alexa-tracking

Ini Tahapan Pilgub DKI 2017, Dukungan Independen Harus Diserahkan Agustus

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56dcf9bfde2cf2ba658b4581/ini-tahapan-pilgub-dki-2017-dukungan-independen-harus-diserahkan-agustus
Ini Tahapan Pilgub DKI 2017, Dukungan Independen Harus Diserahkan Agustus
Jakarta - Atmosfer politik jelang Pemilu Gubernur DKI 2017 sudah mulai memanas sejak dari sekarang. Sebenarnya kapan tahapan Pilgub DKI 2017 itu akan dimulai?

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Khusus Ibukota Jakarta (KPU Provinsi DKI), Sumarno, menyatakan pihaknya sudah mempunyai draf simulasi tentang jadwal tahapan Pilgub DKI 2017 berdasarkan pada penyelenggaraan Pilgub sebelumnya.
Ini Tahapan Pilgub DKI 2017, Dukungan Independen Harus Diserahkan Agustus
"Kita sudah mempunyai simulasi tentang jadwal meski baru dalam taraf draf awal," kata Sumarno kepada detikcom, Senin (7/3/2016).

Mei 2016, tahapan persiapan Pilgub DKI 2017 akan dimulai. Persiapan meliputi penyusunan regulasi, perumusan program-program, hingga pembentukan panitia ad hoc berupa petugas pemilu. Bimbingan teknis (Bimtek) kepada petugas pemilu akan dilaksanakan pada bulan Juni. Tahapan persiapan kelar, barulah kemudian dimulai tahapan penyelenggaraan.

Agustus 2016, penyerahan dukungan dari bakal pasangan calon jalur independen. Calon yang menempuh jalur independen harus menyerahkan dukungannya ke KPU. Untuk konteks DKI, dukungan minimal berjumlah 532.213 KTP dan formulir pernyataan dukungan terhadap bakal pasangan calon independen.

"Itu akan dimulai pada pekan pertama Agustus," kata Soemarno.

Agustus hingga September 2016, KPU DKI melakukan verifikasi terhadap dukungan untuk bakal pasangan calon jalur independen itu. Verifikasi ada dua jenis, yakni verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

"Yang faktual itu, kami akan menyocokkan dokumen dukungan itu, datang ke alamat warga satu per satu. Kalau Pak Ahok (Gubernur Basuki T Purnama) mmenyatakan mendapat dukungan satu juta dukungan, ya kami datangi satu juta nanti. Kami punya petugas ribuan nanti," kata Soemarno.

September 2016, pengumuman hasil verfikasi bakal pasangan calon. Sebelum mengumumkan hasil verifikasi ini, KPU memberi kesempatan kepada bakal pasangan calon independen dan juga partai politik untuk memperbaiki kekurangan hasil verifikasi sebelumnya, bila memang ditemukan ketidaksesuaian data. Jadi, ada dua kali kesempatan verifikasi.

"Termasuk bakal pasangan calon dari parpol juga begitu. Nanti masa perbaikan itu mereka maksimalkan, kalau bisa melengkapi kekurangan maka mereka bisa mendaftar lagi dan kami verifikasi lagi," kata Soemarno.

Oktober 2016, bakal calon independen dan bakal calon dari jalur parpol akan mendaftar sebagai cagub dan cawagub di Pilkada DKI 2017 dalam waktu bersamaan.

"Yang lebih awal itu adalah penyerahan dukungan dari bakal calon independen (Agustus). Kalau pendaftarannya, semua calon baik dari independen maupun parpol sama-sama dilakukan pada Oktober, tiga hingga empat hari masa pendaftaran," kata Soemarno.

Pada bulan Oktober itu nanti juga akan dilakukan penetapan bakal calon menjadi calon, dilanjutkan dengan pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI 2017.

"Kemudian, pencoblosan akan dilakukan 15 Februari 2017," kata Soemarno.

Terlepas dari simulasi itu, Soemarno menyatakan itu barulah sekadar draf. Untuk kepastian jadwalnya secara rigid, KPU DKI akan menunggu keputusan KPU Pusat. Bukan hanya DKI saja yang menunggu kepastian KPU Pusat, karena Pilkada serentak 2017 akan diikuti oleh tuju provinsi dan 94 kabupaten/kota.
http://m.detik.com/news/berita/31587...rahkan-agustus
-----
Apa sempat kawan ahok kumpul 1 jt Ktp dalam 5 bulan??
Sekarangbemang udh berapa yah ktp buat ahok ??
Ane udh nyumbang 2
emoticon-Cool
kita liat pertarungan emoticon-Cool
Mantap..emoticon-thumbsup
Semoga sesuai dengan prosedur ya..emoticon-Angkat Beer
Ngga ada kecurangan2 untuk menjatohkan..emoticon-Big Grin
Quote:


pasukan ktp pasti sanggupemoticon-Ngakak

Pasti mei udah panas nih emoticon-Cool
Pantes magangnya cuma sampe agustus emoticon-Cool

Ini Tahapan Pilgub DKI 2017, Dukungan Independen Harus Diserahkan Agustus

Segera kirim cv anda ke ahok.org emoticon-Wkwkwk
bukane minim 500rb
dan uda terlampaui

sekarang kavarnya uda 700rb ktp di teman ahok
siap2 yg gak pernah turun ke lapangan mulai pencitraan
Quote:


Bukan 1 juta KTP dalam 5 bulan. Tapi 530 ribu KTP yg menyatakan dukungan thd pasangan calon. Krn selama ini pada formulir teman Ahok blm ada nama wakil gubernurnya, maka formulir2 itu wajib dikoreksi, dengan menambahkan nama wakil gubernurnya, yg memang baru ditentukan hari ini. Jadi bukan mengumpulkan ulang dari awal KTP-nya, tapi sekedar mengkoreksi/menambah nama wakil gubernurnya saja. Data yg sudah masuk tetap dipakai, hanya butuh verifikasi tambahan bahwa mereka juga setuju dengan nama wagub Heru emoticon-Big Grin
Quote:


Yup. Sekarang udah tidak ada lagi celah hukum untuk menggugat keabsahan calon independen emoticon-Angkat Beer

Harus gw akui, baru kali ini ahli hukum yg bernama yusril ihza mahendra itu punya sumbangsih buat negara dan bangsa krn telah memberi peringatan dini emoticon-Ngakak
Selamat bertanding emoticon-Selamat
Quote:


berarti mesti ditanya ulang dr awal. setuju apa ga wakilnya si heru...

ngulanh dr awal tp lebih cepet.. bener jg si yusril
Quote:


Jelas lebih cepat, karena data kan udah masuk, tinggal verifikasi saja. Yusril bener, tapi bukan berarti teman Ahok salah langkah. Karena memang pada waktu awal pengumpulan KTP, mungkin terlalu dini untuk memunculkan nama wagub emoticon-Big Grin
Jangan asal pilih ,yg sudah2 jakarta malah ga berkembang ,pilih yg udah pasti kerja .
Jgn gampang percaya sama isu2 ,jangan terlalu percaya media .
#AHOKSTILLWORK
#AHOKFORNEWJAKARTA emoticon-Cool
koq 1 juta gan emoticon-Matabelo
Quote:


khan verifikasi belum tentu 100%. bisa aja dicatut, meninggal atau berubah pikiran

Quote:


lah, brati buat ngepul ktp jd angota cyber dll emoticon-Wkwkwk
digrup line ada nyebarin ginian buat yg lg nyari kerja emoticon-Wkwkwk
Quote:


Program pemprov DKI ngirim lamarannya ke ahok.org emoticon-Wkwkwk

Dana CSR pemprov DKI yg ngelola ahok center emoticon-Wkwkwk
Hmmmmmm bisa Ada apa2 Nya nih
Quote: