alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57268f22507410292a8b4571/penyanderaan-wni-ulah-anak-nakal-abu-sayyaf
Penyanderaan WNI Ulah 'Anak Nakal' Abu Sayyaf
Penyanderaan WNI Ulah 'Anak Nakal' Abu Sayyaf

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyanderaan warga negara Indonesia dinilai cuma ulah oknum di kelompok militan Abu Sayyaf,di Filipina. Oknum itu dianggap cuma segelintir 'anak nakal'.


"Intinya ini ada 'anak nakal' dalam satu keluarga. Nah, bagaimana kita komunikasi dengan itu," kata Negosiator Eddy Mulya saat ditemui di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (1/5/2016) malam.


Minister Counsellor, Koordinator Fungsi Politik dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Manila, Filipina, ini menjelaskan, pembebasan 10 WNI tersebut murni atas hasil negosiasi tanpa adanya uang tebusan. Hal itu tak lepas dari peran Ahmad Baedowi, direktur Pendidikan Yayasan Sukma.

    

"Ini full negosiasi. Ada sahabat saya Pak Baedowi dengan teman-teman mereka yang atur, kita tindak lanjutnya," tutur Eddy.


Dia mengungkapkan, pendekatan yang dilakukan lebih kepada hubungan antarpersonal yang sudah terjalin melalui kerja sama pendidikan. Dalam hubungan tersebut, ada seseorang yang dituakan dan dihormati bersama sehingga menghasilkan perundingan pembebasan sandera 10 WNI.


Eddy membantah apabila negosiasi yang dilakukan berkaitan dengan adanya utang budi penyandera dengan tim negosiasi yang dipimpin Baedowi. "Kita enggak ada utang budi. Jangan berpikiran negatif. Kita kerja sama sesama umat Islam," jelas dia.


Sebelumnya diketahui, pembebasan sandera dilakukan atas kerja sama Tim Kemanusiaan Surya Paloh. Tim ini merupakan sinergi gabungan jaringan pendidikan Yayasan Sukma atau Sekolah Sukma Bangsa di Aceh, Media Group, dan Partai NasDem.


Negosiasi pembebasan sandera dilakukan jaringan Yayasan Sukma dengan dialog langsung bersama tokoh masyarakat, LSM, dan lembaga kemanusiaan daerah Sulu yang memiliki akses langsung kepada Abu Sayyaf. Langkah ini dilakukan di bawah koordinasi langsung Pemerintah Indonesia. 


Yayasan Sukma menggunakan pendekatan kerja sama pendidikan dengan Pemerintah Otonomi Moro Selatan yang sudah terjadi sebelumnya. Upaya pembebasan dimulai sejak 4 April hingga sepuluh sandera anak buah kapal Brahma 12 dibebaskan 1 Mei 2016.


Eddy menyebut proses pembebasan sandera tersebut merupakan hasil kerja tim dari pihak pemerintah Indonesia, seperti KBRI, KJRI, dan TNI yang dikoordinasikan Yayasan Sukma di bawah pimpinan Ahmad Baidowi. "Di KBRI ada unsur diplomat, TNI, kita libatkan semua. Jadi ini kerja tim," ujar dia.


Sebanyak 10 ABK yang disandera telah tiba di Tanah Air melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Minggu pukul 23.30 WIB. Para sandera langsung dibawa ke RSPAD Gatot Subroto untuk pengecekan kesehatan. (Antara)

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...kal-abu-sayyaf

---

Kumpulan Berita Terkait WNI DISANDERA ABU SAYYAF :

- Penyanderaan WNI Ulah 'Anak Nakal' Abu Sayyaf Penyanderaan WNI Ulah 'Anak Nakal' Abu Sayyaf

- Penyanderaan WNI Ulah 'Anak Nakal' Abu Sayyaf 10 WNI Korban Sandera Abu Sayyaf Tiba di Jakarta

- Penyanderaan WNI Ulah 'Anak Nakal' Abu Sayyaf Presiden Soroti Keamanan Laut Perbatasan

Ya alhamdulillah udah ad yg lolos... emoticon-Embarrassment
Msh sisa 4 orang lg
mantep
pembebasan sandra jadi sarana pencitraannya si brutusemoticon-Leh Uga
heran insiden internasional aja dipolitisasi... si brutus blg lgsg noh ke Kivlan Zein dia yg lbh berjasa bebasin sandera...emoticon-Leh Uga
Anak nakal? Penggal kepala manusia namanya super bangcat. Sama bangcatnya dg dua media Indonesia ini, media si brutus & si dagumen. Yg satu pamer n klaim dg jemputannya, yg satu ngorek2 sampah cari2 celah utk bahan jatuhkan image pemerintah. Dua orang ini cocok disuruh berdiri berdampingan sejajar Trus di roket.
Semoga sisa ke 4 sandera selamat semua.
Turut senang buat kebebasan 10 WNI emoticon-Smilie semoga 4 lagi menyusul
Semoga sisanya dpt bebas juga.
untung banyak tuh karena anak nakal