alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56eac893925233f8638b456c/quotthirdhand-smokequotperokok-yang-bukan-aktif-dan-bukan-pula-pasif
ISTILAH BARU PEROKOK "THIRDHAND SMOKE"
Agan agan disini pasti sering mendengar istilah perokok pasif, dan perokok aktif...
jika tidak, maka bisa diterjemahkan sebagai berikut
Perokok aktif : Gua hisap loe hirup
perokok pasif : Sialan, w hirup
hehehhe
nah jadi kesimpulannya perokok aktif pihak pertama yang merasakan langsung bahaya merokok, dan perokok pasif merupakan pihak kedua yang merasakan bahaya merokok dari perokok aktif...
Selanjutnya biasa sering kita ketahui dalam bahasa indonesia, seperti halnya:
"aku, dirimu, dirinya", (jadi Ingat lagu KAHITNA??), disitu ada pihak kesatu, pihak kedua dan pihak ketiga..

lalu apa hubungannya dengan perokok??
"THIRDHAND SMOKE"PEROKOK YANG BUKAN AKTIF DAN BUKAN PULA PASIF
ya,, memang benar, perokok ada pihak ketiga juga, dalam bahasa inggris disebut third-hand smoke!! (hyper bener iklannya, jabatan tangan sama perokok ja bisa menyebabkan kanker)
sebenarnya masalah ini sudah lama hanya saja namanya yang baru..

Ketika seseorang merokok, racun residu dari tembakau tersebut akan menempel di disetiap sudut ruangan, jangankan pakaian atau kain karpet, bahkan klo anda mencium tembokpun pasti ada bau samar tembakau.

Fakta penelitiannya?
Pada tahun 2004, berdasarkan hasil penelitian Prof. Georg Matt dkk dalam jurnalnya "TOBACCO CONTROL" ditemukan zat pada rokok dalam air seni para penghuni rumah meskipun meraeka telah berhenti merokok selama beberapa bulan...
beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa racun dari asap rokok dapat bertahan lama hingga berbulan-bulan pada benda,benda yang dilewatinya, meski perokok sudah lama tidak merokok. Masih banyak pula penelitian yang dilakukan mengenai residu dari racun asap rokok..


Perlu diketahui bahwa asap rokok terdiri lebih dari 4000 bahan kimia, dan kebanyakan dari bahan tersebut sangat sulit dihilangkan. dan Dari 250 zat penyebab kanker, diantaranya ada 11 yang dikategorikan sangat berbahaya bagi third-hand smoke..
diantranya ialah
ammonia,
arsenic,
butane,
cadmium peyebab kanker pada kaki
chromium,
lead,
hydrogen cyanide, (ingat kasus mirna)
toluene,
and radioactive polonium-210.
"THIRDHAND SMOKE"PEROKOK YANG BUKAN AKTIF DAN BUKAN PULA PASIF
bahkan bahayanya terpapar pada gambar diatas, bahwa rokok untuk ThirdHAND Smoke diantaranya jantungan(bukan nonton thrill lho), sakit hatian(eit bukan diputus doi), diabetes, kankeran pernapasan, reumatik, penurunan sistem kekebalan tubuh, dll...

Mau menghilangkan bau rokok?
ahh gampang, tinggal pake AC yang bisa menjernihkan udara..atau tinggal pake Air Purifier merk beeep dengan filter HEPA atau semacamnya
"THIRDHAND SMOKE"PEROKOK YANG BUKAN AKTIF DAN BUKAN PULA PASIF

JANGAN tertipu dengan iklan gan..
faktanya, penjernih udara yang biasa di AC ataupun air purifier itu untuk memfilter partikel, sedangkan racun nikotin dan tar dalam bentuk GAS dari asap rokok, sehingga filter udara pada AC, tidak akan cukup menghilangkan racun asap rokok.
Kalo pakai air refresher atau pengharum ruangan? hal itu malah hanya mengalihkan indra penciuman kita..
Sebenarnya banyak cara untuk mengilangkannya, salah satu cara menarik yang ane baca pake COCACOLA sekalian mengurangi minum model softdrink. sisanya imajinasikan sendiri, yang jelas untuk mengilangkannya dicucipun juga bisa

LALU SIAPA SAJAKAH YANG BERPOTENSI MENJADI THIRDHAND SMOKE?
Ingat anak-anak terutama bayikan? mereka suka mengunyah atau memasuk sesuatu benda kedalam mulutnya???
"THIRDHAND SMOKE"PEROKOK YANG BUKAN AKTIF DAN BUKAN PULA PASIF
ya, anak-anak memang rentan akan bahaya perokok ini. Jika kalian sayang anak, cobalah untuk tidak merokok didepan mereka.
asap rokok pun bisa juga menempel dilantai, apalagi apabila mengingat tinggi antara anak dan dewasa.. Mereka lebih dekat kelantai. bayangkan saja bahwa sistem respirasi anak yang lebih cepat dari orang dewasa, apabila orang dewasa menghirup udara 1 kali dalam sekali napas, anak atau bayi bisa menghirup lebih dari 10x nya.. nah lho!!
"THIRDHAND SMOKE"PEROKOK YANG BUKAN AKTIF DAN BUKAN PULA PASIF
Klo untuk dewasa bisa dibayangkanlah apabila ketika minum kopi + rokok + gorengan(mantap)= minuman kopi rasa rokok, artinya asapnya pun bercampur ama minuman pula.
atau model macam pemulung puntung rokok yang main sikat rokok setengah dibakar lagi..

Bagaimana menangapinya dalam philosophy agama?
Kita lihat pula dari sisi agama islam juga belum lama ini rokok dikategorikan HARAM ya??? Meskipun ironisnya meskipun dicap HARAM, akan tetapi banyak dalihan masyarakat yang menyebabkan kadar HARAM rokok masih dalam kategori DHAIF..
Simak (berdasarkan penuturan dari temen ane) dahulu ada salah satu umat Rasulullah S.A.W pernah hendak memasuki masjid dalam keadaan bau keringat sehabis bekerja, seketika itu Rasulullah S.A.W menyuruhnya pulang untuk membersihkan diri dan berganti pakaian.
Logikanya, toh orang yang bau keringet ja g boleh menuaikan solat dimasjid, apalagi bau rokok yang memiliki racun" Subhanallah"

UPDATE: (Dari agan esteghun)

Quote:Original Posted By esthegun94
"THIRDHAND SMOKE"PEROKOK YANG BUKAN AKTIF DAN BUKAN PULA PASIF

Asap thirdhand, residu dari asap rokok yang menempel pada permukaan setelah asap rokok yang sebenarnya dibersihkan, ternyata dapat merusak sel-sel manusia. Para peneliti menggunakan dua tes laboratorium standar untuk menilai toksisitas asap thirdhand tadi.

Mereka menunjukkan senyawa yang ditemukan dalam residu asap atau nitrosamine tembakau spesifik, secara signifikan merusak DNA dalam sel manusia. "Ini adalah studi pertama yang menunjukkan asap thirdhand adalah mutagenik dan menyebabkan kerusakan DNA,” kata peneliti Lara Gundel dari Lawrence Berkeley National Laboratory, California. “Ini dianggap sebagai salah satu langkah awal menuju kanker."

Meskipun efek berbahaya dari merokok sudah dikenal,paparan asap tangan ketiga ini merupakan masalah kesehatan yang terabaikan. Asap ini seringkali meninggalkan bau pada pakaian dan rambut seseorang yang baru saja merokok. Bisa juga bau di ruangan tempat perokok tinggal. Bahan kimia nikotin tersebut tetap berada di lingkungan indoor, diserap dalam kain tirai dan karpet maupun permukaan benda lain.

Namun, sejauh mana bahan kimia yang menempel itu bisa berbahaya bagi orang-orang masih belum diketahui. "Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan bagaimana beracun dan berbahayanya beberapa senyawa dalam asap tangan ketiga itu. Dan bagaimana mekanisme yang menyebabkan kerusakan," kata Gundel.

Dalam studi tersebut, para peneliti menempatkan strip kertas di ruang merokok. Beberapa sampel dibiarkan tertinggal selama 20 menit di ruangan itu. Setelah itu para peneliti mengukur residu yang mereka sebut "akut". Strip kertas lainnya ditinggalkan selama hampir 200 hari di ruang merokok yang berventilasi sehingga menciptakan kondisi "paparan kronis".

Para peneliti kemudian mengekstraksi bahan kimia dari strip kertas itu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel kronis memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dari residu asap tangan ketika daripada sampel akut. Sampel kronis juga menyebabkan tingkat kerusakan DNA lebih tinggi.

Salah satu karakteristik penting dari asap thirdhand adalah bahwa residu tersebut dapat berinteraksi dengan senyawa di udara seperti ozon dan menghasilkan racun baru. Sulit untuk mengatakan kapan waktu yang aman untuk memasuki tempat bekas digunakan merokok. Emisi asap rokok tampaknya terus bertahan di tempat itu untuk waktu yang lama.

Membersihkan rumah atau mobil yang telah digunakan untuk merokok tampaknya tidak memecahkan masalah. Studi selanjutnya harus menyelidiki efek nitrosamin dan senyawa lain yang ditemukan dalam asap tangan ketiga itu pada sampel darah manusia. Studi ini telah diterbitkan dalam jurnal Mutagenesis.

Sumber..




semoga bisa bermanfaat buat agan-agan bagi perokok aktif, pasif, maupun perokok ketiga(bukan setan lho!!)...
disini saya tidak bermaksud untuk menjudge para perokok.. Soalnya temen ane juga ada yang perokok, yang jelas ane berharap para perokok disini bisa sadar akan lingkungan sekitar dan tidak perlu nunggu dinasehati orang sekitarnya. Toh pasti rasanya agak jengkelkan ketika ada yang kasih tau, apalagi didepan umum. misalnya ja pengalaman di angkot: "Tong, otong mu tuh kebuka!" lho???(ternyata bagian bawah seragamnya lho yang nongol)
Entahlah gan,, ane kaga tau...
Biasanya bawah ane tau aja tuh yg ky bginian emoticon-Cool
wah,bisa gitu ya gan,kudu hati hati nih emoticon-Cool
ditelen aja asapnya gan emoticon-Cool
ortu koplak itu klo punya anak bayi tapi ngerokos dideketnya.
apalagi bal bul sembarang trus buang puntung sembarangan.
bentar lagi bakal banyak yang komen "ane lebih suka dirokok"/"ane biasanya dirokok" emoticon-army
Jadi Inget lagunya Doel Sumbang...

"Mak Ogah..ah Teteknya bau rokok"

emoticon-Ngakak (S)
Ndak suka ngeroko gan sukanya nyucu murni btw "THIRDHAND SMOKE"PEROKOK YANG BUKAN AKTIF DAN BUKAN PULA PASIF
untung ane bukan perokok... tapi temen temen ane semua mrokok.... yyahh perokok pasif deh
Quote:Original Posted By sempaktitanium
bentar lagi bakal banyak yang komen "ane lebih suka dirokok"/"ane biasanya dirokok" emoticon-army


jiaahhahahha bener bre, btw ane lebih suka dirokokemoticon-Wkwkwk
ane kadang ngroko kadang nggak emoticon-Cool
Menurut gue nihh... emoticon-Big Grin
yang lo bilang Pihak ke 3 itu sudah mencakup Perokok Pasif,
jadi cuma ada Perokok Aktif dan Pasif aj... IMHO emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By yorisssssssssss


jiaahhahahha bener bre, btw ane lebih suka dirokokemoticon-Wkwkwk


dirokok bang ipul ye? emoticon-Betty
Quote:Original Posted By spidermanonline
mau gimanapun ngasi tau mereka yang ngerokok bahayanya dan meskipun membahayakan sekitarnya, tetap aja mereka ga berhenti ngerokok dengan alasan "mulut ASAM"

ntah gmn caranya supaya mereka bisa stop merokok agar tidak membawa penyakit ke sekitarnya, kalo sakit sendiri sih sebodo amat



Wajar aja c gan, memang susah kalo kita beritahu untuk membuat perokok berhenti, yang pengen ane mw, mereka sadar betul tempat yang memang khusus untuk ngerokok..
merokok membunuhmu!
Quote:Original Posted By evrus
Menurut gue nihh... emoticon-Big Grin
yang lo bilang Pihak ke 3 itu sudah mencakup Perokok Pasif,
jadi cuma ada Perokok Aktif dan Pasif aj... IMHO emoticon-shakehand


ya, kalo secara umum bisa dikatakan ya,, cuma perokok pasif yang dimaksud disini orang yang berkontak langsung degan asapnya, kemudian asapnya menempel di perokok pasif, alhasil bajunya masih bau rokok , n ketika di cium orang lain, orang lain itulah pihak ketiganya(bukan setan)

ya byangin ja pacar kena AIDS karena NTR ?? nah loh ? hehehe
Quote:Original Posted By sempaktitanium
bentar lagi bakal banyak yang komen "ane lebih suka dirokok"/"ane biasanya dirokok" emoticon-army


pie toh dirokok, ane malah terrokok??
wkwkwkwkw
Quote:Original Posted By sempaktitanium
dirokok bang ipul ye? emoticon-Betty



mending ni otong gua potong bree daripada dikasi sama homo, gay, maho, bajingan, brengsek, laknat, kurang ajar, baik saipul jamilemoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
tulisan bagus, gaya bahasa enak.. ane kirim cendol gan
Quote:Original Posted By bucd
tulisan bagus, gaya bahasa enak.. ane kirim cendol gan


wew thank gan, cendolnya
emoticon-Toast
emoticon-Toast
×