alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56e3b03e642eb64d7c8b4574/orang-yg-tersedak-makan-ayam-ga-akan-meninggal-klo-kita-mengenal-heimlich-manuver
icon-hot-thread
Orang yg Tersedak Makan Ayam Ga Akan Meninggal Klo Kita Mengenal Heimlich Manuver
Orang Yg Tersedak Makan Ayam Ga Akan Meninggal Klo Kita Mengenal Heimlich Manuver

Dari banyaknya yang ngebaca trit ane, cuma 2 doang yang kasih cendol emoticon-Mewek
Makasi agan yg udah kasih cendol. emoticon-Shakehand2

Spoiler for dua cendol:


NO repost
Spoiler for repost:



Siang gan! emoticon-Ultah

Agan masih inget dong dengan kasus kejadian yang baru baru ini menimpa seorang peserta yang meinggal akibat tersedak makan ayam saat mengikuti lomba makan ayam tercepat yang diselenggarakan oleh salah satu restoran cepat saji ?
Kalo belum tau beritanya agan bisa cek disini
Link berita


Sebenarnya orang tersebut bisa saja tertolong jika orang yang berada disekitar tempat kejadian tersebut ada yang mengerti tentang pertolongan pertama pada orang yang tersedak/keselek/choking yang bernama Heimlich Maneuver.

Tujuan ane buat trit ini supaya kita tau mengenai apa itu heimlich maneuver gan. Agar jika ada orang disekeliling agan yang mengalami tersedak, tidak ada lagi nyawa yang melayang dengan sia sia karena ketidaktahuan kita gan dan kita dapat menolong orang tersebut.

Ayo gan kita belajar sama sama tentang Heimlich maneuver


Orang Yg Tersedak Makan Ayam Ga Akan Meninggal Klo Kita Mengenal Heimlich Manuver

Ane kutip dari aryamahendrablog.wordpress.com

Quote:Sebelumnya apa sih Choking/tersedak itu?


Chocking adalah salah satu kegawat daruratan medis yang jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat menyebabkan kematian. Otak kita adalah organ yang sangat sensitif jika ada penurunan asupan oksigen. Hal ini terjadi saat seseorang tersedak karena benda asing akan menyumbat jalan napas atas sehingga kita tidak dapat bernapas dengan baik. Otak akan mulai mengalami kerusakan setelah 6 menit dan akan rusak permanen jika tidak mendapat oksigen selama 10 menit.

Saat seseorang kesulitan bernapas karena choking, kita hanya memiliki waktu 8 menit sebelum terjadi kematian atau kerusakan otak.


Quote:Apa yang seharusnya dilakukan kalau seseorang di sekitar kita tersedak/choking?

Heimlich maneuver adalah salah satu pertolongan yang tepat pada kejadian ini.
Heimlich Maneuver merupakan suatu metode standar untuk mengeluarkan benda asing dari orang yang mengalami choking. Prosedur ini ditemukan oleh Dr. Henry Heimlich seorang ahli bedah thorax pada tahun 1974. Prinsipnya adalah memberikan tekanan pada perbatasan perut dan dada seseorang sehingga udara akan menghentak benda asing yang tertelan.


Quote:
Gimana cara melakukannya ?


Orang Yg Tersedak Makan Ayam Ga Akan Meninggal Klo Kita Mengenal Heimlich Manuver


Prosedurnya seperti ini gan :
• Memanggil bantuan. Minta orang lain memanggil ambulans atau nomer gawat darurat.
• Memastikan orang itu tersedak. Kita bisa bertanya “Apa anda tersedak?” kepada orang yang terlihat seperti gambar disamping. Kedua tangan yang memegangi leher adalah tanda universal tersedak. Orang yang tidak bisa menjawab, mengangguk, atau menunjuk – nunjuk lehernya perlu diberikan pertolongan segera karena terdapat sumbatan jalan napas.
• Berdirilah di belakangnya. Sambil berdiri di belakangnya, kita meminta korban untuk sedikit membungkuk dan merenggangkan kakinya. Mengepal tangan kanan dan bersiap memberi hentakan.
• Memberi hentakan dengan kepalan tangan. Kepalan tangan kanan dikatubkan dengan tangan kiri lalu memberi tekanan pada dua jari di atas pusar. Tekanan diberikan ke atas dan belakang. Berikan tekanan sebanyak 5 hitungan lalu tanyakan apakah masih tersedak atau tidak. Prosedur ini diulangi hingga penyumbatnya keluar atau hingga tenaga bantuan tiba.



Quote:Keadaan khusus, Do’s and Don’ts


i. Korban adalah ibu hamil atau obesitas, penekanan dilakukan di dada korban. Hentakan ke belakang dengan hati – hati. Do’s
ii. Korban bayi prosedur menggunakan dua metode yaitu chest thrust dan back blows. Lakukan penekanan 5 kali dengan dua jari pada dada bayi sekitar 1/3 – 1/2 kedalaman dada lalu diikuti dengan back blows yaitu menepuk punggung bayi juga sebanyak 5 kali. Do’s
iii. Korban yang lebih besar dari penolong dapat ditidurkan di lantai rata dan dilakukan tekanan pada tempat yang sama dengan prosedur biasa. Do’s
iv. Don’t. Jangan memberikan pertolongan pada korban yang jika ditanya apakah tersedak atau tidak bisa mengeluarkan suara dan batuk dengan keras. Pada korban bayi jangan beri pertolongan apabila menangis kuat atau batuk.
v. Do’s. Lakukan pertolongan hingga sumbatan keluar atau pertolongan datang. Jika korban tidak sadar, baringkan dan lakukan kompresi dada.


Bisa agan liat nih di youtube

youtube-thumbnail


Quote:Original Posted By rokujuichi93
ini ane bantu tambahin gambarnya gan
Orang Yg Tersedak Makan Ayam Ga Akan Meninggal Klo Kita Mengenal Heimlich Manuver
utk orang dewasa

Orang Yg Tersedak Makan Ayam Ga Akan Meninggal Klo Kita Mengenal Heimlich Manuver
utk anak bayi


Quote:Original Posted By mufiapyscho
sebenarnya selain dari sisi yang ingin menolong, dari sisi yang ingin ditolong juga harus bertindak
pertama:
tenang, jangan banyak kontraksi (tegang) di leher
kedua
bernapas dengan hidung dan pelan pelan
ketiga
kloe udah tenang angguk anggukin leher pelan pelan supaya ada upaya dorongan
keempat
coba ngerasain klo mau ngeluarin ludah dari mulut (rasanya kayak nelan tapi keluar mulut)

sumber, pengalaman pribadi


Di Negara kita ini pengenalan terhadap pertolongan pertama seperti Heimlich maneuver itu tidak pernah diajarkan. Mungkin, hanya segelintir orang yang dulu saat sekolah mengikuti ekskul tentang kesehatan yang mengerti dan tau mengenai tindakan pertolongan pertama seperti ini.

Pesan ane terhadap segala penyelenggara pendidikan, mungkin tidak terlambat untuk mengajari anak didik mengenai hal ini. Karena tindakan pertolongan pertama seperti Heimlich maneuver atau mungkin CPR (Napas buatan) ini sangat berguna serta mudah dilakukan dan tidak diperlukan pelatihan khusus.


Kalo trit ane bermanfaat
Minta cendolnya gan emoticon-Frown
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Terima kasih

KOMENTAR KASKUSER

VIDEO DI REAL LIFE PENYELAMATAN ORANG TERSEDAK MENGGUNAKAN HEIMLICH

Quote:Original Posted By yansah1
real life heroes gan. ane pernah liat ini
Spoiler for pideo:
yang ga bisa cek ini aja

lagi makan tiba-tiba tersedak. untung ada orang yg ngerti tentang prosedur nya, kalo ga udah lewat itu orang emoticon-Frown


Quote:Original Posted By kay97
Nice trit,gan..
Simple manoeuvre but it can save lives,ane udh baca beritanya dan mmg sangat disayangkan kalau ada orang meninggal karena chocking,disini keliatan banget betapa pentingnya pengetahuan ttg Bantuan Hidup Dasar (BHD) ato Basic Life Support (BLS) untuk diketahui oleh SEMUA ORANG,kalau di luar negeri,semua orang yg akan mengurus SIM,harus punya sertifikat BLS,jd semacam 'pemaksaan' untuk mempelajari ilmu yg sederhana tp sangat penting ini...


Quote:Original Posted By djinggo88
CPR memang seharusnya diajarkan pada masyarakat
apapun profesinya , wajib tahu .
di lvl sekolahan pun , semua siswa/i wajib tahu. jangan cuma diajarkan ke yg tergabung d extra macam pramuka/palang merah saja

untuk masalah cara sosialiasi sebenarnya mudah0.
tinggal kontak petugas kesehatan d puskesmas /rs daerah (yg tentu saja sudah lulus pelatihan gawat darurat ) untuk kasi sosialiasasi dan demonstrasi

tapi ane yakin pasti semuanya terbentur di msalah klasik : dana bla bla bla

indonesia emoticon-I Love Indonesia








Quote:Original Posted By super20



sebenernya sih ada tindakan lebih lanjutnya gan.
ane kasih contoh, agan lg jalan2 di mall trus ada cewe lg makan permen lolipop trus tersedak orangnya panik akhirnya kehabisan nafas, mulut biru, muka biru, pingsan dan agan pnya waktu kurleb 8 menit selebihnya dead dan disana orang2 pada panik. cuma agan aja ni yg tahu gimana cara ngatasinnya
yg pertama agan lakuin sih jangan ikut2an panik, kedua agan tanya kesemua orang yg nonton ada dokter atau perawat ga yg disini. tujuannya apa, biar nanti kalo ada apa2 orang2 yg nonton mereka jadi saksi kalo agan mau nolongin bukan maksud yg laen. kalo ga ada dokter ato perawat, agan bilang saya mau nolong orang ni langsung aja tolong gan ga usah banyak omong lagi emoticon-Big Grin. yang pasti lakukan heimlich manuver dulu buat ngeluarin permennya.
kalo agan udah nolong tapi tetep dead ya bukan salah agan. udah ajalnya itu mah.

tapi kalo posisi korban belum kehabisan nafas dan langsung dilakukan heimlich manuver 98% ketolong.


Quote:Original Posted By voksellovers
yg pelaut yg ambil sertifikat bst or mfa pasti pernah diajarin penanganan choking gini, di tepuk/pukul bagian pungung dg bagian bawah telapak tangan ,jangan leher nya ya yg ditepuk !! klo gk bisa gunakan heimlich manuver,
kayanya penting juga ini disosialisasikan dari SD-SMA mengenal P3K dan BHD(bantuan hidup. dasar)jadi sbelum ada petugas penyelamat/medis datang minimal kita bisa melakukan BHD, cpr atau resusitasi jantung dan paru laul cek tanda kehidupan, kesadaran ,napas, nadi,suhu,sampe reaksi pupil

*korban dlm keadaan tidak sadar*
D = danger (singkirkan kan segala bahaya untuk penolong maupun yg ditolong tetap harus safety first gan )
R = respon (minta pertolongan atau telepon nomer darurat)
S = safety lakukan penyelamatan

C=Circulation/compressi jantung sbnyak 30x interval 1 detik
A =Airway buka jalan napas , ni korban nya kepala nya harus di tenggakin ,terkadang lidah yg menghalangi jalan napas, singkirkan/ juga klo ada benda asing di deket kerongkongan dg disapu oleh kedua jari
B= breathing lakukan napas buatan 2x interval 5 detik
ini C-A-B dilakukan sampai pertolongan medis datang atau sampe yg nolong kecapean, maksimal 30 menit

tpi klo pas diperiksa nadi korban masih berdetak tapi tidak bernafas, langsung saja lakukan breathing/nafas buatan.

klo korban mengalami pendarahan minimal tau caranya Balut tekan dan torniket
*korban keracunan makanan dan gas atau kimia berbeda lagi penangananya


Quote:Original Posted By ucilliano
baru sekitar 2 hari yang lalu anak gue umur 1 tahunan tersedak gara2 makan bungkus roti.. yah gue akui gue lalai pas jaga dia.. gue tepuk2 punggungnya sambil mukanya gue arahin ke bawah.. hasilnya plastiknya keluar.. gue inget dulu di ajarin pas pramuka.. intinya klo ada kejadian kayak gini sebagi penolong jangan panik dan tetap tenang.

thanks for sharing gan, cek kulkas


Quote:Original Posted By bu.gatot
Dulu waktu SD pernah keselek permen sampe ga bisa nafas. Untungnya habis nonton acara di tv ttg pertolongan pertama pada tersedak. Karna ga ada orang lain, akhire nolong diri sendiri dengan cara mukul-mukul ulu hati. Permen warna merah itu pun mencelat keluar dan selamatlah saya.
Alhamdulillah...
Ternyata itu yang dinamakan Heimlich manouver
Terimakasih TVRI yang telah mendidik dan menghibur kami,anak-anak generasi lapanpuluhan
#wirtuwirterkiwirkiwir

thanks gan,nambah wawasan
kasus terbaru katanya yang ikut perlombaan makan KF*C,ada yang mati tersedak ya
udah tau gan, sering liat di pilem2 emoticon-Cool
ternyata emang gitu caranya hmmm emoticon-Cool
wah ane baru tahu nih, kalau abis keselek terus bagian belakang leher ditepuk itu salah ya? biasanya ada org yg gitu.
wah bermanfaat nih gan..
kasian yah orang yg ikut lomba makan k*c tuh..
niat pengen dapet hadiah malah nyawa melayang..
Quote:Original Posted By kirashinigami
thanks gan,nambah wawasan
kasus terbaru katanya yang ikut perlombaan makan KF*C,ada yang mati tersedak ya


gak baca nih emoticon-Tai
Di keparamukaan kayaknya ada deh, ingat2 lupa sih, tapi tingkat smu.
Hal seperti ini memang wajib di ajarkan, jadi suatu saat ada kejadian atau kecelakaan kita bisa tahu apa yang harus diperbuat.
Banyak loh pas terjadi kecelakaan kita berhenti, turun dan merespon, tapi tidak tahu tindakan dan pertolongan apa yang harus dilakukan pada korban, ujung2 nya cuman nolongin kendaraanya.
Quote:Original Posted By langitsayu


gak baca nih emoticon-Tai


trid nya tentang penanganan orang mati tersedak
ane coba bahas orang yang meninggal karena tersedak di perlombaan itu,oot ya
oh iya makasih tokainya
Olala emoticon-EEK!
Uda pernah di tipi di jelasinnya emoticon-Ngakak
begitu gan....tar ane coba deh
wah gan ane baru tau ada yang mati dalam perlombaan makan ayam 5 m itu...
ternyata cara itu namanya di ambil dari seorang dokter toh.. cara nya sering ane liat di flim flim ...
asal enggak panik pasti bisa terlotong hehhe
btw nice info gan moga enggak kejadian kaya gitu lagi..
'
Quote:Original Posted By luqman.id
wah gan ane baru tau ada yang mati dalam perlombaan makan ayam 5 m itu...
ternyata cara itu namanya di ambil dari seorang dokter toh.. cara nya sering ane liat di flim flim ...
asal enggak panik pasti bisa terlotong hehhe
btw nice info gan moga enggak kejadian kaya gitu lagi..
'


Yoih gan, semua ada hikmahnya, kita jadi tau ada penanganan medis sprt ini
Quote:Original Posted By tommytimothy
Olala emoticon-EEK!
Uda pernah di tipi di jelasinnya emoticon-Ngakak


di kaskus kan belon gan emoticon-Betty
Quote:Original Posted By kirashinigami
thanks gan,nambah wawasan
kasus terbaru katanya yang ikut perlombaan makan KF*C,ada yang mati tersedak ya

Sensornya lucu wakaakaka, sama aja ga di sensor itu mah gan
Quote:Original Posted By obekiyen
Di keparamukaan kayaknya ada deh, ingat2 lupa sih, tapi tingkat smu.
Hal seperti ini memang wajib di ajarkan, jadi suatu saat ada kejadian atau kecelakaan kita bisa tahu apa yang harus diperbuat.
Banyak loh pas terjadi kecelakaan kita berhenti, turun dan merespon, tapi tidak tahu tindakan dan pertolongan apa yang harus dilakukan pada korban, ujung2 nya cuman nolongin kendaraanya.


Bener gan wajib!
Quote:Original Posted By metalsam101
Yah kalah cepet ane


kurang amal lu gan emoticon-Wkwkwk
Sngat bermanfaat,
seengaknya kita tau langkah apa yang harus kita ambil,
jika ada s'sorng yang mngalami hal tersebut! emoticon-shakehand
banyak liat yg kayak gini di pelem2 :wkwk
ternyata segala sesuatu nya ada ilmunya ya, meski namanya agak susah tapi ilmunya memang akan terpakai nih klo ada apa apa. emoticon-Shakehand2