alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/572717b1e052274a638b4568/manfaatkan-big-data-indihome-tawarkan-konsep-rating-tv-lebih-transparan
Manfaatkan Big Data, IndiHome Tawarkan Konsep Rating TV lebih Transparan
Manfaatkan Big Data, IndiHome Tawarkan Konsep Rating TV lebih Transparan

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berhasil memanfaatkan Big Data untuk diolah menjadi real time ranking guna memudahkan pengiklan memilih program paling tepat beriklan di platform IndiHome.

IndiHome adalah layanan Triple Play berbasis infrastruktur Fiber To The Home (FTTH) dengan kecepatan akses internet hingga 100 Mbps, konten UseeTV yang sudah didukung gambar High Definition (HD), dan gratis telepon dalam menit tertentu untuk jangkauan lokal atau interlokal.

IndiHome melalui Usee TV memberikan fitur Playback hingga 7 hari terakhir. Jadi tidak perlu khawatir lagi ketinggalan acara TV kesayangan. Selain itu, UseeTV juga memberikan berbagai macam fitur menarik lainnya, seperti TV on Demand, Video on Demand, Pause & Rewind, Video Recorder, Karaoke dan Musik.

“Saat ini terdapat cara baru yang real-time bagaimana menentukan rating dari sebuah program tayangan TV berdasarkan pilihan penonton. Ini hasil Big Data, otomatis menentukan rating dari database pelanggan menonton tayangan kesukaannya setipa hari. Ini data nyata, bukan hasil survei abal-abal,” ungkap Direktur Consumer Telkom Dian Rachmawan di Jakarta, Selasa (12/4).

Dijelaskannya, kini IndiHome menyediakan portal informasi acara-acara favorit pemirsa UseeTV. Mulai 11 April 2016, daftar acara favorit pemirsa UseeTV di Jakarta dan nasional ditampilkan di [url]http://www.indihome.co.id,[/url] yang disebut dengan Top 15 Daily TV Programs. Daftar ini terus diperbarui setiap harinya agar pelanggan dapat terus mengetahui rating acara TV favorit, khususnya dari channel TV free to air.
Untuk mengetahui Top 15 Daily TV Programs, pelanggan hanya cukup mengakses http://www.indihome.co.id kemudian pilih banner bertuliskan “Top 15 Daily TV Programs” atau langsung buka di http://www.indihome.co.id/top-15-daily.

“Rating ini disusun berdasarkan data riil penggunaan UseeTV, bukan hanya dari hasil sampling beberapa responden seperti dalam rating-rating lain yang dilakukan oleh lembaga survei.Konsep yang kami tawarkan ini akan bikin senang pengiklan, agency, dan pemilik program. Mereka tak bisa lagi diakali oleh lembaga survei. Mereka bisa pasang iklan sesuai dengan target market,” pungkasnya. (baca juga: Konten MNC hengkang dari UseeTV)

Sekadar informasi, rating bisa dikatakan segala-galanya bagi sebuah program televisi. Biasanya, setiap minggu di hari Rabu, AGB Nielsen Media Research akan mengeluarkan hasil Survei Kepemirsaan Televisi atau (Television Audience Measurement/TAM) ke stasiun televisi nasional.

Sejak tahun 1991, Nielsen Indonesia telah menyediakan laporan rating mingguan bagi stasiun TV dan pengiklan mengunakan Layanan Rating Harian. Mengandalkan Peoplemeter System di 2.423 rumah tangga, survei versi Nielsen mendapatkan informasi mata acara dan iklan yang ditatap oleh koresponden per menit. Sampel 2.423 responden mewakili populasi 49,5 juta penonton TV. (Baca juga: Belanja Iklan Kuartal I 2016)

Sebelumnya, data yang dilansir Adstensity menunjukkan belanja iklan selama kuartal I 2016 di 13 stasiun TV nasional mencapai Rp22,92 triliun atau naik 69,09% jika dibandingkan periode sama 2015 sebesar Rp13,55 triliun.


Sumber: http://www.indotelko.com/kanal?c=bid...-TV-Transparan