alexa-tracking

Hipertensi, Kolesterol, Asam Urat, Stroke, Jantung, Gagal Ginjal, dan Hubungannya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/572881285c7798b8428b456e/hipertensi-kolesterol-asam-urat-stroke-jantung-gagal-ginjal-dan-hubungannya
Breaking News! 
Hipertensi, Kolesterol, Asam Urat, Stroke, Jantung, Gagal Ginjal, dan Hubungannya
Spoiler for Apa itu Hipertensi?:

Spoiler for Apa itu Kolesterol?:

Spoiler for Apa itu Asam Urat?:


Quote:Singkatnya, yuk kita langsung mengenal hubungan antara Hipertensi, Kolesterol, Asam Urat, Stroke, Jantung, dan Gagal Ginjal.

Pada dasarnya, semua makanan yang kita makan, khususnya dalam bentuk gorengan, otomatis akan langsung disimpan dalam bentuk lemak dan ditimbun oleh tubuh kita. Baik ditimbun secara langsung di bawah lapisan kulit kita, maupun dalam bentuk endapan di pembuluh darah.

Beda halnya dengan karbo (karbohidrat - nasi, mie, kwetiauw, bihun, spagheti, dll), selama setelah makan karbo, masih dipakai untuk aktivitas, maka karbo otomatis akan dibakar oleh tubuh. Jadi meski kita sedang diet, tidak perlu takut untuk makan karbo saat siang hari, hanya saat siang lho ya. Tapi juga dengan catatan, jangan setelah makan siang dengan karbo, habis itu langsung dibuat boci, bobo ciang, sama aja deh, nda dipakai aktivitas, otomatis karbo diubah oleh tubuh jadi lemak juga. Itulah mengapa juga tidak disarankan makan karbo saat malam hari. Karbo itu fungsinya sebagai sumber tenaga. Kalau kita kerjanya dari pagi-siang/sore, bukan "manusia malam" yang kerjanya sore/malam-pagi, ya tidak perlu kita makan karbo saat malam hari, kan habis makan juga kita tidak beraktivitas berat yang bisa membantu membakar karbo yang kita makan.

Pernah tau selang yang "bumpet", air tidak bisa keluar dengan lancar/kencang? Solusinya, agak sedikit ditekuk selangnya, tujuannya hanya untuk menambah tekanan air, agar makin kencang. Begitupun dengan darah kita. Akibat tingginya kolesterol dalam darah, ditandai dengan banyaknya timbunan lemak dalam pembuluh darah, otomatis otak mengirim perintah agar darah menaikkan tekanannya, agar alirannya tidak tersendat oleh lemak2 tersebut. Itulah kenapa orang yang kolesterol kebanyakan juga hipertensi, ya karena analogi selang tadi. Itulah hubungan antara hipertensi dan kolesterol.

Sekarang kita akan membahas hubungan antara kolesterol dan asam urat. Heh? Emangnya dua penyakit itu ada hubungannya? Yup! Kebanyakan orang yang punya kolesterol tinggi, pasti juga punya asam urat yang cukup tinggi, tapi tidak selalu berlaku sebaliknya. Kenapa? Karena kebanyakan makanan berkolesterol tinggi juga berpurin tinggi/sedang, contohnya: jeroan (hati, ginjal, dll), babi, bebek, kepiting, lobster, udang, dll.

Kembali ke masalah karbo dan lemak. Baik lemak tadi, maupun karbo yang diubah jadi lemak, sedikit/banyak pasti ada yang ditimbun dalam pembuluh darah. Pernah lihat selokan/sungai yang banyak sampahnya kan? Air susah mengalir karena terhalang kotoran2 tersebut. Solusinya, normalisasi, angkut dan keluarkan semua kotoran yang menimbun di sungai, agar aliran air kembali lancar.

Solusinya terburuknya, seperti yang terjadi di sungai Cikapundung, Bandung, sampah menumpuk disitu karena sampah2nya "didorong" hingga ke hilir. "Mendorong" sampah2 ini kejadiannya persis seperti saat darah menaikkan tekanannya. Bak seperti saluran mampet, kena guyur air dengan jumlah banyak atau tekanan tinggi, otomatis kotorannya terdorong hingga ke hilir.

Nah, pembuluh darah kita "hilir" nya banyak. Meski mungkin istilahnya bukan hilir, karena hulu & hilir darah sama2 di jantung. Jantung memompa darah ke seluruh tubuh, ke otak, ke paru, ke ginjal, ke pankreas, ke liver/hati, dll. Tinggal kotorannya itu berhentinya dimana. Kalau berhentinya di batang otak, ya kita akan terkena stroke, mati sebelah, dengan penyumbatan di batang otak. Kalau darah mengalir dengan tekanan sangat tinggi, membawa "kotoran2" lemak tadi, terjadilah pecahnya pembuluh darah. Pecahnya di otak dan masih bisa terselamatkan, hanya mengakibatkan stroke, dengan pembuluh darah pecah. Pecahnya di mata ya jadilah glaukoma atau pecahnya pembuluh darah di mata. Pecahnya di jantung ya terjadilah sudden death karena serangan jantung.

Baik hipertensi, kolesterol, maupun asam urat (juga diabetes), sama-sama merupakan salah satu penyebab terjadinya gagal ginjal. Berkurangnya fungsi ginjal, tidak lagi 100% dapat berfungsi normal. Bisa menyerang salah satu organ ginjal, bisa juga keduanya.

Salah satu fungsi ginjal adalah mencuci darah atau menyaring "racun" dalam darah. Racun artinya segala sesuatu yang tidak berguna bagi tubuh, tidak hanya yang membahayakan bagi tubuh saja, tapi segala sesuatu yang tidak berguna pun juga otomatis disaring oleh racun.

Garam dari makanan yang kita konsumsi (kebutuhan per hari hanya 4 sendok makan atau 50gr, sedangkan rata2 makanan yang kita makan dalam sehari totalnya bisa lebih dari itu), jika berlebih otomatis mengendap di ginjal, otomatis mengganggu kinerja ginjal. Lemak-lemak kolesterol jahat kita juga dapat membuat endapan pada dinding-dinding ginjal, otomatis juga mengganggu kinerja ginjal. Purin berlebih dalam darah kita juga mengendap di ginjal.

Hanya hipertensi saja bisa menyebabkan gagal ginjal. Hanya kolesterol saja bisa menyebabkan gagal ginjal. Hanya asam urat saja bisa menyebabkan gagal ginjal. Bayangkan apabila kita menderita beberapa penyakit tersebut sekaligus, hipertensi+kolesterol, kolesterol+asam urat, hipertensi+asam urat, hipertensi+kolesterol+asam urat. Belum juga termasuk diabetes, diabetes+hipertensi, diabetes+kolesterol, diabetes+asam urat, diabetes+hipertensi+kolesterol, diabetes+hipertensi+asam urat, diabetes+kolesterol+asam urat. Apalagi kalau sampai kita menderita diabetes+hipertensi+kolesterol+asam urat, betapa terganggunya fungsi ginjal kita. Karena itu tak jarang orang bisa menderita komplikasi, apabila terkena beberapa penyakit tersebut sekaligus.

Belum lagi ditambah dengan obat-obat yang kita minum. Penurun tensi. Obat penurun kolesterol. Penurun trigliserida. Penurun asam urat. Penurun gula darah. Khususnya obat2 kimia, yang mau tidak mau, ginjal otomatis akan menyaring kandungan obat2 tersebut. Sudah fungsi ginjal menurun, ditambah masih dibebani dengan obat2 kimia tersebut, akan makin memperparah kondisi ginjal kita. Obat herbal pun juga tidak bisa asal, ada beberapa obat herbal yang justru mengendap di ginjal, tapi tidak semua, ada 1-2 obat herbal yang bagus untuk menanggulangi penyakit2 tersebut, tapi juga tetap ramah untuk ginjal kita.

Kalau sudah divonis gagal ginjal, mau tidak mau, seumur hidup kita akan menjalani cuci darah atau hemodialisa. Cuci darah buatan, menggantikan cuci darah alami yang seharusnya dilakukan ginjal, namun karena fungsi ginjal menurun, tidak lagi dapat berfungsi 100% dalam mencuci darah, otomatis harus dibantu dari luar, dilakukan proses cuci darah buatan. Namun ingat, segala buatan manusia, makhluk yang tidak sempurna, dibanding dengan ciptaan Allah, makhluk yang sangat sempurna, tentu hasilnya juga akan beda. Cuci darah alami hasilnya tentu jauh lebih sempurna daripada buatan.

Namun ingat! Cuci darah bukanlah proses kesembuhan, itu hanya membantu menggantikan fungsi ginjal yang hilang. Selama penyebab ginjalnya tidak diobati atau disembuhkan, fungsi ginjal akan tetap turun dan akan makin turun atau rusak. Dari fungsi ginjal 90% turun jadi 75%, 60%, 50%, dst. Dari satu organ ginjal yang divonis gagal ginjal, bisa jadi kedua-duanya, organ ginjal kita akan rusak seluruhnya, jika penyebab gagal ginjal kita tidak segera diatasi dengan benar, tepat, dan sesegera mungkin.

Karena ketidaksempurnaan cuci darah buatan, tentunya darah dalam tubuh juga tidak bisa bersih secara sempurna, tidak seperti cuci darah alami. Sehingga otomatis masih akan jauh lebih banyak sisa racun dalam darah yang terus mengalir ke seluruh tubuh, mengalir melewati semua organ tubuh. Darah yang masih membawa sisa racun tersebut mengalir melewati otak, melewati jantung, dll. Karena itu tak jarang kalau orang sudah gagal ginjal, tak lama organ tubuh lainnya jadi ikut bermasalah, yang sebelumnya normal2 saja, tiba2 jadi bermasalah.


Sekian sedikit informasi mengenai hipertensi, kolesterol, asam urat, stroke, jantung, gagal ginjal yang dirangkum dari berbagai sumber. Mungkin ada yang punya masalah dengan hipertensi/kolesterol/asam urat/stroke/jantung/gagal ginjal, yang ingin share silahkan.

Semoga sedikit informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Mari kita terus menjaga kesehatan kita, sedini mungkin. Karena kini penyakit tak lagi memandang berapa usia kita. Sekarang sudah banyak di bawah 20th pun sudah terkena stroke, jantung, gagal ginjal, dll.

Jaga kesehatan, dimulai dengan pola hidup sehat, makan sehat, tidur berkualitas, pikiran dan jiwa yang sehat. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Menjaga kesehatan masih jauh lebih murah daripada mengupayakan untuk menjadi sembuh/sehat.

Salam Sehat!
hubungannya saling timbal balik.
satu nyebabin yg laen dan bisa jg sebaliknya.
makanya harus rutin cek kesehatan
Semoga terhindar dari segala macam penyakit
info yang sangat bermanfaat sekali gan, lanjutkan!
emoticon-Toast
Nice info gan
Quote:Original Posted By kleponis
Semoga terhindar dari segala macam penyakit


Quote:Original Posted By petkepet
info yang sangat bermanfaat sekali gan, lanjutkan!
emoticon-Toast


Quote:Original Posted By gitariskeren
Nice info gan


amin! semoga semua makhluk hidup berbahagia gan!
" Kalau sudah divonis gagal ginjal, mau tidak mau, seumur hidup kita akan menjalani cuci darah atau hemodialisa."
emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
Yuk, mungkin ada yang punya masalah dengan hipertensi/kolesterol/asam urat/stroke/jantung/gagal ginjal, yang ingin share silahkan, biar saling menguatkan! emoticon-Salaman
Untuk menghindarinya gmn gan mumpung msh muda nih, ane ndak mau kena
emoticon-Takut
Quote:Original Posted By erefpi
Untuk menghindarinya gmn gan mumpung msh muda nih, ane ndak mau kena
emoticon-Takut


olahraga bray, pagi siang sore malam juga bisa, kurangin manis2 banyakin liatin maho emoticon-Betty ma kurangin micin, 4 sehat 5 kenyal2 bro emoticon-Cool
budayakan hidup sehat....

karna sehat awal segalanya.....


emoticon-Cool
penjelasan yg masuk akal
jd gitu knp banyak orang terkena penyakit komplikasi
Nice thread abis. Penyakit yg TS sebut bisa nyerang umur 20-35.. Pola hidup sehat udh wajib dijalanin nih

:berr:
Saatnya rajin olahraga dan jaga pola makan. emoticon-Jempol
lagi ngetren nih penyakit diatas..
sangat mencerahkan analoginya..
ntapz..
emoticon-Leh Uga
makaaih infonya gann...
coba deh banyak makan iskrim, sapa tau menambah sehat...


Hipertensi, Kolesterol, Asam Urat, Stroke, Jantung, Gagal Ginjal, dan Hubungannya
Quote:Original Posted By mbahmomon
hubungannya saling timbal balik.
satu nyebabin yg laen dan bisa jg sebaliknya.
makanya harus rutin cek kesehatan


Sudah pernah tau info semacam ini sebelumnya ya gan? emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By prof.gypi


Sudah pernah tau info semacam ini sebelumnya ya gan? emoticon-Smilie


pernah diajarin bray.
ini penyakit2 yg "mengerikan" semua bray emoticon-Takut
bersyukur ane selalu sehat
Quote:Original Posted By erefpi
Untuk menghindarinya gmn gan mumpung msh muda nih, ane ndak mau kena
emoticon-Takut


spt info ane di atas gan:
Quote:Jaga kesehatan, dimulai dengan pola hidup sehat, makan sehat, tidur berkualitas, pikiran dan jiwa yang sehat.
×