alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56d1259e5c779883568b456a/terungkap-5-kesalahan-memasak-yang-hilangkan-nutrisi-ikan
Terungkap, 5 kesalahan memasak yang hilangkan nutrisi ikan
Merdeka.com - Ikan cukup dikenal dengan kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan otak. Sayangnya, dalam beberapa kasus cara mengolah ikan yang salah justru membuat kita kehilangan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Nah, untuk bisa mendapatkan manfaat ikan secara maksimal, kamu bisa menghindari kesalahan dalam mengolahnya, Untuk bisa melakukan pencegahan, tentu saja kamu harus mengetahui kesalahan tersebut terlebih dahulu.

Melansir dari thehealthsite, berikut ini merupakan 5 kesalahan yang umum dilakukan saat mengolah ikan.

1. Menyimpan ikan lebih dari seminggu

Jika kamu menyimpan ikan lebih dari seminggu atau bahkan mencapai 10 hari (meskipun disimpan di freezer), maka jangan heran jika rasa dan kualitas ikan memburuk. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengolah ikan segera setelah mendapatkannya (ikan segar). Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan semua nutrisi yang ditawarkan oleh ikan.

2. Mencuci ikan setelah dipotong

Sebagian besar orang memilih untuk mencuci ikan setelah membaginya dalam potongan kecil dan kemudian langsung menggorengnya. Tetapi, akan lebih baik jika kamu menambahkan kunyit dan garam saat mencuci ikan dengan air keran. Kedua bahan ini berperan sebagai anti-bakteri dan membantu menghilangkan kotoran serta menurunkan kadar mikroba.

3. Mengurangi paparan kimia dengan memasaknya

Banyak orang meyakini bahwa memasak ikan dapat mengurangi paparan bahan kimia yang banyak ditemukan pada ikan. Sayangnya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Environmental International menunjukkan bahwa memasak ikan bukanlah pendekatan yang efektif untuk mengurangi paparan kimia seperti perfluoroalkyl dan zat polyfluoroalkyl.

4. Perasan air lemon untuk mengurangi merkuri

The Journal of exposure analysis and environmental epidemiology mengungkapkan bahwa menambahkan perasan air lemon pada ikan tak efektif untuk menurunkan kadar merkuri pada ikan. Ini terutama setelah ikan diolah atau di masak.

5. Menggoreng ikan

Meskipun kelezatan ikan goreng cukup sulit untuk ditampikkan, tetapi sebaiknya kamu menghindari mengolah ikan dengan cara digoreng. Untuk mendapatkan manfaat ikan yang lebih maksimal, cobalah untuk mencoba berbagai varietas ikan terbaik. Selain itu, sebaiknya kamu juga menurunkan asupan garam untuk meningkatkan penyerapan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan.

Nah, setelah kamu mengetahui sederetan kesalahan tersebut, tentu kamu akan menghindarinya, kan? Semoga bermanfaat!

sumur: http://www.merdeka.com/sehat/terungk...risi-ikan.html
PERTAMAXTerungkap, 5 kesalahan memasak yang hilangkan nutrisi ikan
kata emak ane, gorengnya terlalu kering gan emoticon-Hammer2 makannya jangan kering kering walaupun enak sih yg udah garing
makan mentah aja gan biar nutrisi nya gak hilang emoticon-2 Jempol
Wah ternyata goreng ikan bisa hilangin nutrisi ikan? emoticon-Amazed
Goreng ikan ngilangin nutrisi juga, nice info gan emoticon-Big Grin
Widih
ane lebih suka daging yg dari laut daripda darat nice info nih mblo
Terungkap, 5 kesalahan memasak yang hilangkan nutrisi ikanTerungkap, 5 kesalahan memasak yang hilangkan nutrisi ikan

ane gak terlalu suka ikan gan emoticon-Malu
walaahh ane malah suka tuh digoreng keringemoticon-Ngakak
Baru tau kalo di goreng bikin hilang nutrisi
Jadi bagusnya dimakan model sushi gitu??
asal jangan terlalu mateng kali ya
mending d bakar gan,,,,,,
Bahakan ada yang tanpa dimasak lnsung makan, ga ada yang salah
Uda d masakpun masih ada yg salah
Ikan enak digoreng btw ...........udah ntu aja ...emoticon-Ngacir
di pepes aja kalo gitu sedap gan emoticon-Genit
Ane suka ikan dibakar atau dipanggang di atas wajan tanpa minyak tapi lebih suka lagi kalo di goreng sampe kriuk emoticon-Ngakak
Ane sampein dulu ke emak ane gan
oke. jadi setelah dimutilasi ga boleh dicuci tuh ikan.. noted
Olala emoticon-EEK!
Di pepes enak