- Beranda
- Komunitas
- News
- The Online Business
Jenis Jenis Customer Tertarget atau Target Persona Dalam Pemasaran Online


TS
masdidik
Jenis Jenis Customer Tertarget atau Target Persona Dalam Pemasaran Online
Bagi Agan-agan yang menggeluti pemasaran online, khususnya social media marketing, seperti Facebook Marketing. Pasti bertemu dengan berbagai macam tipe prospek atau calon pelanggan.. yang suka kritik lah, yang suka banyak tanya doang.. tapi ada yang sekali kontak ngobrol di WA langsung beli.
Nah, memetakan profil customer tertarget membantu anda dalam membuat postingan atau copy writing dan menentukan target bidikan iklan Anda yang ujung-ujungnya memicu peningkatan konversi.
Orang yang tertarget atau menjadi sasaran kita menurut sifatnya disebut Taget Persona.
Menurut Khalid Saleh, seorang internet marketer internasional, hampir semua customer dapat dibagi dalam 4 jenis Target Persona berikut:
1. Logical Persona: Ini tipe atau jenis orang yang logis, metodologis, cenderung suka hal detail. Jenis orang ini akan menyelidiki penawaran anda sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Biasanya tipe ini setelah melihat produk, dia akan Googling mencari info tentang produk itu.

2. Impulsive Persona: Orang dengan tipe impulsif ini cenderung spontan, berani ambli resiko, dan optimis. Orang jenis ini cenderung ambil keputusan dengan cepat dan fokus pada manfaat sebelum membeli.

3. Caring Persona: atau orang yang “care” atau tipe peduli adalah mereka yang sangat memperdulikan kebaikan/ manfaat bagi orang lain. Produk atau jasa Anda akan dipertimbangkan jika itu semua menolong atau membantu orang. Bukannya meliat produk dan feature nya, orang dengan tipe peduli ini akan mencari tahu tentang Anda bahkan membaca halaman bagian “About Us” untuk melihat seperti apa sih sifat perusahaan atau organisasi yang Anda jalankan. Baik atau tidak.

4. Aggressive Persona: Aggresive Persona atau tipe orang agresif ini sifatnya rasional dan fokus pada peningkatan diri atau fokus pada diri sendiri. Orang tipe ini membawa dirinya pada standar integritas tinggi dan ia berharap hal sama pada Anda. Ia memiliki standar sendiri dalam hidup, maka tipe orang ini terlihat seperti tukang protes, tukang komplain, tukang kritik.

BTW, dalam membeli produk secara online, Agan sendiri masuk yang mana? Teman-teman agan masuk yang mana? Lalu coba pikirkan artikel atau campaign apa sih yang cocok sesuai target persona tersebut?
Salam,
Mas Wahyu Didik
Nah, memetakan profil customer tertarget membantu anda dalam membuat postingan atau copy writing dan menentukan target bidikan iklan Anda yang ujung-ujungnya memicu peningkatan konversi.
Orang yang tertarget atau menjadi sasaran kita menurut sifatnya disebut Taget Persona.
Menurut Khalid Saleh, seorang internet marketer internasional, hampir semua customer dapat dibagi dalam 4 jenis Target Persona berikut:
1. Logical Persona: Ini tipe atau jenis orang yang logis, metodologis, cenderung suka hal detail. Jenis orang ini akan menyelidiki penawaran anda sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Biasanya tipe ini setelah melihat produk, dia akan Googling mencari info tentang produk itu.

2. Impulsive Persona: Orang dengan tipe impulsif ini cenderung spontan, berani ambli resiko, dan optimis. Orang jenis ini cenderung ambil keputusan dengan cepat dan fokus pada manfaat sebelum membeli.

3. Caring Persona: atau orang yang “care” atau tipe peduli adalah mereka yang sangat memperdulikan kebaikan/ manfaat bagi orang lain. Produk atau jasa Anda akan dipertimbangkan jika itu semua menolong atau membantu orang. Bukannya meliat produk dan feature nya, orang dengan tipe peduli ini akan mencari tahu tentang Anda bahkan membaca halaman bagian “About Us” untuk melihat seperti apa sih sifat perusahaan atau organisasi yang Anda jalankan. Baik atau tidak.

4. Aggressive Persona: Aggresive Persona atau tipe orang agresif ini sifatnya rasional dan fokus pada peningkatan diri atau fokus pada diri sendiri. Orang tipe ini membawa dirinya pada standar integritas tinggi dan ia berharap hal sama pada Anda. Ia memiliki standar sendiri dalam hidup, maka tipe orang ini terlihat seperti tukang protes, tukang komplain, tukang kritik.

BTW, dalam membeli produk secara online, Agan sendiri masuk yang mana? Teman-teman agan masuk yang mana? Lalu coba pikirkan artikel atau campaign apa sih yang cocok sesuai target persona tersebut?
Salam,

Mas Wahyu Didik
0
2.4K
0


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan