alexa-tracking

9 Jenis Media Cetak yang Berkembang di Masyarakat

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/575ad8969e740428448b456b/9-jenis-media-cetak-yang-berkembang-di-masyarakat
9 Jenis Media Cetak yang Berkembang di Masyarakat
9 Jenis Media Cetak yang Berkembang di Masyarakat

9 Jenis Media Cetak yang Berkembang di Masyarakat

Media cetak sebagai bagian dari media massa ternyata memiliki banyak jenis. Meskipun media ini diramalkan akan punah, khususnya koran, pada tahun 2040, kehadirannya tetap akan dibutuhkan sebagai sarana informasi alternatif selain digital.

Media cetak pada awalnya berkembang dengan pesat seiring dengan kebutuhan manusia akan informasi baik itu dalam bidang keagamaan, pendidikan, hiburan, maupun sekedar menulis sebuah pengumuman. Meskipun Tiongkok dan Jepang telah memulai teknik percetakan di abad ke-8, Johannes Gutenberg (1398 – 1468) lah yang membuat media ini naik daun.

Gutenberg merupakan orang pertama yang menggunakan mesin cetak dengan model baja yang dapat bergerak, menggunakan huruf-huruf individual dan bukan lagi dengan sebuah plat yang berisi huruf-huruf yang komplit yang dapat digunakan lagi pada kombinasi huruf yang berbeda pada tahun 1455. Ia awalnya merasa heran bahwa percobaannya ternyata bisa melipatgandakan jumlah cetakan. Namun, ia kemudian khawatir penemuannya akan dianggap orang lain sebagai tiruan murah dari tulisan tangan dan memutuskan untuk melakukan proyek pertama kali dengan mencetak Injil.

Produksi masal Alkitabnya ternyata membuat permintaan akan lembaran berita dalam bentuk cetakan semakin meningkat di masyarakat. Hal inilah yang kemudian memunculkan pencetakan koran. “Public Occurences” menjadi koran pertama di Amerika yang diterbitkan oleh Benjamin Harris pada tahun 1690. Beberapa abad kemudian, tepatnya pada tahun 1839, Daguerre menggunakan mesin cetak untuk fotografi yang digunakan di dalam koran.

Pada akhir abad ke-19 muncul beberapa media cetak seperti surat kabar, buku, dan majalah yang digunakan secara luas oleh masyarakat. Media ini kemudian berkembang luas hingga kini dan memiliki jenis yang beragam yang dapat dikelompokan menjadi sembilan jenis.

Berikut adalah 9 jenis media cetak yang berkembang di masyarakat.

1. Koran
9 Jenis Media Cetak yang Berkembang di Masyarakat

Dapat dikatakan apabila koran merupakan sebuah sarana penting dari komunikasi massa dimana media ini dapat meraih setiap sudut daerah dimana media elektronik tidak dapat mencapainya. Koran memainkan peranan penting sebagai penyedia informasi pertama, membangun opini, memperbarui pengetahuan para pembaca, dan menyediakan sarana promosi bagi para penyedia produk.

Sebuah koran dapat menjadi sarana komunikasi untuk berbagai topik seperti politik, sosial, hiburan, keuangan, saham, dan sebagainya. Selain topik-topik yang “berat”, koran juga dapat menyajikan sarana pengisi waktu senggang seperti TTS, Sudoku, puzzle, kartun, review film, review buku, musik, dan lain-lain. Tentu hal ini dapat meraih perhatian tidak hanya bagi orang usia dewasa saja namun semua usia.

2. Majalah
9 Jenis Media Cetak yang Berkembang di Masyarakat

Majalah merupakan salah satu jenis yang populer dari media cetak. Isi majalah biasanya dibedakan atau disesuaikan dengan tipe dari para pembaca yang menjadi targetnya. Seperti misalnya ada majalah khusus bisnis dan keuangan, majalah khusus wanita bekerja, majalah khusus gadis remaja, majalah khusus pria, majalah fashion, majalah travel, majalah tentang rumah dan dekorasi, dsb.

Frekuensi dari terbitnya sebuah majalah dapat berupa mingguan, dua (dwi) mingguan, bulanan, dua bulanan, empat bulanan, setengah tahunan, atau bahkan tahunan. Bagi para pengiklan, majalah merupakan sarana yang tepat karena dapat mengarahkan target produknya sesuai dengan target majalah tersebut. Misalnya iklan kosmetik dimunculkan di dalam majalah wanita atau iklan kamera dimunculkan di dalam majalah khusus fotografi atau gadget.

Selain itu, majalah juga memiliki kelebihan lain yaitu rentang waktu keberadaannya di rak para pembaca lebih lama daripada koran yang terbit setiap hari.

3. Booklet dan Brosur
9 Jenis Media Cetak yang Berkembang di Masyarakat

Booklet dan brosur adalah bagian dari literatur promosi dari sebuah produk atau sebuah organisasi. Media cetak jenis ini memiliki dua tipe, yaitu:

• Promosi pra-pembelian

Biasanya ada di mall dan toko, berupa literatur promosi yang gratis untuk semua dan biasanya berisi penawaran diskon atau paket-paket yang tampak ekonomis. Contohnya booklet gratis tentang kosmetik yang berisi informasi tentang produk, tren teranyar, keuntungan menggunakannya, warna-warna yang tersedia, kupon diskon, dsb. Hal tersebut dapat terbukti dapat mempengaruhi keputusan membeli para pembaca.

• Promosi paska-pembelian

Booklet dan brosur ini biasanya diberikan dengan sebuah produk dengan tujuan pengalaman yang lebih baik bagi para pelanggan setelah membeli. Biasanya media ini diberikan bagi para pelanggan baru yang memberikan keterangan mengenai keuntungan menggunakan produk tersebut, petunjuk penggunaan, cara membersihkan dan menyimpannya serta gambar-gambar “how to” atau “bagaimana caranya”. Terkadang booklet ini disertai “penawaran yang lain”.

Brosur terkadang disertai profil perusahaan dengan gambar-gambar dan format yang menarik. Informasi yang digaris bawahi adalah tentang perusahaan, kapasitas dan kemampuannya, layanan dan solusi yang ditawarkan, prestasi yang pernah dicapai, keberlangsungan, inovasi, penghargaan, dsb.

4. House Magazines (Majalah Internal), Periodical (Majalah Ilmiah), atau Newsletters (Nawala)
9 Jenis Media Cetak yang Berkembang di Masyarakat

Beberapa organisasi kini menerbitkan beragam sarana seperti majalah internal, majalah ilmiah, atau nawala untuk menjaga para pemangku kepentingan mempublikasikan berita-berita yang berhubungan dengan perusahaan. Biasanya majalah internal berisi data tentang pencapaian perusahaan, kegiatan para pegawai, dan informasi tentang penawaran.

Sebuah majalah ilmiah atau nawala lebih kurang didesain dengan tujuan yang sama namun ukurannya dibatasi hanya beberapa halaman saja sehingga informasi yang dimuat dalam bentuk format yang lebih kecil. Media-media ini dipublikasikan mulai dari setiap minggu hingga setiap tahun.

Media cetak jenis ini memiliki dampak “perasaan baik” bagi para pemangku kepentingan. Mereka yakin bahwa perusahaan peduli untuk berkomunikasi dengan mereka, dan hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka terhadap prospek perusahaan.

5. Surat Langsung
9 Jenis Media Cetak yang Berkembang di Masyarakat

Dikenal juga dengan istilah “direct mailers”, adalah pamflet kecil yang berfungsi sebagai alat dalam pemasaran dan iklan langsung. Biasanya surat-surat ini datang lewat pos. Langkah ini dinilai lebih murah daripada iklan dengan pamphlet banyak yang disebar di jalanan. Kebanyakan berisi iklan yang berwarna, kupon diskon dan hadiah, penawaran kartu kredit pra-disetujui, kendaraan, makelar, dan promosi politik.

Sistem ini paling cocok dengan B2B atau bisnis-ke-bisnis yaitu transaksi komersial antar pelaku bisnis. Orang-orang biasanya memiliki tendensi untuk mengingat apa yang mereka lihat dalam iklan ketika akan memutuskan untuk membeli sesuatu. Penawaran yang atraktif dapat membuat keputusan membeli yang positif.

6. Handbill atau Flyer (Sebaran atau Edaran)
9 Jenis Media Cetak yang Berkembang di Masyarakat

Sebaran atau edaran merupakan sebuah bentuk komunikasi yang dicetak pada kertas berukuran kecil. Media cetak jenis ini memiliki ciri mudah dibawa, berwarna-warni, atraktif, dan mudah dibaca. Biasanya disebar pada orang-orang yang lalu lalang di jalanan.

Surat edaran ini biasanya digunakan oleh restoran, hotel, klub malam, kampanye politik, toko makanan, konser, reli, dan lain-lain. Namun, biasanya orang-orang yang diberi edaran ini tidak terlalu membacanya dan lebih memilih membuangnya sehingga promosi lewat jenis ini tidak begitu efektif.

7. Billboard
9 Jenis Media Cetak yang Berkembang di Masyarakat

Billboard merupakan iklan yang sangat besar yang diletakan di lokasi strategis dengan ketinggian yang dapat menarik perhatian. Biasanya para pembaca tertarik dengan warnanya yang tajam dan tebal, kata-kata yang menarik perhatian, kreatifitas, desain, efek special, dsb. Awalnya billboard merupakan lukisan tangan di atas papan yang sangat besar, namun kini sudah dicetak di atas kertas yang sangat besar. Belakangan billboard dilengkapi dengan lampu neon, berupa video dan grafis. Beberapa billboard disebut bulletin.

Komunikasi lewat jenis ini harus menggunakan kata-kata yang sedikit. Gambarnya harus “berkata” lebih keras daripada kata-katanya sendiri. Jenis ini merupakan media komunikasi yang bagus untuk menangkap dan menahan perhatian pelanggan

8. Press Rilis
9 Jenis Media Cetak yang Berkembang di Masyarakat

Sebuah press rilis merupakan alat yang penting dalam komunikasi karena dibutuhkan komunikasi yang relevan langsung kepada press. Jenis ini merupakan nota press yang dicetak dalam bentuk cetak, fax, surat, atau CD kepada para anggota press. Biasanya media cetak ini dikeluarkan oleh pemerintah, organisasi, LSM, outlet retail, rumah desain, selebritis, dsb. yang ingin membuat pengumuman berita.

Sebuah press rilis juga didistribusikan dalam sebuah konferensi press. Isi press rilis disusun untuk menjawab semua pertanyaan dalam bentuk “W” seperti what (apa), who (siapa), where (dimana), how (bagaimana), dan when (kapan).

9. Buku
9 Jenis Media Cetak yang Berkembang di Masyarakat

Media cetak yang terakhir adalah buku. Buku merupakan media yang signifikan dari komunikasi massa sebagaimana jenis ini memiliki basis pembaca yang luas. Ekspresi dan opini penulis dibawa kepada para pembaca dalam bentuk sebuah susunan buku. Jenis media ini sangat populer di awal kemunculannya dan mulai tergantikan peranannya seiring dengan munculnya bioskop, tv, radio, dan akses internet. Namun bagi para pecinta dan kolektornya, buku sangat berharga.

Seiring dengan perkembangan teknologi tidak dipungkiri kepopuleran 9 jenis media cetak ini di masyarakat akan tergantikan. Tingginya harga kertas dan tinta serta bahan baku awal kertas yaitu pohon yang keberadaannya semakin memprihatinkan mau tidak mau mendesak keberadaan media massa jenis ini. Meskipun begitu, media cetak tidak akan mudah tergantikan begitu saja apalagi bagi orang-orang yang di daerahnya belum ada akses internet dan listrik.

jangan kabur begitu aja gan
Hargai Usaha TS dengan

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
ATAU
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
[Url= 4muda.com ]SUMBER[/url]
Thanks informasi.a gan emoticon-shakehand

PERTAMAX emoticon-Leh Uga
Koran dulu kaporit
udeh tau gan
tq infonya gan
koran sambil ngopi rasanya gmn gtu emoticon-nyantai
9 Jenis Media Cetak yang Berkembang di Masyarakat

ane baca koran bre...
Dan media itu udah mulai di tinggalkan. beralih ke online.
Bgus ni infonya, moga jdi HT gan emoticon-Smilie
Obor rakyat ngga ada gan?
Bawah ane bacaannya stensil
9 Jenis Media Cetak yang Berkembang di Masyarakat
Atas gw tau aja, mau gw pacul?
Orang tua ane dari dulu hobinya baca buku, dan sampe sekarang mereka masih setia sama hobi mereka
iyaa bentar lagi punah kayanya kegusur media online emoticon-Traveller
udh mulai beralih ke onlen gan skrg mah
undangan gak termasuk bre?emoticon-Bingung (S)
9 Jenis Media Cetak yang Berkembang di Masyarakat

ane ngirim kabar via siluman burung
si gokong kenal pokoknya
Koran tetep belum ada matinya gan
ntapz gan infonya

bentar lagi mereka akan punah gan
tergantikan persi digital...

emoticon-Big Grin



9 Jenis Media Cetak yang Berkembang di Masyarakat


gemboked emoticon-Cool
×