

TS
bayu.indra
Animation v.A01 Function Curve

BAYU Animation Online Class - Maya 2013
Animation v.A01 Function Curve (F-Curve)


karena Indonesia memakai system PAL D1, maka kita akan memakai PAL D1 system juga (25fps) just in case agan agan akan gunakan utk TV broadcast atau yg lainnya kecuali agan mau publish di internet atau web base (15fps).
seperti gambar di atas (agan bisa /right click, /view image disetiap gambar nya utk memperbesar gambar supaya lebih jelas) kita set dulu ke PAL D1, atau kita set ke 25 frame per second, lalu agan harus set playback speed nya ke realtime(25fps)

F-Curve ... atau function curve !! ... yang kalau buat ane itu faktor terpenting di dalam animasi, kenapa ? ... karena semua animasi harus di simulate menggunakan curve ... dimana kita mengontrol value dari suatu attribute atau parameter terhadap time (waktu)
dengan kata lain ... pada waktu kapan melakukan apa ? dan pada waktu selanjut nya melakukan apa ? secara teknikal animasi kita menyebut nya key frame ... sebagai contoh : pada frame 5, translate X = -10 (key frame 01) ..., pada frame 45, translate X = 10 (key frame 02) ..., dan seterus nya ...
semua contoh di bawah ane buat di translate X ya gan n sist ... untuk mempermudah aja

S CURVE

S Curve itu adalah default curve yang akan kita dapatkan ketika kita membuat minimal 2 key frame ... secara default curve ini terbilang komplit karena sudah ada ease in dan ease out nya ...
LINIER CURVE

Linier curve ... atau sering disebut flat curve ... banyak dipakai untuk gerakan gerakan yg konstan ... tanpa percepatan ataupun perlambatan ... pergerakan static ...sebagai contoh : baling baling (meskipun cepat), beberapa mesin, mobil ketika jarak jauh, cenderung konstan ...
EASE IN

Ease In ... simple nya percepatan ... atau makin lama makin cepat gerakan nya, disini curve ini biasanya kita gunakan supaya object bergerak makin cepat, tapi dalam real life pasti akan ada batasnya sehingga object mencapai kecepatan maksimal ... contoh nya mobil ...
EASE OUT

Ease Out ... simple nya perlambatan ... atau makin lama makin lambat gerakan nya, contoh : ketika mobil mengerem, maka gerakan mobil makin lama makin pelan sampai dimana dia akan berhenti sama sekali
SNAP

Snap ... sebenar nya snap itu versi extreme nya dr ease in dan ease out ... biasa nya kita pakai untuk gerakan gerakan yang menyentak ... atau tersendat sendat ... contoh yg paling tepat mungkin jarum jam ... dia tidak berputar mulus, tetapi menyentak nyentak dalam gerakan setiap detik nya ...


biasanya untuk latihan latihan f-curve ini biasa di pakai bouncing ball animation untuk awal awal ... dimana hampir semua jenis curve diatas bisa di gunakan semua, dan bahkan berulang ulang ...
akhir nya buat yg nunggu thread animasi ... silahkan agan agan n sista ...
jangan lupa update belajar nya ... ditunggu

Diubah oleh bayu.indra 17-06-2016 21:15
0
3.5K
8


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan