alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5726f68c6208816a088b456b/ibu-budi-tak-pernah-meminta-royalti-hanya-minta-diongkosi-naik-haji
'Ibu Budi' Tak Pernah Meminta Royalti, Hanya Minta Diongkosi Naik Haji
Quote:Hari Pendidikan Nasional
'Ibu Budi' Tak Pernah Meminta Royalti, Hanya Minta Diongkosi Naik Haji

'Ibu Budi' Tak Pernah Meminta Royalti, Hanya Minta Diongkosi Naik Haji

Jakarta - Siti Rahmani Rauf (97) menciptakan metode baca "Ini Budi" karena menyanggupi permintaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (saat itu Depdikbud) untuk membuat buku belajar membaca. Siti saat itu menolak diberi royalti buku dan lebih memilih dihargai dengan diberangkatkan haji.

"Setelah dicetak, penerbit tanya mau berapa ini dibayar. Ibu saya tidak mau dibayar dengan uang, ibu saya hanya ingin berangkat haji saja," tutur putri Siti Rahmani Rauf, Karmeni Rauf, saat berbincang dengan detikcom di kediamannya di Tanah Abang, Jakpus, akhir pekan lalu.

Siti tak menginginkan uang sepeser pun atas jerih payahnya dalam membuat buku membaca "Ini Budi". Kecintaan dirinya terhadap dunia pendidikan serta kebutuhan spiritualnya menjadi alasan Siti tak ingin dibayar uang dan lebih ingin diberangkatkan haji.

"Jadi ibu saya tidak terima uang sama sekali. Ibu saya akhirnya pada tahun 1986 sendiri berangkat haji," kata Eni.

"Kami juga bukan orang bisnis, mami juga nggak minta royalti. Waktu itu mami berangkat haji senilai Rp 5 juta." imbuhnya.

'Ibu Budi' Tak Pernah Meminta Royalti, Hanya Minta Diongkosi Naik Haji

Buku metode baca "Ini Budi" dipakai dalam kurikulum SD di Indonesia selama 10 tahun, yakni sejak tahun 1986 hingga 1996. Setelah itu, Eni mengaku tak memantau lebih lanjut bagaimana kelanjutan nasib buku "Ini Budi".

"Kami nggak ada hubungan lagi setelah itu sama perusahaan dan dinas (Kementerian). Itulah maju mundurnya kami nggak tahu. Berhenti ya berhenti," tuturnya.

Sebenarnya Eni bersama sang bunda berkeinginan agar buku "Ini Budi" dipakai kembali untuk anak sekolah dasar. Dikatakan Eni, bukan karena buku itu hasil karya bundaya, lebih dari itu buku "Ini Budi" dinilainya cocok sepanjang zaman.

"Itu sih kalau kami tahu caranya, kami ingin "Ini Budi" dipakai lagi. Sayang lho, saya saksinya kalau buku ini benar-benar membantu. Anak kelas 1 SD sekarang belum-belum diajarkan IPTEK lah dan yang berat-berat. Menurut saya dan mami anak kelas 1 itu yang penting bisa baca dulu," ucapnya.

Siti Rahmani tak bisa bercerita banyak soal buku tersebut. Dia saat ini dalam kondisi lemas setelah sempat terjatuh. Aktivitasnya setiap hari lebih banyak di tempat tidur. Namun semangatnya membaca tak pernah sirna. Siti masih kerap membaca novel-novel Belanda.
(mad/mad)https://news.detik.com/berita/320147...kosi-naik-haji



Quote:Nama : Siti Rahmani
Tanggal lahir : 5 Juni 1919 (umur 96)
Pekerjaan : Pengajar, penulis
Dikenal : karena Penulis buku peraga pelajaran Bahasa Indonesia "Ini Budi"
Agama :Islam


Selamat Hardiknas bu emoticon-Jempol

"ini Budi" nya ibu akan dikenang sepanjang masa emoticon-thumbsup
Bu dulu masih jadi guru jaman dulu sering pukul muridxnya ga?
Quote:Original Posted By mahooham2018
Bu dulu masih jadi guru jaman dulu sering pukul muridxnya ga?


ane dulu sekolah pengalaman di pukul-pukul emoticon-Jempol
Ternyata dia orangnya.. emoticon-Matabelo

Makasih ya mbah udh memudahkan saya dalam membaca
begitulah di jaman soeharto, semua harus seragam.

belajar sejarah harus satu versi, versinya soeharto. belajar membacapun, harus satu versi yaitu "versi si budi" padahal di daerah lain ada namanya tagor, ujang, dll.

Quote:Original Posted By fuckbp5


pake pengggaris kayu 1,5 meter panjang, 5mm tebal, dipukulin ke meja klo rame. spot jantung. apalagi klo tiap senin, periksa kuku jari diatas meja. klo kedapetan panjang bisa kena pukul tuh ma batang kayu emoticon-Takut


Yoi gan...pake pake kaos kaki bkn warna putih abis nih betis disamber penggaris, rambut nutupin alis mata, dijamin pitakx uh rambut...dtng terlambat noh kedepan kelas berdiri kaya kambing conge.....
Hasilnya....
Generasi orba jadi disiplin dah...emoticon-Toast
Quote:Original Posted By hebatpart2


ane dulu sekolah pengalaman di pukul-pukul emoticon-Jempol


kalo sekarang langsung lapor polis emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By hebatpart2


ane dulu sekolah pengalaman di pukul-pukul emoticon-Jempol


Sama gan...emoticon-Shakehand2
Terima kasih bu,

Eh masih ada yang nyinyir rupanya. Susah kalau iri sudah ngisi hati
saiya salah satu yg ngerasain metode "ini budi"
semoga jasa beliau mdpt balasan.
Quote:Original Posted By victau


kalo sekarang langsung lapor polis emoticon-Ngakak


Bukan gan, masuk sosmed dulu setelah caci maki udah banyak baru deh polisi.

Quote:Original Posted By kevin.zegers


Kalo di beltim menyesuaikan utk junjungan lo
Ini zhong wan xie
Tjong king nam bapak zhong wan xie
Zhong tong bis berkarat zhong wan xie emoticon-Big Grin


kenapa yak nasbung otak kopong selalu mengait-ngaitkan segala hal dgn Ahok emoticon-Cape d...
i... en, i...ni.. ini...
be, u...bu.. de, i...di... budi
INI BUDI emoticon-Ultah emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By victau


kalo sekarang langsung lapor polis emoticon-Ngakak


KPAI>> KomnasHAM baru ke Polisi emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By mahooham2018
Bu dulu masih jadi guru jaman dulu sering pukul muridxnya ga?

Pspb dan pmp dapet gak brai
Yang tersentuh sama ini pasti hanya generasi 80an ya ?
Baru tahu setelah tahun 96 sudah ga ada budi lagi ? emoticon-Frown
gw jg sempet belajar bareng "budi" kok ibu emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kapalatopi

Pspb dan pmp dapet gak brai


Dapet bray...
Pkk juga ada
emoticon-Shakehand2

Samax tuir ye
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By mahooham2018


Dapet bray...
Pkk juga ada
emoticon-Shakehand2

Samax tuir ye
emoticon-Ngakak

Haahahahah geusss koloot euyy
Quote:Original Posted By mahooham2018


Dapet bray...
Pkk juga ada
emoticon-Shakehand2

Samax tuir ye
emoticon-Ngakak


Hahhahah....