- Beranda
- Komunitas
- News
- Berita dan Politik
Nasionalisme Gojek Tidak Ada Apa-Apanya Dibanding Grab Odong-Odong
TS
hellogirls
Nasionalisme Gojek Tidak Ada Apa-Apanya Dibanding Grab Odong-Odong
Quote:
"Commencons Par Is Impossible (Marilah Kita Mulai Dari Yang Tidak Mungkin)" -Jacques Derrida-
-PERINGATAN THREAD INI BISA MEMBUAT AGAN DAN AGANWATI MERASA GELISAH, MARAH ATAU BAHKAN MENCACI MAKI ANE. ANE TIDAK PEDULI SELAMA AGAN DAN AGANWATI TELAH MEMBACANYA HINGGA TUNTAS. JIKA TIDAK, HARAP JANGAN BERKOMENTAR DAN CLOSE SAJA THREAD ANE. SEBALIKNYA JIKA SUDAH ANDA BOLEH MENGHUJAT SAYA SEBANYAK YANG ANDA MAU-
Quote:
Selama menjadi silent reader di kaskus beberapa tahun ini dengan menggunakan analisis bebas ane terdapat beberapa macam thread yang dapat diklasifikasikan menjadi thread populer dan tidak populer di kaskus ini. Pertama, thread yang populer adalah thread dengan tulisan yang menghibur dan enak dibaca serta menjadi konsumsi bagi kalangan mainstream yang menyatakan dirinya anti mainstream. Kedua, adalah thread yang tidak populer adalah thread dengan tulisan yang begitu keras, tidak enak dibaca dan cenderung menjadi hujatan banyak orang tanpa memikirkan dirinya mainstream atau anti mainstream. Toh kebenaran hanya perlu disampaikan tanpa menjual nama Tuhan, kerena kebenaran bersifat relatif. (jika hendak menentang pandangan saya tentang kebenaran bersifat relatif, silahkan minimal anda membaca buku etika dasar franz magnis suseno. Mari kita berdiskusi. Ane tidak mau berdiskusi secara intuitif dan mengawang-awang). Okay skip bukan ini yang mau ane bahas.
Thread ini merupakan salah satu bentuk kegelisahan ane terhadap bagaimana peta kaum muda di Indonesia beberapa tahun ini. Jika di forum ini salah kamar biarlah, toh dewasa ini pemuda yang berbicara masalah politik dianggap sebagai sesuatu yang keren dan cerdas meskipun pisau analisis yang dipergunakannya ga jelas atau bahkan menyebabkan kesesatan berpikir macam J***u. Tapi tak apa selama dia memiliki keinginan untuk berpikir dan belajar maka itu sudah membuat ane senang jika akhirnya menyadari kekeliruan, karena menyadari kekeliruan merupakan bagian dari proses belajar.
Di Paragraf ketiga ini sepertinya saya belum mau masuk kedalam konten dari judul diatas tanpa membuat intro terlebih dahulu seperti lagu-lagu populer agar terdengar lebih syahdu. Sepertinya intro atau bahkan keseluruhan lagu buatan anak bangsa America dari grup band Greenday dengan Judul American Idiot yang begitu terkenal di dekade tahun 2000 an atau lebih tepatnya 2004. Sangat cocok untuk kita gubah menjadi Indonesian Idiot (jangan mengecam jika anda tidak tahu lirik atau mungkin malas berselancar mencari dan mentranslate lirik meskipun hanya untuk mencari tahu. Lalu, melaporkan saya kepada pihak yang berwenang karena menyatakan bahwa orang Indonesia idiot. Padahal, lagu tersebut meraih banyak pujian dari kritikus music di negeri paman sam). Bukan ini pula yang ingin saya bahas, sebuah lagu yang mengingatkan dan mengajak saya untuk tidak menjadi orang Indonesia yang idiot yang mudah digiring opininya oleh media yang menyebabkan hysteria. Sebuah intro yang mengingatkan saya kepada seorang pemikir yang menyatakan bahwa media tidak merefleksikan realitas, bahkan mendahului realitas. Okay inilah artikel yang saya kutip dengan judul yang sama check it out !
Thread ini merupakan salah satu bentuk kegelisahan ane terhadap bagaimana peta kaum muda di Indonesia beberapa tahun ini. Jika di forum ini salah kamar biarlah, toh dewasa ini pemuda yang berbicara masalah politik dianggap sebagai sesuatu yang keren dan cerdas meskipun pisau analisis yang dipergunakannya ga jelas atau bahkan menyebabkan kesesatan berpikir macam J***u. Tapi tak apa selama dia memiliki keinginan untuk berpikir dan belajar maka itu sudah membuat ane senang jika akhirnya menyadari kekeliruan, karena menyadari kekeliruan merupakan bagian dari proses belajar.
Di Paragraf ketiga ini sepertinya saya belum mau masuk kedalam konten dari judul diatas tanpa membuat intro terlebih dahulu seperti lagu-lagu populer agar terdengar lebih syahdu. Sepertinya intro atau bahkan keseluruhan lagu buatan anak bangsa America dari grup band Greenday dengan Judul American Idiot yang begitu terkenal di dekade tahun 2000 an atau lebih tepatnya 2004. Sangat cocok untuk kita gubah menjadi Indonesian Idiot (jangan mengecam jika anda tidak tahu lirik atau mungkin malas berselancar mencari dan mentranslate lirik meskipun hanya untuk mencari tahu. Lalu, melaporkan saya kepada pihak yang berwenang karena menyatakan bahwa orang Indonesia idiot. Padahal, lagu tersebut meraih banyak pujian dari kritikus music di negeri paman sam). Bukan ini pula yang ingin saya bahas, sebuah lagu yang mengingatkan dan mengajak saya untuk tidak menjadi orang Indonesia yang idiot yang mudah digiring opininya oleh media yang menyebabkan hysteria. Sebuah intro yang mengingatkan saya kepada seorang pemikir yang menyatakan bahwa media tidak merefleksikan realitas, bahkan mendahului realitas. Okay inilah artikel yang saya kutip dengan judul yang sama check it out !
Quote:
Nasionalisme Gojek Tidak Ada Apa-Apanya Dibanding Grab Odong-Odong
Oleh Eddward S. Kennedy
Diposkan pada 18 Agustus 2015
Ketika Nadiem Makarim menyebut bahwa GoJek buatannya merupakan “karya anak bangsa”, dan karenanya “pasti akan didukung” masyarakat, saya langsung teringat jargon Warkop DKI yang legendaris itu: “Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang!”
Setelah dipopulerkan kembali oleh salah seorang komedian tak lucu hingga pentolan band punk rock yang benci pemerintah tapi ikut Pemilu, nasionalisme memang terbukti manjur sebagai bumbu untuk membuat dagangan laris manis tanjung kimpul. Anda boleh berdagang apa saja, beri sedikit sentuhan nasionalisme dengan corak modern dan trendi, niscaya akan ada banyak orang yang tertarik.
Apa yang kita lihat dari Nadiem adalah contoh terbaik dari pola tadi. Setelah mendapat kompetitor, Grab Bike, ia langsung membaiat diri sebagai “anak bangsa” yang berhasrat akan memajukan bangsa. Luar biasa, saya jadi kepingin minum air cucian kaki bliyo biar bisa ketularan aura kepahlawanannya.
Penetrasi yang digelar Nadiem melalui Go-Jek, dan tentu juga Grab Bike sebagai pesaingnya, memang terhitung sensasional. Dalam sekejap mereka berhasil meyakinkan publik, terutama warga Jakarta, betapa mereka menjadi jawaban atas buruknya layanan transportasi massal yang dibuat pemerintah.
Dan dari penetrasi itu pula, kita bisa memetik sebuah pelajaran sederhana dalam mengukur intelegensia suatu masyarakat. Salah satunya adalah dengan melihat fakta betapa bebalnya warga Jakarta, karena lebih memilih berisik menghebohkan pelayanan swasta ketimbang “menyerang” pemerintah yang selama bertahun-tahun gagal menyediakan sarana transportasi massal yang layak.
Jakarta dan kehebohan memang mirip borok (di mukamu) dan lalat: selalu intim dan saling melengkapi. Seolah-olah tanpa kehebohan kota ini mati. Mungkin karena kecenderungan itu pula, hal seremeh apapun di Jakarta bisa dianggap amat penting—sementara persoalan yang substansial bisa lenyap tak berbekas dari peredaran.
Menjadi pusat segalanya dari negara “fasis” bernama Indonesia, dengan sokongan fasilitas dan informasi yang berlimpah, toh tidak membuat (warga) Jakarta cukup cakap untuk memahami isu-isu primernya sendiri. Apapun isu yang populer, puluhan juta manusia di sana akan ikut nimbrung—tak peduli apa manfaatnya bagi kelangsungan hidup mereka masing-masing.
Mari kita mulai bertanya: Apa poin pentingnya meributkan Gojek versus Grab Bike, padahal commuter line masih suka ngaret, busway masih banyak yang mendadak terbakar di jalan, hingga monorail yang hanya jadi isu jualan tiap menjelang pergantian gubernur?
Dalam skala tertentu, keributan itu tak ubahnya rombongan alay memperdebatkan lebih enak mana nongkrong di Sevel atau CK, sementara mereka tak tahu bahwa harga cabai merah keriting naik hingga Rp 56-60 ribu/kg. Menyedihkan sekali.
Ada, sih, beberapa orang yang melihatnya sebagai isu serius yang tidak sesederhana konflik kepentingan bisnis. Mereka memunculkan perspektif lain, misalnya, bahwa struktur “usaha rakyat” seperti pangkalan ojek konvensional ternyata selama ini begitu militeristik dan premanistis yang lengkap dengan kantung komandonya masing-masing di berbagai lokasi. Oleh karenanya, maka bukan sesuatu yang mengejutkan jika banyak pelaku ojek pangkalan resisten terhadap Gojek dan Grab Bike.
Meski tampak “segar”, perspektif tersebut sebenarnya sudah rahasia umum. Maksud saya begini. Lahan parkir yang ada di tiap kota di seluruh Indonesia, sebagai contoh, hampir semua orang tahu bahwa semuanya dikuasai oleh jagoan-jagoan yang “dihormati” di sana-sini. Tentu masih ada ratusan contoh bidang “usaha” lain yang punya konsep serupa.
Oke, mari katakan bahwa fakta pangkalan ojek benar-benar baru bagi masyarakat. Substansinya toh tetap sama: semua terjadi karena kegagapan pemerintah menciptakan kondisi sosial yang memadai bagi semua orang. Dalam kasus pangkalan tadi, berjamurnya tukang ojek konvensional lantaran tak tersedianya lapangan kerja, penggusuran lahan si miskin yang dilakukan si kaya, dan sejenisnya. Persoalannya selalu seperti itu karena memang belum ada perubahan yang signifikan dan serius.
Lalu muncullah Gojek, sebuah konsep inovatif yang (konon) bertujuan membantu memecahkan persoalan transportasi Jakarta sekaligus memperluas lapangan kerja. Dengan citra modern, ramah teknologi, ongkos murah, dan tendensi nasionalisme yang didesain hingga tampak adiluhung, maka mudah saja khalayak norak terkagum-kagum. Terlebih, pemerintah dan media pun turut aktif memuji.
Tentu tak sekali dua Anda menemukan berita pengendara Gojek yang mendapat penghasilan sekian kali lipat setelah kerja di perusahaan tersebut. Atau ini: serbuan puja-puji dari para pejabat maupun presiden bahwa Gojek karya anak bangsa yang begitu sensasional dan karenanya patut didukung.
Hueeeekkkk… Dongeng motivasi dan seruan nasionalisme memang oplosan paling tepat untuk meninabobokan masyarakat pandir yang hanya mau tahu beres dan cenderung individualis. Apalagi jika semua itu ditampilkan dengan jurus-jurus pencitraan “kerakyatan”, sempurna sudah untuk membuat jutaan manusia mengidap amnesia sejarah.
Gojek dan Grab Bike hanyalah sebuah inovasi, dan cukup sebatas itu. Dalam ruang pasar bebas seperti hari ini, tentu kita tak dapat melarang kemunculannya. Bahwa mereka menawarkan alternatif transportasi bagi warga, memang begitulah jualannya dan tak ada yang salah. Akan tetapi, menjadikannya sebagai sebuah topik esensial untuk diributkan sejatinya hanyalah kesia-siaan belaka.
Persoalan utama yang semestinya diributkan, diramai hashtag-nya, dibikinkan petisinya, adalah pertanyaan kapan pemerintah menyediakan sarana transportasi publik yang manusiawi, tepat waktu, aman, nyaman, dan bukan tampak apik hanya dari kulit luar saja. Sebab pengadaan fasilitas demikian adalah hak Anda sekalian setelah membayar pajak kepada negara yang didapat dari hasil kerja rodi tiap bulan.
Jika kesadaran semacam itu tak pernah muncul, percayalah, setelah Gojek dan Grab Bike tak lagi populer, suatu hari nanti bakal ada seorang pengusaha yang membuat bisnis transportasi baru yang lebih bombastis dan sensasional dan menggoda. Namanya: Grab Odong-Odong.
Didesain dengan warna merah putih, Grab Odong-Odong akan diluncurkan tepat pada tanggal 17 Agustus dengan membawa gerombolan pejabat yang berdadah-dadah kepada rakyat sambil memasang wajah semringah, seperti pawai menggelikan yang dilakukan Partai Beringin di masa Orde Baru.
Dan media pun akan memuat judul berita seragam: “Ini Dia Moda Transportasi Karya Anak Bangsa Sesungguhnya!”
Kawanku, jika itu yang memang Anda harapkan, mari bersulang martini untuk kemudian mengokang Kalashnikov di bawah tiang bendera lalu menembakannya ke kepala masing-masing. Saya kira, nasionalisme yang semacam itu jauh lebih puitis ketimbang bualan motivasi yang memenuhi hari-hari kita belakangan ini.
Oleh Eddward S. Kennedy
Diposkan pada 18 Agustus 2015
Ketika Nadiem Makarim menyebut bahwa GoJek buatannya merupakan “karya anak bangsa”, dan karenanya “pasti akan didukung” masyarakat, saya langsung teringat jargon Warkop DKI yang legendaris itu: “Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang!”
Setelah dipopulerkan kembali oleh salah seorang komedian tak lucu hingga pentolan band punk rock yang benci pemerintah tapi ikut Pemilu, nasionalisme memang terbukti manjur sebagai bumbu untuk membuat dagangan laris manis tanjung kimpul. Anda boleh berdagang apa saja, beri sedikit sentuhan nasionalisme dengan corak modern dan trendi, niscaya akan ada banyak orang yang tertarik.
Apa yang kita lihat dari Nadiem adalah contoh terbaik dari pola tadi. Setelah mendapat kompetitor, Grab Bike, ia langsung membaiat diri sebagai “anak bangsa” yang berhasrat akan memajukan bangsa. Luar biasa, saya jadi kepingin minum air cucian kaki bliyo biar bisa ketularan aura kepahlawanannya.
Penetrasi yang digelar Nadiem melalui Go-Jek, dan tentu juga Grab Bike sebagai pesaingnya, memang terhitung sensasional. Dalam sekejap mereka berhasil meyakinkan publik, terutama warga Jakarta, betapa mereka menjadi jawaban atas buruknya layanan transportasi massal yang dibuat pemerintah.
Dan dari penetrasi itu pula, kita bisa memetik sebuah pelajaran sederhana dalam mengukur intelegensia suatu masyarakat. Salah satunya adalah dengan melihat fakta betapa bebalnya warga Jakarta, karena lebih memilih berisik menghebohkan pelayanan swasta ketimbang “menyerang” pemerintah yang selama bertahun-tahun gagal menyediakan sarana transportasi massal yang layak.
Jakarta dan kehebohan memang mirip borok (di mukamu) dan lalat: selalu intim dan saling melengkapi. Seolah-olah tanpa kehebohan kota ini mati. Mungkin karena kecenderungan itu pula, hal seremeh apapun di Jakarta bisa dianggap amat penting—sementara persoalan yang substansial bisa lenyap tak berbekas dari peredaran.
Menjadi pusat segalanya dari negara “fasis” bernama Indonesia, dengan sokongan fasilitas dan informasi yang berlimpah, toh tidak membuat (warga) Jakarta cukup cakap untuk memahami isu-isu primernya sendiri. Apapun isu yang populer, puluhan juta manusia di sana akan ikut nimbrung—tak peduli apa manfaatnya bagi kelangsungan hidup mereka masing-masing.
Mari kita mulai bertanya: Apa poin pentingnya meributkan Gojek versus Grab Bike, padahal commuter line masih suka ngaret, busway masih banyak yang mendadak terbakar di jalan, hingga monorail yang hanya jadi isu jualan tiap menjelang pergantian gubernur?
Dalam skala tertentu, keributan itu tak ubahnya rombongan alay memperdebatkan lebih enak mana nongkrong di Sevel atau CK, sementara mereka tak tahu bahwa harga cabai merah keriting naik hingga Rp 56-60 ribu/kg. Menyedihkan sekali.
Ada, sih, beberapa orang yang melihatnya sebagai isu serius yang tidak sesederhana konflik kepentingan bisnis. Mereka memunculkan perspektif lain, misalnya, bahwa struktur “usaha rakyat” seperti pangkalan ojek konvensional ternyata selama ini begitu militeristik dan premanistis yang lengkap dengan kantung komandonya masing-masing di berbagai lokasi. Oleh karenanya, maka bukan sesuatu yang mengejutkan jika banyak pelaku ojek pangkalan resisten terhadap Gojek dan Grab Bike.
Meski tampak “segar”, perspektif tersebut sebenarnya sudah rahasia umum. Maksud saya begini. Lahan parkir yang ada di tiap kota di seluruh Indonesia, sebagai contoh, hampir semua orang tahu bahwa semuanya dikuasai oleh jagoan-jagoan yang “dihormati” di sana-sini. Tentu masih ada ratusan contoh bidang “usaha” lain yang punya konsep serupa.
Oke, mari katakan bahwa fakta pangkalan ojek benar-benar baru bagi masyarakat. Substansinya toh tetap sama: semua terjadi karena kegagapan pemerintah menciptakan kondisi sosial yang memadai bagi semua orang. Dalam kasus pangkalan tadi, berjamurnya tukang ojek konvensional lantaran tak tersedianya lapangan kerja, penggusuran lahan si miskin yang dilakukan si kaya, dan sejenisnya. Persoalannya selalu seperti itu karena memang belum ada perubahan yang signifikan dan serius.
Lalu muncullah Gojek, sebuah konsep inovatif yang (konon) bertujuan membantu memecahkan persoalan transportasi Jakarta sekaligus memperluas lapangan kerja. Dengan citra modern, ramah teknologi, ongkos murah, dan tendensi nasionalisme yang didesain hingga tampak adiluhung, maka mudah saja khalayak norak terkagum-kagum. Terlebih, pemerintah dan media pun turut aktif memuji.
Tentu tak sekali dua Anda menemukan berita pengendara Gojek yang mendapat penghasilan sekian kali lipat setelah kerja di perusahaan tersebut. Atau ini: serbuan puja-puji dari para pejabat maupun presiden bahwa Gojek karya anak bangsa yang begitu sensasional dan karenanya patut didukung.
Hueeeekkkk… Dongeng motivasi dan seruan nasionalisme memang oplosan paling tepat untuk meninabobokan masyarakat pandir yang hanya mau tahu beres dan cenderung individualis. Apalagi jika semua itu ditampilkan dengan jurus-jurus pencitraan “kerakyatan”, sempurna sudah untuk membuat jutaan manusia mengidap amnesia sejarah.
Gojek dan Grab Bike hanyalah sebuah inovasi, dan cukup sebatas itu. Dalam ruang pasar bebas seperti hari ini, tentu kita tak dapat melarang kemunculannya. Bahwa mereka menawarkan alternatif transportasi bagi warga, memang begitulah jualannya dan tak ada yang salah. Akan tetapi, menjadikannya sebagai sebuah topik esensial untuk diributkan sejatinya hanyalah kesia-siaan belaka.
Persoalan utama yang semestinya diributkan, diramai hashtag-nya, dibikinkan petisinya, adalah pertanyaan kapan pemerintah menyediakan sarana transportasi publik yang manusiawi, tepat waktu, aman, nyaman, dan bukan tampak apik hanya dari kulit luar saja. Sebab pengadaan fasilitas demikian adalah hak Anda sekalian setelah membayar pajak kepada negara yang didapat dari hasil kerja rodi tiap bulan.
Jika kesadaran semacam itu tak pernah muncul, percayalah, setelah Gojek dan Grab Bike tak lagi populer, suatu hari nanti bakal ada seorang pengusaha yang membuat bisnis transportasi baru yang lebih bombastis dan sensasional dan menggoda. Namanya: Grab Odong-Odong.
Didesain dengan warna merah putih, Grab Odong-Odong akan diluncurkan tepat pada tanggal 17 Agustus dengan membawa gerombolan pejabat yang berdadah-dadah kepada rakyat sambil memasang wajah semringah, seperti pawai menggelikan yang dilakukan Partai Beringin di masa Orde Baru.
Dan media pun akan memuat judul berita seragam: “Ini Dia Moda Transportasi Karya Anak Bangsa Sesungguhnya!”
Kawanku, jika itu yang memang Anda harapkan, mari bersulang martini untuk kemudian mengokang Kalashnikov di bawah tiang bendera lalu menembakannya ke kepala masing-masing. Saya kira, nasionalisme yang semacam itu jauh lebih puitis ketimbang bualan motivasi yang memenuhi hari-hari kita belakangan ini.
SO, WHAT THE CONCLUSIONS OF THIS THREAD ?
Quote:
Ane tidak akan menggunakan menggunakan analisis yang mendalam macam critical analysis discourse, sosio historis, interpretasi hukum, hermeutika politik, psikoanalisis ataupun rangkaian kata yang memenuhi setiap halaman model skripsi yang membikin kita muak untuk membacanya. okay akan ane buat berdasarkan poin perpoin :
- Media tidak berhasil memberitahu kita tentang apa, justru mengkonstruk kita untuk merpikir tentang apa. karena realitas yang dibangun oleh media tidak mengacu pada kenyataan akan tetapi realitas yang dibangun oleh media. apa dampaknya ? bagi masyarakat yang enggan untuk mencari tahu maka akan mengalami amnesia terhadap sejarah, tuli informasi atau buta hukum yang akibatnya mudah digiring opininya oleh media. jika pada saat ini kita ribut gonjang-ganjing masalah transportasi yang dimiliki oleh swasta, sesungguhnya amanat UUD yang termaktub dalam Pasal 33 ayat 2 yang berbunyi "Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara". berdasarkan analisis bebas ane, jika berdasarkan amanat konstitusi maka dewasa ini cabang produksi yang strategis bagi negara bukan hanya tambang, air atau sumber alam yang terkandung didalamnya (meskipun sebagian besar sudah diprivatisasi oleh swasta) dikuasai oleh negara untuk hajat hidup orang banyak. bahkan saat ini, perpindahan orang merupakan salah satu cabang produksi strategis yang harusnya dikuasai oleh negara sebab dewasa ini perpindahan manusia sudah semakin tinggi menuntut efisiensi waktu dan kerja macam buruh-buruh pabrik dan buruh-buruh kantor yang berdasi. jadi, secara konsitusional (bahasa kerennya negara wajib menyediakan tranportasi massal yang murah, mudah dan cepat bagi masyarakat.
- Udah ah cape, males ngetik sama males mikir siang mencrang gini"
OKAY TERAKHIR, MEMBACA DENGAN RAKUS, DISKUSI DENGAN INTENS DAN BERARGUMEN DENGAN CERDAS. TIDAK LUPA SALAM MIDDLE FINGER,
Quote:
0
3.4K
Kutip
27
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan