alexa-tracking

10 Tahun RI Habiskan Rp 2.600 T untuk Subsidi BBM, Apa Hasilnya?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56fba9caa09a39c0558b4567/10-tahun-ri-habiskan-rp-2600-t-untuk-subsidi-bbm-apa-hasilnya
10 Tahun RI Habiskan Rp 2.600 T untuk Subsidi BBM, Apa Hasilnya?
Quote:10 Tahun RI Habiskan Rp 2.600 T untuk Subsidi BBM, Apa Hasilnya?


Jakarta -Menteri ESDM Sudirman Said menyebut bahwa Indonesia telah menghabiskan dana sampai Rp 2.600 triliun untuk subsidi bahan bakar minyak (BBM) dalam 10 tahun terakhir. Apa hasil dari subsidi BBM yang berasal dari uang rakyat itu?

Menurut Sudirman, tidak ada yang dihasilkan kecuali asap polusi dan makin lemahnya kedaulatan energi nasional, uang rakyat jadi terbuang percuma.

Subsidi membuat harga BBM murah, Indonesia pun makin bergantung pada energi dari minyak bumi. Padahal, saat ini saja sudah separuh dari kebutuhan BBM yang harus dipenuhi dari impor. Ketergantungan pada impor semakin hari semakin membesar karena konsumsi BBM yang terus meningkat.

"10 tahun terakhir kita spend Rp 2600 triliun subsidi untuk sesuatu yang karakternya berpolusi. Yang dihasilkan adalah ketergantungan pada impor," kata Sudirman dalam diskusi di Kantor CSIS, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Dia menambahkan, ketergantungan pada minyak bumi ini berlawanan dengan zaman. Ketika negara-negara lain sudah mulai meninggalkan energi fosil dan beralih ke energi baru terbarukan (EBT), Indonesia malah makin kecanduan minyak bumi yang tergolong energi fosil.

Bila tidak segera meninggalkan minyak bumi, suatu saat Indonesia akan mengalami krisis energi karena cadangan minyak yang makin menipis. Pengembangan energi terbarukan pun harus dikebut dari sekarang.

"Subsidi BBM berlawanan dengan arah perkembangan zaman ke depan. Masa depan kita EBT, kalau kita tidak cepat-cepat membangun, waktu energi fosil habis kita panik karena EBT masih ketinggalan," ucapnya.

Untuk mengembangkan EBT, dibutuhkan dana sebesar kurang lebih Rp 260 triliun hingga 10 tahun ke depan. Relatif kecil jika dibanding subsidi BBM selama 10 tahun, hanya sepersepuluhnya.

Tapi berbeda dengan subsidi BBM yang tidak menghasilkan apa-apa, pengembangan EBT akan membuat Indonesia berdaulat di bidang energi. EBT tidak perlu diimpor, tidak akan habis, dan bersih.

"Sepuluh tahun ke depan kita hanya butuh Rp 260 triliun untuk sesuatu yang renewable. Kedaulatan adalah bisa mengandalkan yang kita punya," ujar Sudirman.

Harga EBT saat ini memang relatif lebih mahal dibanding energi fosil. Tapi dengan penelitian terus menerus, inovasi, dan pengembangan teknologi, harga EBT akan semakin murah.

Sebagai contoh, kini Qatar sudah berhasil mengembangkan listrik dari tenaga surya yang sangat murah.

"Konversi dari sumber daya alam menjadi energi jembatannya adalah teknologi. Qatar sudah bisa bangun solar cell dengan harga listrik cuma US$ 4 sen/kWh," dia menuturkan.

Listrik dari EBT pun mulai digenjot dalam proyek listrik 35.000 MW. Pembangkit listrik yang menggunakan batu bara dibatasi hanya 50% dalam proyek ini, sisanya menggunakan gas bumi dan EBT.

"Dari 35.000 MW maksimal 50% yang pakai batu bara. Sisanya harus pakai gas dan renewable energy," pungkasnya.


Sumber

Masa ga ada hasilnya sama sekali,jelas ada lah emoticon-Cool
1.Rakyat Senang emoticon-thumbsup
2.Penjualan Motor/Mobil bagus emoticon-thumbsup
3.Sering terjadi kelangkaan BBM emoticon-thumbsup
4.Sering terjadi penyelundupan BBM emoticon-thumbsup
5.Rakyat terbiasa makan hak yang seharusnya dipakai oleh orang miskin emoticon-thumbsup
6.Rakyat jadi manja emoticon-thumbsup
7.Munculnya buku putih pasukan aer kobokan kaki mamah banteng emoticon-Matabelo

dan masih banyak lagi emoticon-Traveller
Rserved for comment
hasilnya bebanin pemerintahan berikutnya emoticon-Ngakak
Hasilnya bisa bikin album.
Hasilnya ekonomi kondusif krn ditopang. Dagang juga enak. Harga2 terjangkau.

Gak kyk skrg ekonomi hancur. Dagang susah, apa2 mahal, daya beli turun.
Pajak dikejar2 ini itu dipajakin, subsidi bbm dicabut. Bbm turun cuma seiprit disaat minyak dunia turun hampir 70%.
Hutang luar negeri jalan terus. Infrastruktur dibangun hasil hutang.
Duitnya kemana? Hasilnya mana??

70 tahun yang hancur dalam 2 tahun..
semoga energi terbarukan bukan cuma wacana ..
menanti sumber energi baru, terutama PLTN ..
Stop subsidi bbm,lanjutkan subisini pendidikan ,kesehatan! Semangat pak jokowi dan kabinet!
dulu masih stabil lah cari duit gampang , sekarang boro2 d era kodok rakyat cilik yg subsidi si jongos tolol , pembangunan juga lum gw rasain paling cuma warisan dulu yg d klaim jongos wakaka emoticon-Wakaka
Widih bakal ada kultwit lg dr Cikeas.. emoticon-Takut
Hasilnya mewek berkepanjangan
10 Tahun RI Habiskan Rp 2.600 T untuk Subsidi BBM, Apa Hasilnya? 10 Tahun RI Habiskan Rp 2.600 T untuk Subsidi BBM, Apa Hasilnya?
masih perang sama SBY nih?

kapan ngurusin rakyat kebanyakan ?

laknat emoticon-Mad
Private jet nyang representatip dan rija kalid makin tak tersentuh emoticon-Cool
hasilnya ekonomi jelas jauh lebih kondusif, sekarang ente coba tanya ke toko/pasar isinya orang mengeluh semua emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By j0ng0swi
dulu masih stabil lah cari duit gampang , sekarang boro2 d era kodok rakyat cilik yg subsidi si jongos tolol , pembangunan juga lum gw rasain paling cuma warisan dulu yg d klaim jongos wakaka emoticon-Wakaka


Kirain cuma gw doank di sini..ampe nutup beberapa toko gw gan sangking lesunya sekarang
sorry brader "i dont read what i sign"
emoticon-Turut Berduka
wuih, banyak bingitz!
Quote:Original Posted By j0ng0swi
dulu masih stabil lah cari duit gampang , sekarang boro2 d era kodok rakyat cilik yg subsidi si jongos tolol , pembangunan juga lum gw rasain paling cuma warisan dulu yg d klaim jongos wakaka emoticon-Wakaka


Sekarang gampang kok cari duid emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By bobbin


Sumber

Masa ga ada hasilnya sama sekali,jelas ada lah emoticon-Cool
1.Rakyat Senang emoticon-thumbsup
2.Penjualan Motor/Mobil bagus emoticon-thumbsup
3.Sering terjadi kelangkaan BBM emoticon-thumbsup
4.Sering terjadi penyelundupan BBM emoticon-thumbsup
5.Rakyat terbiasa makan hak yang seharusnya dipakai oleh orang miskin emoticon-thumbsup
6.Rakyat jadi manja emoticon-thumbsup
7.Munculnya buku putih pasukan aer kobokan kaki mamah banteng emoticon-Matabelo

dan masih banyak lagi emoticon-Traveller


padahal subsidi udah di cabut dari kemaren-kemaren, kok tiba-tiba para kecebong bilang ada subsidi BBM lagi dan harus di hapus kan lagi????? emoticon-Wow emoticon-Wakaka
Quote:Original Posted By tomsize


Kirain cuma gw doank di sini..ampe nutup beberapa toko gw gan sangking lesunya sekarang


yang sabar aja bray paling ndak rejeki masih bisa d cari gw aja ampe jual boil yg taun lalu baru gw beli syukur sekarang gw lagi ada kerjaan meski kecil2anemoticon-Big Grin

yg d atas gak diam kuq nunggu azab aja si jongos tolol . mimpin negri aja gak becus , bisanya cuma ribut emoticon-Big Grin
yg paling diuntungkan dari subsidi bbm ... tentu saja mafia bbm
emoticon-Turut Berduka .............................






lirik oknum dpr juga ahhh emoticon-Takut
×