alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56ea9f88e052271b708b456a/lihat-bahaya-ini-mulailah-kurangi-konsumsi-garam-mulai-sekarang
LIHAT BAHAYA INI, MULAILAH KURANGI KONSUMSI GARAM MULAI SEKARANG
BAHAYA KONSUMSI GARAM

LIHAT BAHAYA INI, MULAILAH KURANGI KONSUMSI GARAM MULAI SEKARANG

Ketika anda menyusuri lorong sebuah supermarket, anda tidak tahu bahaya konsumsi garam dan gak akan bisa mengabaikan deretan makanan dalam kemasan, kaleng maupun kotak yang diantaranya adalah makanan favorit anda. Seakan mereka menampar anda dengan embel-embel “rendah sodium”. Tentu itu akan membuat anda tergelitik untuk memasukannya ke dalam kantong belanjaan. Sangat kontras bila dibandingkan dengan saat anda menonton saluran berita mengenai kesehatan di televisi, anda akan mengabaikan berita tentang penemuan baru yang mengutuk betapa menakutkannya garam.


Sudah sejak lama sodium dijadikan kambing hitam yang menimbulkan banyak keluhan kesehatan. Mulai dari yang ringan hingga yang berat. Ia menjadi pemicu timbulnya kenaikan berat badan sampai terjadinya obesitas. Belum lagi soal tekanan darah, ia dituduh sebagai biang kerok dari tingginya tensi. Lalu apakah kesemuanya itu benar?

LIHAT BAHAYA INI, MULAILAH KURANGI KONSUMSI GARAM MULAI SEKARANG

Mari mengacu pada jurnal penelitian di American Journal of Hypertension yang menuliskan bahwasannya diet rendah sodium justru tidaklah baik bagi jantung seperti yang dipikirkan sebelumnya. Di dalam jurnal tersebut, ada bagian yang menjelaskan mengenai perbandingan diet tinggi vs diet rendah sodium. Hasilnya, ketika anda mengurangi asupan natrium memang akan membuat penurunan yang signifikan pada kadar tekanan darah. Namun, ada beberapa lonjakan kenaikan dari aspek yang lain, seperti kolesterol, trigliserida (lemak dalam darah), dan hormon yang mana mengatur detak jantung plus tekanan darah. Meskipun memang penelitian tersebut belum dibuktikan dalam masa yang panjang tetapi hasil yang sudah ada berhasil melawan pedoman saat ini.

Menurut ahli nutrisi di Longervity Center and Spa, Tracy L Wilczek mengatakan, “Hal tersebut tidaklah mengejutkan. Karena dalam kesehatan selalu ada dua sisi di setiap permasalahan.” Ia menyarankan sebaiknya tetap berpedoman pada rekomendasi mengenai batasan asupan garam, sodium, natrium yang sudah ditetapkan oleh USDA, sekitar kurang dari 2300 miligram per harinya.


Quote:Ada 5 tips yang diberikan oleh Wilczek dalam membatasi asupan garam :

  • Bacalah label makanan. Teliti dahulu sebelum membeli, karena hampir 80% natrium berasal dari makanan kemasan dan restoran. Tidak semua makanan dengan cita rasa asin memiliki kandungan natrium atau sodium yang tinggi. Nyatanya makanan manis seperti roti dan sereal malah memiliki kadar sodium lebih tinggi dibandingkan keripik kentang.
  • Mix and Match. Sesuaikan selera anda dengan cara mencampur makanan yang rendah sodium dengan makanan yang tinggi sodium sampai anda terbiasa menghindari makanan yang tinggi sodium tersebut.
  • Pakailah rempah. Anda dapat mengganti garam dengan oregano atau jinten untuk menguatkan rasa. Ini lebih aman tentunya.
  • Gunakan citrus. Berikan sedikit perasan lemon atau jeruk nipis untuk menajamkan cita rasa makanan.
  • Jadilah pemilih. Ketika anda makan di restoran mintalah pramusaji untuk mengurangi penggunaan garam atau sodium.


Sumber : Bahaya Garam
nice info gan, baru tau ane serius emoticon-Coblos
btw pertamax mamen emoticon-Cool
Penyebab darah tinggi nih
Ga nikmat klo ga ada asin2nya