alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5726eb7d14088ded508b456c/5-hal-dari-sistem-pendidikan-indonesia-yang-paling-mencemaskan
5 Hal dari Sistem Pendidikan Indonesia yang Paling Mencemaskan
5 Hal dari Sistem Pendidikan Indonesia yang Paling Mencemaskan

Hari ini, 2 Mei 2016, untuk kesekian kalinya kita merayakan Hari Pendidikan Nasional yang bertepatan dengan hari lahir Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional. Tapi sangat disayangkan, nyatanya sistem pendidikan yang ada saat ini, khususnya di Indonesia masih cukup mencemaskan, Gan. Berikut beberapa di antaranya:

Quote:Menghapal, bukan memahami

5 Hal dari Sistem Pendidikan Indonesia yang Paling Mencemaskan

Murid-murid Indonesia dijejali pelajaran yang jumlahnya kelewat banyak. Pelajaran ini pun cuma bikin tas berat dan penuh dengan buku-buku pelajaran. Gak heran banyak anak SD yang sampe harus bawa koper, Gan! (Hayo Agan termasuk yang dulu ngerasa paling keren dengan tas kopernya gak? emoticon-Big Grin)

Dengan banyaknya mata pelajaran mereka malah dipaksa untuk menghapal semua isi buku, tanpa paham apa sebenernya yang dipelajari. Alhasil, jangankan tunggu lulus sekolah, seusai ujian pun mereka udah langsung lupa semua materi yang dihapalin, Gan!



Quote:Murid-murid kurang aktif

5 Hal dari Sistem Pendidikan Indonesia yang Paling Mencemaskan

Sistem pengajaran di Indonesia kebanyakan bersifat satu arah. Murid-murid hanya menerima teori-teori yang disampaikan guru, tapi kurang dibiasakan untuk bersikap kritis serta aktif dalam mengemukakan pendapat. Akibatnya, murid-murid jadi kurang berkembang, Gan.


Quote:Sistem ranking

5 Hal dari Sistem Pendidikan Indonesia yang Paling Mencemaskan

Ini memang masih menjadi pro-kontra. Tapi adanya sistem ranking alias peringkat di kelas membuat seakan penilaian potensi murid hanya terbatas pada hasil kegiatan akademisnya.

Bukan cuma itu, ada juga sekolah yang mengelompokkan murid-muridnya ke dalam kelas-kelas berdasarkan “kepandaiannya”. Hanya berdasarkan nilai-nilai mata pelajaran, mereka kemudian dibagi menjadi si pandai dan si kurang pandai.


Quote:Ujian Nasional

5 Hal dari Sistem Pendidikan Indonesia yang Paling Mencemaskan
source: www.nyunyu.com

Setiap tahun Ujian Nasional (UN) selalu jadi momok yang menakutkan para murid. Mereka sampai rela memforsir tenaga dan pikiran untuk ikut program bimbel intensif. Yang paling disayangkan, situasi ini kadang memaksa mereka untuk menghalalkan segala cara demi lulus, Gan.

Walaupun sejak tahun lalu UN gak lagi jadi penentu utama kelulusan, tapi menguji hasil belajar beberapa tahun para murid hanya lewat ujian yang diadakan selama 3 atau 4 hari ane rasa kurang tepat. Banyak faktor lain yang harus dinilai dari murid selain dari NEM-nya. Setuju gak?


Sekarang coba kita renungkan sambil sedikit flashback ke jaman sekolah dulu, Gan. Tipe murid kayak apa sih Agan? Dulu dapet ranking berapa, Gan? NEM pas lulus sekolah berapa? Trus siapa sih yang NEM-nya paling tinggi satu angkatan?

Nah, sekarang Agan tanya lagi, sudah jadi apa Agan dan teman-teman sekolah Agan sekarang? Yang dulu selalu ranking 1 dan NEM-nya paling tinggi, jadi apa sekarang? Sudah sukses kah?

Mungkin, Gan, mungkiiin mereka yang dulu sering diejek kurang pandai karena selalu ranking terbawah, sekarang udah jadi orang sukses, lagi studi S2 di luar negeri lewat beasiswa, atau punya posisi penting di perusahaan multinasional. Trus coba Agan intip di sini, siapa tahu mereka yang saat sekolah dianggap bodoh ini gajinya justru berkali-kali lipat dari penghasilan Agan sekarang.

Intinya, sistem pendidikan yang udah ada saat ini rasanya masih harus banyak dibenahi. Mulai dari sistem pengajaran sampai ke penilaiannya. Kalau udah begitu ane percaya kita bisa menciptakan bangsa yang jauh lebih sukses dan membanggakan lagi.

Selamat Hari Pendidikan Nasional! emoticon-I Love Indonesia
MBA juga jd sorotan tersendiri di dunia pendidikan kita
Kurangnya sosialisasi kondom jd penyebab MBA
nicccee threat gan.... ane gk terlalu suka sama ranking

emoticon-I Love Indonesia selamat HARDIKNAS emoticon-I Love Indonesia
Selamat HARDIKNAS
selamat hari pendidikan nasional emoticon-I Love Indonesia
Setuju gan , Selamat HARDIKNAS emoticon-I Love Indonesia
anak2 sekarang di cubit dikit, gurunya di polisikan. emoticon-Cape d... (S)
Seharusnya memahami bukan menghapal mati emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
Semuanya ribet gan

Btw Selamat Hari Pendidikan Nasional gan
bener, kebanyakan hanya terpathok nilai bray..soft skill anak kurang terekplor jadinya..mereka cenderung lebih ke menghafal karena tuntutan nilai..
UN bikin sebel emoticon-Mad
Rambut panjang di potong, celana ketat di potong, biar rapih tapi kg ngeganggu kegiatan belajar mengajar emoticon-Cape d...
menciptakan generasi jongos....

pokoknya input perintah baru jalan..

beda sikit ama wayang

tapi ane tengkiyu ama mbah guru yang udah ajarin ane baca tulis hitung...

gak tengkiyu ama guru yang cuma bisa ngasih tugas dan materi tanpa kasih tau fungsinya buat apa... feodal




5 Hal dari Sistem Pendidikan Indonesia yang Paling Mencemaskan
Atas Ane 5 Hal dari Sistem Pendidikan Indonesia yang Paling Mencemaskan
5 Hal dari Sistem Pendidikan Indonesia yang Paling Mencemaskan
Propesional Jangker
Join: Sedjak Kemarin
Post: 000000
tiap ganti menteri
ganti kurikulumemoticon-Cape d...
disini ngejar nilai bukan ngejar pemahaman dr siswanya
harus segera dibenahi gan
kurikulum yg terlalu membebani ... emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By ucoknasution11
Seharusnya memahami bukan menghapal mati emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga


udah mana menghapal matinya pake sistem kebut semalam gan. lebih kacau lagi emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By hanzokun
bener, kebanyakan hanya terpathok nilai bray..soft skill anak kurang terekplor jadinya..mereka cenderung lebih ke menghafal karena tuntutan nilai..


nah padahal soft skill penting banget kan
Quote:Original Posted By guanteng99
tiap ganti menteri
ganti kurikulumemoticon-Cape d...


semacam asal coba ya gan
×