alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56fb7881e052279b228b456b/kini-banyak-dokter-ogah-ke-daerah-terpencil
Kini Banyak Dokter Ogah ke Daerah Terpencil
Banyaknya dokter yang enggan ditempatkan di daerah terpencil harus menjadi perhatian pemerintah pusat maupun daerah. Pasalnya, di wilayah terpencil, terluar, terisolir sangat membutuhkan tenaga dokter. Masih beruntung mereka dilayani bidan desa PTT meski dengan fasilitas terbatas.

"Dulu zaman saya, dokter wajib mengabdi di daerah terpencil. Ini diperkuat dengan Inpres, di mana lulusan dokter harus mengabdi minimal tiga tahun di luar Pulau Jawa dan lima tahun di sekitaran Jawa. Dengan pergantian, program ini berubah menjadi PTT, hanya saja kewajiban mengabdi di daerah sulit tidak ada lagi," ungkap Sumarjati Arjoso, mantan anggota Komisi IX DPR RI yang kini jadi pengamat kesehatan di Jakarta, Rabu (30/3).

Meski pemerintah memberikan program untuk penempatan wilayah terluar, tertinggal, dan terpencil, tapi tidaklah mudah meminta para dokter mengabdi di daerah tersebut. Alasannya untuk menjadi dokter mereka sudah mengeluarkan biaya besar.

"‎Memang terlihat perbedaan mencolok antara bidan desa PTT dengan dokter. Di desa-desa terpencil, kita masih bisa temui bidan. Namun dokter sangat jarang. Ini menjadi pekerjaan rumah pemerintah, bagaimana agar para dokter ini mau memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," bebernya.

Dia menambahkan, saat ini ada 42 ribu bidan desa PTT yang tersebar di wilayah Indonesia. Hanya saja jumlah tersebut masih kurang dan harus ditopang oleh tenaga dokter maupun perawat. (esy/jpnn)

http://www.jpnn.com/read/2016/03/30/367285/Kini-Banyak-Dokter-Ogah-ke-Daerah-Terpencil-

nunggu klarifikasi dokter di bp raia
Banyak yang tujuannya jadi dokter kan memang punya duit buat masuk dan ingin hidup lebih baik. Gak semua memang masih ada yang benar-benar mau bantu. Kadang aja dokter dan perawat bisa demo gak melayani kalau urusan perutnya terganggu
cape2 belajar
keluar biaya mahal

eh masa suruh kerja di tempat terpencil
ga jelas supportnya lagi

bisa2 mati konyol
Wajar kalo gw bilang sih, kuliah di fk itu khan berat n masuknya sgt susah
layak kah jika orang2 terbaik n pilihan ini malah dikucilkan ke tempat yg susah potensinya?

Ane ngomongin dokter yg lulusan negeri yah macam ui, unpad, dll bukan yg swestong, itu mah beda kualitasnya emoticon-Wink
DItempat terpencil gtu keamanannya gaada terus gajinya dibayar 3 bulan sekali. mana ada yg mau ...
nah itu si artis yg lulus dokter pernah ke tempat terpencil ga? emoticon-Ngakak
Kmrn ada thread soalnya demo Dokter bukan...
Itu gmn kabar lanjutannya...
Berhubungan ke dokter2 di daerah terpencil juga ka itu demo nya..
Quote:Original Posted By mbahlol
Banyak yang tujuannya jadi dokter kan memang punya duit buat masuk dan ingin hidup lebih baik. Gak semua memang masih ada yang benar-benar mau bantu. Kadang aja dokter dan perawat bisa demo gak melayani kalau urusan perutnya terganggu


tul . mana ada jadi dokter tujuannya bukan duit.

bull shit
Pengabdian emoticon-Salaman
Quote:Original Posted By gwtajirnsukses


tul . mana ada jadi dokter tujuannya bukan duit.

bull shit


emang yg bukan dokter tujuannya bukan duit ? orang kerja dimana aja tujuannya duit.

btw, g ada perjanjian ya siap ditempatkan dimana saja ?
Banyak yg ngelanggar sumpah.. 😎
Sayang sekali padahal paling banyak pengalaman kalau di daerah terpencil sebagai start awalnya bung.....
Coba jadi dokternya dibiayai negara... trus lulus wajib mengabdi 20 tahun didaerah terpencil misalnya...
Banyak kok putra putri bangsa yg mau jadi dokter tp kendala biaya...
Sekarang masuk kedokteran spp aja 75jt tiap semester... belum lagi biaya ini itu.. trus udah selesai suruh mengabdi? NGIMPI...
Ya wajar lah lu kira murah apa kuliah di kedokteran,makanya kalo mau ada dokter yg bener2 mau memgabdi ya bikin jalur khusus Full beasiswa ikatan dinas buat yg kurang mampu tapi pintar
UUD, ujung - ujungnya duit emoticon-Ngakak (S)
jadi ga usahlah beretorika tentang nasionalisme, ideologi macem2, bela negara, dll, karena semuanya hanya akan jalan kalo perut kenyang dan kesejahteraan pribadi tercapai. Adapun yg tetap mempertahankan idealisme nya, salut buat mereka emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By dark4eve
Coba jadi dokternya dibiayai negara... trus lulus wajib mengabdi 20 tahun didaerah terpencil misalnya...
Banyak kok putra putri bangsa yg mau jadi dokter tp kendala biaya...
Sekarang masuk kedokteran spp aja 75jt tiap semester... belum lagi biaya ini itu.. trus udah selesai suruh mengabdi? NGIMPI...


aje gile...kuliah sampe milyaran dikirim ke daerah terpencil....MIKIRRR!!!
ane ada kenal beberapa dokter PTT yg tugas di kepulauan antara sulawesi n maluku, malah dijadiin sapi perah sama kapusnya emoticon-Big Grin
dana BPJS, uang jaga, uang program gak dikasi utuh sama kapusnya, dgn berbagai macam alasan. bahkan sampe dinas PTTnya selesai, akhirnya cuma ikhlas aja duit puluhan juta dimakan sama kapusnya.
apa lg si dokter bukan penduduk asli, udah tambah pasrah aja emoticon-Big Grin
Dokter kaskus yg selalu ngeluh mesti nongol nih ntr emoticon-Ngakak (S)
klo ke daerah terpencil cuma dapat capek nya doank, dokter mana mau. Enakan di kota, cepet balik modal kuliah, beli mobil & jualan obat.

emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
tergantung niat awal jadi dokternya lah emoticon-Ngacir2