alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / ... / Cinta Indonesiaku /
Apa sih bedanya Pecel, Lotek, Gado Gado dan Karedok?
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56d2ad04d44f9f271c8b4569/apa-sih-bedanya-pecel-lotek-gado-gado-dan-karedok

Apa sih bedanya Pecel, Lotek, Gado Gado dan Karedok?

Sudah pernah makan 4 jenis makanan di atas belum Gan? Kalau belum kudu baca artikel ini sampe abis. Yang sudah pun juga harus baca sampe abis biar tahu keempat makanan itu bedanya dimana. Perlu diketahui bahwa keempat makanan tersebut merupakan makanan yang menggunakan bumbu kacang. Eits meskipun keempat empatnya menggunakan bumbu kacang, racikan bumbu kacangnya pun berbeda beda. Yuk simak penjelasan di bawah biar pada tahu bedanya pecel, lotek, gado gado dan karedok.

PECEL
Apa sih bedanya Pecel, Lotek, Gado Gado dan Karedok?

Pecel merupakan jenis makanan yang bahan utamanya adalah sayuran matang dan bumbu kacang. Pecel ini berasal dari mana? Dari Wikipedia dijelaskan bahwa berasal dari daerah Jawa Timur, tepatnya di daerah eks Karisidenan Madiun. Dan memang pecel yang terkenal adalah Pecel Madiun. Tahu ngga artinya pecel itu apa? Pecel adalah istilah yang ada dalam bahasa Jawa dimana dapat diartikan sebagai “tumbuk” atau “dihancurkan dengan cara ditumbuk”. Dalam makanan pecel umumnya menggunakan sayuran matang dan pelengkap seperti telur ceplok, rempeyek teri atau rempeyek kacang, tahu dan tempe bacem. Bumbu kacang untuk pecel lebih terasa aroma daun jeruknya dibandingkan dengan yang lain. Pecel biasanya disajikan “dipincuk” atau dialasi dengan daun pisang.

LOTEK
Apa sih bedanya Pecel, Lotek, Gado Gado dan Karedok?

Lotek merupakan makanan khas Jawa Barat. Lotek hampir sama dengan pecel, namun di dalam lotek sayuran wajib yang ada di dalamnya antara lain bayam, kacang panjang, kapri, daun kacang kedelai. Jika bumbu pecel lebih terasa aroma daun jeruknya, lotek lebih menonjolkan aroma kencurnya. Umumnya lotek disajikan dengan lontong, tetapi ada yang melakukan variasi lain seperti nasi, ketupat, atau dengan mie.

GADO GADO
Apa sih bedanya Pecel, Lotek, Gado Gado dan Karedok?
Gado gado juga menggunakan beberapa sayuran yang direbus, tetapi tidak semua memang direbus. Ada beberapa komponen makanan gado gado tidak direbus seperti daun kemangi, tomat dan mentimun. Gado gado menggunakan telur rebus dan kentang sebagai komponen pokoknya. Berbeda dengan lotek dan pecel tidak membuat telur rebus sebagai bahan tambahan saja. Bumbu gado gado hampir sama dengan pecel, tetapi tidak memakai daun jeruk dan terasi. Gado gado biasanya disajikan di dalam piring dengan nasi atau lontong sebagai temannya dan juga tidak lupa emping asin sebagai pelengkapnya.

KAREDOK
Apa sih bedanya Pecel, Lotek, Gado Gado dan Karedok?

Bumbu karedok sama dengan pecel atau lotek, tetapi bedanya dari ketiga makanan di atas adalah karedok menggunakan sayuran mentah. Sayuran mentah tersebut dilumuri dengan bumbu kacang yang terdiri dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi. Karedok biasanya disajikan dengan kerupuk udang atau kerupuk yang kecil kecil. Dan karedok biasanya langsung bisa dimakan tanpa ditemani dengan nasi, lontong, maupun ketupat.

Bagaimana guys, udah tahu kan bedanya pecel, lotek, gado gado, dan karedok. So, besok besok kalau makan di tempat makan khas Jawa jangan bingung apa itu lotek, pecel, gado gado maupun karedok. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa bintang, cendol sama komentarnya ya Gan!!
Sumber: cumibunting.com

emoticon-Ngakak emoticon-Matabelo emoticon-Kaskus Banget
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Yang jelas ane paling demen pecel, secara ane orang madiun asli emoticon-Cool

Gak da beda enak semua

Quote:


Yg ane tau semuanya pke sayuran and bumbu kacang
Lotek mantap gan emoticon-Smilie Gado2 juga mantap.... karedok blm pernah nyoba ane...
pecel makanan demenan ane tuh emoticon-Genit
Beda sedikit aja ya gan ternyata emoticon-Big Grin
Kalau lagi makan kadang bingung bedainnya gue emoticon-Hammer (S)

Intinya sih ketiga nya itu enak baget emang, paling sih yang banget kalo menurut gue itu yang gado gado. Mantap edan emoticon-Ngakak (S)
bumbumnya mah sama aja, sama" bumbu kacang.. kacang.. kacang.. kacang.. kacang goreng kacang rebus tinggal dipilih sesuai selera agan" emoticon-Ketupat
Ini nih mantap mantap emoticon-Cool
Ane dah nyoba pecel, gado-gado ama karedokemoticon-thumbsup
ane baru denger gan yg namanya lotekemoticon-Bingung serupa mirip ama pecel/karedok ya ganemoticon-Bingung
Ane lebih demen karedok gan lebih seger oye oye
Bener, gan. Ngga ada yang beda, enak semua, hehee.. Ane selalu tergila-gila sama bumbu pecel soalnya. Makanya makanan tersebut enak banget semua
Hahaha, emang makanannya beda-beda tipis. Intinya sayuran dikasih bumbu kacang aja. semuanya enak banget!
mantep dah emoticon-I Love Indonesia
semua nya dah pernah nyobain emoticon-Cool
oh tambahin gan rujak, sama" dari kacang tanah bumbu nya emoticon-Big Grin
Lotek bukannya nama lain karedok ya?
kalo pecel lele gimana gan??
Ada juga yg mirip2 gan, Tahu Campur, Tahu Gimbal, Kupat Tahu, sama Tahu Kupat😁
Ketoprak gan 1 lagi emoticon-Leh Uga
Btw, sama aj semua rasanya make bumbu kacang
Quote:

daun2an direbus campur ikan lele pake bumbu kacang
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

dah nyoba semuanya bre, pecel, lotek hampir sama , tapi lebih seger kredok lebih kerasa kres"nya emoticon-Wkwkwk
buat ane, ketoprak the best gan emoticon-Ngakak:
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di