Kaskus

News

farisjauhAvatar border
TS
farisjauh
MENGENAL FMOT, SMOT, & ZMOT
emoticon-Salam KenalHALO TEMAN-TEMANemoticon-Salam Kenal
WAKTUNYA BERBAGI ILMU



Teman-teman, punyakah kalian momen berharga dalam hidup kalian? Yang dapat membuat kalian senang dan juga sedih, yang membuat kalian puas dan mengecewakan. Bahkan ketika kalian bertemu dengan momen-momen tersebut, beberapa momen itu benar-benar melekat dipikiran kalian, sampai-sampai ketika bertemu dengan orang lain kalian akan menceritakan momen-momen kalian secara sadar atau bahkan tidak disadar.

Didalam dunia Marketing, momen-momen ini ternyata dapat mempengaruhi kalian dalam melakukan pembelian loh, menarik bukan? Mari kita berkenalan dengan momen-momen apa saja yang digunakan pelaku bisnis dalam meningkatkan penjualan mereka.
Oh iya! Sebelumnya, teman-teman harus tau dulu bagaimana proses konsumen dalam melakukan pembelian ini dia skemanya.

MENGENAL FMOT, SMOT, & ZMOT


FIRST MOMENT OF TRUTH (FMOT)


Seperti namanya yaitu first alias pertama. Di FMOT ini, para pelaku bisnis mengetahui bahwa Konsumen memiliki persepsi terhadap suatu produk masing-masing yang dapat dijadikan seperti moment. Seperti ketika Konsumen ingin membeli produk, apakah konsumen akan melihat dari warnanya, rasanya, ukuran, harga atau lainya. Pada saat konsumen sudah mulai menyimpulkan terhadap semua informasi yang didapat, terjadilah pembelian (purchasing).

MENGENAL FMOT, SMOT, & ZMOT


FMOT melihat fenomena ini sebagai daya tarik yang dapat kolaborasikan dengan media promosi untuk dapat meningkatkan penjualan. Baik itu dari Iklan yang ditayang di televisi dan radio, serta media publikasi tentang sebuah brand dan produk.
Bentuk kolaborasi ini, sering kita jumpai di minimarket dan supermarket. Pernahkah kalian menyadari bahwa Supermarket dan minimarket saat ini dilengkapi dengan TV LCD yang menayangkan iklan dan promosi sebuah produk, atau suara penawaran dan iklan promosi di tengah-tengah lagu. Nah itulah FMOT! Ketika konsumen sebelumnya sudah pernah mendapatkan informasi dari iklan dirumah sebelum mereka pergi berbelanja, ketika di tempat belanja informasi itu akan diingatkan kembali dalam berupa iklan TV, Audio dan juga gambar di rak produk. Kemudian untuk mempercepat keputusan pembelian konsumen, kolaborasi tersebut ditambah dengan program promosi seperti potongan harga, atau pembelian gratis serta penawaran langsung oleh petugas di toko tersebut. Dan Tadaaaa!!!! Terjadilah keputusan pembelian untuk suatu produk, dengan kolaborasi dari FMOT.

MENGENAL FMOT, SMOT, & ZMOT



SECOND MOMENT OF TRUTH (SMOT)


Seperti namanya yaitu second alias kedua. Apakah itu SMOT? SMOT merupakan momen-momen yang dimiliki oleh konsumen namun konsumen tersebut sudah memiliki evaluasi dalam menggunakan sebuah produk. Biasanya Pelaku bisnis berfikir bagaimana cara pembeli yang sudah memiliki pengalaman pembelian dapat melakukan repeat purchase (pembeliann berulang).

Kolaborasi Marketing yang digunakan pelaku bisnis untuk pembeli SMOT bisa dikatakan sangat unik. Karena, pelaku bisnis tidak dapat menebak apakah konsumen merasa senang atau kecewa ketika membeli sebuah produk.

MENGENAL FMOT, SMOT, & ZMOT


Kali ini contohnya tidak di supermarket atau minimarket yang notaben merupakan produk pokok yang bisa dikatakan siklusnya fast moving. Kita ambil contoh yaitu Starbucks. Ketika pembeli melakukan pembelian, mungkin ada konsumen yang kecewa lalu melakukan komplain via SMS atau email bahkan yang berbahaya ada juga yang memberikan bad rcommendation agar konsumen lain tidak mencoba produk tersebut. Namun untuk konsumen yang puas biasanya mereka akan senantiasa memberika review untuk produk di medsos atau kotak saran,
Seperti yang dijelaskan, SMOT ini lebih memiliki perlakuan unik. Ketika dihadapkan dengan konsumen yang kecewa bisa saja strategi yang diberikan Starbucks adalah memberika free Coffee atau Voucher sebagai permintaan maaf. Namun bukan berarti yang puas dibiarkan begitu saja, Untuk konsumen yang puas. Starbuck membuatkan loyalty program melalui dua cara seperti Starbucks Card dan Juga Tumblr, yang dimana ketika membeli menggunakan starbucks card kita mendapatkan point yang bisa di redeem menjadi pembelian gratis loh. Dan juga bagi pemiliki tumblr starbuck setiap tanggal 22 ada pembelian 50% untuk pemilik tumblr starbuck. Unik kan.

Sebagai informasi, biasanya program loyalty ini hanya diikuti oleh 2-5% pembelinya loh, namun kenapa pelaku usaha masih melakukan itu? Karena hasil dari loyalty ini, merupakan sumbangsih promosi tidak langsung dari konsumen loyal ke konsumen biasa, yang dapat memberikan edukasi produk, share pengalaman produk, sehingga terjadinya pembelian.

MENGENAL FMOT, SMOT, & ZMOT


ZERO MOMENT OF TRUTH (ZMOT)


Seperti namanya yaitu zero atau nol (kosong). Momen ini hadir dikarenakan adanya SMOT yang memberika informasi sangat banyak di media online, dan juga secara langsung sehingga banyak sekali informasi yang didapatkan untuk melakukan pembelian konsumen. Uniknya Konsumen dalam momen ZMOT ini belum mengnal brandnya, belum melihat produknya, belum pernah membelinya, dan juga belum melihat iklanya. Tapi daya tarik untuk membelinya sangat tinggi.

Dalam case ini kita ambil contoh yaitu Blackberry. Dulu ketika BB hadir di Indonesia dengan model yang unik dengan fitur favorit berupa BBM. Pasti kita sering melihat lingkungan kita menggunakan BB dan bahkan mereka juga mngajak kita “eh lo beli BB dong, biar kita bisa BBMan!” walaupun kita belum mengenal brand, produk, dan iklanya. Setelah direkomendasikan pasti kita akan mencari tahu secara sadar tentang BB, dan hasil BOOM!!!! Kita akan membeli Handphone Blackberry, karena lingkungan yang mendukung.

MENGENAL FMOT, SMOT, & ZMOT


Untuk era digtal seperti ini, ZMOT lebih banyak daripada yang kita kira loh. Kita ambil contoh konsumen di Kalimantan misalnya. Di Kalimantan belum ada Outlet untuk H&M tapi minat membeli masyarakat disana sudah sangat besar, akhirnya ketika berlibur di jakarta dipastikan konsumen dari kalimantan tersebut akan datang ke Outlet Fashion H&M dan membelinya.
Bahkan bisa dibilang momen ZMOT ini lebih merasa Puas dan jarang kecewa terhadap produk yang dibelinya, menarik!

MENGENAL FMOT, SMOT, & ZMOT


Jadi itulah teman-teman beberapa momen yang akan kita alami ketika akan membeli suatu barang. Ternyata dalam membeli suatu produk atau jasa ada tiga moment dan tahapanya hingga kita puas atau memutuskan suatu pembelian itu panjang ya. Jangan lupa buat share dan komen kalau teman-teman suka. Terimakasih.

0
8K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan