alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5745382d9a09519a2f8b456e/cara-memotivasi-karyawan-yang-malas
Cara Memotivasi Karyawan yang Malas
Pegawai adalah bagian dari bisnis yang tentunya penting untuk menjalankan bisnis dengan baik. Akan tetapi, jika pegawai malas? Tentu saja bisnis menjadi tidak lagi lancar. Apa yang seharusnya dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini? Apa yang seharusnya dilakukan untuk pegawai yang malas? Berikut ini terdapat beberapa cara untuk memotivasi pegawai yang malas.

1. Jelaskan tujuan dan misi perusahaan dengan jelas
Cara Memotivasi Karyawan yang Malas

Pegawai mungkin tidak terlalu mengerti mengenai visi, misi, maupun tujuan perusahaan atau bisnis. Barangkali pula, tujuan dan misi perusahaan tersebut tidak menjadi penting bagi para pegawai. Hal itu tentu saja sebaiknya tidak terjadi. Semua orang yang bekerja bersama dalam perusahaan atau bisnis yang dikelola, termasuk para pegawai, haruslah mengetahui bahkan paham tujuan dan misi perusahaan atau bisnis tersebut.

Oleh karena itu, yang harus dilakukan adalah menjelaskan, atau menjelaskan kembali, tujuan dan misi perusahaan atau bisnis yang dikelola kepada pegawai yang malas tersebut. Tujuannya adalah agar pegawai tersebut dapat lebih memahami tujuan dan misi sehingga ia dapat lebih bersemangat dalam bekerja. Buatlah pegawai tersebut memiliki pandangan, tujuan, dan harapan yang sama dalam membangun dan menjalankan bisnis atau perusahaan tersebut.


2. Sering muncul di tempat kerja karyawan
Cara Memotivasi Karyawan yang Malas

Bos pasti adalah seseorang yang begitu disegani dan bahkan ditakuti oleh para pegawainya. Oleh karena itu, sebagai seorang bos, anda pastinya begitu disegani, atau malah ditakuti, oleh para pegawai, tak terkecuali oleh pegawai yang malas itu. Anda pun dapat memanfaatkan hal itu untuk membuat pegawai tidak lagi malas bekerja.

Yang harus dilakukan adalah sering muncul di tempat para pagawai bekerja. Anda dapat mengunjungi dan menengok sambil mengecek pekerjaan mereka. Dengan datangnya seorang bos, para pegawai pun pastilah akan bekerja dengan rajin dan sungkan atau akan merasa tidak enak hati untuk bermalas-malasan. Jika sering datang, para pegawai Anda, terlebih yang malas, pun pasti akan selalu bekerja dengan rajin dan berusaha tidak terlihat malas di depan Anda.


3. Pastikan memberi insentif dengan adil
Cara Memotivasi Karyawan yang Malas

Insentif merupakan tambahan penghasilan, dapat berupa uang atau barang, yang diberikan kepada pegawai untuk meningkatkan gairah kerja mereka. Insentif tentunya merupakan suatu hal yang menyenangkan untuk para pegawai. Oleh karena itu, untuk memotivasi pegawai yang malas, Anda dapat memberi insentif kepada mereka, juga kepada pegawai lainnya.

Akan tetapi, pastikan bahwa Anda memberi insentif dengan adil dan rata kepada semua pegawai. Dengan menerima insentif, terlebih dengan adil, para pegawai pastilah termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi, meskipun barangkali mereka akan berharap untuk menerima insentif yang lebih besar.


4. Bangun kepercayaan
Cara Memotivasi Karyawan yang Malas

Beberapa pegawai mungkin memang memiliki semangat yang rendah dan tidak percaya diri. Hal itu menyebabkan mereka menjadi tidak optimal dalam bekerja dan terkesan malas. Oleh karena itu, yang harus dilakukan adalah membangun kepercayaan dalam diri mereka. Anda tentunya harus pandai dalam memotivasi para pegawai sekaligus membangun kepercayaan dalam diri para pegawai tersebut agak dapat bekerja dengan baik.

Pastikanlah pegawai memiliki kepercayaan diri yang cukup. Selain itu, pastikan pula para pegawai memahami bahwa Anda menaruh kepercayaan yang amat besar dalam diri mereka untuk bekerja sebaik mungkin. Buatlah pegawai mengetahui bahwa mereka harus bekerja dan melakukan segala sesuatunya dengan sangat baik agar tidak mengecewakan dan meruntuhkan kepercayaan yang telah diberikan.


5. Tegur pegawai dengan cara yang menyenangkan
Cara Memotivasi Karyawan yang Malas

Jika pegawai adalah seseorang yang betul-betul malas, menegurnya adalah salah satu cara yang barangkali akan baik dan ampuh untuk mengatasinya. Janganlah takut untuk menegur pegawai sendiri. Biar bagaimana pun juga, para pegawai adalah bagian dari bisnis Anda. Pegawai tentunya harus mengetahui dan menyadari bahwa kemalasan yang ia terapkan dalam bekerja dapat menghambat perjalanan dan kelancaran bisnis atau perusahaan yang dikelola. Akan tetapi, perlu diingat pula bahwa Anda harus menegur pegawai yang malas tersebut dengan tidak menyebalkan.

Cobalah untuk menegur pegawai tersebut dengan hati-hati. Lebih dari itu, Anda barangkali dapat menegurnya dengan cara yang menyenangkan, seperti mengajaknya makan siang bersama dan mengutarakan teguran dalam obrolan yang santai dan menggembirakan. Janganlah menegur pegawai dengan keras dan menjengkelkan. Teguran yang seperti itu dapat berakibat buruk. Selain barangkali dapat membuat pegawai semakin jengkel dan malas, hubungan dengan pegawai tersebut juga dapat menjadi semakin renggang dan buruk.


6. Karyawan juga manusia
Cara Memotivasi Karyawan yang Malas

Hal yang satu ini tentu harus diingat pula. Mereka tentunya juga merupakan manusia biasa yang memiliki banyak kekurangan. Anda pun merupakan manusia yang memiliki banyak kekurangan, bukan? Oleh karena itu, cobalah memahami bahwa pegawai memiliki kekurangan, seperti misalnya malas. Setiap manusia pasti pernah dilanda kemalasan. Anda pun, dalam beberapa waktu, pasti sempat merasa malas dalam bekerja tentunya.

Dengan memahami bahwa pegawai juga merupakan manusia biasa, Anda pun hendaknya memahami pula bahwa kemalasan para pegawai tersebut merupakan suatu hal yang lumrah. Suatu hal yang lumrah memang belum tentu baik adanya. Namun, akan lebih baik jika tidak melebih-lebihkannya. Biarlah kemalasan sekali-kali datang menghampiri para pegawai. Akan tetapi, meskipun demikian, tetaplah selipkan kata-kata atau pebuatan yang dapat memotivasi mereka di balik sikap yang membiarkan mereka tersebut.


Demikianlah berbagai cara untuk memotivasi karyawan yang malas. Lakukanlah hal apa pun yang dapat mengembalikan semangat para karyawan Anda selama hal itu bukanlah hal yang buruk dan selama hal tersebut tidak menimbulkan akibat yang buruk. Mungkin ada hal lain lagi yang TL kelupaan, silahkan agan lampirkan di thrad ini. Terima Kasih.


SUMUR
diancam dipecat aja gan emoticon-Leh Uga
Yoi jadi pribadi yg menyenangkan
leh uga
Naikin Gaji emoticon-Cool .
Blm jadi bos,jadi ga punya karyawan
kl ga jadiin OB aja emoticon-Big Grin
kesejahteraan juga penting gan
mayan nih, siapa tau suatu saat jd bosemoticon-2 Jempol
"Pastikan memberi insentif dengan adil"

ntapz gan emoticon-2 Jempol
yomannnn emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
kasih bonus
klo ane cuma satu gan, kasi aja bonus gede dan increment tiap 6 bulan sekali emoticon-Cool
Individu karyawan beda2
Perlu tau dia ga produktif karena apa
Kadang emang ada yg ga niat kerja
Atau ngga suka ama tempat kerjanya
Atau emang ngehek aja
Bawah ane karyawan penjilat gan emoticon-Wakaka
Introspeksi atasan nya mana? emoticon-Blue Guy Bata (L)
iming"i bonus gede gan.. hahahah
kalo sudah kelewat malas pecat ajaemoticon-Big Grin
klo ad bonus gde psti pd mw gan,,,d.tmpt ane ga da bonus ad'y cm bwt yg udh pnya jbtan doang,,,giliran ad claim dr planggan yg buruh pd d.salahin,,,
sueee emoticon-Marah
kalau sering ke tempat kerja karyawan memang bikin rajin gan,tapi biasanya karena terpaksa,soalnya merasa di awasin..hehe
pengalaman pribadi soalnya,enak2 main game si bos malah datang..haha