alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575d874d5a5163e00b8b4567/berpihak-kepada-kaum-miskin
Berpihak Kepada Kaum Miskin

Abstrak
Salah satu persoalan yang senantiasa menghimpit hidup manusia adalah “Kemiskinan”.Fenomena ini ada dimana-mana,dari dulu sampai sekarang,dan hal ini terus dialami dan dihadapi manusia.Berbicara tentang kemiskinan,mengingatkan kita akan berapa hal,misalnya mengapa kemiskinan itu sering terjadi dan menjadi persoalan hidup yang serius dalam kehidupan manusia?Serta mengapa manusia senantiasa selalu berusaha mengentaskan dari kemiskinan? Serta harus dimulai darimanakah?
Tulisan ini bukan bermaksud untuk segera mengentaskan atau menghapus masalah ini,melainkan mencoba untuk membantu orang pertama-tama menyadari kondisi hidupnya dan memberi penyadaran kepada mereka yang berkuasa dalam berbagai kehidupan masyarakat,menghimbau pada kesadaran social mereka,kemudian menunjukan pada hak orang miskin kemudian menunjuk pada hak orang miskin dan memperlihatkan kewajiban atau tanggung jawab Gereja kepada kepentingan masyarakat agar betul-betul merata sampai akhirnya semua pihak diperlakukan dengan adil. Dengan kata lain, tulisan ini hendak memperlihatkan komitmen yang perlu dibangun untuk membantu yang miskin agar bisa keluar dari kungkungan hidupnya.


I. Latar Belakang
Banyaknya penduduk kota Malang saat ini yang memiliki ekonomi rendah.Mereka tetap berusaha mempertahankan hidup mereka meski ada beberapa dari mereka melakukan suatu hal yang tidak layak seperti meminta-minta di jalanan tanpa adanya usaha dan bahkan tidak sedikit juga yang melakukan tindak kriminal untuk mempertahankan hidup mereka.Disamping itu,juga banyak masyarakat yang berekonomi rendah tetap berusaha bertahan hidup dengan usaha yang keras.Meskipun bayaran yang mereka terima tidak sebanding dengan usahanya,tetapi mereka tetap semangat dan tetap berusaha mempertahankan hidup mereka.Tetapi juga banyaknya muda mudi di Malang yang mulai mengapresiasi masyarakat yang mau berjuang keras untuk hidupnya,contohnya dengan membuat postingan di media social mereka dan mengajak para pembaca untuk ikut membantu masyarakat yang berekonomi rendah.




II. Pandangan Agama tentang orang miskin

Kemiskinan dan penindasan hampir setua umur umat manusia. Meskipun Hukum Allah bagi orang Israel bertujuan melindungi orang miskin dan meringankan penderitaan mereka, Hukum tersebut sering kali diabaikan. (Amos 2:6)

Tidak ada satu dabbah pun di bumi kecuali Allah yang menjamin rezekinya (QS Hud [11]: 6).

Agama sudah memberi ayat tentang kemiskinan dan menjelaskan bagaimana cara kita dalam menghadapinya. Seperti Injil tentang kehidupan Yesus menunjukkan bahwa Ia memahami betul kesulitan orang - orang miskin dan sangat peka dengan kebutuhan mereka. Meskipun pernah hidup dan tinggal di surga, Yesus mau mengosongkan dirinya dan menjadi seperti kita layaknya manusia terlebih lagi ’menjadi miskin demi kita’. (2 Korintus 8:9) Ketika melihat sekelompok orang, Yesus ”menaruh rasa kasihan terhadap mereka, karena mereka dikuliti dan dibuang layaknya domba-domba tanpa gembala”. (Matius 9:36) Kisah tentang seorang janda miskin memperlihatkan bahwa Yesus tidak terkesan dengan pemberian yang berlebih dari orang kaya, yang memberi ”dari kelebihan mereka”, tetapi oleh sumbangan kecil janda miskin itu. Apa yang ia lakukan menyentuh hati Yesus karena ’dari kekurangannya janda itu menjatuhkan semua sarana penghidupan yang dimilikinya’. (Lukas 21:4). Yesus bukan saja merasa kasihan kepada orang miskin, tetapi ia juga menaruh minat pribadi kepada kebutuhan mereka. Ia dan rasul-rasulnya mempunyai dana bersama untuk membantu orang Israel yang berkekurangan. (Matius 26:6-9; Yohanes 12:5-8; 13:29) Yesus menganjurkan orang-orang yang berminat menjadi salah satu pengikutnya agar sadar tentang kewajiban mereka untuk menolong orang berkekurangan. Ia memberi tahu seorang penguasa muda kaya, ”Juallah segala sesuatu yang kaumiliki dan bagi-bagikanlah kepada orang-orang miskin, dan engkau akan memperoleh harta di surga; dan mari jadilah pengikutku.” Kenyataan bahwa pria itu tidak rela barangnya diberikan dan memperlihatkan bahwa ia lebih mengasihi kekayaan daripada mengasihi Allah dan sesama. Jadi, ia tidak memiliki sifat-sifat yang pantas untuk menjadi murid Yesus. (Lukas 18:22, 23).
Dengan paragraf diatas bahwa diketahui bahwa Yesus sangat memikirkan tentang kondisi masyarakat miskin yang ada di muka bumi ini. Yesus bukan hanya melihat dari kondisi di depan mata, melainkan Ia melihat bagaimana kekayaan hati orang tersebut seperti perumpamaan pengusaha kaya dan janda miskin. Janda miskin bersedia untuk memberikan segala yang Ia punya dan mempercayakannya kepada Yesus sedangkan saudagar kaya tidak rela karena takut akan jatuh miskin.


III. Fakta

Kenyataan yang ada di masa sekarang adalah banyka orang yang tidak puas dengan apa yang dia dapatkan selama ini. . Mereka menganggap bahwa bayaran yang mereka dapatkan selama ini kurang dan menginginkan lebih. Padahal bila kita merujuk pada agama, agama menyebutkan bahwa semua rejeki itu sudah diatur. Di Kristen sendiri juga sudah dijelaskan bahwa Yesus tidak akan meninggalkan umatnya, Ia menaruh minat pribadi untuk mencukupi kebutuhan kita . Seharusnya kita tidak khawatir akan ketidakcukupan yang kita rasakan selama ini.
Orang miskin di malang sendiri sudah merambah, ada yang beralih menjadi penjahat seperti perampok, begal, maling, penipu, gendam dan lain lain. Ada juga yang beralih menjadi seseorang yang semakin giat untuk bekerja guna mencukupi kebutuhannya. Kita menyorot ke orang orang yang menolak untuk menyerah dalam hal keuangan.
Orang orang yang menolak untuk berbuat jahat ataupun minta minta ini patut diacungi jempol. Karena semangat mereka untuk memperjuangkan harga diri mereka sangatlah tinggi. Mereka memiliki perasaan bahwa memang rezeki sudah diatur oleh Tuhan. Jadi meskipun mereka mempunyai keuangan yang sedikit, mereka lebih bahagia daripada orang lain yang memiliki banyak uang tetapi tidak memiliki kebahagiaan yang menyebabkan dia tidak merasa cukup dengan uang yang ia miliki.
Muda mudi di malang sendiri sudah menaruh perhatian khusus bagi masyarakat miskin dengan membuat suatu perkumpulan. Mereka mengayomi mereka yang berkekurangan, juga mengayomi anak anak kecil yang sudah hidup di jalanan. Mereka mau turun dan mau bersikap adil pada masyarakat kecil. Merasakan bagaimana pederitaan mereka walau hanya sedikit. Mulai dari charity yang dilakukan melalui music, teater, ataupun membuat event dengan tujuan sebagian hasil keuntungan akan dibagikan kepada masyarakat miskin dengan bentuk uang atau kebutuhan pokok.

IV. Kesimpulan

Rezeki masing masing orang sudah disiapkan oleh Tuhan. Tidak ada yang kurang da tidak ada yang berlebih, semua diatur oleh Tuhan sendiri. Bagaimana kita manusia berusaha, bekerja keras. Tuhan tidak menutup mata dan selalu melihat umatnya bekerja dan selalu berdoa agar diberi rezeki yang melimpah. Jadi, jangan merasa tidak cukup karena semua yang diatur oleh Tuhan adalah pas. Karena merasa kurang itu lah, manusia bisa menjadi jahat dan melakukan apapun untuk uang. Tidak ada orang yang disiapkan Tuhan untuk menjadi jahat dan disiapkan untuk menjadi miskin.Tetapi Tuhan menyiapkan kita manusia sebagai manusia yang cukup.



Keberpihakan saya sebagai penulis bukan sepenuhnya saya berpihak kepada kaum miskin, melainkan bagaimana cara orang yang memiliki ekonomi lebiih mengayomi masyarakat yang dibawah . Rakyat kecil juga harus melihat, mengapa mereka menjadi kecil. Apa mereka membuang masa muda mereka dengan bermalas malasan? Atau mereka tidak punya kesempatan untuk menjadi seseorang yang lebih besar lagi? Saya sendiri bersyukur karena muda mudi di malang mau turun tangan dalam mengayomi masyarakat kecil seperti membuat ALS ( AyoLanjutSekolah ).





Daftar Pustaka :

- Anonim, Yesus Menjadi Teladan, diakses pada 31 mei 2016, http://wol.jw.org/id/wol/d/r25/lp-in/2006321
- Anonim, Kemiskinan Dalam Perspektif AlQuran, diakses pada 31 mei 2016, http://www.tongkronganislami.net/201...-al-quran.html
- Fidel Wotan, KEBERPIHAKAN KEPADA ORANG MISKIN SEBAGAI PILIHAN UTAMA (Sebuah Upaya untuk Berdiri Di Pihak Kaum Miskin), diakses pada 31 mei 2016, http://wwwfidelsmmindohtm.blogspot.c...ng-miskin.html
atas gw maho keparat emoticon-Traveller
ceramah kok di BP
Quote:Original Posted By janganrepost
ITU SUMBERNYA ADA YESUSNYA GAN ? GIMANA PENDAPAT YESUS SOAL KEMISKINAN ?


capslock jebol gan??

Quote:Original Posted By emilezolatoruan
atas gw maho keparat emoticon-Traveller



ente knpa gan??kesurupan??
Trit ga jelas, numpang lewat aja emoticon-Traveller
Berpihak Kepada Kaum Miskin