alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56fb6bdf96bde6bf758b4573/dana-ilmu-pengetahuan-indonesia-di-bentuk--ada-quotbeasiswaquot-buat--peneliti
Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia Di Bentuk , Ada "Beasiswa" buat Peneliti
Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu), yang diwakilli Bambang Brodjonegoro dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) yang diwakili Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Muhammad Dimyati, hari ini meresmikan Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia (DIPI) yaitu lembaga pendanaan bagi penelitian sains fundamental.

DIPI akan memberikan pendanaan penelitian tahun jamak bagi ilmuwan-ilmuwan terbaik Indonesia yang pengelolaannya terpisah dari siklus tahunan anggaran negara.

Keberadaan DIPI ini diharapkan dapat meningkatkan semangat pada peneliti-peneliti di Indonesia untuk melahirkan inovasi.

"Untuk mendorong riset yang melahirkan inovasi yang bermanfaat diperlukan banyak hal selain berbagai aturan yang berpihak dan memberikan iklim yang kondusif, tapi diperlukan juga lembaga penelitian yang berkualitas. Tentu keberadaan lembaga pendanaan jadi faktor penting. Untuk itu keberadaan DIPI akan ikut menyemarakkan dan mendorong dan meningkatkan semangat para peneliti untuk melahirkan inovasi," kata Dimyati di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Bambang menambahkan saat ini penelitian di Indonesia masih mengalami beberapa kendala antara lain jumlah dana dan mekanisme yang rumit, untuk itu dengan adanya DIPI ini diharapkan peneliti-peneliti Indonesia dapat lebih berinovasi lagi.

"Permasalahan dalam pelaksanaan riset di Indonesia saat ini yaitu jumlah dana untuk riset yang relatif kecil, dan mekanisme yang rumit karena harus mengikuti siklus tahunan anggaran," tambah Bambang.

DIPI tidak membatasi penelitiannya berdasarkan disiplin ilmu, tetapi memliliki delapn area penelitian, yaitu :
1. Identitas, Keragaman, dan Budaya
2. Kepulauan, Kelautan, dan Sumber Daya Hayati
3. Kehidupan, Kesehatan, dan Nutrisi
4. Air, Pangan, dan Energi
5. Bumi, Iklim, dan Alam Semesta
6. Bencana dan Ketahanan Masyarakat Terhadap Bencana
7. Material dan Sains Komputasi
8. Ekonomi Masyarakat dan Tata Kelola

http://m.detik.com
---------
Mantap pakde bangun truss Indonesia Di segala aspek..... Jangan sampai lagi Ada 10 tahun sia2
nah gitu dong
ini duitnya darimana ya ?
Duit nya Ada tinggal mau kerja Nga ??emoticon-WakakaQuote:Original Posted By winehsuka
ini duitnya darimana ya ?
biar ga pada kabur ya
Kenapa ga dari dulu aja nih program bagus
sebenarnya mantep nih.lg2 kendala dana dan hitungannya perjam emoticon-Big Grin
Program bagus dan harus didukung, nih.
Semoga akhirnya nggak kaya' yang sudah-sudah.
emoticon-2 Jempol