Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

balonimiaAvatar border
TS
balonimia
Alasan Kenapa Ada Orang yang Nekat Ngeluarin Duit Cuman Buat Blog
Alasan Kenapa Ada Orang yang Nekat Ngeluarin Duit Cuman Buat Blog

Halo semuaaa, berhubung gue ini juga seorang blogger, kali ini gue mau sharing "Alasan Kenapa Ada Orang yang Nekat Ngeluarin Duit Cuman Buat Blog". Oke biar ga panjang lebar, cekidot langsung aja dibaca emoticon-Smilie

Spoiler for HT:

Spoiler for Teknologi dan dunia online:

Indonesia lagi marak-maraknya dunia online. Walau membawa efek negatif, tapi internet lebih menawarkan efek positifnya, contohnya adalah semakin cepat dan mudah nya informasi disebar. Jaman sekarang hampir ga perlu lagi tuh ngerjain tugas pake buka buku cetak lagi, sekarang tinggal buka google – copas dari blog orang – edit – selesai, empat langkah mudah menaklukan tugas! emoticon-Cool

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (bps.go.id), jumlah penduduk Indonesia berjumlah 255,4 juta jiwa. Dengan jumlah penduduk sebanyak ini, sebenernya berapa sih pengguna internet di Indonesia?

Gue udah googling, dan data terbaru yang bisa gue dapet sebagai berikut:
Pada tanggal 14 April 2015, APJII bekerja sama dengan Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia merilis Hasil Survey “Profil Pengguna Internet di Indonesia 2014”. Gue ga nemu data pengguna internet tahun 2015/2016, gue ambil data survey tahun 2014 sebagai acuan, karna ini dirilis tahun 2015, jadi kalo mau data pengguna internet untuk tahun 2015, kemungkinan tahun 2016 baru akan rilis.

Quote:

Dengan pasar yang cukup besar ini, ga heran kalo sekarang banyak banget startup di bidang teknologi bermunculan, mereka mencoba menciptakan produk baru atau memodifikasi teknologi yang sudah ada. Nah.. dari sekian teknologi yang udah ada, salah satu teknologi yg ga lekang oleh jaman adalah blog.

Quote:

Alasan Kenapa Ada Orang yang Nekat Ngeluarin Duit Cuman Buat Blog
Blog (sumber themelab.com)

Buat yg belom paham banget blog itu apa, blog itu adalah singkatan dari web log, ini tuh aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (dimuat sebagai posting) pada sebuah web. Jadi website bergaya listicle (tulisan yg dibuat perpoin-poin gitu), atau web-web berisi artikel yang kalian copas pas tugas sekolah kemungkinan juga adalah sebuah blog.

***

Dengan internet, kini penulis ga perlu lagi nunggu tulisannya diterbitin di buku cetak biar bisa dibaca banyak orang. Mereka sekarang tinggal buat blog, posting artikel disana, selesai deh. Cepat dan ga perlu ngeluarin biaya (kecuali biaya internet), karna sekarang banyak penyedia layanan blog gratis, seperti blogspot.com, wordpress.com, medium.com dan masih banyak lagi.

Tapi beberapa penulis malah ada yang rela ngeluarin, nekat beli domain cuman untuk blog doang.Malah sampe ada juga yang beli layanan web hosting. Padahal kalo dipikir-pikir, “kan udah ada penyedia blog yg gratis, ngapain harus ngeluarin duit lagi?” Ga berenti disitu, ada juga pemilik blog yang sampai bayar web designer, programmer dan ahli SEO, gile ga tuh? emoticon-Hammer2

Quote:


Itu juga yang menjadi alasan saat gue dulu membeli domain maharja.comuntuk blog gue. Walau awalnya masih sedikit ragu, tapi setelah melihat grafik-grafik dibawah ini, gue jadi lebih nekat.

Spoiler for Pengguna internet di Indonesia:

Seperti yang gue bilang diawal thread ini, internet di Indonesia tuh makin berkembang (penggunanya mulai naik terus dari tahun 2007). Walau katanya internet di Indonesia itu lemot, tapi nyatanya pengguna internet bertambah terus kok. Apalagi sekarang muncul teknologi 4G, mungkin aja pengguna internet bisa lebih banyak lagi.

Spoiler for Yang dilakukan orang Indonesia saat menggunakan internet:

Quote:


Ternyata orang Indonesia mencari info/searching/browsing sampai 68.7%. Emang sih, kita ga selalu nyari informasi dari blog, tapi blog juga memerankan peranan penting dalam tersebarnya informasi dan pengetahuan, jadi kemungkinan dari 68.7% itu, pasti banyak juga dari pembaca indonesia yang membaca atau mencari informasi di sebuah blog.
Spoiler for Info:

Membeli domain dengan range harga 110-120 ribuan (untuk domain .com atau co.id) ga akan percuma kalo kalian bisa memiliki viewer blog paling engga 10ribu perhari, karna punya viewer sebanyak itu, insya allah kalian akan balik modal. Balik modal dari mana? Jawabannya adalah iklan.

Inilah uniknya dunia online, sekarang apa aja bisa dijadiin bisnis atau keuntungan buat mereka. Ga ada bedanya dengan orang yg jualan di online shop, para penulis pun juga jualan, jualannya apa? Ya jualan tulisan, dapet duit dari mana? Ya dari iklan.Beberapa blogger yang emang ‘nekat’ ngeluarin duit di awal, lalu benar-benar menjalani aktivitas blogging (dengan harapan mendapatkan uang dari blog mereka) akan melakukan hal yang sama dengan website seperti google, metrotvnews, atau kaskus. Mereka akan menyelipkan iklan di situs mereka.
Spoiler for Info:


Kalau elo ga mau bikin aturan/nentuin biaya buat pasang iklan di situs elo, ada pihak ketiga kok yang menawarkan kerjasama dalam bentuk PPC (Pay Per Click), jadi kalian bisa mendapatkan uang setiap iklan yang di klik di situs elo. Pihak ketiga itu seperti Google Ads, Bing Ads, Infolinks dan masih banyak lagi . Tiap penyedia memberikan bayaran berbeda-beda. dari $0.01$ sampai $1 tiap iklan yang diklik di blog elo.

Hitunglah kalau pengunjung blog elo ada 10ribu tiap hari nya, dan iklan yang diklik di blog ada 250 kali. Untuk bayaran PPC nya adalah $0.04
dalam 1 hari –> 250 * $0,04= $10
dalam 1 bulan –> $10 * 30 hari= $300

kurs beli dollar ke rupiah tanggal 2 Mar 2016 16:16 WIB (sumber klikbca) adalah Rp. 13280
$300*13280 = Rp. 3.984.000

Elo bisa mengantongin uang hampir 4 juta dari iklan tiap bulannya.emoticon-Wow Tapi perlu diingat, untuk mendapatkan traffic 10ribu perhari ga mudah, pasti nya ada proses yg ga sebentar, tau trik, dan strategi yang harus elo lakuin. emoticon-Cool

Males kalo bayarannya dolar begitu? Tenaaang.. penyedia PPC juga ada yang memberikan bayaran Rupiah juga ada kok, karna sekarang udah banyak penyedia PPC lokal. Saran dari gue, tolonglah monitoring iklan yang akan muncul di blog kalian, dan yang pasti jangan ada iklan yang berbau porno (perpanjang *****, pembesar *****, dan lain-lain), karna iklan begitu ganggu emoticon-Najis Kalo ga percaya, liat aja grafik dibawah ini.
Spoiler for Yang dilakukan orang Indonesia saat menggunakan internet:

Jadi, buat kalian yang emang suka nulis atau mau iseng-iseng nulis, kenapa ga coba nulis di blog? Kalo kalian ga bisa buat personal blog kayak raditya dika, sekarang kan tipe blog udah macem-macem,
Buat kalian yang suka bidang kesehatan, kalian bisa buat blog kesehatan,
Kalau kalian suka dandan atau suka tampil modis, kalian bisa buat fashion blog
Kalau kalian suka jalan-jalan atau suka kulineran, kalian bisa membuat travel blog, atau blog kuliner.
Atau bahkan kalau elo tau cara budidaya ikan lele, kalian bisa kok buat blog tentang iklan lele. Selain bisa sharing pengetahuan, kan bisa juga sekalian ngiklanin produk ikan lele kalian, mantep kan?

Alasan Kenapa Ada Orang yang Nekat Ngeluarin Duit Cuman Buat Blog
Ikan lele (sumber : clipartion.com)

Sip deh, begitu aja dari gue, semoga kalian bisa ikut nulis juga di blog, tapi kalau kalian ga mau, kalian kan masih bisa nulis thread di Kaskus tercinta emoticon-JempolKaskus kan punya sub forum B-Log buat kalian yang mau nge-blog. Intinya buatlah tulisan yang bermanfaat biar anak-anak indonesia makin banyak yang pinter. Akhir kata, gue ucapin terima kasih, semoga tulisan ini bermanfaat buat kalian semua. Buat yang suka, silahkan di rate emoticon-Rate 5 Star dan di share ke sosmed kalian.



Spoiler for Referensi:

Spoiler for Bonus:
Diubah oleh balonimia 30-04-2016 15:04
tien212700Avatar border
tien212700 memberi reputasi
1
60.6K
475
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan