alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jangan Salah Kaprah Dengan Kalimat Ini!
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57619389162ec287418b4571/jangan-salah-kaprah-dengan-kalimat-ini

Jangan Salah Kaprah Dengan Kalimat Ini!

PERINGATAN KERAS!

Thread ini tidak bermaksud SARA. Jadilah pembaca yang bijak.





Jangan Salah Kaprah Dengan Kalimat Ini!


Pernah mendengar atau membaca kalimat ini?
INDONESIA ADALAH NEGARA ISLAM.
INDONESIA ADALAH NEGARA MUSLIM.

Kalimat ini sering diucapkan dan ditulis pada media-media di Indonesia maupun pada tulisan-tulisan pribadi individu yang berkebangsaan Indonesia. Bahkan dalam kehidupan bermasyarakat pun masih banyak yang menggunakan kalimat tersebut.
Sudah tepatkah penggunaan kata "Negara Muslim/Islam" pada kalimat tersebut?

Jangan Salah Kaprah Dengan Kalimat Ini!


Mari kita kaji lebih dalam!

Menurut KBBI Online
Negara adalah:
1. organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat;
2. kelompok sosial yang menduduki wilayah atau daerah tertentu yang diorganisasi di bawah lembaga politik dan pemerintah yang efektif, mempunyai kesatuan politik, berdaulat sehingga berhak menentukan tujuan nasionalnya

Lalu jika kita menyebut Indonesia adalah negara Islam maka artinya Indonesia adalah negara yang menggunakan syari'at Islam sebagai pedoman negara dan tujuan nasionalnya.
Lalu jika kita menyebut Indonesia adalah negara muslim maka artinya Indonesia adalah negara dengan organisasi Muslim sebagai pemegang kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat.

Dari pengertian tersebut jelas kita salah jika menyebut Indonesia adalah negara Muslim maupun negara Islam karena Indonesia adalah negara Pancasilais dan negara Pluralis. Pancasila tidak menggunakan secara mutlak pandangan dan aturan agama Islam namun merupakan hasil musyawarah masyarakat majemuk.

Jangan Salah Kaprah Dengan Kalimat Ini!


Dalam naskah asli Piagam Jakarta yang dihasilkan oleh Panitia Sembilan pada tanggal 22 Juni 1945 menyebutkan poin pertama Pancasila "Ketoehanan, dengan kewadjiban mendjalankan sjari'at Islam bagi pemeloek2-nja". Hal ini kemudian menjadi perdebatan panjang karena dianggap tidak diperhitungkannya umat beragama non islam yang ikut berjuang untuk mengusir penjajah, padahal telah diketahui bahwa mereka juga meneteskan darah dan keringat di medan pertempuran.

Sebagai reaksi dari perdebatan tersebut, salahsatu anggota panitia Sembilan; A. A Maramis yang notabene beragama Kristen sangat keberatan dengan rumusan poin pertama pancasila dan memutuskan bahwa apabila poin pertama pancasila tersebut tidak direvisi atau diganti, maka A. A Maramis dan pejuang-pejuang non islam akan memisahkan diri dari Indonesia. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan terjadi konflik besar antar agama. Poin tersebut kemudian diganti menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa oleh Drs. M. Hatta setelah berkonsultasi dengan Teuku Muhammad Hassan, Kasman Singodimedjo dan Ki Bagus Hadikusumo.

Jangan Salah Kaprah Dengan Kalimat Ini!


Kemudian pada butir-butir Pancasila yang berjumlah 45 butir telah dijelaskan bahwa Indonesia menjunjung tinggi sikap tenggang rasa dan mengutamakan musyawarah dalam pengambilan keputusan demi kepentingan bersama bukan kepentingan pribadi maupun golongan. Dan penggunaan kata "negara Muslim/Islam" jelas menyalahi Pancasila sebagai azas negara dan juga semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Sudah sepatutnya kita tidak salah kaprah dalam hal ini karena hal-hal seperti ini sangat sensitif dalam kehidupan masyarakat yang majemuk. Mulai sekarang berhentilah menggunakan dan mengucapkan kalimat ini "Indonesia adalah negara Muslim" ataupun "Indonesia adalah negara Islam" namun gunakanlah kalimat berikut "Indonesia adalah negara bermayoritas Muslim".


emoticon-Shakehand2 emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-Shakehand2

Quote:
Diubah oleh: sleepyodore
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 4
Mencerahkan !

Jangan Salah Kaprah Dengan Kalimat Ini!




Sedut pandang yg sedikit berbeda
Diubah oleh kruingputih2
Quote:



hohoho... perhatikan catatan momod dulu ya gan sebelum komen. emoticon-Wink
Mejeng boleh lah ya ☺



Quote:


Diubah oleh cekingsS
Quote:



bolehlah. liat catatan momodnya ya emoticon-Wink
Jangan Salah Kaprah Dengan Kalimat Ini!

mendingan ngurusin kuil daripada yg begituan
ati ati dipantau ks6... Jangan Salah Kaprah Dengan Kalimat Ini!
sampaikan aja langsung sama medianya lah
disini mana ada yg peduli hal.gituan
Muncul lagi nih trit, bukannya udah di delete momod?
Quote:


biar ga banyak salah paham. diluaran kaskus masih banyak yang salah paham. emoticon-Wink

Quote:



betul gan. jadi liat catatan momod nya dulu ya emoticon-Wink


hmm...mau koment apa ya emoticon-Bingung (S)
ijin share aja deh krn bingung emoticon-Ngakak emoticon-Hammer (S)
Pokoknya yg selalu bilang indonesia negara muslim ane kurang setuju.
Saya umat kristiani. Jadi kami apa dong?
Sila pertama juga sudah diganti emoticon-No Sara Please
Diubah oleh KaskuserSejati.
Menarik! calon HT nih. Pantau dulu perkembangannya.
Diubah oleh incredibleman
Quote:


disini kan banyak media emoticon-Big Grin

Quote:


momod bilang ganti judulnya baru terbitin lagi tapi bakalan tetap dipantau emoticon-Big Grin jadi liat catatan momodnya ya emoticon-Wink


mantap mod wejangannya, ane baca ama cermati dulu ya mod emoticon-Cool
Quote:



Catatan.Momod ►
THREAD INI TELAH BERGANTI
JUDUL ATAS PERMINTAAN
MOMOD KARENA DIANGGAP
DAPAT MEMICU SALAH PAHAM.
THREAD INI BUKAN SARA.
THREAD AKAN TERUS DIPANTAU
OLEH MOMOD. JIKA TERJADI
DEBAT KUSIR YANG BERUJUNG
SARA MAKA AKAN LANGSUNG DI
DELETE TANPA
PEMBERITAHUAN. BACA,
CERMATI, DAN KOMENTARI
DENGAN BIJAK! TERIMAKASIH!


Ini catatan momod kan?! Yg dimaksud dan diharapkan TS dari komen aye apa? Apakah ada yg bertentangan? Apakah komen aye mengarah SARA? Atau menurut pemahaman TS komen aye menjurus dan terindikasi menimbulkan perdebatan sarkasme hingga penghinaan pribadi? Mohon pencerahannya dri suhu...
mungkin itu cma sebutan aja kali gan
Quote:


silahkan gan emoticon-Big Grin
kalau mau komen jangan lupa baca catatan momod ya emoticon-Wink


Quote:


iya gan, ane muslim sih tapi ane juga kurang setuju penggunaan kata itu. makanya ane bikin thread ini buat ngelurusin emoticon-No Sara Please
soalnya diluaran sana masih banyak yang salah ngerti sama kalimat satu ini.
btw, jangan lupa baca catatan momod ya emoticon-Wink



Quote:



ga mungkin gan, ntar jadi debat. momod kan udah kasih peringatan tadi.
jangan lupa baca catatan momod ya emoticon-Wink
Pancasila kemana sejatinya kau berada....
Quote:


Jadi DKK(dewan keluarga kuil) mana gan?
Yang penting saling damai ya...
Mungkin penekanannya ada di kata "terbesar"
Diubah oleh aiuredi
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di