Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gon_destAvatar border
TS
gon_dest
CARI INVESTOR NGRUNGKEL CAFE YOGYAKARTA
Sore gan, ane ada konsep bisbis cafe di daerah yogyakarta, langsung aja ane kasih skema poposalnya gan

I. LATAR BELAKANG
Yogyakarta merupakan kota pelajar dimana setiap tahunnya jumlah penerimaan mahasiswa baru mencapai lebih dari 10.000 mahasiswa, sehingga jumlah pelajar di Kota Yogyakarta relatif selalu tetap dan bahkan bertambah dari tahun ke tahun. Banyaknya jumlah mahasiswa tersebut membutuhkan banyak tempat untuk menampung kegiatan-kegiatan yang kadang diadakan di luar kampus. Selain itu Yogyakarta juga menjadi tempat bagi industri-industri kreatif dimana para pekerjanya biasa mengadakan pertemuan di luar kantor. Sehubungan dengan hal tersebut, usaha-usaha cafe di Yogyakarta semakin berkembang untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut. Bagi mahasiswa, cafe dapat dijadikan alternatif tempat untuk berkumpul bersama kelompok, mengerjakan tugas dengan suasana nyaman, atau sekedar melepas penat dari kamar dan lingkungan kos yang kadang terasa sumpek. Sedangkan bagi karyawan, cafe merupakan tempat untuk mengadakan pertemuan dan tempat beristirahat dari kesibukan.
Dari uraian di atas, maka dapat dilihat bahwa usaha cafe di Yogyakarta sangat potensial. Saat ini cafe-cafe yang sudah ada di Yogyakarta biasanya mengusung konsep sebagai tempat “ngopi” atau resto yang menyajikan suatu tema makanan tertentu. Cafe-cafe tersebut biasanya memiliki beberapa set meja dan kursi yang nyaman dimana pelanggan dapat duduk sepuasnya setelah membeli salah satu atau beberapa pilihan hidangan yang ada dalam menu. Sayangnya, jarak antara meja yang satu dengan meja lainnya cenderung terlalu berdekatan satu sama lain dan banyaknya orang berlalu lalang kadang menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi pelanggan yang menginginkan ketenangan. Selain itu konsep tempat duduk seperti pada meja makan tidak mengakomodasi pelanggan yang ingin bersantai dalam waktu yang relatif lama.
Dengan landasan tersebut, kami berniat untuk merintis usaha cafe dengan konsep serupa namun mengakomodasi pelanggan untuk melakukan kegiatan-kegiatan dengan nyaman seperti di rumah sendiri. Suasana yang di kedepankan adalah suasana tenang, nyaman, bersih, dan terfasilitasi dengan lengkap.

II. MANFAAT USAHA
1. Manfaat Ekonomi
Usaha cafe ini cukup menjanjikan karena banyaknya mahasiswa di Yogyakarta dan masuknya mahasiswa baru setiap tahun sehingga tidak akan kekurangan pasar. Kami menawarkan konsep cafe yang nyaman dan tenang serta fasilitas lengkap seperti koneksi internet cepat, printer yang dapat digunakan secara bebas bertanggung jawab dan koleksi buku bacaan yang dapat dibaca gratis selama berada di cafe tersebut. Dengan demikian, diharapkan usaha ini dapat menarik minat pelanggan dan mendatangkan keuntungan.
2. Manfaat Sosial
• Bagi Pemilik
Usaha ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan clean bussiness dan pengalaman sehingga nantinya dapat mengembangkan usaha lebih baik lagi dan membuka lapangan pekerjaan baru.
• Bagi Masyarakat
Dengan adanya cafe ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki alternatif tempat untuk berkumpul, mengerjakan tugas, bersantai, ataupun refreshing murah yang sehat dan bertanggung jawab. Selain itu usaha cafe ini diharapkan dapat berkembang dan membuka semakin banyak lapangan pekerjaan baru, serta menjadi inspirasi wirausaha bagi masyarakat sekitar.

III. PROFIL ORGANISASI
Nama Usaha : Cafe Ngrungkel
Jenis Usaha : Cafe dan Taman Bacaan
Alamat : Palagan, Yogyakarta
Pemilik : Lusia Kusumaningtyas and Co.
Struktur Organisasi :
1. Manager Operasional : Lusia Kusumaningtyas, S.T.
2. Kepala Divisi Teknis : Sungsang Nugroho, S. Psi
3. Kepala Divisi Pelayanan dan Pemasaran : Rosita Wulaning Tiastuti, S. Sos.

Visi, misi dan tujuan :
1. Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.

2. Misi
Memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan serta fasilitas lengkap yang mengakomodasi kebutuhan mahasiswa pada umumnya.

3. Tujuan Usaha
• Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
• Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha
• Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausaha untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat

• Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat yang mampu diandalkan dan terdepan dalam berwirausaha


IV. PRODUK
Produk yang kami tawarkan berupa penyediaan jasa yang mengakomodasi kebutuhan tempat untuk sekedar bersantai, mengerjakan tugas, mengadakan pertemuan, baik secara perorangan maupun kelompok. Di Cafe Ngrungkel pelanggan akan diberi tempat berupa satu set sofa atau karpet, beserta selimut, bantal dan meja yang dapat digunakan sesuai keperluan. Selain itu cafe akan dilengkapi dengan fasilitas wifi, televisi dan hardisk berisi koleksi film bagi yang hanya ingin bersantai, perpustakaan gratis, juga komputer dengan printer sehingga pelanggan dapat mencetak dokumen secara gratis dengan membawa kertas sendiri. Selain itu untuk pelanggan yang hanya ingin bersantai dapat memanfaatkan fasilitas bantal dan selimut sehingga kegiatan seperti membaca, berselancar di dunia maya, menonton televisi atau bersantai dapat dilakukan lebih nyaman seperti di rumah sendiri. Cafe ngrungkel adalah area dilarang merokok sehingga tidak mengganggu pelanggan lain. Tempat merokok akan disediakan tersendiri.


V. ANALISIS SWOT
1. STRENGTH (KEKUATAN)
• Konsep cafe yang full fasilitas dan dapat digunakan untuk “ngrungkel” merupakan kelebihan yang belum ada di cafe lain di Yogyakarta
• Merupakan cafe non smoking yang tidak menjual produk-produk rokok sehingga menjamin kenyamanan pelanggan yang tidak merokok
• Pelanggan perokok tetap dapat merokok di area khusus yang disediakan lalu kembali lagi ke ruangan setelah merokok
• Fasilitas printer dan perpustakaan gratis akan menarik banyak pelanggan untuk mengunjungi cafe ngrungkel
• Per area dapat digunakan untuk maksimal 4 orang sehingga suasana tenang dan nyaman dapat terwujud
• Dengan biaya yang murah, pelanggan akan mendapatkan semua fasilitas tersebut selama berada di cafe sehingga dapat menarik minat pengunjung

2. WEAKNESS (KELEMAHAN)
• Tarif per-jam seperti di warung internet pada umumnya dan bukan seperti pada cafe dapat membuat beberapa kalangan pelanggan keberatan, disiasati dengan mengedukasi bahwa dengan tarif tersebut pelanggan sudah dapat menggunakan seluruh fasilitas yang ada secara bebas bertanggung jawab
• Membutuhkan tempat yang cukup luas karena pengutamaan kenyamanan mengharuskan jarak antar meja yang cukup besar


3. OPPORTUNITIES (KESEMPATAN)
• Belum adanya cafe serupa dan banyaknya mahasiswa dan pekerja muda di Yogyakarta membuat cafe ngrungkel memiliki peluang yang cukup menjanjikan

4. THREATS (ANCAMAN)
• Melihat banyaknya kebutuhan pelanggan akan tempat yang mengakomodasi keperluannya, maka persaingan dalam menjalankan usaha ini pun cukup banyak. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang diberikan kepada pelanggan kurang memuaskan, maka pelanggan akan merasa kecewa, sehingga tidak akan kembali ke cafe. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dalam menjalankan usaha ini perlu untuk selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik kepada semua pelanggan. Kualitas pelayanan dan fasilitas yang terbaik menjadi prioritas utama kami dalam menjalankan usaha ini.

VI. ANALISIS PASAR DAN TARGET PEMASARAN
1. Target Pasar
Sasaran pasar Cafe Ngrungkel adalah mahasiswa-mahasiswi yang membutuhkan tempat untuk mengerjakan tugas dengan nyaman atau mencari suasana baru selain di lingkungan kampus atau kos. Mereka yang sedang membutuhkan tempat sementara untuk bersantai atau melepas penat dari lingkungan rutin. Traveler (backpacker) yang membutuhkan tempat singgah sementara yang nyaman tanpa harus menginap dan membayar penginapan yang mahal. Mereka yang mencari suasana baru sebagai tempat refreshing, serta para pengguna sosial media yang hobi mencoba tempat-tempat baru yang sedang hits.

2. Rencana Lokasi Usaha
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan di daerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
• Akses mudah dicapai dan tidak terlalu jauh dari kota
• Dekat dengan satu atau beberapa lokasi perguruan tinggi
• Lokasi yang lingkungannya masih asri dan tidak terlalu ramai
Lokasi yang kami prioritaskan adalah di daerah sekitar Jalan Palagan Tentara Pelajar (Jalan Lempongsari), dengan pertimbangan :
• Lokasi tidak jauh dengan beberapa perguruan tinggi dan masih asri
• Akses mudah dari jalan raya besar
• Lokasi sekitar sudah terdapat beberapa cafe maupun restoran sehingga banyak dilewati calon pelanggan



3. Strategi Pemasaran
• Mouth to mouth promotion
• Posting di media sosial
• Menyebar brosur di kampus maupun di pameran
• Pembuatan blog
• Pemberian harga khusus untuk waktu tertentu
• Pembagian kupon diskon berbatas waktu
• Pemasangan iklan berbayar di akun instagram yang mempunyai banyak followers di Jogja (optional)



1. Investor Tunggal : 100% modal
2. Gold : 50% modal
3. Silver : 34% modal
4. Bronze : 20% modal

Untuk Investor tunggal 45 juta rupiah
investor Gold 22,5 Juta rupiah
investor Silver 15 juta rupiah
investor Bronze 9 juta rupiah

skema pengembalian modal dan share provit akan kami kirim lewat email gan..

pertanyaan lebih lanjut kami tampung gan, tlp/WA 085743206008 , pin 5cae8022




0
971
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan