alexa-tracking

Jokowi rencanakan perpanjang Kapolri Badroidin Haiti, Gerindra Protes

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575d5404de2cf29d608b456d/jokowi-rencanakan-perpanjang-kapolri-badroidin-haiti-gerindra-protes
Jokowi rencanakan perpanjang Kapolri Badroidin Haiti, Gerindra Protes

Gerindra: Jokowi Langgar UU kalau Perpanjang Jabatan Badrodin

Reporter: Basuki Rahmat, CNN Indonesia

Jokowi rencanakan perpanjang Kapolri Badroidin Haiti, Gerindra Protes

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta tidak perlu memperpanjang masa jabatan Kapolri saat ini Jenderal Badrodin Haiti. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Gerindra Romo HR Muhammad Syafi'i menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak perlu memperpanjang masa jabatan Kapolri saat ini Jenderal Badrodin Haiti. Jokowi dinilai melanggar aturan jika memperpanjang masa jabatan Badrodin yang akan berakhir pada akhir bulan depan.

"Kalau Jokowi sampai memperpanjang mala jelas-jelas melanggar Undang-Undang No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian", ujar Romo Syafi'i kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (11/6).

Anggota Dewan Penasihat DPP Partai Gerindra itu mengatakan Jokowi selaku Presiden harus mengikuti aturan hukum yang berlaku terkait tidak bisanya diperpanjang masa jabatan Kapolri tanpa adanya dasar yang kuat.


"Yang bisa diperpanjang masa jabatannya itu kalau anggota Polri memiliki keahlian khusus seperti ahli forensik dan ahli penjinak bom yang masih dibutuhkan oleh Polri keahliannya. Kalau yang seperti itu memasuki masa pensiun maka bisa diperpanjang untuk tidak pensiun dulu", tutur Romo Syafi'i

Dia menyatakan hal tersebut sangat berbeda dengan jabatan Kapolri yang tidak terkait sama sekali dengan suatu keahlian yang dibutuhkan dalam tubuh Polri.

Menurut Romo Syafi'i, "kalau pun misalnya Jokowi mau memperpanjang masa jabatan Badrodin maka harus menerbitkan dahulu peraturan pemerintah pengganti undang-undang atau perppu. Namun hal tersebut tidak bisa begitu saja dilakukan oleh Jokowi karena ada syarat-syarat untuk mengeluarkan perppu di antaranya yaitu jika keadaan nasional sedang darurat atau sangat mendesak."

"Tapi ini kan tidak dalam situasi dan kondisi yang seperti itu sehingga Presiden Jokowi tak perlu mengeluarkan perppu", kata dia.

"Mantan anggota Komisi VIII DPR itu mengingatkan bahwa Jokowi selama menjabat Presiden terlalu mudah untuk mengeluarkan perppu. Yang baru-baru ini dikeluarkan oleh Jokowi yaitu Perppu soal kekerasan seksual terhadap anak yang di dalamnya ada hukuman kebiri. Perppu itu banyak ditentang termasuk oleh kalangan Ikatan Dokter Indonesia", ujarnya. Â

Jadi, kata Romo Syafi'i, "Jokowi tak perlu menerbitkan perrpu soal perpanjangan masa jabatan Badrodin meskipun hal itu merupakan hak sepenuhnya sebagai Presiden. Tapi Jokowi jangan gampang obral perppu", ucapnya.

Menurut dia kalau Jokowi menerbitkan perppu soal perpanjangan masa jabatan Badrodin berarti Jokowi tidak paham konstitusi. Sekarang ini kan tidak ada situasi yang genting atau mendesak jadi tak perlu keluar perppu, kata Romo Syafi'i.

Lebih jauh dia mengingatkan Presiden agar mengangkat Wakapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri untuk menggantikan Badrodin yang akan berakhir masa jabatannya.

"Budi Gunawan dulu itu sudah diajukan oleh Jokowi ke DPR sebagai Kapolri tapi karena diduga terlibat kasus rekening gendut maka jadi terjegal, namun kemudian tidak terbukti oleh KPK", tutur Romo

Pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri, tambah dia, juga sudah disetujui oleh DPR sehingga selayaknya Jokowi mengangkat dan melantik Budi Gunawan. Jokowi jangan mendengar omongan sana-sini yang belum tentu kebenarannya,kata dia.

==============================

Menurut ane ada beberapa pertimbangan untuk tetap memperpanjang Pak Badrodin Haiti :
1. Jangan mengulang kisruh politik tahun lalu mengenai kapolri, belajar dr pengalaman. Dulu juga sdh disetujui DPR
2. Jendral Badrodin Haiti saat ini merupakan tokoh dikepolisian yg bisa mempersatukan POLRI
3. Pak Jokowi perlu menunjukan pada rakyat bahwa beliau punya kuasa dan bukan boneka
4. menurut ane situasinya darurat, mengingat adanya kisruh politik yg mengganggu jalanx pemerintahan

sekian dari ane
image-url-apps
pertamax

salken yak...

yg bawah ane...kaskuser sejati neh...emoticon-Ngacir
ngomong soal konstitusi buat agenda pribadi bener2 menjijikkan
KASKUS Ads
image-url-apps
kisruh yg mana?

geridra yg sewot, ada apakah ?
image-url-apps
Jkw sama pdi memang sudah mulai pisah jalan makanya banyak kebijakan yg diambil bersebrangan dngan mau mbokde...

Bagus lah
image-url-apps
lho, kalau memang bagus kinerjanya, yg boleh boleh aja diperpanjang

itu parte kok.dongok amat, justru kemampuan konseptual dan manajerial lebih penting lagi dibandingkan kemampuan skill teknikal seperti penjinak bom
image-url-apps
kalo emang wokeh kenapa tidak
image-url-apps
Knp si gerinda yg sewot emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Analisa saya, akibat PDI-P tetap memaksakan calonnya si BG untuk jadi Kapolri.
Posisi BW pun jadi sulit kalau dia jadi Kapolri, karena ada BG sebagai seniornya sekaligus gengnya.

Kalau benar, BH diperpanjang ataupun giganti diluar calon PDI-P maka Jokowi melakukan genderang perang terhadap PDI-P khususnya Mama banteng.


image-url-apps
Quote:


setuju gan


image-url-apps
Quote:


Joko melawan mbokde

image-url-apps
Quote:


barbuk diamankan gan, salken juga

image-url-apps
pertahankan saja pak emoticon-Traveller
tumben nigh gerandong sewot,,
ada misteri apa ya?
emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Namanya jg oposisi.
Ga ada kerjaan selain ngrecoki.
emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


Kulo nderek Pak Dhe mawon
×