gangel160487Avatar border
TS
gangel160487
Motor Legend yang pernah ane pake 1999-now
Hi guys.. pagi ini ane mau mengenang kembali motor motor legend yang pernah ane pakai dari jaman anak kencur sampai bangkotan sekarang (-_-"))

Pas masih curi curi belajar naik motor kira kira tahun 199x nih.. pas masih anak ingusan
1. Yamaha F1Z
Ini motor legend banget waktu itu, generasi sebelum ZR, yang knalpot nya masih berasap nih.

Yamaha Force 1 ini merupakan penerus dari Yamaha Alfa bermesin 105cc yang lebih dahulu diperkenalkan pada akhir tahun 1980-an. Model Force 1 pertama yang diluncurkan tahun 1992 ini masih menggunakan model rem tromol di depan dan belakang. Motor ini adalah motor bebek pertama Yamaha di Indonesia yang sudah mengadopsi sistem pendingin YPCS (Yamaha Performance Cooling System). Sistem YPCS sendiri merupakan sistem pendingin mesin dengan mengandalkan kipas. Kipas ini berfungsi menyedot udara dari luar untuk mendinginkan bagian mesin. Jadi karena suhu tetap terjaga, kinerja mesin bisa terus optimal. Pada masanya, Suzuki sebenarnya telah lebih dahulu menggunakan teknologi sejenis di Suzuki RC series, yang dikenal dengan nama Suzuki Jet Cooled, tetapi perbedaannya Jet Cooled dilengkapi tambahan berupa nozzle yang menyemprotkan oli ke blok mesin.

Suzuki RC (motor aunty ane nih..)
Pada tahun 1994 diperkenalkan facelift yang diberi nama Force 1 Z. Secara bentuk tidak terlalu banyak perubahan, yang mencolok model ini telah menggunakan sistem pengereman disc brake di bagian depan. Hingga tahun 1996, F1Z masih bertahan dengan model yang ditawarkannya. Namun ada beberapa model spesial yang diluncurkan. Perbedaannya, hanya ada pada bagian behel yang dilengkapi lampu, serta penambahan krom dibeberapa komponennya. Generasi terakhir telah adopsi full clutch. Tahun 1997 baru diluncurkan Yamaha F1ZR yang sudah dilengkapi kopling manual, tetapi koplingnya masih semi otomatis; dimana banyak orang menyebutnya dengan julukan "kopling banci". Di tahun 2000, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai produsen, melakukan perombakan besar di F1ZR. Desainnya terlihat lebih modern yang didukung dengan penggunaan pelek bermodel racing.

2. Honda Grand
Nah kalau ini motor bokap ane nih.. sering curi curi ane pakai buat latihan juga. Ini motor tahun 90an uda berasa seperti motor sejuta umat dah.

Honda Grand adalah generasi penerus dari honda Prima dimana ada beberapa perubahan di bagian body dimana lebih aerodinamis dan slim. Honda grand sendiri di mulai produksi pada tahun 1991 dan di buat untuk membendung gempuran dari para kompetiro suzuki Crystal dan juga Yamaha Alfa. Selain itu bentuk headlamp dan stoplamp di buat minimalis mengikuti lekuk body sehingga tidak berkesan lagi motor dengan desain kaku seperti generasi honda prima. Perbedaan yang lain terletak pada footstep dimana mempunyai dudukan sendiri tidak mengikuti swingarm dengan tujuan untuk mengurangi getaran dari mesin.

honda prima
Pada tahun 1994 honda kembali merefresh honda grand dengan penambahan spoiler ducktail di belakang beserta stoplampnya. Dan ternyata pada masa ini bisa dikatakan penjualan menjadi meningkat tajam tidak seperti sebelumnya dan bisa di katakan sukses dengan sentuhanya. Percaya atau tidak kalau motor ini termasuk motor kencang lho kalau memang masih normal kondisinya karena topspeed bisa sampai dengan 120 km/jam. Bayangkan saja pada masa itu motor bebek dengan kapasitas 100cc bisa mencapai kecepatan segitu itu juga karena memang buatan honda federal terbukti kwalitasnya dan juga para kompetitor juga masih setia dengan motor 2 taknya.

3. Motor Cina (Citi)

ilustrasi
Minus di sparepart dan after sales nya, pakai nya barengan sama cici ane.. sering bertengkar ni gegara bentrok.

4. Yamaha F1ZR (Full Clutch)
Ini motor jaman ane beli pas kelas 3 SMU, beli bekas. Berasa gagah pake nya kaya racer.. tapi minus knalpot nyaring en berasap khas motor 2 tak.

Yamaha F1ZR adalah Sosok Bebek andalan Yamaha yang pertama kali dilahirkan sejak tahun 1997, hingga masuk masa pensiun di tahun 2004-2005. Motor yang bertampang sporty dan dibekali desain yang bersudut lancip ini, memang pernah menjadi idola di kancah sepeda motor nasional. (zaman ane SMP, anak gaul bawa ni motor or satri* keluaran dari Suzu*i). Desainnya yang Sporty Abis & Performa yang mentereng, membuat motor ini laku keras di jamannya.

5. Yamaha Vega

Nah ini motor ane pas kuliah nih gan, tapi ane beli nya yang tromol depan en belakang, ni motor relatif enak.. pas pakai nya ga ada komplain.
Sampai sekarang juga masih ada keluaran seri terbaru nya nih motor legend.

6. Shogun SP (Kopling)
Nah ini motor ane beli second hand tapi tetap tokcer, ane beli pas merantau di kota Jakarta nih, motor ajib en keren.

Suzuki Shogun 125 adalah Shogun generasi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2004 oleh PT. Suzuki Indomobil Sales. Dengan meningkatkan kapasitas mesin dari 110cc menjadi 125cc, dan untuk kelas 110cc di gantikan Suzuki Smash 110. Suzuki Shogun 125 dilengkapi dengan berbagai fitur seperti kunci kontak magnet dan bagasi extra luas.
Dan tidak lama kemudian tahun 2005 Suzuki mengeluarkan Shogun Sport Production (SP) dengan velg CW, Rem Cakram super lebar di bagian depan dan rem cakram di bagian belakang. Dan Shogun SP juga di bekali kopling manual untuk menambah akselerasi awal. Dan Suzuki Shogun 125 juga telah di uji cobakan dalam Suzuki Jelajah Negeri 2 dan Uji ketahanan 48 Jam nonstop.

Suzuki SP
Suzuki Shogun 125 mendapat update signifikan pada tahun 2007. Update yang dapat terlihat adalah perbaikan di sektor desain yang lebih sporty, sein berpindah ke tebeng depan, plus perbaikan di sektor mesin berupa penambahan Throttle Positioning Sensor, dan Engine Balancer, yang membuat Mesinnya lebih minim vibrasi. Shogun 125 dijual dalam beberapa varian, Seperti Shogun 125 (Standar), Shogun 125 RR (CW - Non Kopling Manual), Shogun 125 SP (CW - Kopling Manual), Shogun F1 (Fuel-Injeksi) & Shogun 125 NR (Edisi Spesial Night Rider).

7. Vixion
Ini motor yang bikin orang pake berasa keren ni gan.. no comment dah buat motor ini.

Yamaha V-Ixion adalah merek sepeda motor bertipe sport yang diproduksi oleh Yamaha Motor Indonesia. Sepeda Motor ini diluncurkan pada tahun 2007. Yamaha V-Ixion merupakan sepeda motor pertama yang diproduksi oleh Yamaha Motor Company dengan menggunakan teknologi sistem injeksi bahan bakar. Sepeda Motor ini bersaing di kelas motor sport 150 cc untuk mengimbangi kompetitor dari produsen lainnya.

8. Blade

Nah ane sempat nih pake ni motor juga pas beberapa bulan lalu, tukeran ma ipar ane.. tapi uda ane balikin.

Infografis... Honda C50 Hingga Honda Grand
Honda menjadi kalimat pengganti “motor”. Dahulu saat admin Kuliah Kerja Nyata di suatu tempat di Jawa Tengah, admin pernah meminjam motor Shogun teman, lalu ditegur oleh bapak siskamling “Mas mau kemana malam malam gini pake Honda?”. He? Dalam hati bingung, dan baru tahu ternyata di desa masih mengadopsi Honda sebagai kata pengganti motor.
1. Honda Super Cub generasi 1

Dipasarkan dengan 3 tipe yaitu Honda C50, C80 dan C100 dan lahir pada tahun 1958, namun Honda C50 hadir di Indonesia pada tahun 1961. Motor ini dijuluki “bebek unyil” dengan identitas lampu yang berada di dada motor, mesin 50 cc dan kunci kontak disamping jok. Di belahan dunia lain motor ini disambut cukup antusias, seperti di Amerika dan Australia. Bahkan sebuah band bernama Beach Boys membuat lagu khusus untuk Honda Cub berjudul “Little Honda”.

generasi II

1966, Honda akhirnya merefresh kembali motor andalannya, mengingat penjualannya yang melejit bak kacang goreng, tentu refreshment menjadi perlu. Nah mulai dari sini tidak hanya body yang diupdate namun juga kubikasinya. Keluarlah Honda C50, C70 dan C90 [C90 menggunakan kopling]. Julukan yang sering kita kenal adalah “pispot” karena identitas joknya yang mirip pispot dan terpisah dengan belakang. Selain jok berbentuk pispot, identitas cub gen 2 ini juga terdapat di posisi headlamp yang menyatu dengan setang. Cub generasi kedua akhirnya berhenti di tahun 1973.

generasi III

Perubahan yang paling terlihat adalah kunci kontak yang berada di dekat setang, Jok boncenger dan rider menjadi satu dan setangnya kini berbentuk V. Di generasi ini dikenal dengan nama “pitung” karena dalam bahasa jawa pitung puluh artinya tujuh puluh sesuai kubikasi cub ini.

2. Astrea 700 dan 800

Motor ini didesain serba mengotak dan totally full change. Desain motor ini bisa terlihat dari headlamp berbentuk trapesium, lampu sein kotak bertengger di setang, stoplamp kotak dengan sein pisah posisinya tepat di bawah jok, dan panel speedometer mengotak dan menyatu dengan lubang kunci. Mesinnya tetap 70 cc 3 speed penyempurnaan dari pitung.

Astrea 800.

Pembenahan dengan jok yang bertambah lebar, punuk yang lebih ramping, speedometer dengan dimensi yang lebar dan informatif, visor di batok, lubang kunci di bawah setang dan lampu kini berada di bawah jok dan lampu sein menyatu dengan headlamp/stoplamp. Soal kubikasi bertambah menjadi 80 cc dan transmisi masih 3-speed.

3. Astrea Star dan Prima

Star hadir pada tahun 1985 sebagai pengganti Astrea 800. Perbedaan bisa terlihat dari headlamp yang berbentuk trapesium namun lebih ramping, lampu sein lebih slim dan simpel, sayap juga lebih minimalis, selain itu perbedaan juga terlihat di stoplamp berbentuk ekor bebek. Dari segi mesin Star sudah memakai CDI, tidak platina.

Astrea Prima

1988, ini adalah versi minor change dari Astrea Star. Namun penambahan kelengkapannya cukup wow. Seperti shockbreker depan yang sudah teleskopik dan kubikasi mesinnya yang 95 cc, ah anggap saja 100 cc, oh ya transmisinya juga sudah 4-speed. Versi ini masih built-up dari Jepang dan yang mencengangkan, topspeednya bisa 120 km/jam.

4. Astrea Grand
Grand cukup banyak perubahan di sektor bodi pada tahun 1991, gap antara Grand dan Prima memang cukup dekat sebab di era ini kompetitor sudah mulai mengganas. Sebut saja Yamaha Alfa dan Suzuki Crystal. Oleh sebab itu Grand ada sebagai refreshment dari Prima, berbekal mesin yang tidak jauh berbeda dengan Prima namun bodi dibuat lebih aerodinamis dan slim. Selain itu headlamp dan stoplamp dibuat minimalis dan mengikuti lekuk bodi sehingga tidak terkesan kaku. Perbedaan lain terdapat di footstep belakang yang penempatan dudukannya terpisah, tidak mengikuti swingarm, alhasil meminimalisir getaran.

Source: Googl* and Blog.

Thread Lainnya
http://www.kaskus.co.id/thread/5767c...-favorite-hero
http://www.kaskus.co.id/thread/57677...-mula---marvel
http://www.kaskus.co.id/thread/57626...b-ini-mie-atau
http://www.kaskus.co.id/thread/57678...m-di-singapura
http://www.kaskus.co.id/thread/5763b...-calon-pemeran
http://www.kaskus.co.id/thread/57624...e-sera-sera-bb
http://www.kaskus.co.id/thread/57610...m-tersebut-pic
http://www.kaskus.co.id/thread/57611...ng-awas-ngiler
http://www.kaskus.co.id/thread/5760f...an-itu-artikel

Quote:



Polling
0 suara
Merk Motor Pertama Agan?
Diubah oleh gangel160487 21-06-2016 10:00
gang60487900Avatar border
gang60487900 memberi reputasi
2
15.6K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan