alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Apa Itu D4? Apa Bedanya dengan S1? Kamu Harus Tahu!
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56e04d9e947868790d8b4569/apa-itu-d4-apa-bedanya-dengan-s1-kamu-harus-tahu

Apa Itu D4? Apa Bedanya dengan S1? Kamu Harus Tahu!


thread pertama .... sebenar hanya reupload artikel aja karena bagus


Apa Itu D4? Apa Bedanya dengan S1? Kamu Harus Tahu!



[ISIGOOD.COM] Kamu siswa yang baru lulus SMA/SMK/sederajad dan sekarang lagi nyari tempat kuliah? Wah, pasti kamu lagi pusing tujuh keliling karena bingung mau pilih yang mana di antara begitu banyak pilihan kampus dan prodi-prodinya. Tenang sajaa, intinya sih kalau memilih prodi ya sesuai dengan passion dan bakat kamu. Sementara kampus, cukup cari yang memang memiliki pamor bagus dan terakreditasi dengan baik. Mudah kan?

Nah, di antara semua kebingunganmu memilih tempat kuliah dan prodi, pernahkah kamu bingung memilih strata yang akan kamu ambil? Yang dimaksud strata adalah D3, S1, dan D4 atau biasa juga disebut S1 Terapan. Wah, apa bedanya tuh? D3 itu kan diploma, untuk mahasiswa yang berorientasi kerja, dan posisinya setingkat di bawah S1. Sementara S1 itu kan sarjana, bisa lanjut S2 menjadi Master dan S3 menjadi Doktor. Nah, apa pula itu D4? Lanjutan dari D3? Terus dari D4 itu harus ke S1 lagi? Atau bisa langsung ke S2? Atau gimana? Bingung kan?

Oke, nampaknya memang masyarakat kita masih awam dengan D4. Umumnya kita mengenal bahwa setelah lulus SMA atau sederajad, kita bisa memilih D3 sebagai program diploma yang kuliahnya berorientasi pada praktek sehingga lebih mudah diterima kerja, atau memilih S1 alias program sarjana untuk menjadi akademisi yang berorientasi pada pengembangan ilmu. Jadi, apa pula itu D4? Inilah hal-hal yang wajib kamu pahami tentang D4 jika sedang berburu tempat kuliah.

Pahami dulu KKNI, alias Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Kenali tiga jalur pendidikan serta stratanya dan bagaimana konsekuensinya pada dunia kerja. Di mana posisi D4?


Quote:


YA, D4 itu setara S1


Quote:


Karena D4 itu setara S1, jadi bisa gak ya lanjut S2? YA BISA DONG!


Quote:



sumber
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
---------------------------------------- garis aman -----------------------------------
ohhh baru mudeng bedanya d4 dan s1
"Diharapkan lulusan D4 bisa memiliki kemampuan praktis dan wawasan tentang kerja lapangan yang lebih mantap, sehingga mudah masuk ke dunia kerja." bener juga sih gan yang ini. kk ane d4 cepet dapet kerja.
Quote:



kalo saya mudengnya d4 nama lain s1 °~=))••°wk.wk.wk°••=))~°
baru tau saya. berarti d6=s2 emoticon-Malu
nice info gan keep posting
bermanfaat banget buat yg baru lulus sma sederajat emoticon-Big Grin
Quote:


Quote:


Quote:



saya juga baru ngeh, saya kira kalo d4 kudu kuliah s1 lagi taunya tidak ibarat sma sama smk aja
Nice Thread gan
pantesan anak ipdn bisa langsung nyambung ke s2
nice info, cek sempak emoticon-Kaskus Banget
Ane kira D4 itu posisinya tengah-tengah antara D3 - S1, owh ternyata salah emoticon-Ngakak
Dulu habis lulus SMA, pas PMDK temen ane pindah ngambil kuliah D4 Keselamatan kerja , ternyata karena takut saingan sama ane, secara waktu itu sama-sama mau ngambil D3 hiperkes. padahal klopun berhasil lolos diterima gk bakal ane ambil coz itu bukan jurusan pilihan ane tp abah ane. emoticon-Ngakak
Ternyata malah bagus dah temen ane masuk D4, jd kuliahnya gk nanggung.
nice inpoh gan, keep posting emoticon-Toast
Another facts:

- pilihan program D4 masih jauh lebih sedikit. S2 terapannya apalagi.

- Kalau mau lanjut keluar negeri,gelar D4 tidak diakui untuk lanjut ke S2 di beberapa negara.
Quote:


ditunggu gan sempaknya jadi haha

Quote:


sama gan ane juga ngiranya gitu haha

Quote:


segitunya ya gan ampe gak diakui

ane juga rada-rada bingung ma sistem pendidikan kaya farmasi .. s1 diluar itu setingkat apoteker, kalo di sini s1 nya kudu ambil profesi haha
Alhamdulillah ada yang bahas tentang DIV sama S1..
Jadi punya rujukan buat teman or keluarga yang suka nanya tentang bedanya S1 sama DIV..
Makasih ya gan.. emoticon-Kiss
yah udah terlanjur ambil S1 wkwk
Ane kira D4 sama s1 itu sama aja emoticon-Ngakak (S)
lebih suka sm jalur D4
Kampusnya juga beda ya gan? hanya kampus2 tertentu yang ada D4?
sederhananya begini mas gan, D4 itu memang setara dengan S1,, tapi lebih ke teknik praktis, jadi langsung menjadi tenaga ahli, karena mereka langsung berhubungan dengan teknis, dan target harapannya adalah langsung siap pakai untuk dilapangan, baik di RS, pertambangan, atau perkebunan,

nah kalau di S1, itu lemah di teknik praktis , karena lebih condong ke arah management, atau istilahnya mereka lebih cocok untuk dibelakang meja,, atau lebih ke managerial,, jadi sasarannya mereka adalah untuk orang kantoran,, kurang lebih begitu mas gan emoticon-Cendol (S)
klo dulu ane mikirnya d4 tuh kuliahnya 4 tahun, klo s1 kuliahnya 5 tahun...
milih s1 coz ortu pgn anakny pny gelar minimal sarjana.. (ane gk tau lulusan d4 gelarnya apaan)
pejwan ane gembok emoticon-Cool
Diubah oleh lauda.9396
Ane masih Level 5 gan, liat post ini jadi makin kepengen naik level
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh purwalang
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di