alexa-tracking

Rp 3 Jutaan... "Segitulah" Rata-rata Gaji Guru dan Dosen Indonesia!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57289f8a96bde6f86d8b456d/rp-3-jutaan-quotsegitulahquot-rata-rata-gaji-guru-dan-dosen-indonesia
Rp 3 Jutaan... "Segitulah" Rata-rata Gaji Guru dan Dosen Indonesia!
Rp 3 Jutaan... "Segitulah" Rata-rata Gaji Guru dan Dosen Indonesia!


JAKARTA, KOMPAS.com — Seberapa puas para pekerja di sektor pendidikan, mulai guru hingga dosen, terhadap profesi mereka saat ini? Berapa gaji rata-rata yang mereka perolah, dan puaskah mereka dengan kondisi itu?

Hal itulah yang mengemuka dari hasil riset Jobplanet pada akhir April lalu untuk menyambut Hari Pendidikan Nasional, Senin (2/5/2016). Dalam riset tersebut, analisis dilakukan terhadap tingkat kepuasan dan gaji rata-rata yang diperolah 6.250 pekerja di industri pendidikan yang tersebar di Indonesia.

Lembaga-lembaga yang masuk dalam industri tersebut meliputi sekolah, universitas, perguruan tinggi, hingga lembaga-lembaga kursus dan pelatihan. Beberapa faktor yang diperhitungkan dalam menganalisis tingkat kepuasan karyawan di industri pendidikan pada riset ini meliputi jenjang karier, gaji dan tunjangan, work-life balance, budaya perusahaan, hingga faktor manajemen.

Secara keseluruhan, tingkat kepuasan karyawan di sektor pendidikan terhadap jenjang karier mereka adalah 2,91. Sementara itu, tingkat kepuasan terhadap gaji dan tunjangan sebesar 2,79; kemudian tingkat kepuasan terhadap faktor keseimbangan hidup sebesar 3,07; tingkat kepuasan terhadap budaya perusahaan sebesar 3,27; serta tingkat kepuasan terhadap manajemen perusahaan sebesar 2,89.

"Di sektor pendidikan, faktor gaji dan tunjangan mendapat penilaian paling rendah dari para karyawan, sementara faktor budaya perusahaan mendapatkan penilaian paling tinggi. Namun, penilaian tersebut masih cukup jauh dari angka tertinggi, yakni sebesar 5,0, yang mewakili penilaian 'sangat puas' dari para responden," ujar Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, Selasa (3/5/2016).

Hasil riset tersebut juga menunjukkan informasi gaji dari 3.473 responden yang berprofesi sebagai tenaga kerja pendidik. Mereka adalah dosen dan para guru, baik guru di taman kanak-kanak (TK), guru sekolah dasar (SD), maupun sekolah menengah atas (SMA), serta guru privat dan guru kursus bahasa asing.

Dari hasil riset itu terungkap bahwa gaji rata-rata yang diperoleh dosen di Indonesia adalah Rp 3.326.700 per bulan. Sementara itu, gaji rata-rata yang diperoleh guru TK adalah Rp 2.292.200 per bulan, guru SD hingga SMA sebesar Rp 2.530.350 per bulan, guru privat Rp 2.188.500 per bulan, dan guru kursus bahasa asing sebesar Rp 2.656.300 per bulan.

"Angka tersebut dihitung dari rata-rata gaji bersih yang diterima setiap bulan, dan belum termasuk dengan bonus dan tunjangan," ujar Kemas.

Berdasarkan hasil riset tersebut, Kemas berharap, informasi ini dapat dijadikan wawasan mengenai gambaran industri pendidikan serta karier para guru dan pendidik di Indonesia. Dengan begitu, lebih banyak orang yang semakin memahami dan menghargai profesi guru dan pendidik karena, bukan tanpa sebab, mereka dijuluki sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

"Kami juga mengharapkan adanya peningkatan kualitas hidup bagi para guru dan tenaga pendidik di Indonesia, terutama mereka yang berada di daerah dan masih mendapatkan penghasilan rendah di bawah rata-rata," ucap Kemas.

http://edukasi.kompas.com/read/2016/...osen.Indonesia

emoticon-Bingung
image-url-apps
Kalo kata2 orang yang rasional,emoticon-EEK!
Kalo gaji segitu kurang, jadi pengusaha aja, udah dikasih segitu masih ngeluh emoticon-Marah

emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Guru, jaksa, hakim, dokter pemerintah, harusnya minimal 7 jutaan lah. .yg baru masuk.
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:

klo segitu mah kurang lah bray.
lha yang cuman tiduran aja bisa dapet lebih kok.
ini yg kerjaan lbh banyak ya hrus dpt lbh juga.

Guru yang mencerdaskan bangsa 3 jutaan.
Kemudian buruh tanpa otak dikasih 3,1 juta itu kurang.
Hebatnya buruh
emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
image-url-apps
gajinya kecil, makanya byk yg cari sampingan: jual buku, ngajar di kampus lain, konsultan, tenaga ahli, pengamat di talk show, dsb,
image-url-apps
Quote:

Yang tidur2an disenayan aja, masih minta nunggak gaji lebih,
Lah ini, jadi prihatun sayaemoticon-Wkwkwk
image-url-apps
Quote:


guru/dosen dpt mobil dinas, uang bensin. se enggaaknya di tmpat ane gitu.

lagian kayanya jadi buruh capek ya, masuk pagi, kluar sore. walaupun gitu, gaji 3.1 itu emang terlalu gede untuk sekedar buruh.
image-url-apps
Gaji guru yg pns udah layak, yg parah tuh yg honor. Ad yg 50 ribu sebulan (guru paud). Kalo sd-sma paling rendah berkisar 300 rb s.d. 800 rb dirapel 3 bulanan. Pdhl tugas = pns.
bukannya guru dan dosen udh dapat tunjangan sertifikasi yah
image-url-apps
Harusnya demo turunkan gaji dan tunjangan anggota dpr
Klo perlu bubarin
emoticon-Marah
image-url-apps
Nanti guru2 nya gak rela bagi2 ilmunya.
Yang gak les sama dia, nilainya jelek
gaji pokok kali maksudnya..
guru dan dosen harus ditingkatkan kompetensinya selevel dokter br pantas gaji 10 juta
image-url-apps
Quote:



guru dimana tuh gan dapet mobil dinas + uang bensin? emoticon-Belo
Quote:


10 juta panteslah tapi guru dan dosennya kompetensinya selevel hakim jaksa dan dokter
image-url-apps
kalo merasa kurang mending cari peluang usaha sampingan emoticon-Big Grin

ya! segitu kalo bujangan cukup + cicilan motor/rumah tuh, tapi...

mungkin kurang u/ menafkahi isteri yang kerjanya cuman IRT + 2 anak emoticon-Malu

lebih jika suami dan isteri sama guru yang berstatus PNS

CMIIW emoticon-Angkat Beer
image-url-apps
jadi inget celetukan dosen ane dulu emoticon-Big Grin
"Dosen = kerja se-dos, gaji se-sen" emoticon-Ngakak (S)
orangnya sederhana banget, walau lulusan luar negeri n pernah kerja di WHO.
tapi itu kan belum termasuk tunjangan atau yg lainnya.
image-url-apps
Quote:



Ini bedanya kerja kasar dan kerja pakai otak. Masalahnya Guru ini kan penentu masa depan bangsa emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
itu blom termasuk tunjangan di tempat gwa aja tunjangan bisa sampe 3 jt
×