alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56ea7344a09a394d798b456a/ingin-kenal-sama-diri-sendiri-yang-sebenarnya-gampang-caranya
Ingin kenal sama diri sendiri yang sebenarnya? Gampang caranya...
Halo agan sista...

Tahukah agan kalau lebih dari 50% orang didunia ini, sampai mereka meninggal tetap tidak tau siapa dirinya. Hal ini membuat mereka menyesali banyak hal di usia tua. Atau mungkin hal ini juga sudah mulai terjadi sama agan/sista? Coba tanyakan sama diri sendiri, berapa banyak hal yang agan/sista sesali karena seharusnya sudah dilakukan tapi sampai saat ini belom dilakukan?

Mungkin agan ingin traveling? Melanjutkan kuliah? Nembak gebetan? Tapi ga pernah punya keberanian dan peluang sampe akhirnya semua itu hanya angan saja dan tidak pernah terwujud.

Perlu agan ketahui, hal itu bisa terjadi karena sebenarnya kita ga pernah benar-benar kenal sama diri kita sendiri. Kita jadi ga tau harus ngapain, apa yang gua lakuin itu udah bener ato belom? Kalo gua lakuin ini jangan-jangan gua salah dan bikin masalah jadi tambah kacau?

Lack of confidence, and not knowing yourself... That's why!

Kalo aja agan/sista bener bener tau kelebihan dan kekurangan agan/sista, semua hal diatas ga akan pernah terjadi. Kenapa? Karena agan/sista akan bener-bener tau mau apa, harus bagaimana, kemana harus mencari, dimana harus memulai, dst...

Sederhananya begini.. Misalnya agan baru beli mobil baru. Untuk bener-bener menguasai mobil yang baru agan beli, maka agan harus belajar dulu fitur fitur yang ada di mobil itu. Apa kelebihannya dan apa kekurangannya...
Setelah tau, agan harus coba nyetir mobil itu sampai dapet feelingnya supaya bener-bener bisa menguasai mobil itu.

Nah, itu juga yang terjadi sama diri kita. Gara-gara kita ga pernah bener-bener tau semua kelebihan dan kekurangan kita, maka kita jadi ga pernah bisa menguasai diri kita sendiri. Akhirnya kita jadi tabrak sana sini, dan seringkali mendapatkan masalah karena kelalaian atau kecerobohan kita sendiri.

Seandainya saja kita tau batasan kita, kita akan bisa bekerja dengan optimal, bukan maksimal. Karena kerja yang bagus adalah kerja yang optimal sampai batas optimum kemampuan kita sehingga menghasilkan hasil yang optimal. Work smart not work hard...

Nah, pertanyaannya... bagaimana kita bisa tau kelebihan dan kekurangan kita dengan benar?
Cara sederhana adalah dengan menuliskan dulu semua kebiasaan baik dan kebiasaan buruk yang kita miliki.
Lalu oleh kita disortir yang benar-benar kita rasakan sebagai kelebihan dari kebiasaan baik kita dan sadari semua kekurangan kita dari kebiasaan buruk kita. Dari situ, kita bisa mendapatkan sebagian kepribadian kita.

Selanjutnya, analisa semua kekurangan kita dan tentukan cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kekurangan tersebut. Satu hal yang harus diperhatikan. Kita tidak perlu mematok semua kekurangan kita akan teratasi dalam waktu dekat. Perlu diingat, bahwa kita memiliki kebiasaan buruk itu bertahun-tahun bahkan mungkin belasan tahun. Jadi perlu waktu untuk bisa mengatasinya.

Jadi silakan dicoba agan/sista... Mudah-mudahan bermanfaat. Analisa tulisan tangan dan tanda tangan agan sista untuk tau kelebihan dan kekurangan agan sekarang..

Selamat mencoba!!!
emoticon-Toast
tipsnya ane tampung gan... kapan kapan ane gunain emoticon-Big Grin
kyknya gak semudah gtu deh.... emoticon-Bingung (S)
Sederhana namun jarang d lakukan sptny y gan?? Hehe
Thanks gan!emoticon-Toast
@kenshei14 heheh... makanya ada baiknay dicoba lebih sering gan...
@alfaizin9 sebenernya semudah itu gan, ane udah coba, yang penting bab niatnya harus kuat... hehehe...
Nice info gan. Memang sih pondasi dalam pengembangan diri itu yang harus mengenali diri sendiri dulu gan dan sebaiknya memang harus mengerti diri sendiri dulu sebelum mengerti orang lain gan. emoticon-Cool
nyoba pas udah kuat niatnya...

tandain dulu tips bagus gini..

makasih gan
ane mau coba dulu ah bray...
I just close my eyes and pretend to talk with myself.

Teknisnya beda, tapi kayaknya maksudnya sama. emoticon-Smilie
Mayan nih tipsnya
emoticon-Toast
Menurut ane cara termanjur adalah ambil tes psikologi macem MBTI, disc, C Jung gitu. Bisa yang gretongan aja online. Banyak banget websites yg menyediakan ini dari bahasa Indonesia sampai bahasa inggris. Ada yang pertanyaannya banyak ada yang dikit. Ikut aja yang banyak biar bener" puas dan jelas ente masuk yang mana. Ane suka coba berbagai link buat perbandingan emoticon-Cool

Beres kuis, selain hasil masuk tipe kepribadian apa kita, ada deskripsi lengkap macem kekurangan, kelebihan, tantangan terbesar, jenis kerjaan yg cocok sampe asmara dll. Ada juga list org terkenal yg berkepribadian sama kyk kita. Jadi keliatan mau jadiin siapa sebagai role model juga acuan kalo kita ga berubah kita bisa jadi kayak siapa gtu.

Ini tes bukan iseng", dipake juga buat tes masuk kerjaan lhooo Pengalaman ane pas lolos ktrm kerja, sm hrdnya dibahas hasilnya, dan sama dgn yg ane tes lwt internet.


emoticon-Request Mampir juga ke thread tebaru ane Gaaaan!
4 Kalimat Paling Menyakitkan yang Pernah Agan Terima dari 'Dia'
ane tampanemoticon-Cool


itu sudahemoticon-Angkat Beer
mantap, mirip sama analisa ane ke diri ane sendiri, bedanya ane gak nulis nulis emoticon-Stick Out Tongue

nice trit emoticon-Angkat Beer
ntar ane coba
Thanks all for the comment
ijin gelar karpet dolo...
Sundul lagi ah..