alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56d2c810d44f9f921a8b4569/pendidikan-budaya-dan-pola-pikir-kebanyakan-orang-indo
Love 
icon-hot-thread
Pendidikan, Budaya Dan Pola Pikir Kebanyakan Orang Indo

[SHARE & OPINI]

Quote:Pendidikan secara praktis tak dapat dipisahkan dengan nilai-nilai budaya. Dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan sendiri, secara proses mantransfernya yang paling efektif dengan cara pendidikan. Keduanya sangat erat sekali hubungannya karena saling melengkapi dan mendukung antara satru sama lainnya.

Tujuan pendidikan pun adalah melestarikan dan selalu meningkatkan kebudayaan itu sendiri, dengan adanya pendidikanlah kita bisa mentransfer kebudayaan itu sendiri dari generasi ke generasi selanjutnya.

Dan juga kita sebagai masyarakat mencita-citakan terwujudnya masyarakat dan kebudayaan yang lebih baik ke depannya, maka sudah dengan sendirinya pendidikan kitapun harus lebih baik lagi. Dalam Tread Ini ane (sangat)banyak mengkutip poin dari Prof Ng Aik-Kwang (karena telah dilakukannya penelitian)


Pendidikan, Budaya Dan Pola Pikir Kebanyakan Orang Indo
Quote:Kita Akan Bahsa Ini Dari Pendidikan Kita Lalu Kita Kaitkan Dengan Budaya Kita Untuk Kemudian Mengerti Bagaimana Pola Pikir Masyrakat Indonesia. Dengan Begitu Nantinya Kita Bisa Saling Kasih Solusi Penyelesaiannya
emoticon-Shakehand2


Pendidikan, Budaya Dan Pola Pikir Kebanyakan Orang Indo
Quote:
1. Pendidikan di indonesia identik dengan sitem hafalan dan berbasis kunci jawaban dan bukan pada pengertian , semua te ujian nasional , masuk PT , masuk kuliah sampai menjadi mahasiswa pun kita diwajibkan untuk menghafal rumus rumus pasti dan ilmu hitung laiinya bukan pada pemahaman kapan dan dimana harus menggunakan rumus rumus itu . sehingga apa yang didengar hanya lewat kuping kiri keluar kuping kanan

2.Nah karna berbasis hafalan murid murid dijejali banyak sekalai pelajaran dan rumus rumus lainnya , Mereka dididik menjadi “Jack of all trades, but master of none” (tahu sedikit sedikit tentang banyak hal tapi tidak menguasai apa pun). so pasti mereka pasti jago dibidang olimpiade dan laiinnya.

3.Karena berbasis hafalan, banyak pelajar Asia bisa jadi juara dalam Olimpiade Fisika, dan Matematika. Tapi hampir tidak pernah ada org Asia yang menang Nobel atau hadiah internasional lainnya yang berbasis inovasi dan kreativitas.

4.Bagi kebanyakan orang indonesia, bertanya artinya bodoh (takut akan pertanyaan yg tidak berbobot), makanya rasa penasaran tidak mendapat tempat dalam proses pendidikan di sekolah.

5.Karena takut salah dan takut dianggap bodoh, di sekolah atau dalam seminar atau workshop, jarang mau bertanya tetapi setelah sesi berakhir malah mengerumuni guru / narasumber dan bertanya


Pendidikan, Budaya Dan Pola Pikir Kebanyakan Orang Indo
Quote:
1. Bagi orang orang banyak nya kekayaan dan harta benda lebih dihargai daripada cara memperolehnya , betul tidak ? passion atau rasa cinta terhadap pekerjaan tidak dihargai sehingga banyak yang lebih memilih berkorupsi, Apalagi bila ternyata hukum yang ada bisa dibeli dengan hartanya. Hitung punya hitung, masih ada selisih yang sangat besar dari hasil korupsi bila keluar penjara nanti. Toh di penjara pun sama enaknya dengan di hotel.

2. Tak heran banyak orang indonesia menyukai film film atau ftv dan sinetron yang mendadak kaya dan memperoleh uang cepat , sehingga kehidupan masyarakatnya berlomba bermlomba untuk memiliki pekerjaan dibidang yang cepat memberikan banyak uang dan cepat kaya.

3. Sehingga dan oleh karena itu jujur saja banyak orang indonesia takut kalah dan takut salah , dalam dunia kerja jika melakukan kesalah aka di cemooh atau diucilkan dan tidak dipercayai. padahalan kan belum tentu ya kan ?? Akibat- nya sifat eksploratif dan kreativitas dalam upaya memenuhi rasa penasaran dan keberanian untuk mengambil resiko kurang dihargai dan sangat rendah. Yang penting kerja aman, tidak ada resiko. Gaji lancar.

4. Disekolah juga , dikelas deh : kalau bertanya sama dengan menunjukkan kebodohan yang dimiliki. Karena itu lebih baik diam dan menunduk sambil pura pura menulis hal yang sangat penting yang tidak bisa ditunda sedikit pun kalau ada peluang bertanya dari pada mengacungkan jari telunjuk tinggi tinggi. kenapa begitu ?? ya karna takut salah dan dianggap bodoh .


Quote:
"Hidup adalah sebuah perlombaan, jika Anda tidak cukup cepat, maka Anda akan diinjak-injak"


Quote:
Tidak ada salahnya dari kalimat tersebut, namun ada yang lebih baik selain perlombaan, yaitu "kerjasama!", sangat sukar menemukan sekolah yang mengajarkan kerjasama bagi siswanya, semua diajarkan untuk menjadi nomor satu, bahkan di beberapa sekolah favorit (Mulai Sekolah dasar hingga Menengah Atas) diterapkan sistem cerdas dimana, yang pinter pinter akan dijadikan satu kelas kemudian disaring siapa yg nomor satu. maka jika anda sama dengan saya dibagian kurang jenius terpaksalah kamu tetap dibawah. entah kenapa kenyataan yg ada di indonesia seperti ini.


Pendidikan, Budaya Dan Pola Pikir Kebanyakan Orang Indo
Quote:
1. Hargai proses. Hargailah orang karena pengabdiannya bukan karena kekayaannya.

2. Hentikan pendidikan berbasis kunci jawaban. Biarkan murid memahami bidang yang paling disukainya

3. Jangan jejali murid dengan banyak hafalan, apalagi matematika. Untuk apa diciptakan kalkulator kalau jawaban utk X x Y harus dihapalkan? Biarkan murid memilih sedikit mata pelajaran tapi benar2 dikuasainya

4. Biarkan anak memilih profesi berdasarkan PASSION (rasa cinta) nya pada bidang itu, bukan memaksanya mengambil jurusan atau profesi tertentu yg lebih cepat menghasilkan uang

5. Dasar kreativitas adalah rasa penasaran berani ambil resiko. AYO BERTANYA!


Pendidikan, Budaya Dan Pola Pikir Kebanyakan Orang Indo
Quote:
Mudah-mudahan dengan begitu, kita bisa memiliki anak-anak dan cucu yang kreatif, inovatif tapi juga memiliki integritas dan idealisme tinggi tanpa korupsi


Pendidikan, Budaya Dan Pola Pikir Kebanyakan Orang Indo
Quote:Demikian thread ane ya gan semua. Mohon maaf jika ada kesalahan,Mohon saran dan masukannya ya gan. Makasih. Bacaan ini ane dapat dari buku di sumber bawah dan ditambah dengan sedikit opini ane gan, kurang lebih dan repost or no respostnya mohon di maafkeun segala kekurangan ini.
emoticon-Salaman emoticon-Shakehand2 emoticon-Salaman

Pendidikan, Budaya Dan Pola Pikir Kebanyakan Orang Indo

Sumber Bacaan Ane Gan :

Quote:http://www.amazon.com/Asians-Less-Cr.../dp/0130404756
Prof. Ng Aik Kwang (Point Of View)


DARI AGANS AGANS NIH
Quote:
Spoiler for Another Opinion:


Yoi, setuju sama yg kalo belajar itu harus hafal, ngerti gak ngerti ya harus hafal..
Hidup adalah sebuah jalur, jalur yang baik dan benarlah yang menjadikan kalian tampan

dan dengan ilmu yang TAMPAN, jodoh dan uang akan datang dengan sendirinya

salam TAMPAN
emoticon-Cool
Ane setujuh sama ente..
Kudu'a diajarin paham dlu.. bkan hafalan..
Klo paham dngan sndri'a hapal, klo hapal yah lama gk diasah lupa lg..

Edit..
--------------
Btw, atas2 ane prsaan tdi komen'a pendek2, bkan bgtu deh.. hahahhaha..
mesti dirubah bray

biar negara juga ikut maju
bener tu gan soal menghafal.. kita terpaku pada menghafal bukan memahami..
semoga kedepannya bisa jadi lebih baik
Di Indonesia nilai lebih dihargai dibanding kejujuran,makanya rata-rata siswa nyontek kalo lagi ulangan emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By pfapb
Di Indonesia nilai lebih dihargai dibanding kejujuran,makanya rata-rata siswa nyontek kalo lagi ulangan emoticon-Ngacir



termasuk ente ya gan emoticon-Hammer2
"Hidup adalah sebuah perlombaan, jika Anda tidak cukup cepat, maka Anda akan diinjak-injak"
keren quotes nya gan emoticon-2 Jempol
Di indo hampir semuanya BULLSHIT
Quote:Original Posted By ghitsty



termasuk ente ya gan emoticon-Hammer2


Ah sist tau aja sih emoticon-Malu (S)
gw dulu tiap ujian nyiapin repekan buat nyontek emoticon-Hammer
eh pas ujian justru ga kepake karena apa yg gw catat direpekan udah hapal semua emoticon-Big Grin emoticon-Hammer
rata2 di asia udh di doktrin dari dulu harus mendapat nilai yg sempurna..
jadi ya.. kita rela ngapain aja asal nilai kita bagus.. termasuk cara curang emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By bagobo
Hidup adalah sebuah jalur, jalur yang baik dan benarlah yang menjadikan kalian tampan

dan dengan ilmu yang TAMPAN, jodoh dan uang akan datang dengan sendirinya

salam TAMPAN
emoticon-Cool

BENAR SEKALI ANDA INI emoticon-Cool
Dgn kemampuan yg TAMPAN, DAN BERUSAHA JODOH DATANG SENDIRINYA.

JDI INGET TEMEN YG BILANG, KALO BANYAK DUIT JODOH DATENG SENDIRI emoticon-Busa.

PANTESAN TETEP GOBLOK JUGA, NYARI CEWE YG MATA DUITAN ATAU LONYA YG KEBEGOAN emoticon-Busa
Banyak negara yang tanpa ujian pun maju , harus banyak yang diubah gan di indonesia kita tercinta emoticon-Kiss
betul ts.. hafalan hafalan dan cuman hafalan yang ada dipendidikan kita..

dan pda akhirnya setelah lulus akademi mereka pun tidak tahun ingin menjadi apa
Ancur dah bangsa ini emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By akbarrino90
Yoi, setuju sama yg kalo belajar itu harus hafal, ngerti gak ngerti ya harus hafal..


Nah itu yang mesti dirobah gan, usahakan ngerti gan, memperlambat proses belajar mengajar di kelas gak papa gan yg penting agan ini bisa ngerti sengertinya gan. karena agan berhak dapetin itu.


Quote:Original Posted By bagobo
Hidup adalah sebuah jalur, jalur yang baik dan benarlah yang menjadikan kalian tampan dan dengan ilmu yang TAMPAN, jodoh dan uang akan datang dengan sendirinya

salam TAMPAN
emoticon-Cool

emoticon-Ngakak iye gan jadiin quote di pejawan ye ? emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By mvizkyna
Ane setujuh sama ente..
Kudu'a diajarin paham dlu.. bkan hafalan..
Klo paham dngan sndri'a hapal, klo hapal yah lama gk diasah lupa lg..

Edit..
--------------
Btw, atas2 ane prsaan tdi komen'a pendek2, bkan bgtu deh.. hahahhaha..


emoticon-Ngakaka nah thanks gan ude mampir disini.



Quote:Original Posted By c.volkova
mesti dirubah bray

biar negara juga ikut maju


yep bener, rubah dari lingkungan terkecil dulu gans. misal sekolah, agan bisa bilang ke guru atau staf pengajar laiinya. xixi

Quote:Original Posted By ghitsty
bener tu gan soal menghafal.. kita terpaku pada menghafal bukan memahami..
semoga kedepannya bisa jadi lebih baik

iya lebih baik kita coba belajar memahami kapan dan dimna cara menggunakan ilmu yg kita dapet. semangat


Quote:Original Posted By pfapb
Di Indonesia nilai lebih dihargai dibanding kejujuran,makanya rata-rata siswa nyontek kalo lagi ulangan emoticon-Ngacir

iya bener gan, karena mereka takut kalah dan takut salah :v agan juga contekers bukan ? xixi
Gembok
gak bisa gan
kalo ente pengen rubah hrs basmi dlu org2 tua kolot yg diatas krn mereka yg punya otoritas
intinya orang indon tuh bebal turun temurun