita kasih. Mungkin kasihan karena kita masih dalam perjalanan jauh. Belikanlah makanan atau bahan makanan untuk menggantikan apa yang kita makan selama di rumahnya.
- Bantulah pekerjaan rumah dengan mencuci piring atau menyapu.
- Ikuti peraturan di rumah tersebut, dengan tidak pulang terlalu malam dan bangun pagi-pagi.
- Jagalah kebersihan kamar yang ditumpangi.


Ane juga menuliskan perjalanan-perjalanan ane di blog, baru beberapa yang di posting dengan tajuk #KembaraNusaTenggara. Blog ane Teras Kata. Berikut beberapa judul yang udah di-posting.
#KembaraNusaTenggara: Kereta
#KembaraNusaTenggara: Berburu Tiket KM Nggapulu
#KembaraNusaTenggara: Berjibaku di KM Nggapulu
#KembaraNusaTenggara: Larantuka
#KembaraNusaTenggara: Menuju Moni
#KembaraNusaTenggara: Kengerian Menuju Kelimutu
#KembaraNusaTenggara: Hitchhiking
#KembaraNusaTenggara: Menjelajahi Kota Pancasila

Jangan lupa mampir dan kasih komentar di blog ane yaaa! emoticon-Smilie

Kalau mau lihat foto-foto lainnya bisa mampir ke instagram ane di jejakvisual. Di-follow ya, gan. Hehe.

Terima kasih buat semua yang udah mampir! Semoga bisa ikut menjelajahi Flores juga!
Diubah oleh aurorainthesky
reserved for update! Hehe

Rincian biaya

KA Kertajaya Jakarta - Surabaya 90K
KM Nggapulu 390K (udah termasuk komisi agen, ane belinya di agen resmi Pelni)
Bis Larantuka - Kelimutu 100K
Penginapan Watugana Bungalow, Desa Moni 125K
Ojek dari Desa Moni ke Kelimutu 100K
Tiket Kelimutu 5K/orang, motor 5K
Kelimutu - Ende (nebeng)
Makan di Ende rata-rata 20-25K
Ende - Bajawa 30K (travel 100an, kalo bis 70K), ane nebeng sampe daerah Raja, sekitar 2 jam dari Ende, baru lanjut naik travel 30K (1jam)
Kampung Adat Bena (masih gratis, katanya sekarang udah bayar 25K)
Gunung Inerie (gratis, karena nebeng sama rombongan guru SM3T. biasanya bayar dan harus pake pemandu)
Bajawa - Ruteng, travel 100K
Liang Bua, tiket goa dan museum 10K/orang
Sawah lodok di Cancar, 15K/orang
Kampung Adat Wae Rebo (naik motor dari Ruteng sekitar 4 jam, bensin kurang lebih 50K) tiket masuk 200K, kalo menginap jadi 325K, porter 200K (wajib), sambutan ketua adat nanti ada biaya lagi tapi sukarela.
Ruteng - Labuan Bajo, travel Gunung Mas 100K
Kapal ke Pulau Padar, Papagaran dan Rinca, gratis
Kapal ke Pulau Komodo, Pink Beach dan Kelor + alat snorkel (1 Day trip), 330K
Tiket masuk TN Komodo, 50K
KM Egon Labuan Bajo - Surabaya 280K
KA Kertajaya Surabaya - Jakarta 165K


Selama perjalanan di suatu kota, biasanya ane dianterin temen pake motor, gan. Paling patungan bensin aja itu pun keseringan ditolak sama yang punya kendaraan. Tiap kota untuk jajan, makan (makan di rumah tumpangan), dan beliin bahan makanan untuk tuan rumah sekitar 200-300K per kota dari Larantuka, Ende, Bajawa, Ruteng, Labuan Bajo. Kalo ditotal-total ga sampe 5 juta. Ane hemat banget soalnya hehehe

Kalau ada yang mau tanya bisa langsung email ane di maria[.]wardani[@]gmail[.]com atau line aja, id-nya mariaanastasiaa .

Semoga bermanfaat ya, gan emoticon-Ultah
Diubah oleh aurorainthesky
Traveling selama berminggu-minggu, bahkan bulanan, seperti ini adalah impian ane. Perjalanan yang bagus. Mudah2an ane juga bisa punya kesempatan seperti situ.
Kereennn bgt sis, jalan2 sendirian gitu...emoticon-Wow
Diubah oleh al3n
Quote:


amiin, gan! Semoga tercapai impiannyaaa! emoticon-Traveller
Quote:


Mumpung ada waktu nih, gan. Soalnya temen-temen seangkatan udah pada kerja semua emoticon-Sorry
Jadinya daripada susah cari temen, jalan sendiri aja hehe emoticon-Traveller
undang2 dong kalau mau jalan2
Kelimutu sama labuan bajo yg paling pengen ane kunjungin gan
Gila keren banget sis emoticon-Matabelo
Nais catper sis..
Jadi pengen nih, lagi nabung buat persiapan buat solo backpack juaaa..
Ditunggu rincian biayanya sis hehe

Cek kulkas ada ijo2
Quote:


domisili di mana emangnya, Gan?

Quote:


Nah iya dua itu emang bagus bangeeet! Mampir Wae Rebo juga, Gan.

Quote:


Thanks, Gan!

Quote:


Okeh segera di-update ya. Rencana berapa solo backpack ke mana aja selain Flores?
Keren sis ampe bulanan. Kalo ane paling 2 -3 hari 😃😃😃😃
enak banget sis....
get lost sampai sebulan....

ane mau juga laaaah....
tp kapan yah, bisa seperti itu....

itu catper nya tahun berapa sis???
klo sekarang ini masih segitu ga biayanya..??
mantep tenan emoticon-Belo
weh....keren banget sist emoticon-Matabelo
Quote:


hitchhiking pernah, gan. itu waktu dari Kelimutu ke Ende kota sama dari Ende mau ke Bajawa ane nyoba hitchhiking. Alhamdulilah dapetnya cepet. Banyak orang baik.
Ane waktu itu bikin tulisan "Butuh Tumpangan ke Terminal ENDE". Tangan yg satu pegang kertas, yang satunya lagi ngangkat jempol minta tumpangan. Kalo pas di Ende mau ke Bajawa, ane nunggu mobil di tempat transitnya truk sama bus2, kebetulan di depan pom bensin dan banyak warung di sana. Mungkin agan bisa cari tebengan di rumah makan atau tempat2 transit truk. Kalo bisa nyetir lebih bagus, gan. Agan bisa tawarin gantian nyetir sama supirnya. Bikin limit waktu juga, gan. Misal agan batesin waktu nunggu tumpangan 2-3 jam, kalo nggak dapet coba cari alternatif yang lain. Semoga bermanfaat ya, gan. emoticon-Shakehand2

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Ane juga tadinya liburan paling sehari malahan, soalnya lagi skripsian sebelumnya jadi nggak bisa jalan2 yang jauh. Abis lulus, beberapa bulan nabung dulu baru deh dipuas-puasin jalan-jalannya.

Catpernya tahun ini, gan. Kalo mau jalannya tahun ini masih sama lah harganya, paling kalo penginapan bisa naik pas musim2 rame atau peak season. Semoga bisa jalan-jalan lama kayak ane juga ya, gan! emoticon-Traveller
juh.....seru nih kayaknya....jadi pengennnnn
Quote:


Ane rencana bln dpn long trip ksana.msh buta arah. Rncana sih emg ngeteng teng teng dr jkt. G dburu wkt jg. Tempat2 yg keren2 yg msh blm byk dikunjungin dmn ya sis?
pengen nya jalan jalan panjang.

cuma sayang nya gw mesti cere in bini sama keluar dari kerjaan gw.
yang otomatis, tagihan rumah dan mobil gw gak kebayar.

pulang dari jalan jalan, rumah sama mobil gw di sita bank dah.
Catper di sini & di blog nya keren sangat sis!

Itu kapal dari Surabaya cuma 1 hari sampai Larantuka? Cepet banget ya, dibanding libur lebaran lalu ane lewat darat (+ferry), 1 minggu baru sampe di Larantuka.


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di