satujambiAvatar border
TS
satujambi
Trik Menghindari Komplain Nasabah Asuransi
Komplain nasabah, ya itu adalah bagian tidak menyenangkan dalam perjalanan karir sebagai tenaga pemasaran produk asuransi atau yang lebih popular dengan sebutan agen asuransi. Teman – teman yang berprofesi sebagai agen asuransi mungkin ada yang pernah menerima komplain dari nasabahnya karena suatu hal.

Terjadinya komplain dari nasabah sebenarnya tidak terlepas dari pelayanan agen terhadap nasabahnya, bisa juga karena nasabah merasa tertipu karena adanya kekurangsesuaian antara keterangan agen dan realisasinya setelah menjadi nasabah.

Namun sebenarnya persoalan tersebut dapat diantisipasi, dan tidak perlu terjadi di kemudian hari. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghindari complain dari nasabah :

1. Berikan pengetahuan yang cukup untuk nasabah. Penjelasan yang lengkap dan jelas akan mencegah terjadinya salah persepsi, sehingga nasabah tidak mengharapkan apa yang memang tidak pernah dijanjikan oleh perusahaan asuransi.

2. Tonjolkan manfaat asuransi, bukan investasi. Khusus asuransi jiwa dengan fitur unit link, berikan penjelasan dengan mengedepankan manfaat asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Dengan memberikan iming – iming manfaat investasi yang tidak masuk akal, akan mengaburkan program asuransi itu sendiri. Yang perlu ditekankan justru nasabah membeli asuransi karena proteksinya dan jaminan asuransi kesehatannya. Dengan motivasi itu, pastilah nasabah lebih memilih mempertahankan polisnya daripada mengharapkan keuntungan jangka pendek.

3. Jangan berikan penjelasan yang anda sendiri tidak tahu kebenarannya. Jika sebagai agen, terdapat hal yang tidak dimengerti, dan kebetulan hal tersebut ditanyakan oleh calon nasabah, sebaiknya ditanyakan kepada senior yang lebih mengerti. Calon nasabah akan lebih menghargai daripada memberikan penjelasan tetapi keliru yang berpotensi menjadi masalah di kemudian hari. Hal itu juga tidak akan menjadikan agen terlihat kurang professional, justru akan terkesan apa adanya yang disukai calon nasabah.

4. Jelaskan setiap konsekuensi yang mungkin ada. Dalam asuransi jiwa tidak melulu yang dijanjikan manfaatnya, dengan memperoleh berbagai manfaat, tentu ada beberapa kewajiban yang harus dipenuhi nasabah, selain membayar premi. Jelaskan apa saja konsekuensi yang bisa terjadi dengan menjadi nasabah. Tidak perlu takut kehilangan calon nasabah hanya dengan menjelaskan hal tersebut. Mereka akan tetap membeli asuransi karena itu adalah kebutuhan yang wajib mereka penuhi, dan tidak ada alternative lain yang lebih baik.

Intinya, sebenarnya jika semua berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku tidak akan pernah terjadi gesekan atau permasalahan antara agen asuransi dengan nasabahnya.

Artikel Terkait :
Cara Mudah Menjual Memasarkan Asuransi Secara Online
0
919
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan