alexa-tracking

5 Jenis Puasa Kejawen Ini Konon Dipercaya Bisa Memberikan Manfaat Besar

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57676e522e04c82b338b4568/5-jenis-puasa-kejawen-ini-konon-dipercaya-bisa-memberikan-manfaat-besar
5 Jenis Puasa Kejawen Ini Konon Dipercaya Bisa Memberikan Manfaat Besar
Selama ini mungkin kita menganggap kalau hanya umat Islam saja yang memiliki ibadah berbentuk puasa. Padahal, hampir semua agama ada ritual semacam ini. Kristen, Hindu dan Buddha pun punya ritual puasa mereka sendiri, tapi tentu saja dengan aturan masing-masing. Nah, tak hanya itu, ada juga bentuk-bentuk puasa lainnya di luar konteks ibadah keagamaan. Salah satunya adalah puasa kejawen.

Ya, seperti yang kamu tahu kalau di Indonesia, Jawa khususnya, puasa semacam ini kadang kerap dilakukan masyarakat. Uniknya, puasa kejawen ini banyak jenisnya. Tak hanya jenis, puasa-puasa kejawen memiliki syarat yang berbeda-beda, di samping juga memberikan manfaat yang tak sama pula.

Lebih jauh tentang puasa kejawen, berikut adalah jenis-jenis puasa ala orang Jawa yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Puasa Mutih Untuk Ilmu Gaib dan Keberhasilan
Salah satu puasa kejawen yang paling dikenal adalah Puasa Mutih. Seperti namanya, dalam ritual ini seseorang yang menjalaninya dilarang untuk mengonsumsi apa pun selain yang berwarna putih. Biasanya, para pelakunya hanya akan makan nasi dan air putih saja.

5 Jenis Puasa Kejawen Ini Konon Dipercaya Bisa Memberikan Manfaat Besar

Puasa Mutih biasanya dimasukkan dalam salah satu bagian dari sebuah ritual panjang. Tujuannya sendiri macam-macam, namun umumnya adalah untuk menguasai ilmu-ilmu gaib tertentu. Ada juga yang melakukannya untuk tujuan keberhasilan. Puasa ini tak terikat waktu, bisa hanya 3 hari saja atau bahkan 40 hari. Puasa ini juga harus didampingi oleh seorang guru.

2. Puasa Ngableng Untuk Menguatkan Sukma dan Mengabulkan Keinginan
Jika umumnya durasi puasa itu hanya dari subuh sampai magrib, tidak demikian dengan ritual puasa yang bernama Ngableng ini. Durasi Ngableng adalah sehari penuh alias 24 jam. Jadi, jika ada seseorang yang menjalani puasa Ngableng 3 hari, itu artinya ia tidak makan minum selama 3 hari penuh.

5 Jenis Puasa Kejawen Ini Konon Dipercaya Bisa Memberikan Manfaat Besar

Menurut para praktisinya, puasa ini bertujuan untuk menguatkan sukma alias jiwa. Dengan berpuasa penuh seperti itu, diharapkan nafsu terhadap hal-hal keduniawian bisa sirna. Makanya, puasa ini sendiri sering dibarengi dengan semedi. Tak hanya itu, puasa Ngableng konon juga sering dilakukan dengan tujuan untuk mengabulkan keinginan.

3. Puasa Pati Geni, Demi Terkabulnya Keinginan yang Sangat Besar
Tak hanya Mutih dan Ngableng, puasa yang dipercaya bisa mengabulkan hajat adalah Pati Geni. Bahkan dikatakan pula jika Pati Geni ini ampuh untuk kabulnya hajat-hajat yang luar biasa besar. Secara teknis, Puasa Pati Geni dan Ngableng ini hampir sama. Tapi, ada beberapa perbedaan yang cukup ekstrem.

5 Jenis Puasa Kejawen Ini Konon Dipercaya Bisa Memberikan Manfaat Besar

Sama seperti Ngableng, puasa Pati Geni hitungan seharinya adalah 24 jam. Nah, yang unik dari puasa ini adalah si pelakunya tak boleh keluar dari kamar sampai seharian itu. Bahkan untuk buang air. Di dalam kamar pun si pelaku Pati Geni juga dilarang untuk melakukan aktivitas apa pun selain berdoa.

4. Puasa Ngeluwang Untuk Mendapatkan Kesaktian
Puasa satu ini bisa dibilang cukup unik. Tidak hanya melakoni puasa seperti biasa, dalam salah satu rentetan ritualnya si pelaku harus dikubur. Teknik menguburnya bukan seperti mayit yang dikubur, tapi lebih tepatnya dipendam sampai ke bagian tubuh tertentu.

5 Jenis Puasa Kejawen Ini Konon Dipercaya Bisa Memberikan Manfaat Besar

Cukup ekstrem ya puasa satu ini. Makanya, puasa ini dipercaya akan mendatangkan hal besar. Salah satunya adalah dimampukan untuk menguasai berbagai jenis ilmu gaib tertentu. Puasa ini konon memiliki ujiannya. Jadi, ketika dipendam, si pelaku biasanya akan didatangi oleh makhluk-makhluk gaib dan kemudian menakutinya.

5. Puasa Weton Untuk Proteksi Diri Terhadap Kesialan
Dari sekian banyak puasa kejawen yang ada, Weton adalah salah satu yang paling populer dilakukan. Puasa ini sendiri tidak dilakukan sering-sering karena hanya perlu dilakoni saat tiba hari ulang tahun saja, makanya kemudian dinamakan Weton.

5 Jenis Puasa Kejawen Ini Konon Dipercaya Bisa Memberikan Manfaat Besar

Puasa ini menurut ahlinya bisa dilakukan dengan dua cara. Ada yang seperti puasa biasa (subuh sampai magrib) atau pun hitungan 24 jam. Puasa ini sendiri dipercaya membawa manfaat besar. Salah satunya adalah sebagai anti sial si pelakunya. Ada juga yang mengatakan puasa Weton dapat membantu mengembalikan apa yang sudah hilang, entah harta atau apa pun.

Inilah puasa-puasa kejawen yang konon masih banyak dipraktikkan hingga hari ini. Puasa-puasa ini sendiri katanya tidak boleh dilakukan sembarangan. Harus ada tuntunan dan tujuannya. Melakukannya secara sembarangan akan membawa dampak buruk bagi pelakunya.
jika kita melaksanakan puasa tersebut ada niatnya ngga gan ?
apakah sekali puasa langsung terasa manfaatnya atau bisa sampai berkali-kali ?
emoticon-Bingung (S)
Quote:


klo menurut ane sih pasti ada lah gan, niat atau doa²nya
dan ga mungkin juga bisa dapet manfaatnya hanya dengan sekali berpuasa saja emoticon-Big Grin

oooh emoticon-EEK!:
gak cuma itu, dan efeknya juga berbeda2...
belom tentu yang mutih buat ilmu ghaib...

tapi selain diatas masih banyak puasa yang lainnya, ngrowot, ngalong dll..
nice info gan... klo bisa sekalian pantangannya apa aja di tiap2 puasa itu gan sekalian...

emoticon-Sundul emoticon-Sundul
gue pernah tau tuh puasa pati geni
puasa 3 hari 3 malem emoticon-Takut (S)
kata bokap gue sih
Puasa 3 hari dikamar gabuang air rasanya gimana ntu emoticon-Matabelo
khusus penganut kejawen aja ya gan ... klo muslim ngerjain puasa ginian bakalan syirk, no sara just info
emoticon-No Sara Please
Quote:

Quote dulu gan...
Kalo muslim sih ya gak boleh, syirik, karena puasa itu untuk efek sosial empati, dan kesehatan (biar gak terlalu banyak makan).
Kalo di alquran kan ada tuh ayat "afalah ta'qilun" = "tidak kah kamu menggunakan akal?" Ada sekitar 200 lebih ayat yg nge-mention tuh kalimat melebihi shalat, puasa, zakat, dan haji yg cuma kurang dari 30.

Shalat tetep penting dan wajib karena sistem penghambaan, "kamu hamba ku maka shalat, gak shalat bukan hamba ku" gitu sih ilustrasinya, untuk puasa dan zakat sama juga ilustrasi.

Islam identik dengan keilmiahan, sehingga untuk mencapai tujuan haruslah berusaha dengan analisa sumber daya yg kita miliki (uang, ilmu pengetahuan, barang, tenaga dan fisik, serta lain sebagainya) dan diolah bagaimana untuk bisa mencapai tujuan tersebut.
Kemudian dari tujuan tersebut apa latar belakang kita? Misalkan, "saya pengen jadi pemimpin agar bisa membawa kesejahteraan seluruh rakyat"
Terakhir harus dilakukan secara sungguh2 hingga titik darah penghabisan serta doa. Nah doa orang yg berjuang keras apalagi untuk kebaikan umat manusia akan dikabulkan oleh tuhan.

Inilah konsep dari BERKORBAN, mengeluarkan seluruh modal kita untuk kebaikan tuhan dan umat manusia serta alam.
*Kebaikan tuhan maksud nya adalah kita nya gak jadi kafir.

Kalo puasa tanpa tujuan yg berarti sih ya menurut saya jadi sia2 gak akan ada keinginan yg dikabulkan oleh Tuhan, karena gak ada yg kita berikan buat tuhan dengan puasa tersebut, puasanya gak ada manfaat. Tapi kalo tujuan puasa ini untuk berhemat dan tidak menjadi serakah ini berarti menegakkan nilai positif, maka ada manfaat, dan tentu saja ini berdasarkan perintah tuhan yg gak boleh foya2

*Buat tuhan maksudnya kita ngikutin perintahnya, dan setiap perintah memiliki efek meluas untuk manusia dan alam

Gitu sih kalo islam dalam hal berkorban untuk mencapai tujuan, saya hanya sekedar menjelaskan punya islam, kalo yg selainnya ya saya toleransi aja antar umat

Puasakan kyk berkorban juga "aku rela tidak makan demi..." filosofis bisa muncul puasa.
*Jadi baper hehe

Itu saja sih, untuk umat selainnya ya saling toleransi aja hehehe
Quote:

ha..ha.. syirik darimana gan... ini salah satu cara mendekatkan diri ama yang maha kuasa... syiriknya darimana malah g tahu saya.. jelasin dong gan...ane biasa puasa weton soalnya...
Ternyata banyak macem2nya toh. Baru tau ane.. emoticon-2 Jempol
ane seringnya puasa mutih gan.. buat latihan prihatin aja
ane mah puasa senen - kamis udah paling mujarab dah emoticon-Malu (S) , asal rutin gan emoticon-Smilie
Ane dulu pernah nyobain salah satu puasa di atas gan.... berat banget gan. Kalau tidak punya kemauan yang kuat pasti gagal. emoticon-Malu


Sekarang ane gak menjalankan puasa seperti itu lagi, Cukup menjalankan puasa yang diajarkan oleh agama. Rasanya lebih pas emoticon-Cendol (S)

Wih ngeri ngeri amat itu puasanya.. ane puasa ga makan sampe malem aja perut ane udah sakit ga karuan gan.. emoticon-Hammer2 emoticon-Cape d...
Quote:

ada2 aja nih agan jawabnya.yang maha kuasa yang mana gan? No SARA..
Quote:

ni versi ane gan... kalo ada keliru harap dimaklumin ya..maklum masih belajar.
ane muslim... Yang Maha Kuasa Jelas Alloh bagi saya... kenapa saya katakan salah satu cara mendekatkan diri..ini alasan ane
Puasa weton buat ane perlu banget selain puasa wajib Ramadhan dan puasa sunah lainnya.. kalo dibilang syirik kayaknya terlalu jauh karena saya juga menyembah Alloh dan berdoa kepadaNya.. menurut saya jauh lebih syirik ketika kita sakit kemudian berobat ke dokter dan kita percaya bahwa dokter dan obatnya itulah yang menyembuhkan sakit kita.
* Kembali ke topik kenapa puasa weton sebagai salah satu cara mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa yaitu :
1. Kita menahan lapar,dahaga,emosi, nafsu disaat orang lain tidak berpuasa dan mereka tidak tahu kalau pada saat itu kita sedang berpuasa
bisa diibaratkan saat itu hanya kita saja yang berpuasa dan yg lain tidak, jadi otomatis melatih diri untuk menahan diri dari bermacam godaan dan tidak berharap untuk dihargai dan dimanja karena kita sedang melakukan puasa
2. Puasa weton dilakukan sebagai rasa syukur karena kita dilahirkan kedunia dengan segala nikmatnya...contoh gampang bisa ngrasain enaknya makan nasi pecel.
3. Bicara puasa weton bisa sakti atau bisa yang lain menurut saya hanya efek samping... sama ketika kita belajar mengaji di sertai dengan puasa pasti rasa dan hasilnya akan berbeda dengan belajar mengaji karena ikut2an atau yang lebih parah biar dianggap orang soleh dan ahli agama.
4. Kalau puasa weton dianggap bidah... kalo boleh jujur hampir 99% yang kita lakukan saat ini adalah bidah karena kita tidak hidup di jamannya kanjeng Rosul.. contoh gampang naik kendaraan, bahkan mengaji yang kita lakukan saat ini pun tidak sama dengan jaman Nabi..karena pada jaman Beliau Al-Quran belum di bukukan tapi hafalan.

segitu aja dari ane kalau ada salah, minta koreksinya karena hanya itu yang baru ane pahami dan lakukan, ane juga tidak menutup diri untuk tambah pengetahuan jadi silahkan komen kalau ada kurangnya...emoticon-Cendol (S)
ane puasa ramadhan dan puasa yg di sunnahkan ama Rasulullah aja...emoticon-Toast