CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Canada /
Fellow refugee across Toronto, where are you?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575e1ea0529a4593668b456d/fellow-refugee-across-toronto-where-are-you

Fellow refugee across Toronto, where are you?

Hi agan2

Jika ada agan2 yang apply sebagai refugee boleh ngobrol2 dengan ane, buat share keluh kesahnya dan lain2. Dari data2 yang ane dapat, disekitaran toronto gak banyak (kurang dari 10) orang indonesia yang nge apply sebagai refugee. Ane ngerti masalah privasi segala rupa dan segala informasi pribadi pasti di jaga baek2 oleh ane, Kebetulan ane tinggal di Toronto dan aktif di beberapa tempat yang mensupport refugee atau new comer. Selain ane kangen ngobrol bahasa indonesia secara lansung ane juga pengen denger cerita2 tentang pengalamannya di kanada dll.Jadi PM ane kalo agan di Toronto atau mau ke toronto dan apply sebagai refugee. Terima kasih


Sincerely
G


Hasil diskusi

Spoiler for 1. Tentang siapa aja bisa ngelamar jadi refugee di kanada:

Spoiler for 2. Informasi seputaran Welfare:

Spoiler for 3. Proses melamar sebagai refugee:


Pengalaman dari yg telah sukses melamar sebagai refugee:
Spoiler for show:

Diubah oleh gibranest
Halaman 1 dari 3
Agan apply refugee gan?
iya gan
Lah kenapa gan? Agan bukannya dateng student ke sini? kok jadi apply refugee? Kenapa ga jalur normal Economic class aja?
Quote:


Karena satu dan lain hal gan, jadi menempuh jalur ini. Heheheh terlalu private buat dishare
Quote:



sip deh om.. gudlak buat aplikasinya
makasih gan han...
Quote:

emoticon-gagalpaham

Gan, anda buka Thread ini dengan harapan ada yang share tentang pengalamannya apply refugee.
Kalau anda sendiri tidak memulai, bagaimana mengharapkan orang lain ikut share, ?
Mengenai privasi, toh kita tidak kenal langsung, dan anda memiliki hak untuk menjawab atau tidak menjawab pertanyaan walaupun lewat pm.
Pengalaman dan persepsi seorang pasti berbeda satu sama dengan yang lain, untuk itulah kita share disini
Sharing maksudnya disini biar bisa ketemu lansung gan atau koresponden via pm dan Bukan dibahas disini. Saya takut dibully atau diskriminasi lainnya, karena dari pengalaman pribadi saya, kaskus bukan tempat yg aman dan terbuka bagi tema2 tertentu. Cyber bullying is not cool.
Diubah oleh gibranest
Quote:


Gini gan, terus terang aja ane sangat senang dan salut ada yang berani angkat thema Thread ini, sering sekali ane harapkan ada kaskuser yang mau posting sesuatu yang baru, seperti refugee, kimpoi campur, kewarganegaraan, angkat anak, caregiver dll apalagi kalau yang PERNAH ngalamin sendiri.

Banyak sekali pertanyaan yang seringkali ingin kita ketahui, tapi tidak berani kita tanyakan, karena takut di bully, didiskriminasikan taupun dicemoohkan.
Percaya deh gan, yang akan mem-Bully agan adalah orang yang TIDAK MEMILIKI KESEMPATAN dan KEBERANIAN untuk tinggal di Luar Negeri, oleh sebab itu setelah membully mereka akan mencari PEMBENARAN atas sikap mereka.

Coba kalau agan buka atau liat thread lainnya, yang namanya Mimin, Momod, bahkan Regional Leader Canada Bos John Connor pun sering kena bully dari makian, tapi paling tidak ane TANSAGA, tidak termasuk salah satu kaskuser yang akan membully anda, apapun pilihan dan jalur yang akan anda tempuh untu menetap di Canada

So IMHO jangan takut untuk dibully di Regional ini,(terkecuali koreksi seseorang anda anggap Bully) mari coba kita ciptakan Regional Canada lain daripada yang lain, (sesuai dengan motto Bro Sandygirl CANADA = Can Ada) dimana sesama kaskuser saling bantu satu sama lain.

emoticon-thumbsup
Diubah oleh Tansaga
OK gan Tansaga, tak coba, hahahaha.Thanks for encouraging me.


Jadi di kanada A Convention refugee is someone with a well-founded fear of persecution based on:Race;Religion;Political opinion;Nationality; or Membership in a particular social group. Jadi saya masuk didalam beberapa kategori tersebut. Yang dibutuhkan adalah, identitas diri kalo anda benar adalah anda, terus membuktikan kalo anda benar seperti yang anda claim ( ras, afiliasi politik,dll). Saya dikasih informasi untuk apply legal aid biar gratis pengacaranya, terus saya kebetulan dapat pengacara yang sering ke indonesia dan tau betul masalah yang terjadi di Indonesia. Ada bundel atau form2 yang harus diisi beserta narasi yang menjelaskan jati diri anda, dan kasus2 yang anda hadapi (tekanan, diskriminasi dll).

Setelah semua lengkap, dokumen ini di submit ke imigrasi terus 60 hari kemudian hari sidangnya. Di sidang ini ada 2 kemungkinan, pertama anda hanya harus membuktikan kalo anda benar2 yang anda claim, jadi refugee member bakal nanya2 berdasarkan narasi dan dokumen2 yang udah di submit. Kemungkinan ke dua, anda harus memberikan argumen tentang seberapa bahayanya negara asal terhadap anda. Karena sidang nya berupa hearing, jadi pengacara anda cuman sebagai konsultan.

Setelah hearing selesai ada 2 kemungkinan lagi, bisa jadi member memberikan keputusannya lansung secara oral, bisa jadi keputusannya datang nanti sebulan kemudian.

Oh ya lupa, setelah ngesubmit aplikasi refuge, aplikan bakal dapat refugee ID, dimana disini termasuk federal health coverage.

kalo hasilnya positif sebagai refugee convention, step selanjutnya adalah apply sebagai permanent resident.




Diubah oleh gibranest
Kata family dokter ane "banyak jalan menuju ke Roma" ini juga berlaku buat mendapatkan Permanent Resident

Yang dapat PR dengan skilled worker mungkin akan bilang " gile bener, gua tuh kuliah lama, kerja lama, proses PRnya lama, bahasa inggris susah, ditest kesehatan, disuruh bawa modal pula.
Yang dapat PR dengan kimpoi sama Canadian mungkin akan bilang " glia bener, emang gampang nyari canadian yang sudi kimpoi sama gua, tuh bule udah pada pinter lagi, mana musti nyesuaiin diri baik bahasa mau pun kebiasaan, kadang gua aja ngak ngerti, ini Cinta apa bukan ya ?
Yang dapat PR dengan WP mungkin akan bilang " glia bener, setiap saat gua selalu was was, diperpanjang ngak nih kerjaan ? , cukup ngak nih pointnya, duh ilah.... Mana gajinya kecil pula"
Yang dapat PR dengan study mungkin akan bilang " glia bener, udah berapa hektar tuh bokap gua jual tanahnya, sampai jadi Tukang insinyur, bertahun tahun sudah berlaku, open WPnya udah hampir habis nih, kerjaan belum dapet."
Yang dapat PR dengan Refugee mungkin akan bilang " alamakkk............ susah banget cari temen sependeritaan, pada diem aja, ntar kalau gua berhasil, pasti pada nanya deh.

Yang masih di. Indo, mungkin akan bilang " loe loe pada yang udah di Canada sombong dan pelit, minta informasi aja susah, bantu kek gua cariin, sekolah yang murah meriah, kerjaan yang bagus gaji gede, kenalin ke canadian yang bersedia dikimpoiin, atau kalau ngak modalin gua dulu kek, maklum gua cuma tamatan SMA, dari keluarga miskin, gua cuma mau banggain ORTU dan bantu in adik - adik gua, yang penting halal. Ngak lebih, gitu aja susah bener
Kata guru smp ane "ketek sama2 berbulu tapi baunya beda2" hahahaha

Masalah kimpoi sama canadian itu kok terkesan canadian sebagai objektifitas yak dari beberapa postingan yg ane baca. Ane juga udah dilamar beberapa kali sama orang sini masih ane tolak. hahahahha karena pemikiran ane kalo dapet PR gara2 kimpoi terus along the way something bad happened, that topic for sure gonna come up to the table. Ane gak mau ngerasain kek gitu, jadi ane apply refugee dan dapat status karena usaha sendiri.

Dulu ane pernah pacaran ama orang sini, terus status imigrasi ane dibawa2 pas kita putus dan pas pacaran juga dia cerita2 tentang status imigrasi mantannya. dengan bilang " kalo gak gw yang nolonging dia gak akan jadi canadian" (wtf, itung2an budi). ganggu banget rasanya. hahhahah jadi pas kemaren2 ada yang ngelamar jadi weh aing tampik!!


update: aplikasi refugee ane berhasil dan ane udah dapat status. yeay!!!
ahh congrats ya gan! jadi ente uda dapet PR nya apa belom?
benerr! setuju banget kalo merid sama canadian pasti kebawa2 deh omongannya. ane juga ngalamin gt soalnya. laki ane canadian dan ane baru aja beres nih PR nya.. tapi ya gt kalo semisal berantem gak enak banget dengernya, lo disini karena gw, bah ilehh ude kayak apaan aja emang haha.. tapi ane seneng ente hebat bisa dapet dengan usaha sendiri,,,

btw its ok buat share koq,, orang2 yg suka nge judge sendiri mah ga usa diladenin,,
Maaci agan penimoet. Ane baru dapet status convention refuge nya minggu lalu, apply PRnya ntar gan kalo udah ada duit, $550 kalo gak salah aplikasinya atau sekitaran 500an gitulah, belum ada duit. Hidup ane masih di tanggung pemerintah,hehehehe, agan2 disini udah ada yg pernah nyobain Welfare? di ontario namanya O.W (ontario works). Kalo ada agan2 yang mau tau berapa dapatnya atau gmn nge applynya juga bisa tanya2 ane. Ane eligible buat OW mulai dari pas ane apply refuge dan berstatus refugee claimant.

Case worker ane bilang kalo udah apply permanent resident, karena dari status refugee eligibilitas untuk apply citizenship terferifikasi dalam waktu 18 bulan. karena ada kebijakan baru. gak tau lah.
Quote:


ohh good luck ya kalo gt emoticon-Peace

iya kayaknya skitaran 550$ an gt sih,, trus belom medical check up juga kan,, jadi ya mayan juga dobol kantong jadi sabar aja gan emoticon-Big Grin
oh yaa? 18 bulan cepet juga gan buat jadi citizen
Iya gan 550. Medchek udah kelar dan di tanggung legal aid pas ngelamar buat refugee karena itu medcheck juga buat work permit. Gak taulah kalo ada perubahan lagi ane bakal ngejalanin aja.
Quote:


Mau tanya gan,
Just Curious, dari keterangan diatas, selain welfare, apakah anda mendapatkan support akomodasi, dan pendidikan ?
Akomodasi diberikan kalo
1. Aktif sebagai sukarelawan selama 1 hari $100, 4 hari $142 ( tiket bulanan ttc) , pendidikan ga, cuman kalo keterima sebagai refugee, ybs bisa mengakses OSAP, Dana talangan pendidikan. Sekolah esl banyak yg gratis begitu juga kelas persiapan kerja kayak kepemimpinan, public speaking, customer service, dll.
2. Sekolah, atau ikutan pelatihan dll.

Nah kalo keterima sekolah, o.w bakal ngasih tambahan $250 buat uang jajan perbulan, Dan 250 buat clothing (sekali doank)
Diubah oleh gibranest
Quote:


Mantap gan..

Emang taxnya kan gila gilaan disini, tapi kan uangnya bisa dinikmati lah untuk social welfare...

Quote:


Ah, anak muda jaman sekarang, ngasih infonya di cicil - cicil kaya mortgage rumah aja,emoticon-Wowcantik

Gini aja deh, ane mau tanya pertanyaan umum (ala Indo) yang simple tapi rumit jawabannya :
- Apa saja yang anda dapat sebagai refugee dikanada,
- Apa saja yang anda keluarkan selain ticket pesawat Indo - Kanada
- Cukupkah support dari Pemerintah Kanada untuk biaya hidup seharian - hari (sampai berapa lama)

Silahkan dijawab sebisa mungkin, closed book, pertanyaan cuma 3 , setiap jawaban essaynya berbobot 33,333%

Good luck
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di