alexa-tracking

Kapolda Metro: Kesimpulan Sementara Kulit Kabel Milik PLN

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56dd2caa529a45e02c8b4568/kapolda-metro-kesimpulan-sementara-kulit-kabel-milik-pln
Kapolda Metro: Kesimpulan Sementara Kulit Kabel Milik PLN
Kapolda Metro: Kesimpulan Sementara Kulit Kabel Milik PLN

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi mulai menemukan titik terang pemilik kulit kabel yang menumpuk di dalam saluran air di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Kesimpulan sementara polisi, tumpukan kulit kabel di saluran air itu milik Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian menyatakan hasil penyelidikan sementara menyatakan tumpukan kulit kabel itu identik dengan kabel PLN. "Kesimpulan kita sementara ini kemungkinan kabel itu, dari listrik, yaitu PLN" ungkap Tito di Mapolda Metro Jaya, Jumat (4/3/2016).

Tito membeberkan, di dalam kabel yang ditemukan di saluran air itu berisi batangan logam. Ada sejenis timah atau tembaga yang membungkus logam itu. "Untuk mengantar listrik," ujar Tito.

Kemudian, sambung Tito, menurut keterangan PLN kabel-kabel di bawah tanah memang ada (di lokasi). Kabel itu sudah tidak lagi digunakan, lantaran sudah membuat jaringan baru.

Lalu, jaringan yang sudah lama ini tidak diangkat. Karena, biaya yang mesti dikeluarkan buat mengangkat kabel tergolong tinggi.

"Biaya pengangkatan itu lebih tinggi daripada harga ekonomis dari kabel bekas yang sudah bertahun-tahun itu. Sehingga, ada kecenderungan didiamkan di sana," jelas Tito.

Polisi juga membandingkan kabel yang ditemukan dengan contoh kabel milik Telkom. Hasil komparasi menunjukkan kabel yang ditemukan dalam saluran berbeda dengan kabel milik Telkom

"Untuk Telkom bentuk gulungannya beda, lebih besar. Di dalam (kabel Telkom) isinya adalah serabut-serabut kabel kecil yang jumlahnya ratusan, itu (milik) Telkom," jelas Tito.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memeriksa saluran air yang diduga disabotase dengan memasukkan kulit kabel. Sudah ada belasan truk yang mengangkut kulit kabel dari saluran air.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berulang kali mengungkapkan kecurigaan ada yang ingin Jakarta Banjir. Ahok, begitu Basuki disapa, mengatakan, dugaan sabotase banjir dengan kabel juga pernah pada 2014.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...abel-milik-pln

---

Kumpulan Berita Terkait BANJIR JAKARTA :

- Kapolda Metro: Kesimpulan Sementara Kulit Kabel Milik PLN Ada yang Disembunyikan Polisi Terkait Penemuan Kulit Kabel di Saluran Air

- Kapolda Metro: Kesimpulan Sementara Kulit Kabel Milik PLN Jembatan Kalibata Dibongkar

- Kapolda Metro: Kesimpulan Sementara Kulit Kabel Milik PLN Polisi Selidiki Temuan Barang Bukti dari Gorong-gorong Jakarta

×