alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56d0425814088d3a648b4568/penyalahgunaan-narkoba-berakibat-fatal
Penyalahgunaan Narkoba Berakibat Fatal



Penyalahgunaan Narkoba Berakibat Fatal



Penyalahgunaan Narkoba Berakibat Fatal



Bahaya mengkonsumsi Narkoba bagi pecandunya - Narkoba atau merupakan singkatan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya sekarang ini telah banyak disalahgunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama remaja. Padahal mayoritas pengguna telah mengetahui dampak buruk dari penyalahgunaan narkoba, tetapi hal tersebut tidak dihiraukan.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai dampak negatif serta bahaya penyalahgunaan narkoba, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian narkotika.

Pengertian narkotika


Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 35 tahun 2009). Narkotika digolongkan menjadi tiga golongan sebagaimana tertuang dalam lampiran 1 undang-undang tersebut. Yang termasuk jenis narkotika adalah:
Tanaman papaver, opium mentah, opium masak (candu, jicing, jicingko), opium obat, morfina, kokaina, ekgonina, tanaman ganja, dan damar ganja.
Garam-garam dan turunan-turunan dari morfina dan kokaina, serta campuran-campuran dan sediaan-sediaan yang mengandung bahan tersebut di atas.
Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku (Undang-Undang No. 5/1997). Terdapat empat golongan psikotropika menurut undang-undang tersebut, namun setelah diundangkannya UU No. 35 tahun 2009 tentang narkotika, maka psikotropika golongan I dan II dimasukkan ke dalam golongan narkotika. Dengan demikian saat ini apabila bicara masalah psikotropika hanya menyangkut psikotropika golongan III dan IV sesuai Undang-Undang No. 5/1997. Zat yang termasuk psikotropika antara lain:
Sedatin (Pil BK), Rohypnol, Magadon, Valium, Mandrax, Amfetamine, Fensiklidin, Metakualon, Metifenidat, Fenobarbital, Flunitrazepam, Ekstasi, Shabu-shabu, LSD (Lycergic Syntetic Diethylamide) dan sebagainya.
Bahan Adiktif berbahaya lainnya adalah bahan-bahan alamiah, semi sintetis maupun sintetis yang dapat dipakai sebagai pengganti morfina atau kokaina yang dapat mengganggu sistem saraf pusat, seperti:
Alkohol yang mengandung ethyl etanol, inhalen/sniffing (bahan pelarut) berupa zat organik (karbon) yang menghasilkan efek yang sama dengan yang dihasilkan oleh minuman yang beralkohol atau obat anaestetik jika aromanya diisap. Contoh: lem/perekat, aceton, ether dan sebagainya.

Sumber: id.wikipedia.org

Itulah penjelasan mengenai narkotika. Secara teknis, narkotika atau narkoba tidak berbahaya bagi kesehatan bila Anda menggunakannya pada hal-hal tertentu seperti yang disebutkan di atas (pengobatan medik). Namun bila digunakan pada hal yang salah, maka akan berdampak negatif.

Apa saja kerugian yang dapat dirasakan si pecandu? Berikut ini ulasannya.

Dampak negatif penyalahgunaan narkoba

Ada banyak sekali dampak buruk yang dialami jika narkoba dikonsumsi, diantaranya:

1. Dampak narkoba terhadap fisik dan kesehatan

✿. Gangguan pada sistem saraf (neurologis), seperti: Kejang-kejang, imajinasi, dan halusinasi.
✿. Gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler)
✿. Gangguan pada kulit (dermatologis)
✿. Gangguan pada paru-paru (pulmoner)
✿. Sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan insomnia
✿. Gangguan terhadap kesehatan reproduksi yaitu gangguan padaendokrin, seperti: penurunan fungsi hormon reproduksi (estrogen, progesteron, testosteron), serta gangguan fungsi seksual.
✿. Gangguan terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, dan amenorhoe (tidak haid)
✿. Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian, risikonya adalah tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV
✿. Bahaya narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi over dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis bisa menyebabkan kematian

2. Dampak narkoba terhadap psikologi

✿. Kerja lamban dan seroboh, sering tegang dan gelisah
✿. Hilang rasa percaya diri, apatis, pengkhayal, penuh curiga
✿. Agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal
✿. Sulit berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan
✿. Cenderung menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri

3. Dampak narkoba terhadap lingkungan sosial

✿. Gangguan mental
✿. Anti-sosial dan asusila
✿. Dikucilkan oleh lingkungan
✿. Merepotkan dan menjadi beban keluarga
✿. Pendidikan menjadi terganggu dan masa depan suram


Dan terakhir, yang paling berbahaya bila suatu saat si pecandu narkoba ingin tobat memakai narkoba, sayang sekali tapi EFEK dari pemakaian narkoba tidak bisa SEMBUH TOTAL. Jadi si pemakai tetap akan terkontaminasi dengan berbagai penyakit yang tidak dapat disembuhkan, seperti HIV.

Dampak buruk narkoba menurut jenisnya


1. Opioid

◉. Depresi berat
◉. Apatis, gugup dan gelisah
◉. Banyak tidur, rasa lelah berlebihan
◉. Malas bergerak, kejang-kejang, dan denyut jantung bertambah cepat
◉. Selalu merasa curiga, rasa gembira berlebihan, rasa harga diri meningkat
◉. Banyak bicara namun cadel, pupil mata mengecil
◉. Tekanan darah meningkat, berkeringat dingin
◉. Mual hingga muntah
◉. Luka pada sekat rongga hidung
◉. Kehilangan nafsu makan, turunnya berat badan

2. Kokain

◉. Denyut jantung bertambah cepat
◉. Gelisah, banyak bicara
◉. Rasa gembira berlebihan, rasa harga diri meningkat
◉. Kejang-kejang, pupil mata melebar
◉. Berkeringat dingin, mual hingga muntah
◉. Mudah berkelahi
◉. Pendarahan pada otak
◉. Penyumbatan pembuluh darah
◉. Pergerakan mata tidak terkendali
◉. Kekakuan otot leher

3. Ganja

◉. Mata sembab, kantung mata terlihat bengkak, merah, dan berair
◉. Sering melamun, pendengaran terganggu, selalu tertawa
◉. Terkadang cepat marah
◉. Tidak bergairah, gelisah
◉. Dehidrasi, liver
◉. Tulang gigi keropos
◉. Saraf otak dan saraf mata rusak
◉. Skizofrenia

4. Ectasy

◉. Enerjik tapi matanya sayu dan wajahnya pucat, berkeringat
◉. Sulit tidur
◉. Kerusakan saraf otak
◉. Dehidrasi
◉. Gangguan liver
◉. Tulang dan gigi keropos
◉. Tidak nafsu makan
◉. Saraf mata rusak

5. Shabu-shabu

◉. Enerjik
◉. Paranoid
◉. Sulit tidur
◉. Sulit berfikir
◉. Kerusakan saraf otak, terutama saraf pengendali pernafasan hingga merasa sesak nafas
◉. Banyak bicara
◉. Denyut jantung bertambah cepat
◉. Pendarahan otak
◉. Shock pada pembuluh darah jantung yang akan berujung pada kematian.

6. Benzodiazepin

◉. Berjalan sempoyongan
◉. Wajah kemerahan
◉. Banyak bicara tapi cadel
◉. Mudah marah
◉. Konsentrasi terganggu
◉. Kerusakan organ-organ tubuh terutama otak

Selain diatas perubahan pd wajah pelan" tapi pasti gak bisa ditawar lagi rekan" kaskuser lihat tuh mpe puas. wkwkw emoticon-Ngakak (S) emoticon-Hammer (S)

Spoiler for Picture Wajah :



Selain berdampak pada wajah juga mengubah perilaku bagi pengguna narkoba yg cenderung ingin bunuh diri. Bunuh diri seringkali dilakukan akibat putus asa, yang penyebabnya seringkali dikaitkan dengan gangguan jiwa misalnya depresi, gangguan bipolar, skizofrenia, ketergantungan alkohol/alkoholisme, atau penyalahgunaan obat hehehe sensi akibat strees berlebihan. Misalnya yang sudah terjadi adalah :

o. Tri Sanhais, 57, penghuni panti rehabilitasi narkoba, tewas gantung diri. Tri mengakhiri hidup diduga karena depresi.
o. Liputan6.com, Jakarta Tarzan menyayangkan perbuatan Tessy yang berani mengkonsumsi narkoba. Makin konyol lagi ketika Tessy ditangkap polisi, ia justru berusaha bunuh diri dengan menengguk cairan pembersih kloset.
o. Ada juga kisah Oliver Sykes "BMTH" yang hampir bunuh diri karena narkoba.
o. Rachman Kili-kili Taliak ditemukan meninggal tergantung pada kusen pintu rumah pamannya di Palembang pada 22 Februari 2007. Masalah ketergantungan narkoba (ditengarai sejak 1997) dan lama menjadi pengangguran setelah pensiun dari tinju diduga menjadi pemicu bunuh diri mantan petinju ini. Wikipedia.org
o. Begitu jg yg blm lama terjadi berikut ini kisah bunuh diri akibat ketergantungan Narkoba, silahkan tonton saja rekan". Dgn judulnya sbb :

Guy Follows Girlfriend In Suicide Jump
A young couple both drug users jump to their death,the guy follows the girl despite efforts to talk him into in from the window. Klu penasaran silahkan telusuri judul tsb.

Spoiler for Gifnya:


Mengikuti Pacar Meloncat Bunuh Diri
Pasangan muda baik pengguna narkoba melompat ke kematian mereka, orang mengikuti gadis itu meskipun upaya untuk berbicara dgn dia dari dalam jendela. Dah gak punya rasa takut krn gangguan saraf otonom, gangguan ini menyebabkan gerakan yang tidak dikehendaki melalui gerak motorik. Sehingga orang yang dalam keadaan mabuk bisa melakukan apa saja di luar kesadarannya.

Pesan sayah sebelum terjadi jangan pernah mencoba sekalipun kecuali bt pengobatan dari dokter terpercaya rekan" kaskuser, meskipun diiming imingi gratis untuk sekali dua kali, krn bakal mencandu atau ketagihan dan pabila dah sekali kecanduan, tidak mudah untuk berhenti karena sakitnya menahan sakaw disebut-sebut sama seperti digebukin orang sekampung. Jagalah lingkungan pergaulan dgn org baik baik n jauhi lingkungan orang" pengguna barang haram tsb. Dan segeralah sebelum terlambat ke panti rehabilitasi narkoba pabila dah terlanjur memakainya. Good Luck !!. emoticon-Ngakak (S) emoticon-Hammer (S)

Agan dan sista kalau berkenan silahkan berkomen disini, ane sekedar share saja n tidak mengharap apapun, yg penting bisa dinikmati dan menghibur semuanya. Sekian dan ane ucapkan terima kasihnya pd kaskuser semuanya baik yg sekedar ikut membaca maupun ikut berkomen di trit ini.. Sekian dan mohon maaf klu ane ada kesalahan baik yg disengaja maupun tidak. emoticon-Big Grin

Sumber : INDOTIPSTRICKS.NET
http://www.indotipstricks.net/2015/0...n-narkoba.html

emoticon-Ngakak Penyalahgunaan Narkoba Berakibat Fatal emoticon-Ngakak

Tambahan komen dr kaskuser :
Quote:Original Posted By thonyorz
jangan sekali kali..mendekati / mencoba barang jahanam ini.....temen ane ada yang kecanduan... kasian banget boss...harta orang tua nya ikut abisss abisan....padahal doi sendiri kerja sebagai PNS klo gajian belom turun.. PIRING pun sampai dijual demi mendapatkan barang itu...kini udah rip...kecanduan jenis putaw 8tahun ...sudah tak terhitung kerugian dari barang laknat itu, hidup tak terurus, males mandi, menyedihkan.pernah mencoba beberapa terapi tapi selalu gagal...jaga diri kalian dari narkoba..jika sudah terjerat berhenti lah agar tidak terus berada dalam lingkaran setan itu...GOD BLESS you.....emoticon-Angel


Quote:Original Posted By mr.otong9


Ane punya temen cewe gan jadi begitu juga kasian cakep padahal jadi ndak cakep lagi pas begitu mukanya ama matanya jadi agak hitem2 bebal gitu berubah banget gara2 dapet cowo ndak bener jadi ketularan emoticon-Hammer (S)

Quote:Original Posted By Buford
ane udah berhenti main gitu gituan dan udah jadi veteran barang haram sekarang.kalo ada yang ngajak lagi,nggak nggak lagi deh ya,ane jadi pilot nya aja emoticon-Smilie

pejwan gan emoticon-Cool


Yuups sip gan harus bisa melawannya. Jauhi brg sgt berbahaya itu dgn tekad menuju kehidupan yg jauh lebih baik n sehat. Inga" masa depan ditangan kita masing" jgn dirusak oleh kenikmataan sesaat yg membuat ketagihan n dah pst madesu deh. emoticon-Big Grin

emoticon-2 Jempol

mudah2 an akan banyak yg sadar setelah adanya thread ini emoticon-Mewek
mulustrasinya kurang, gan.. pas awal2 itu pusing baca kalimat kepanjangan apalagi warnanya biruemoticon-Ngacir
Fatal banget gan, jangan sampe nyentuh narkobaemoticon-Cool
serem.
panjang tritnya btw.
Quote:Original Posted By tien1965
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Ndak ada gambar DP nyah emoticon-Traveller emoticon-Big Grin
Krokodil juga serem, bisa merubah penggunanya menjadi zombie emoticon-Takut
Jadi inget lagu bang haji oma irama emoticon-Kaskus Radio
Olala emoticon-EEK!
Say no to drugs
Mukanya berubah semua emoticon-Belo
Mau gimana bentuknya pun narkoba tetap bahaya ganemoticon-Shakehand2
udah ya, jangan ada lagi yang pake ginian emoticon-Frown jangan bunuh diri juga, ngga baik buat kesehatan emoticon-Betty
narkoba, maho, pedofil, koruptor, anggota dhewan

bancat semua
Penyalahgunaan Narkoba Berakibat Fatal
Jadi inget obat CROCODILE, ALIAS OBAT BUAT GANTIIN NARKOBA. EFEKNYA NGERI emoticon-Takut
ane udah berhenti main gitu gituan dan udah jadi veteran barang haram sekarang.kalo ada yang ngajak lagi,nggak nggak lagi deh ya,ane jadi pilot nya aja emoticon-Smilie

pejwan gan emoticon-Cool
Quote:Original Posted By sendiri.terus
narkoba, maho, pedofil, koruptor, anggota dhewan

bancat semua
Penyalahgunaan Narkoba Berakibat Fatal


macam kenal je emoticon-Ngakak (S)

jauh jauh dah ama narkotika emoticon-Takut (S)
Say no to drug's emoticon-Angkat Beer
semua pengguna narkoba harus dihukum matiPenyalahgunaan Narkoba Berakibat Fatal
bangke gifnya sadis efek narkoba sampe loncat gitu emoticon-Takut

edit : gembok bre emoticon-Cool