alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57241e16c0cb17eb058b4569/cara-mengobati-sariawan-pada-bayi-dan-orang-dewasa
Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi dan Orang Dewasa
Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi dan Orang Dewasa

Sariawan disebabkan oleh jamur Candida Albicans yang tumbuh berlebihan pada mulut. Sariawan diidentifikasi oleh bintik-bintik putih kecil yang muncul di dalam mulut dan lidah. Bintik-bintik ini membuat mulut terasa sakit dan berdarah. Nutrisi antibiotik atau sistem kekebalan tubuh dapat membunuh bakteri sehat di dalam mulut. Para ahli dapat merekomendasikan menggunakan obat tapi banyak orang memilih untuk menggunakan pengobatan secara alami atau herbal. Berikut cara alami mengobati sariawan pada bayi dan orang dewasa.

Cara Alami Mengobati Sariawan
Penyebab dan Gejala Sariawan
1. Sariawan (orofaringeal kandidiasis) adalah suatu kondisi medis karena pertumbuhan berlebih dari jamur yang disebut Candida albicans di tenggorokan dan mulut.
2. Sariawan mungkin disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk gigi palsu, merokok, obat-obatan, kehamilan, atau penyakit.
3. Sariawan pada bayi baru lahir sangat populer dan biasanya tidak berbahaya.
4. Gejala sariawan termasuk bercak putih di lidah, langit-langit mulut, tenggorokan, pipi bagian dalam, dan mulut serta nyeri mulut dan nyeri.
5. Faktor risiko yang menyebabkan sariawan adalah stres, merokok, obat-obatan, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.
6. Sariawan biasanya didiagnosis oleh dokter atau dokter gigi dengan pemeriksaan klinis. Pengobatan dan pencegahan sariawan tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan kondisi, dan dapat termasuk obat yang mudah sistemik, obat-obatan oral, atau dengan cara alami mengobati sariawan.
7. Prospek untuk situasi yang parah akan tergantung pada status sistem kekebalan tubuh pasien dan penyebab sariawan.
8. Kita bisa mencegah sariawan dalam banyak kasus dengan meminimalkan faktor pemicunya.
Sariawan Pada Balita
– Sariawan pada bayi pada umumnya disebabkan oleh jamur Candida Albican. Jamur ini biasanya berada dan tinggal di usus.
– Jamur Candida dan bakteri E. Coli dalam usus dengan jumlah yang seimbang tidak akan menimbulkan masalah bagi bayi. Namun, dalam kasus tertentu, penggunaan antibiotik justru menjadi salah satu penyebab berkembangnya kandidiasis pada anak-anak dengan sistem kekebalan yang lemah.
– Ketika lidah berbulu karena jamur maka akan muncul bintik-bintik putih yang mirip dengan residu susu pada permukaan lidah.
– Bila ada tanda-tanda bahwa bayi mungkin terkena sariawan disarankan untuk segera dibawa ke dokter. Dokter dapat memberikan bayi beberapa antibiotik untuk membunuh jamur yang menyebabkan sariawan.
– Catatan:
Anda tidak harus menggunakan alat untuk membersihkan lidah bayi yang terkena sariawan secara teratur, cukup bersihkan mulut bayi selembut mungkin. Ada begitu banyak orang yang tidak sadar mencari cara untuk mengikis bintik-bintik putih di lidah bayi. Namun, berbagai metode tersebut justru tidak bermanfaat, malah menyebabkan sedikit pendarahan pada lidah. Juga, menggunakan kain kasa atau kain untuk menggosok di lidah dapat merusak mukosa pada lidah bayi.
Cara Alami Mengobati Sariawan
Anda mungkin perlu mengubah diet harian jika memiliki sariawan yang sulit untuk disembuhkan. Sariawan bukan masalah kesehatan yang serius tetapi bisa membuat hidup menjadi rumit, terutama jika sudah menderita penyakit lain juga. Untungnya, infeksi ini dapat diatasi secara efektif dengan pengobatan rumah yang terbukti efektif, mudah, dan tidak mahal.
Quote:1. Kenari Hitam
Kulit kenari hitam sangat kaya tannin yang berisi zat dan antijamur yang kuat. Kulit kenari hitam juga berisi juglone – bahan aktif, yang telah ditemukan dan terbukti memiliki efek antibiotik dan anti jamur moderat. Untuk mengobati sariawan pada bayi, anda bisa mendapatkan kapsul kenari hitam atau ekstraknya.
Selain itu, mencegah penyebaran atau pertumbuhan sariawan dapat dilakukan dengan cara membatasi konsumsi harian dari makanan yang kaya akan gula dan karbohidrat, yang cenderung untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan ragi dalam usus kita. Probiotik dan suplemen probiotik juga terbukti efektif meningkatkan kekebalan tubuh. Jika infeksi tidak kunjung reda dalam waktu 2 – 3 minggu maka anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Quote:2. Kayu Manis
Kayu Manis telah ditemukan dan terbukti positif dalam memerangi sariawan di mulut berkat antiparasit yang kuat, antijamur, dan sifat antibakteri. Para peneliti juga menemukan bahwa bakteri anticandida yang terbentuk pada saat menggunakan minyak kayu manis dapat membantu melawan dan mengalahkan jenis Candida ragi.
Konsumsi kayu manis dalam diet biasa dengan membuat teh kayu manis dan mengkonsumsinya setiap hari atau menambahkannya ke yoghurt. Metode ini juga merupakan salah satu cara alami mengobati sariawan paling efektif untuk orang dewasa dan bayi.

Quote:3. Cranberry
Cranberry mengandung senyawa bernama “arbutin” yang dapat membantu untuk membunuh Candida albicans secara efektif.
Anda hanya perlu mengambil tablet cranberry 2-3 kali per hari, atau jika masalahnya adalah tentang sariawan anak , beri dia buah cranberry yang segar.
Juga dapat mengkonsumsi segelas jus cranberry segar tanpa gula 2-3 kali setiap hari selama sekitar 2 – 3 minggu untuk menyingkirkan Candida albicans.

Quote:4. Daun Zaitun
Daun zaitun ampuh dalam memberantas jamur dan ragi yang menyebabkan sariawan karena sifat antijamur alami yang kuat. Selain itu, daun zaitun memiliki bahan aktif yang bernama oleuropein yang dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara efektif dan cepat.
– Hanya perlu mengkonsumsi ekstrak daun zaitun (250 sampai 500 mg) 3 kali setiap hari.
– Juga dapat membuat teh daun zaitun dengan seduhan 1-2 sdt. daun zaitun dalam secangkir air mendidih dan biarkan sekitar lima belas menit. Mengkonsumsi sekitar 2-3 cangkir zaitun daun teh per hari untuk mencapai hasil terbaik seperti yang diinginkan.
Ketika infeksi sariawan dalam tahap penyembuhan, harus tetap minum 1 atau 2 cangkir teh daun zaitun atau infus herbal setiap hari untuk mencegah kambuhnya penyakit.

Quote:5. Minyak Oregano
Minyak oregano memiliki senyawa bernama carvacrol, yang telah ditemukan dan terbukti dapat menghambat pertumbuhan ragi yang menyebabkan sariawan. Penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa agen antimikroba dan antijamur minyak oregano dapat bekerja secara efektif dalam mencegah serta menyembuhkan sariawan pada anak-anak dan orang dewasa.
Jika ingin mengkonsumsi kapsul minyak oregano, lakukan selama 1 – 2 kapsul dua kali per hari setelah makan. Lakukan secara rutin setiap ini selama 2 – 3 bulan untuk mencapai hasil yang maksimal.
Atau, hanya perlu untuk menggabungkan sekitar 3 tetes minyak oregano dalam 1 gelas air. Mengkonsumsi 2 kali setiap hari selama sekitar 2 – 3 hari untuk satu minggu.
Akhirnya, campurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan 3 tetes minyak oregano untuk membentuk campuran minyak. Gunakan campuran untuk dioleskan pada daerah yang terkena sariawan, biarkan selama sekitar 2 – 3 jam. Terapkan tip ini setiap hari sampai terlihat perbaikan yang diinginkan. Ketika membeli minyak oregano, carilah produk yang tidak mengandung alkohol.

Quote:6. Minyak Pohon Teh
Minyak pohon teh juga merupakan salah satu cara alami mengobati sariawan yang paling efektif pada orang dewasa dan bayi.
– Untuk menyembuhkan sariawan, hanya perlu menambahkan 5 – 7 tetes minyak pohon teh murni untuk 1 cangkir air bersih untuk membentuk solusi yang digunakan dalam berkumur. Anda hanya perlu berkumur dengan campuran ini selama sekitar 2 – 3 menit 2 kali setiap hari sampai infeksi membaik atau benar-benar sembuh.
Perhatian: ingat untuk tidak menelannya!

Quote:7. Minyak Kelapa
Minyak kelapa dapat bekerja secara efektif sebagai obat rumah yang berguna untuk menyembuhkan sariawan. Minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh, seperti asam kaprat dan laurat.
Para peneliti baru-baru ini menunjukkan bahwa asam lemak jenuh ini mengandung sifat antimikroba melimpah yang dapat membantu untuk mengalahkan jamur tanpa menyebabkan pertumbuhan berlebih dari Candida yang lebih tahan terhadap obat antijamur lainnya.
Tambahkan minyak kelapa ke dalam makanan harian. Harus mulai dengan 1 sendok teh minyak kelapa murni organik diambil setiap hari, kemudian meningkatkan dosis secara bertahap sampai dengan 3 sdm minyak kelapa per hari. Atau, bisa menggunakan minyak kelapa untuk dioleskan ke daerah kulit yang terkena 3 – 4 kali setiap hari sampai membaik.

Quote:8. Bersihkan Botol Susu Bayi
Untuk bayi dan anak-anak kecil, mungkin selalu harus menggunakan air panas untuk membersihkan botol, puting, dan dot. Ada ibu yang memanfaatkan intervensi medis yang bernama nistatin untuk membersihkan puting karena ibu dan bayi dapat terinfeksi satu sama lain oleh jamur ragi. Dengan demikian, setelah memberikan bayi dengan ASI, ibu harus mengelap puting sampai kering secara menyeluruh, dan kemudian mengoleskan lanolin lotion untuk kulit halus dan lembut.

Quote:9. Kulit Semangka
Siapkan 30 gram kulit semangka, 3 gram kapur barus, dan sedikit madu. Bakar kulit semangka menjadi sampai menjadi arang, haluskan kapur barus, campur dua bahan ini bersama-sama dan campur dengan sedikit madu (dalam jumlah sedang) dan simpan dalam botol tertutup untuk digunakan berkali-kali. Gunakan kapas untuk mencelupkan ke dalam campuran yang baru saja siap dan oleskan tipis pada permukaan lidah 2 sampai 4 kali per hari.
Jangan ditelan!

Quote:10. Daun Katuk
Sariawan bisa terjadi karena anak Anda kekurangan asupan vitamin C. Sayur yang tinggi kandungan vitamin C salah satunya yaitu daun katuk. Daun katuk bisa anda manfaatkan menjadi sayur bening sehingga memudahkan untuk ditelan. Berikan sayur daun katuk selama beberapa hari sampai sariawan anak sembuh.

Quote:11. Teh Hijau
Menggunakan daun teh hijau untuk mengobati lidah berbulu bayi (oral thrush) adalah cara alami mengobati sariawan yang banyak disukai oleh orang. Bilas daun teh hijau dan rebus dengan sedikit garam. Gunakan kain katun lembut, celupkan ke dalam air teh hijau setelah dingin, gunakan untuk menyeka lidah bayi. Perawatan ini sangat efektif, namun karena beberapa khasiat teh hijau, metode ini hanya cocok untuk bayi diatas 6 bulan.

Quote:12. Sodium bikarbonat –Obat Lambung Asin
Masukkan 50 g obat Sodium Bikarbonat ke dalam cangkir air matang, aduk sampai larut. Gunakan kapas untuk dicelupkan ke dalam cairan dan oleskan ringan pada daerah berbulu di lidah. Ingatlah untuk mengoleskan secara luas ke kedua tepi karena obat ini tidak beracun yang tidak ada efek sampingnya jika tidak sengaja tertelan. Lakukan pengobatan beberapa kali sehari. Ini juga menjadi salah satu cara alami mengobati sariawan.

Quote:13. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel telah dianggap sebagai salah satu cara alami mengobati sariawan yang paling umum pada orang dewasa dalam jangka waktu yang lama. Tambahkan satu sendok makan mentah, cuka sari apel tanpa filter ke setengah cangkir air hangat. Gunakan ini sebagai obat kumur 4 kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik. Cuka sari apel juga mencakup banyak mineral dan vitamin yang dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan pertahanan yang kuat terhadap jamur candida.

Quote:14. Yogurt Atau Buttermilk
Bakteri baik yang berasal dari segala jenis buttermilk atau yoghurt merupakan cara alami mengobati sariawan yang menargetkan langsung ke akar infeksi. Bakteri baik dalam buttermilk atau yoghurt dapat menggantikan flora normal di dalam tubuh sehingga candida tidak akan dapat mereproduksi.
Jika memilih yogurt untuk digunakan sebagai cara alami mengobati sariawan, harus makan perlahan-lahan dan tahan di mulut setidaknya 30 detik. Bakteri aktif akan kontak langsung dengan candida dan mengalahkan mereka. Jika memilih menggunakan buttermilk, harus minum dua gelas cairan ini sehari.
Untuk pencegahan, tambahkan yogurt tanpa gula ke dalam makanan sehari-hari. Tidak harus mengkonsumsi yogurt dengan gula dan makanan yang mengandung ragi karena mereka dapat mendorong pengembangan candida.

Quote:15. Asam Borat
Asam borat juga dianggap sebagai salah satu cara alami mengobati sariawan pada orang dewasa. Campurkan secangkir air dengan seperempat sendok teh asam borat, gunakan campuran ini sebagai obat kumur. Ini adalah cairan asam, jangan sampai tertelan karena dapat mengganggu perut.

Quote:16. Minyak nabati
Beberapa minyak yang berasal dari bahan-bahan alami, seperti oregano, cengkeh, pohon teh (vs Melaleuca), dan lavender memiliki unsur-unsur anti-infeksi yang dapat membantu untuk meringankan sariawan pada orang dewasa. Cukup tambahkan setetes minyak ini pada pasta gigi sebelum gosok gigi. Sikat secara lembut pada lidah dan kemudian bilas.
Juga dapat digunakan sebagai obat kumur dengan mencampur beberapa tetes dari setiap minyak ini dengan segelas air hangat. Berkumur dengan larutan kumur ini dua sampai tiga kali sehari.

Quote:17. Perawatan Bantalan ASI
Jika anda menyusui dan mendapatkan infeksi jamur, gunakan bantalan ASI untuk membantu mencegah ragi menyebar ke pakaian. Untuk proses yang baik, harus mencari pembalut yang tidak memiliki penghalang plastik karena justru akan mendorong pertumbuhan candida. Jika tidak mendapatkan bantalan pakai, cuci bra dan bantalan ASI dalam air panas dengan pemutih untuk memastikan bahwa jamur tidak akan menyebar ke bayi.

Quote:18. Air Hangat Dan bilasan Air Garam
Tambahkan setengah sendok teh (setara dengan 2,5 mililiter) garam ke dalam cangkir (setara dengan 237 mililiter) air suam-suam kuku. Buat sebagai obat kumur.

Quote:19. Jaga Kebersihan Mulut
Berkumur setidaknya sekali sehari dan sikat gigi minimal 2 kali sehari. Ganti sikat gigi sampai infeksi menghilang. Hindari semprotan atau obat kumur karena mereka dapat mengubah flora normal dalam mulut. Satu hal lagi, Anda harus ingat untuk tidak berbagi sikat gigi.

Quote:20. Bawang putih dan Bawang
Kekuatan antijamur dari bawang putih dan bawang dapat membantu untuk membunuh jamur di mulut. Tambahkan bawang putih ke dalam diet rutin untuk menyingkirkan infeksi sariawan. Selain itu, bawang juga akan membantu untuk menyembuhkan bercak putih (lesi) yang dapat ditemukan di dalam mulut ketika terkena sariawan.

Quote:21. Obat Kumur Anti Jamur
Anda dapat membuat obat kumur sendiri dengan memadukan cuka, air hangat, dengan sejumput garam untuk melawan jamur secara efektif. Berkumur-kumur pada sekitar mulut, pastikan untuk mencapai semua sudut mulut. Ingat bahwa harus rutin menggunakan cairan ini untuk berkumur setiap hari.

Quote:22. Herbal
Campurkan bagian yang sama dari tingtur yang terdiri dari mur, licorice, dan Echinacea. Gunakan satu sendok teh obat ini sebagai obat kumur yang dicampur dengan air setiap 3 sampai 4 jam.

Quote:23. Minyak kelapa
Minyak kelapa bekerja sangat baik sebagai salah satu cara alami mengobati sariawan. Ambil satu sendok teh minyak kelapa dan oleskan di sekitar daerah mulut yang terkena sariawan dalam waktu sekitar 10 – 15 menit. Pastikan bahwa hal itu dapat mencapai setiap sudut di dalam mulut.

Quote:24. Mengkonsumsi Makanan Yang Bernutrisi
Seperti disebutkan sebelumnya, sariawan disebabkan terutama karena sistem kekebalan tubuh melemah. Dengan demikian, harus memasok tubuh dengan nutrisi yang tepat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga penyakit, gizi juga mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Quote:25. Benih Pisang
Rendam benih pisang dalam jumlah air yang tepat untuk menutupi benih dan rendam selama beberapa jam atau bahkan semalam. Langkah ini akan membantu untuk membuat zat seperti gel, oleskan ke bagian yang terkena sariawan. Para ahli menunjukkan bahwa sariawan dapat dibersihkan dalam waktu hanya 2-3 hari, tetapi harus terus diulangi perawatan selama beberapa minggu untuk membersihkan sariawan sepenuhnya dan mencegah kekambuhan.



Baca selengkapnya di: http://caraalami.xyz/36-cara-mengoba...-orang-dewasa/
Sumber: http://caraalami.xyz