alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5744f3dbc0d770c6318b4567/setara-61-persen-siswa-toleran-357-persen-puritan-24-persen-radikal
Setara: 61 Persen Siswa Toleran; 35,7 Persen Puritan; 2,4 Persen Radikal
Quote:Setara: 61 Persen Siswa Toleran; 35,7 Persen Puritan; 2,4 Persen Radikal

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada April lalu, Setara Institute mengukur tingkat toleransi siswa SMA Negeri di Jakarta dan Bandung Raya.

Survei yang dilakukan terhadap 760 siswa ini, menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki sikap toleransi.

Hasil survei menunjukkan, 61 persen siswa memiliki sikap toleransi, 35,7 persen intoleran pasif atau puritan, 2,4 persen intoleran aktif atau radikal, dan 0,3 persen berpotensi menjadi teroris.

Wakil Ketua Setara Institute Bonar Tigor Naipospos mengatakan bahwa hasil survei ini terbilang baik karena hanya 0,3 persen atau sebanyak tiga orang yang berpotensi menjadi teroris.

"Dilihat hasil akhirnya, kami relatif cukup optimis. Kami tidak bisa mengklaim ini representatif tapi ini cerminan bahwa ada tantangan untuk terus meningkatkan pemahaman toleransi di sekolah," ujar Bonar di Cikini, Selasa (24/5/2016).

Sikap toleransi juga ditunjukkan dengan 81 persen siswa menolak adanya organisasi agama yang ingin mengganti Pancasila sebagai dasar negara, 85,2 persen siswa menolak adanya pelarangan pendirian rumah ibadah, 79,4 persen siswa menolak adanya pihak yang melakukan kekerasan dalam memperjuangan keyakinannya, dan 74,4 persen siswa menolak kelompok yang mengkafirkan agama lain.

Kendati demikian, menurut Bonar, dilihat dari dimensi ideologis, keyakinan siswa pada agama dinilai cukup mengkhawatirkan.

Sebab, 58 persen siswa memilih syariat Islam ditegakkan. Sistem syariat sendiri tidak sesuai dengan kehidupan bernegara dengan sistem demokrasi yang menjunjung pluralisme.

"Mereka memikirkan semua persoalan dunia akan selesai dengan sendirinya jika syariat Islam ditegakkan. Ada semacam idealisasi, romantisme, dan utopis agama akan mampu menjawab semua pertanyaan duniawi," kata Bonar.

Ia menyatakan bahwa kelompok pelajar yang disurvei, sejatinya masih dalam proses pembentukan presepsi dan labil.

Sikap toleransi dan beragama mereka, kata dia, masih bisa berubah tergantung dari faktor internal dan eksternal.

"Institusi pendidikan, orangtua, dan media, itu sangat vital. Dari situ siswa mendapat pengetahuan tentang agama," ujar dia.

Oleh karena itu, dari hasil penelitian ini, Setara memberikan rekomendasi bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama, dan Dinas-dinas Pendidikan di tiap wilayah untuk memberikan perhatian terhadap dinamika toleransi siswa.

Hal ini dapat dilakukan dengan memastikan kurikulum dan buku referensi mendukung penuh toleransi.

Begitu juga dengan guru yang tidak menyesatkan siswa dengan pola pikir primordial dan etnosentris.

"Yang berpotensi menjadi teroris memang sedikit, tapi yang bersikap intoleran, yang puritan, atau punya pemikiran radikal, itu bisa mengarah ke terorisme juga nantinya," ujar Bonar.

http://megapolitan.kompas.com/read/2...persen.radikal


emoticon-Traveller

Quote:

Survei Setara: 11 Persen Siswa SMA Inginkan Khilafah

Setara: 61 Persen Siswa Toleran; 35,7 Persen Puritan; 2,4 Persen Radikal

TEMPO.CO, Jakarta - Lembaga yang mendukung pluralisme dan hak asasi manusia, Setara Institute, menyurvei tingkat toleransi siswa SMA Negeri di Jakarta dan Bandung Raya. Hasilnya menunjukkan tingkat toleransi siswa masih cenderung besar.



Tapi beberapa temuan unik diperoleh, salah satunya adalah mengenai sistem sosial politik. "Idealisasi, romantisme, dan utopis agama, dukungan terhadap agama sebagai sistem sosial hasilnya cukup besar," ujar Wakil Ketua Setara Institute Bonar Tigor Naispospos di Cikini Raya, Jakarta, Selasa, 24 Mei 2016.

Salah satu hasil ditarik dari pertanyaan: pemerintahan apakah yang paling baik untuk diterapkan di Indonesia saat ini. Dari total 760 siswa, sebanyak 647 responden atau 86 persen menjawab demokrasi. Pilihan lain yang disediakan menunjukkan 85 responden atau 11 persen menjawab khilafah, 16 responden atau 2 persen tidak tahu/tidak menjawab, dan 6 responden atau 1 persen menjawab monarki.

Hasil lainnya menunjukkan persetujuan atas pengaturan kehidupan manusia oleh agama diafirmasi oleh 69 persen responden. Yang tidak setuju sebesar 21 persen responden.



Dalam hasil selanjutnya, dikatakan sebanyak 437 responden atau 58 persen menginginkan hukum agama (syariat) di setiap aspek sendi kehidupan di Indonesia. Yang tidak setuju sebanyak 131 responden atau 17 persen, ragu-ragu 130 responden atau 17 persen, dan tidak tahu/tidak menjawab 60 atau 8 persen responden.

Bonar menganggap hasil itu sebagai gambaran imajinasi masyarakat banyak yang belum memahami problem empiris dan sosial yang lebih kompleks.

Responden juga diminta menanggapi pertanyaan mengenai pemimpin atau kepala daerah. Terkait pemimpin di lingkungan organisasi pada lingkungan mikro di sekolah, responden menganggap ketua jelas/OSIS tidak harus satu agama sebesar 62,2 persen dan harus satu agama 30,8 persen. Sedangkan untuk pemimpin organisasi di luar sekolah hanya terdapat sedikit perbedaan.

Penelitian ini juga menunjukkan tanggapan responden pada dua calon bupati/walikota, yang seagama dan tidak seagama. Sebanyak 443 responden 58 persen menjawab tidak mempersoalkan agama, tetapi kemampuan memimpin, 288 responden atau 38 persen menjawab yang seagama, 27 responden atau 4 persen menjawab tidak tahu/tidak menjawab.

https://nasional.tempo.co/read/news/...inkan-khilafah


emoticon-Traveller
Hasil survei menunjukkan, 61 persen siswa memiliki sikap toleransi, 35,7 persen intoleran pasif atau puritan, 2,4 persen intoleran aktif atau radikal, dan 0,3 persen berpotensi menjadi teroris.

yang 0.3% itu dikirim aja ke suriah....emoticon-Ngakak
Yg 0'3 persen palingan anak hti atau fpi emoticon-Ngakak
Soal:
Jika dari 760 siswa terdapat potensi 0,3% akan menjadi teroris.
Jika dari angka 0,3% semuanya jadi bomberman .
Berapakah jumlah korbanya jika radius ledakan sekitar 3 meter ?
Mereka menjalan kan aksi di lapangan yg berisi 100 orang dengan luas lapangan 5 hektar dan masing2 orang berkumpul di satu yang berbeda tempat dilapangan tersebut dengan jumlah masing2 yg berkumpul sama dengan bilangan prima 1,2,3,5,7,11....
emoticon-Cool
Yg 0.3% itu mah palingan hidup nya uda susah jd yah mau cepet2 ketemu tuhan aja
Kalo yg 61% itu mah anak babeh duit byk yg penting tiap hari have fun gonta ganti pacar trus
Quote:Original Posted By wen12691
Hasil survei menunjukkan, 61 persen siswa memiliki sikap toleransi, 35,7 persen intoleran pasif atau puritan, 2,4 persen intoleran aktif atau radikal, dan 0,3 persen berpotensi menjadi teroris.

yang 0.3% itu dikirim aja ke suriah....emoticon-Ngakak


wanjir , aku sih yes emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By zacka96
Soal:
Jika dari 760 siswa terdapat potensi 0,3% akan menjadi teroris.
Jika dari angka 0,3% semuanya jadi bomberman .
Berapakah jumlah korbanya jika radius ledakan sekitar 3 meter ?
emoticon-Cool



Segera revolusi mentah , emoticon-Ngakak
pertanyaan surveinya gimana, kok bisa bilang 0,3% ada kecendrungan jadi teroris emoticon-Big Grin
ada pertanyaan jebakan kah emoticon-Big Grin
Panasbung cuma 2.4%. Memang setara dengan gaji mereka 2.5 juta emoticon-Wakaka
11 % setuju kilapah.

lahan yg harus digarap oleh kaum ekstrim kanan nih.
banyak juga 0.3 %
penduduk indonesia 300 juta an, 0.3% nya udah 100.000
survei itu dilakukan di jakarta bandung yang udah maju
kalo survei menyeluruh se indonesia begimane? sumatra terutama aceh, kalimantan, sulawesi dan daerah yang (maaf) tertinggal

pasti lebih dari 0.3% itu
Quote:Original Posted By ironcoy
gue tak percaya survei ini

tak percaya hanya 0.3 %

minimal ada 5 % umat muslim negara ini sudah siap menjadi teroris,
gue tinggal di wilayah muslim yg religius, cara mereka bicara dan peragulan mereka saja, sepeeri sudah sangat menginginkan perang demi menegakan syariah



Pasti banyak pakai bahasa Arab di pembicaraan mereka ya gan? emoticon-Big Grin
Sayang sampelnya ga dipisahin antara Jakarta dan bandung, yg intoleran kemungkinan dari kantong partai suci.
0.3% itu bisa membahayakan loh emoticon-Takut (S)
Sungguh Pengkaderan sejak dini (ROHIS di SMA) yang Komprehensif...
yg toleran tp relijius gitu ada gak yah?
itu 61% yg dibilang toleran jangan2 kelompok hedon, boro2 mikir soal agama
Masalah ini jelas lebih perlu perhatian daripada isu pki yang nggak jelas orang-orangnya eksis atau nggak.
Quote:Original Posted By ironcoy



itu sudah pasti gan, kalau bicara tdk ada selipan bahasa arabnya, seperti makan tanp garam

survei ini lebih condong bertujuan untuk menenangkan masyakat non muslim yg sudah khawatir dgn banyaknya pengikut teror dari agama ini,
hasilnya dibuat sekitar 0.3 % agar menenanangkan kekhawatiran non muslim tentang bahaya agama ini seakan bahaya ini hanya 0.3 %

makanya gua tdk percaya jika melihat langsung di lingkungan gue sendiri 0.3 % sangat tdk mungkin

agama ini menciptakan bom waktu
para teroris ini ibarat akar alang2 di lahan alang2 yg jika diguyuri hujan, akan langsung tumbuh dimana2

jika krisis ekonomi seperti thn 98 terjadi lagi, kasus terosisme negara ini akan langsung bisa seperti di irak dan suriah sana


gan mau nanya, no sara. agan sndiri agama apa? klo muslim, apa agan gak terbius /terpengaruh dgn lingkungan sekitar? klo agan trmsk toleran, apa yg membuat agan tetap seperti itu dilingkungan agan yg extrim? makasih..
Quote:Original Posted By zacka96
Soal:
Jika dari 760 siswa terdapat potensi 0,3% akan menjadi teroris.
Jika dari angka 0,3% semuanya jadi bomberman .
Berapakah jumlah korbanya jika radius ledakan sekitar 3 meter ?
Mereka menjalan kan aksi di lapangan yg berisi 100 orang dengan luas lapangan 5 hektar dan masing2 orang berkumpul di satu yang berbeda tempat dilapangan tersebut dengan jumlah masing2 yg berkumpul sama dengan bilangan prima 1,2,3,5,7,11....
emoticon-Cool


Wasyuuuk emoticon-DP
Kaga sekalian yang make ukuran bra cup b berapa orang tong emoticon-DP
members kaskus ada sekitar 50 otak kopong yg berpotensi menjadi teroris
tapi hanya sekitar 5 orang saja yg menyatakan siap ................emoticon-Entahlah
Quote:Original Posted By cahsewon
yg toleran tp relijius gitu ada gak yah?
itu 61% yg dibilang toleran jangan2 kelompok hedon, boro2 mikir soal agama


Waktu sma ada temen yang sholat nya rajin banget tapi anak nya supel bahkan punya banyak sohib non muslim.