CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Outdoor Adventure & Nature Clubs /
Mana Yang Benar, Hiking atau Trekking?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5756ee1cd44f9f28428b4568/mana-yang-benar-hiking-atau-trekking

Mana Yang Benar, Hiking atau Trekking?

Mana Yang Benar, Hiking atau Trekking?

Seringkali kita keliru dalam menggunakan kedua istilah ini. Yang kita ketahui adalah bahwa keduanya merupakan kegiatan outdoor. Tapi pertanyaannya apakah keduanya sama?

Ada perbedaan tertentu antara konteks dan implikasi dari kedua istilah tersebut. Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa hiking adalah aktivitas yang cenderung dilakukan dengan berjalan di jalur (trails) sudah cukup memadai. Sedangkan trekking cenderung kepada kegiatan yang lebih menantang. Aktivitas ini menguji kemampuan fisik seseorang, daya tahan, bahkan kapasitas mental atau psikologis mereka.

Hiking

Spoiler for Hiking:

Istilah hiking menurut Dictionary.com adalah “to walk or march a great distance, especially through rural areas, for pleasure, exercise, military training, or the like“. Sehingga maksud dari kata hiking adalah kegiatan outdoor yang berupa berjalan kaki di lingkungan alam, yang seringkali di pegunungan ataupun medan dengan panorama indah lainnnya yang telah tersedia jalur hiking trails.

Trekking

Spoiler for Trekking:

Sedangkan trekking, adalah kegiatan outdoor yang lebih sulit dan menantang dibandingkan hiking. Suatu perjalanan adventurous yang dilakukan dengan berjalan kaki di suatu daerah dimana tidak ada sarana transportasi yang tersedia. Dictionary.com menafsirkan sebagai, "to travel or migrate, especially slowly or with difficulty“.

Trekking belum tentu dilakukan di pegunungan. Biasanya trekking dilakukan selama beberapa hari dan dimana belum ada jalur yang dipetakan, meskipun lingkungannya seringkali adalah berbukit, pegunungan atau hutan yang menantang.

Berikut adalah perbandingan antara hiking dan trekking sebagaimana telah diringkas oleh Diffen.com, dari sisi definisi, lingkungan, lokasi, perlengkapannya:

Spoiler for Hiking Vs Trekking:


Perbedaan terbesar antara hiking dan trekking adalah intensitas. Jarak, waktu dan medan menjadi penentu perbedaan antara kedua istilah tersebut. Aktivitas hiking biasanya dapat dilakukan dalam waktu sehari dan dengan medan yang tidak terlalu sulit. Sedangkan trekking biasanya memakan cukup waktu, beberapa hari atau minggu, ataupun bulan karena medan yang ditempuh bisa bervariasi dan keterbukaan jalur yang dilewati. Oleh karena itu trekking biasanya memerlukan kesiapan fisik dan mental serta mengandalkan perlengkapan dan survival kit yang memadai.

***


Terima kasih telah berkunjung.



Reference:
Quote:



Mana Yang Benar, Hiking atau Trekking?
profile-picture
profile-picture
nona212 dan tata604 memberi reputasi
Diubah oleh incredibleman
We're sorry.. Pertamax reserved.
Diubah oleh incredibleman
wah.. begitu ya
Diubah oleh vespakuningku
karna ini di indonesia maka keduanya salah.
yang benar adalah "naik gunung" emoticon-Cool
Quote:


Sudah dijawab tuh sama agan di bawah emoticon-Smilie




Quote:



Menjelajahi pantai masuknya trekking ya gan?
Quote:



kalo menuju pantai, "naik gunung" juga?
gak ada istilah hitchtreking kan?
yang ada hitchhiking.
tapi di indo susah bgt cari hitchhiking kalau gak naik truck atau mobil pickup emoticon-Big Grin
brrti real Trekking itu adalah jalan dari rmh smpe puncak gunung dan kembali ke rumah dengan jalan kaki, inget jalan ya ga pake bis ato nebeng tapi jalan kaki.

emoticon-Traveller
Post ini telah dihapus
Quote:


pertamaxemoticon-Sundul Up


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di