alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57266b111cbfaa98488b456b/fyi--9-dampak-nyata-dari-kebakaran-hutan-indonesia
icon-hot-thread
FYI : 9 DAMPAK NYATA DARI KEBAKARAN “HUTAN INDONESIA”
FYI : 9 DAMPAK NYATA DARI KEBAKARAN “HUTAN INDONESIA”
FYI : 9 DAMPAK NYATA DARI KEBAKARAN “HUTAN INDONESIA”


Quote:
Quote:Hutan merupakan ekosistem kompleks yang berpengaruh pada hampir setiap spesies yang ada di bumi. Pada saat hutan tergradasi, maka akan dapat menyebabkan berbagai macam bencana, baik itu lokal maupun di seluruh dunia. Kerusakan hutan atau deforestasi terjadi hampir diseluruh dunia, dimana kerusakan tersebut sebagian besar disebabkan oleh aktivitas manusia. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), hampir 7,3 juta hektar hutan diseluruh dunia hilang setiap tahunnya.

Beberapa bentuk terjadinya kerusakan hutan dipicu oleh berbagai kegiatan seperti, Ilegal logging, Kebakaran hutan, kebanyakan, Perambaan hutan, pertumbuhan penduduk yang semakin pesat juga dapat berkontribusi terhadap terjadinya perambaan hutan, Serangan hama dan penyakit. Jumlah populasi hama yang meledak juga bisa menjadi salah satu bentuk kerusakan hutan. Hama-hama tersebut dapat menyerang dan menimbulkan kerusakan pada populasi pohon yang hidup di suatu kawasan hutan.


Deforestasi atau dampak akibat kerusakan hutan dapat menimbulkan berbagai bencana seperti di bawah ini :


1. Perubahan iklim

Menurut seorang Profesor ilmu lingkungan di Lasell Collage Newton, Massachusets menyatakan bahwa deforestasi tidak hanya mempengaruhi jumlah karbondioksida yang merupakan gas rumah kaca, akan tetapi deforestasi juga berdampak pada pertukaran uap air dan karbondioksida yang terjadi antara atmosfer dan permukaan tanah yang berkaitan dengan terjadinya perubahan iklim, dimana perubahan konsentrasi yang ada di lapisan atmosfer akan memiliki efek langsung terhadap iklim di Indonesia ataupun di dunia.

Spoiler for Perubahan iklim:


2. Kehilangan berbagai jenis spesies

Menurut National Geographic, sekitar 70% tanaman dan hewan hidup di hutan. Deforestasi mengakibatkan mereka tidak bisa bertahan hidup disana. Dengan hilangnya habitat-habitat tersebut, maka hal tersebut akan menyebabkan terjadinya kepunahan spesies.Hal ini bisa berdampak di berbagai bidang, seperti di bidang pendidikan dimana akan musnahnya berbagai spesies yang dapat menjadi object suatu penelitian.

Spoiler for Matinya Spesies:


3. Terganggunya siklus air

Semakin sedikit jumlah pohon yang ada di bumi, maka itu berarti kandungan air di udara yang nantinya akan dikembalikan ke tanah dalam bentuk hujan juga sedikit. Nantinya, hal tersebut dapat menyebabkan tanah menjadi kering sehingga sulit bagi tanaman untuk hidup. Selain itu, pohon juga berperan dalam mengurangi tingkat polusi air, yaitu dengan menhentikan pencemaran. Dengan semakin berkurangnya jumlah pohon-pohon yang ada di hutan akibat kegiatan deforestasi, maka hutan tidak bisa lagi menjalankan fungsinya dalam menjaga tata letak air.

Spoiler for Siklus Air Terganggu:


4. Mengakibatkan Banjir dan erosi tanah

Dengan tiadanya pohon, maka pada saat musim hujan tanah tidak bisa menyerap dengan baik tumpahan air hujan dan mengakibatkan besarnya laju aliran air di permukaan, yang pada akhirnya akan terjadi banjir bandang. Selain itu, air hujan dapat mengangkut partikel-partikel tanah sehingga menimbulkan erosi tanah atau tanah longsor.

Spoiler for Banjir & Erosi Tanah:


5. Mengakibatkan kekeringan

Dengan hilangnya daya serap tanah, hal tersebut akan berimbas pada musim kemarau, dimana dalam tanah tidak ada lagi cadangan air yang seharusnya bisa digunakan pada saat musim kemarau. Hal ini disebabkan karena pohon yang bertindak sebagai tempat penyimpan cadangan air tanah tidak ada lagi sehingga Ini akan berdampak pada terjadinya kekeringan yang berkepanjangan.

Spoiler for Kekeringan:


6. Rusaknya ekosistem darat dan laut

Kegiatan deforestasi hutan dapat mengakibatkan kerusakan bahkan kepunahana bagi kekayaan alam tersebut itu sendiri maupun kekayaan alam lainnya yang ada di tempat lain seperti di laut. Kerusakan hutan yang terjadi akan membawa akibat terjadinya banjir maupun erosi yang dapat mengangkut partikel-partikel tanah menuju ke laut yang nantinya akan mengalami proses sedimentasi atau pengendapan di sana. Hal tersebut tentu saja bisa merusak ekosistem yang ada di laut, seperti ikan serta terumbu karang.

Spoiler for Ekosistem Darat & Laut Terganggu:


7. Menyebabkan Abrasi pantai

Eksploitasi hutan secara liar tidak hanya dilakukan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab di kawasan hutan yang ada di darat saja. Kegiatan tersebut juga bisa dilakukan terhadap hutan-hutan mangrove yang berfungsi untuk melindungi pantai dari terjangan gelombang dan badai yang berada di pesisir pantai. Jika hal tersebut terus dibiarkan, akan berakibat terjadinya abrasi pantai.

Spoiler for Abrasi Pantai:



8. Kerugian ekonomi

Hutan merupakan salah satu sumber kekayaan alam, sebagian masyarakat menggantungkan hidup mereka dari hasil hutan. Jika hutan rusak, maka sumber penghasilan mereka pun juga akan menghilang. Kerusakan hutan bisa menyebabkan tanah menjadi tandus, sehingga akan sulit dipergunakan untuk bercocok tanam.

Selain itu, kerusakan hutan bisa memicu terjadinya berbagai macam bencana yang pada akhirnya akan menimbulkan kerugian, baik itu kerugian material maupun non material. Banyak orang yang kehilangan lahan, tempat tinggal, maupun anggota keluarga akibat bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Spoiler for Kerugian Ekonomi:



9. Mempengaruhi kualitas hidup

Terjadinya erosi tanah sebagai akibat kerusakan hutan dapat mengangkut partikel-partikel tanah yang mengandung zat-zat berbahaya seperti pupuk organik memasuki danau, sungai, maupun sumber air lainnya. Ini akan berakibat penurunan kualitas air yang berada di daerah tersebut. Dengan kualitas air yang buruk akan berdampak pada tingkat kesehatan yang buruk pula.

Spoiler for Kualitas Hidup Terganggu:



Sangatlah penting bagi kita untuk selalu berupaya menjaga hutan kita agar tetap lestari. Upaya-upaya yang bisa dilakukan antara lain adalah dengan melakukan reboisasi atau penanaman kembali hutan-hutan yang gundul. Kita sebagai anak muda generasi bangsa, sejak dini harus melakukan hal nya, gampangnya kita hemat air, hemat listrik, hemat kertas untuk memperpanjang umur hutan kita Indonesia. Ingat ya teman teman, Indonesia itu adalah negeri yang kaya, dan kita patut bangga, Negeri Kaya Negeriku Indonesia


FYI : 9 DAMPAK NYATA DARI KEBAKARAN “HUTAN INDONESIA”
FYI : 9 DAMPAK NYATA DARI KEBAKARAN “HUTAN INDONESIA”


Spoiler for Sumber:


Itu aja gan thread ane pagi ini,,, biar kita makin cinta sama Negeri Indonesia

emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-Kaskus Lovers
PERTAMAX

kerasa banget emang gan sekarang ini mulai dari cuaca aja engga tentu banget
asepnya sih gan, kasian itu yang kemaren asepnya sampe kuning pekat gitu emoticon-Turut Berduka
Bumi makin tua. Sudah tua malah dibikin sakit sama manusia. emoticon-Berduka (S)
Siang hari makin menyengat sekarang
emoticon-Berduka (S)
Parah gan
Ngeri juga. Kadang perusahaan sawit suka seenaknya sendiri emoticon-Mad
deforestasi yg masif untuk dijadikan lahan bisnis. itu ane waktu ada malam kekraban dewan mahasiswa. ane disetelin video nya ketua mpr sekarang yg dulu lagi njabat menteri lingkungan. ente yg ngeliat "hasan" itu kenerjanya "baik" bakalan ngumpatngumpat 180 derajat. dijamin
Quote:Original Posted By boneyuun
FYI : 9 DAMPAK NYATA DARI KEBAKARAN “HUTAN INDONESIA”
semua karena uang. gan
makanya perlu kita jaga gan
ane ngerasain gan dulu kampung ane byk pohon masih kyk hutan adem bgt, sekarang tempat w maen pas kecil aja udah jadi rumah/komplek emoticon-Sorry
semoga kita semua pada sadar dan lebih mencintai hutan dan lingkuangan tempat tinggalnya yak gan, aamiin
emoticon-Big Grin

salam iskrim

FYI : 9 DAMPAK NYATA DARI KEBAKARAN “HUTAN INDONESIA”


Itu bukan kebakaran ..
Cuma nabun ..
Emang banyak banget dampaknya emoticon-Hammer (S)
kerasa bumi makin panas gan emoticon-Mewek
"gapapa dibakar, nanti bisa ditanami lagi" emoticon-Ngacir
*ucapan seorang hakim bego emoticon-Cape d...
rusak alam kita
kl terus2an bgini, generasi selanjutnya hanya dengar cerita
Quote:Original Posted By the.darn.knight
"gapapa dibakar, nanti bisa ditanami lagi" emoticon-Ngacir
*ucapan seorang hakim bego emoticon-Cape d...



hakimnya sneng bakar bakar,,, hakim nembak bgini ini gan,, mnta di tusbol sm ipoel kali
FYI : 9 DAMPAK NYATA DARI KEBAKARAN “HUTAN INDONESIA”

masih bisa ditanam,
ckckckckckckckckck
dan yang lebih brengseek pelakunya gk di hukum ...emoticon-Cape d...
hakim kampret kena suap..
jika uang berbicara semua jadi mudah emoticon-Cool
Bantu rate ya gan soalnya belum iso hehehe btw informasinya menginspirasi