Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Kembali saya ingin membagikan sedikit ilmu tentang Marketing
Mohon maaf berantakan karena Newbie dan saya hanya punya sedikit waktu buat bikin trit ini
Spoiler for buku sumber:
Kemarin saya oprek-oprek data e-jurnal dan e-book saya di kompie, eh ketemu e-book yg bagus dan saya belum baca, setelah saya baca ini sangat bagus menurut saya, karena apa yg ditulis di buku ini adalah semua strategi Marketing yang telah dilakukan/digunakan. Saya ambil beberapa saja ya, langsung aja dibahas.
Quote:
Memberi Produk Gratis
Ini salah satu strategi Marketing yang sudah lazim dilakukan oleh industri IT seperti Google, Facebook dll yang mana mereka memberikan jasa mereka (produk) cuma-cuma dan pastinya banyak yang menggunakannya. Namun, mereka menghasilkan uang justru bukan dari produk aplikasi tersebut, melainkan dari layanan premium, iklan dan customisasi lain yang ingin dilakukan konsumennya.
Hal ini bisa juga diterapkan pada industri produk non jasa, saya pernah membaca suatu jurnal yang melihat bahwa konsumen handphone sejatinya hanya membutuhkan memory yang lebih besar, kamera yang lebih bagus hasil jepretannya, prosessor yang lebih cepat dst yang mana semua hal itu bisa ditanamkan kembali pada handphone konsumen yang lama yang masih kompatibel. Mungkin vendor smartphone lokal bisa mengadopsi hal diatas dan digabungkan dengan strategi memberi smartphone gratis yang mana processor, kamera dan semua atributnya masih paling kecil performanya tetapi vendor tersebut menyediakan jasa upgrade semua komponen smartphone itu.
Contohnya saya diberi smartphone gratis oleh suatu vendor smartphone, nah si vendor ini memberikan saya smartphone basic upgradeable gratis atau dengan harga sangat murah dengan spesifikasi memory cuma 700 mb, processor 1 GHz, kamera 5 MP pokoknya spesifikasinya kecil lah, tetapi semua spesifikasi ini bahkan sampai design casingnya bisa di upgrade semau konsumen. Itu meungkin bisa mendongkrak pendapatan dari upgrade tsb karena konsumen akhirnya bisa mengupgrade spesifikasi smartphonenya sesuai dengan kemauan dan kemampuan finansialnya.
Mungkin kalian ada ide lain dalam produk apa strategi ini bisa diterapkan?
Quote:
Menggoda calon konsumen potensial
Manajer Penerbit buku yang menerbitkan salah satu buku dari pengarang buku yang sekarang kita diskusikan (Jim Blythe) menggunakan strategi menggoda calon konsumen potensial yaitu para pengajar/dosen Marketing melalui Direct Mail. Kiriman pertama manajer penerbit mengirimkan sumpit dan pesan yang sangat menarik dari segi desain yang berisi "Pertama kali, kamu makan (menggunakan sumpit itu)".
Lalu setelah 1 minggu berlalu, manajer penerbit mengirimkan sebungkus teh dengan pesan yang sangat menarik pula dari segi desain yang berisi pesan "Lalu kamu minum". Setelah itu pastinya calon konsumen potensial yang merupakan para dosen Marketing itu pastinya merasa penasaran apa yang akan datang pada minggu depan.
Setelah 1 minggu berlalu, manajer penerbit mengirimkan buku Jim Blythe dengan disertai pesan "Lalu kamu lihat masa depanmu" yang menarik pula seperti kiriman sebelumnya. Efek dari strategi ini adalah buku karangan Jim Blythe direkomendasikan kepada mahasiswanya oleh seluruh dosen Marketing yang mendapatkan kiriman buku tersebut.
Strategi ini cocok dengan produk apa saja dan strategi ini memungkinkan mengurangi rasa kesal konsumen ketika diberikan iklan/penawaran produk dan semua bisa diubah cara atau isi kirimannya yang penting adalah prinsip dasar dari strategi Marketing ini adalah membuat calon konsumen merasa terpikat dan menunggu kiriman selanjutnya.
Yaah segini saja dulu dari saya, masih banyak bahannya, nanti jika saya ada waktu saya post lagi, semoga bermanfaat