alexa-tracking

Adam dan Hawa Berbahasa Apa?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56fbe8abdac13ee5778b4567/adam-dan-hawa-berbahasa-apa
Adam dan Hawa Berbahasa Apa?
Adam dan Hawa Berbahasa Apa?

Adam dan Hawa Berbahasa Apa?

Coba Anda cari jawaban atas pertanyaan itu di Google, apa yang Anda temukan? Kalangan Judeo-Kristian menganggap bahwa bahasa yang dipakai Adam adalah bahasa Ibrani. Alasannya merujuk pada nama-nama yang dipakai saat itu, seperti Hawa, yang merupakan bahasa Ibrani. Berdasarkan alasan itu muncullah anggapan bahwa bahasa Ibrani adalah induk bahasa manusia, sebagaimana Adam adalah induk semua manusia.

Bagaimana dengan Islam? Saya belum menemukan bahasan yang memadai dari para ulama tentang hal ini. Tapi tak sulit untuk menduga bahwa umat Islam pun akan berpikir dengan cara yang sama seperti orang-orang Yahudi dan Kristen. Jadi, ada di kalangan umat Islam yang mengklaim bahwa Adam berbahasa Arab, yang diajarkan langsung oleh Allah.

Apa kata sains? Sains tidak menganggap manusia berasal dari Adam. Sains tidak menganggap Adam itu wujud sebagai tokoh sejarah, melainkan hanya sebagai legenda tradisional Yahudi. Sains berteori bahwa manusia modern adalah produk evolusi dari berbagai jenis manusia purba yang tersebar di muka bumi. Ada pula yang berpendapat bahwa terjadi migrasi besar-besaran dari Afrika sekitar 50 ribu tahun yang lalu, ke berbagai tempat di bumi. Mereka menggantikan manusia-manusia purba yang telah punah.

Tapi bukankah ada istilah “Adam dan Hawa genetik” dalam sains? Ya, beberapa peneliti berpendapat bahwa mengatakan bahwa secara genetik seluruh manusia yang ada saat ini bersumber pada satu orang manusia laki-laki dan satu perempuan. Mereka diperkirakan hidup sekitar 135 ribu tahun yang lalu. Nah, bukankah itu sesuai dengan ajaran kitab suci? Banyak kalangan khususnya Kristen yang bergembira dengan hal ini. Tidak perlu heran, baik di Islam maupun Kristen banyak penggemar gathukan.

Faktanya, yang disebut Adam dan Hawa genetis itu bukanlah manusia pertama yang hidup di bumi. Keduanya hidup terpisah, tidak kenal satu sama lain. Tentu saja tidak pernah bersenggama sebagai pasangan. Dalam pengertian genetis, keduanya hanyalah satu dari ribuan manusia yang hidup pada zaman itu yang secara genetis tersambung dengan manusia modern.

Kembali ke soal bahasa, para ilmuwan membangun teori perkembangan bahasa yang paralel dengan teori evolusi. Bahwa manusia mengembangkan kemampuan bahasanya seiring dengan berkebangnya fisik manusia, termasuk perkembangan otak, sistem saraf, dan organ lain seperti mulut dan tenggorokan. Ada yang menganggap bahasa itu berkembang secara berkesinambungan, ada pula yang menganggapnya terputus. Diperkirakan pada suatu periode terjadi “lompatan” pada perkembangan fisik manusia secara tidak berkesinambungan, di mana kemampuan pada periode berikutnya jauh lebih baik dari periode sebelumnya.

Manusia diperkirakan mulai menciptakan bahasa dari ekspresi sederhana yang secara refelek terlontar saat ia merasa kesakitan atau marah. Bunyi-bunyi itu kemudian berkembang menjadi bunyi yang lebih berbentuk, yang kemudian dipakai bersama. Ada pula teori yang mengatakan bahwa bahasa dibentuk dari peniruan terhadap bunyi-bunyi hewan. Selain itu ada pula yang beranggapan bahwa bahasa tercipta dari hubungan antara ibu dan anak.

Ada begitu banyak teori perkembangan bahasa. Yang jelas kita ketahui bahasa verbal itu kita pelajari dari interaksi antar manusia. Seseorang yang sejak bayi hidup sendiri tidak akan punya bahasa verbal. Hal itu bisa kita simpulkan dari pertumbuhan kemampuan berbahasa anak-anak kita. Atau, bisa kita lihat bagaimana orang tuna rungu yang tidak punya kemampuan berbahasa verbal.

Jadi, Adam dan Hawa berbahasa apa? Jawabannya tergantung pada jenis jawaban apa yang Anda inginkan. Bila basisnya adalah iman, maka mereka berbahasa Ibrani, kalau Anda memilih iman Yahudi atau Kristen. Bagi yang beriman Islam, jawabannya (mungkin) bahasa Arab. Orang Buddha dan Hindu tidak mengenal Adam dan Hawa, jadi jawaban mereka kosong, alias tidak ada. Begitu pula dengan sains.

http://abdurakhman.com/adam-dan-hawa...berbahasa-apa/

yang jelas berbahasa Ibrani karena berasal dari mitologi ibrani
entahlah gan,, ane nyimak aja deh
Kayaknya pake bahasa kalbu bray
nyimak aja gan,
mungkin bawah ane lebih ngerti gan emoticon-Embarrassment
Pake bahasa isyarat lah gan..
Nungguin bawah ane aje gan barangkali ada yang paham
Bukan bahasa Indonesia yang ane tau
Apalah arti bahasa jika masing masing bisa saling mengerti tanpa dibicarakan.
Bahasa Hati gan emoticon-Betty

trserah bre bhsa apa yg mereka pake..
yg pasti mereka berdua cuma warisin dosa ama kita bre..
kita nya yg sengsara skrg emoticon-Hammer2

Mungkin Bahasa Batak ato Jawa gan ...
Apapun bahasanya minumnya tetap teh botol zozro emoticon-Toast
mungkin pake bahasa batin emoticon-Bingung
I dont know, sepertinya jgn ada pihak yg suka klaim emoticon-Embarrassment
Yang pasti Bahasa alay Belum populer jaman itu emoticon-Cool
bahasa tubuh gan emoticon-Embarrassment
Minyak dlu ane gan..

Numpang pekiwan dolo emoticon-Cool
Yang pasti bukan bahasa jepang gan emoticon-Cool
Belanda ama india
Modal kamus doank tuh
Pake bahasa Namex picollo bukan adam gan. .
Btw makhluk namex silahkan kebelakang emoticon-Cool
pejwan habis mamen
×