alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56fb8a7f50741078268b4577/srjarah-beberapa-nama-wilayah-di-jakarta
INFO SEJARAH : BEBERAPA NAMA WILAYAH DI JAKARTA
Mempelajari sejarah itu penting sekali,,, agar kita dapat mengetahui sebab-akibat dari sesuatu,,, 
seperti sejarah mengapa anda diberi nama seperti ini ,,, trus kenapa orang lain diberi nama seperti itu,,,

dan juga kenapa daerah tempat tinggal anda diberi nama seperti "ini",,,
namun keanehan yang sering saya temui,,, banyak sekali anak bangsa ini ,,, yg gak mengetahui,,, kenapa negara kita diberi nama indonesia ???

berikut dibawah ini saya tampilkan sejarah beberapa nama kota di jakarta :

Kota Jakarta adalah jantung ibukota dari negara Republik Indonesia di mana 
pusat perekonomian beserta berjuta permasalahannya ada di kota kecil padat 
penduduk ini. Di balik nama beberapa daerah di Jakarta tersimpan kisah, 
cerita dan sejarah dari mana nama itu muncul.
Berikut di bawah ini adalah beberapa asal-muasal nama daerah terkenal di DKI 
Jakarta :

A. Glodok
Asalnya dari kata grojok yang merupakan sebutan dari bunyi air yang jatuh 
dari pancuran air. Di tempat itu dahulu kala ada semacam waduk penampungan 
air kali ciliwung. Orang tionghoa dan keturunan tionghoa menyebut grojok 
sebagai glodok karena orang tionghoa sulit mengucap kata grojok seperti 
layaknya orang pribumi.

B. Kwitang
Dulu di wilayah tersebut sebagian tanah dikuasai dan dimiliki oleh tuan 
tanah yang sangat kaya raya sekali bernama Kwik Tang Kiam. Orang Betawi 
jaman dulu menyebut daerah itu sebagai kampung si kwi tang dan akhirnya 
lama-lama tempat tersebut dinamai kwitang.

C. Senayan
Dulu daerah senayan adalah milik seseorang yang bernama wangsanaya yang 
berasal dari Bali. Tanah tersebut disebut orang-orang dengan sebutan 
wangsanayan yang berarti tanah tempat tinggal atan tanah milik wangsanaya. 
Lambat laun akhirnya orang menyingkat nama wangsanayan menjadi senayan.

D. Menteng
Daerah Menteng Jakarta Pusat pada zaman dahulu kala merupakan hutan yang 
banyak pohon buah-buahan. Karena banyak pohon buah menteng orang menyebut 
wilayah tersebut dengan nama kampung menteng. Setelah tanah itu dibeli oleh 
Pemerintah Belanda pada tahun 1912 sebagai lokasi perumahan pegawai 
pemerintah Hindia Belanda maka daerah itu disebut menteng.

E. Rawamangun 
Nama rawamangun berasal dari jenazah para prajurit 
Mataram, yang kebetulan banyak memakai nama "Mangun" dan karena masa perang 
tidak ada waktu lagi. dibuang di rawa-rawa sana.

F. Depok, 
Daerah ini diambil , karma banyak orang yang beragama Kristen tinggal disini, 
karena semula memang tempat yang disediakan untuk mereka oleh perkumpulan 
yang bermama "De Eerste Protestantsche Onderneming van Kristenen" (disingkat 
menjadi DEPOK). Artinya adalah "badan usaha kristen protestan pertama").

G.Jalan Jaksa
kalo jalan jaksa... krn dulu daerah sana tempat nge-kost-nya pelajar2 asal 
endonesia yg sekolah hukum belanda.

H.Karet Tengsin
Karet Tengsin dulunya adalah Perkebunan karet milik etnis China bernama 
Tieng Shin, karna orang pribumi susah nyebutnya jadi Tengsin aja.

I. Pasar Rumput
Pasar Rumput: dulunya tempat berkumpulnya tukang rumput yg menjualnya untuk 
kalangan meneer Belanda yg tinggal di kampung elit, Menteng.

J. Pasar Senen. 
Pasar Senen pertama kali dibangun oleh Justinus Vinck.
Orang-orang Belanda menyebut pasar ini dengan sebutan Vinckpasser
(pasar Vinck). Tetapi karena hari pada awalnya Vinckpasser dibuka
hanya pada hari Senin, maka pasar itu disebut juga Pasar Senen
(disesuaikan dengan kebiasaan orang-orang yang lebih sering menyebut
Senen ketimbang Senin). Namun seiring kemajuan dan pasar Senen
semakin ramai, maka sejak tahun l766 pasar ini pun buka pada hari-
hari lain.


Silahkan rekan-rekan sekalian komentarin/tambahin lagi ,,,,!!!
Wah lumayan lengkap gan
Dan banyak yg ane belum tau, yg udh tau itu senen.

Tambahin yg lain gan, kayak ancol, kalibata, gambir, tanahabang dll

Kalibata: kalo gak salah dulu ada pabrik bata dipinggir kali, trus ngangkutnya lewat kali pakai perahu/getek

Kalo pasar minggu, pasar rebo, dll asal namanya mirip sama pasar senen
Kalo pondok pondok (kayak pondok labu, pondok kopi dll) katanya sih karena daerah itu dulunya banyak pohon tersebut, kalo asal kata pondok ya karena ada rumah/pondok buat istirahat (dulu org jalan kaki, jalan jauh harus istirahat) karena mungkin daerah situ dulu masih kebun/hutan
Waduh , 20thn di jakarta ga pernah merhatiin perkembangan nama jalan
Nice info gan
Nice info, gan.

Oya, kl Tanah Abang itu ada asal-usulnya gak, gan?
Pake gambar dong emoticon-Hammer (S)
nice trit gan... apalagi kalo ditambah mulustrasi emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By susiloo
Kalibata: kalo gak salah dulu ada pabrik bata dipinggir kali, trus ngangkutnya lewat kali pakai perahu/getek


soal kalibata, yang saya ketahui. tanah daerah kalibata itu dibeli oleh thomas bata (orang amerika) pada jaman perang dunia. thomas bata lalu membuat pabrik sepatu untuk para tentara sekutu yang ikut perang dunia. kebetulan tanah yang dibeli oleh thomas bata juga dilalui oleh sungai. akhirnya daerah situ dikenal dengan nama kalibata
Agan dpt info nya dari mana sumber nya...

Keep Posting Gan

Klik Gan :
Gara-gara pakai Kaos Kaskus... gak nyangka spt ini jadinya !!
tks infonya
hmm.. kalo KAPUK ada sejarah nya ga tuh gan ?? Jembatan Lima juga, emang jembatanya ada 5 gitu ??
Quote:
wah ternyata ada sejarah nya juga ya
coba tambahin mulustrasi gan biar lebih oke
emoticon-Cool
SRJARAH BEBERAPA NAMA WILAYAH DI JAKARTA
SRJARAH BEBERAPA NAMA WILAYAH DI JAKARTA
SRJARAH BEBERAPA NAMA WILAYAH DI JAKARTA
kaskus the best emoticon-I Love Kaskus (S)
SRJARAH BEBERAPA NAMA WILAYAH DI JAKARTA

waah, trnyata daerah kwitang berasal dari nama orang orang tionghoa ya.. kwik tang !!
woah baru tau ane gan, thanks ya emoticon-Big Grin
Depok Bisa juga = Daerah Pemukiman Orang Kristen kan Gan ..
kali jodo yang lagi hits gan emoticon-Cool
baru tu ane gan emoticon-thumbsup