

TS
bukastand.com
Pentingnya sebuah brand !
Wellcome Gan !
Seperti yang kita ketahui, masih banyak usaha - usaha / produk produk yang masih belum memiliki brand masing-masing, kebanyakan produk yang kita jumpai lebih menggunakan brand-brand yang terkenal daripada menggunakan brand mereka dengan membuat replika dari produk yang terkenal tersebut.
Bagi anda yang mempunyai produk, saya sarankan untuk membuat brand sendiri, jika anda ingin usaha anda berlansung untuk waktu yang lama, kenapa brand sangat penting untuk produk anda ?
Sekian gan, jika berkenan di rate atau
tapi jangan
Seperti yang kita ketahui, masih banyak usaha - usaha / produk produk yang masih belum memiliki brand masing-masing, kebanyakan produk yang kita jumpai lebih menggunakan brand-brand yang terkenal daripada menggunakan brand mereka dengan membuat replika dari produk yang terkenal tersebut.
Bagi anda yang mempunyai produk, saya sarankan untuk membuat brand sendiri, jika anda ingin usaha anda berlansung untuk waktu yang lama, kenapa brand sangat penting untuk produk anda ?
Spoiler for Why !:
Brand atau merek merupakan sebuah identitas dari perusahaan maupun identitas dari sebuah produk. Untuk menciptakan merek pilihan konsumen, tidaklah sesederhana seperti yang dibayangkan. Hal pertama yang perlu dilakukan seorang praktisi branding ialah melakukan analisis mendalam tentang produk. Sebuah brand produk akan menjadi pilihan konsumen jika brand tersebut dinilai telah sukses mempraktikkan strategi pemasaran secara terpadu atau dapat mengintegrasikan dari berbagai macam ilmu marketing. Misalnya mampu melakukan pola kolaborasi pemasaran yang konvensional dengan modern. Atau mampu mendongkrak konsumen agar mencintai terhadap sebuah produk. Dan masih banyak lagi yang lainnya. Model pemasaran yang beragam tentunya akan semakin memperkaya dan lebih mudah bisa dikenal konsumen.
Untuk membuat sebuah brand agar bisa mudah dan cepat dikenal konsumen. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti menentukan elemen brand terlebih dahulu diantaranya logo, brand, karakter perusahaan, simbol, kemasan produk, hingga slogan. Menurut pakar branding dunia, Kevin Lane Keller, berbagai elemen merek tersebut dapat dipilih yang saling berkaitan dengan sebuah brand itu sendiri. Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas agar merek bisa tampak kuat, unik, dan tentunya memberi keuntungan.
Membangun sebuah brand harus memiliki ciri khusus yang bisa mudah diingat, mudah dikenali, mempunyai arti, kaya akan visualisasi, serta yang paling penting bisa membuat konsumen begitu menjadi terkesan ketika melihat sebuah brand. Dan akhirnya mereka juga akan menjadi tertarik untuk membeli produk.
Kalau melihat beberapa merek terkenal seperti Coca-Cola, yang begitu sangat mendunia, tidaklah dibangun dalam waktu semalam atau karena faktor kebetulan.
Coca-Cola atau sering disebut Coke, merupakan merek dagang yang didaftarkan di Amerika Serikat sejak Maret 1944 sebagai The Coca-Cola Company. Minuman ini awalnya dimaksud sebagai obat paten saat diciptakan pada akhir abad 19 oleh John Pemberton. Beberapa waktu kemudian Coca-Cola dibeli oleh Asa Griggs Candler, seorang pebisnis. Dan berkat taktik marketingnya yang sangat luar biasa menjadikan Coca-Cola sebagai merek yang mendominasi pasar minuman ringan di seluruh dunia.
Coca-Cola yang merupakan produk minuman asal Amerika Serikat ini berupaya untuk selalu menampilkan autentitas kehidupan nyata. Setiap iklannya selalu menghadirkan momen yang tampak natural, dan merek berperan secara alami di dalam pesan iklan yang disampaikan. Sehingga konsumen tidak semerta-merta melihat bahwa itu sebuah produk iklan minuman ringan.
Perilaku konsumen agar menyukai terhadap sebuah produk itu, berpengaruh pada sikap psikografi. Artinya, sebuah brand seolah-olah memiliki intuisi menggiring pelanggan untuk loyal pada sebuah produk. Sekarang ini, konsumen tidak lagi sekedar menerima produk dengan deretan fungsi, tapi bagaimana meyakinkan mereka bahwa apa yang dibelinya itu menimbulkan rasa aman, percaya, dan puas.
Source :
Untuk membuat sebuah brand agar bisa mudah dan cepat dikenal konsumen. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti menentukan elemen brand terlebih dahulu diantaranya logo, brand, karakter perusahaan, simbol, kemasan produk, hingga slogan. Menurut pakar branding dunia, Kevin Lane Keller, berbagai elemen merek tersebut dapat dipilih yang saling berkaitan dengan sebuah brand itu sendiri. Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas agar merek bisa tampak kuat, unik, dan tentunya memberi keuntungan.
Membangun sebuah brand harus memiliki ciri khusus yang bisa mudah diingat, mudah dikenali, mempunyai arti, kaya akan visualisasi, serta yang paling penting bisa membuat konsumen begitu menjadi terkesan ketika melihat sebuah brand. Dan akhirnya mereka juga akan menjadi tertarik untuk membeli produk.
Kalau melihat beberapa merek terkenal seperti Coca-Cola, yang begitu sangat mendunia, tidaklah dibangun dalam waktu semalam atau karena faktor kebetulan.
Coca-Cola atau sering disebut Coke, merupakan merek dagang yang didaftarkan di Amerika Serikat sejak Maret 1944 sebagai The Coca-Cola Company. Minuman ini awalnya dimaksud sebagai obat paten saat diciptakan pada akhir abad 19 oleh John Pemberton. Beberapa waktu kemudian Coca-Cola dibeli oleh Asa Griggs Candler, seorang pebisnis. Dan berkat taktik marketingnya yang sangat luar biasa menjadikan Coca-Cola sebagai merek yang mendominasi pasar minuman ringan di seluruh dunia.
Coca-Cola yang merupakan produk minuman asal Amerika Serikat ini berupaya untuk selalu menampilkan autentitas kehidupan nyata. Setiap iklannya selalu menghadirkan momen yang tampak natural, dan merek berperan secara alami di dalam pesan iklan yang disampaikan. Sehingga konsumen tidak semerta-merta melihat bahwa itu sebuah produk iklan minuman ringan.
Perilaku konsumen agar menyukai terhadap sebuah produk itu, berpengaruh pada sikap psikografi. Artinya, sebuah brand seolah-olah memiliki intuisi menggiring pelanggan untuk loyal pada sebuah produk. Sekarang ini, konsumen tidak lagi sekedar menerima produk dengan deretan fungsi, tapi bagaimana meyakinkan mereka bahwa apa yang dibelinya itu menimbulkan rasa aman, percaya, dan puas.
Source :
Spoiler for Why !:
Sebelum mengarah pada penjelasan mengenai pentingnya sebuah brand maka perlu dijelaskan mengenai pengertian dari brand (merk) dan branding. Brand (merk) merupakan sebuah simbol atau logo yang tujuannya untuk mengidentifikasi perusahaan agar berbeda dengan perusahaan pesaing. Sedangkan branding merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan untuk membangun dan membesarkan brand agar dikenal oleh masyarakat luas.
Dari pengertian branding tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa branding itu perlu agar masyarakat luas mengenal perusahaan dan percaya bahwa perusahaan tersebut ada, bonafit dan layak dipercaya. Semakin sering melakukan branding maka masyarakat akan semakin kenal dan percaya sehingga masyarakat akan pesan produk tertentu kepada perusahaan kita daripada ke perusahaan pesaing.
Bagi yang memiliki bisnis online tentu kegiatan branding ini sangat penting karena masyarakat luas tidak dapat “melihat” perusahaan secara nyata kecuali bagi perusahaan yang memang memiliki perusahaan offline atau memang ada tokonya yang memiliki jam buka seperti Kertas Warna di kota Malang. Walaupun memiliki toko atau workshop tetapi tidak semua masyarakat dapat mampir atau melihat kami karena lokasi masyarakat yang jauh. Untuk itulah branding perlu dilakukan agar masyarakat percaya kalau kami ada, bukan perusahaan abal-abal.
Cara yang dapat dilakukan untuk branding adalah selain dengan memperbanyak dokumentasi produk pada web juga melakukan dokumentasi kegiatan seperti pameran, workshop, menjadi sponsor kegiatan tertentu dan lain-lain. Semakin banyak kegiatan maka semakin bagus tapi jangan lupa didokumentasikan dan disebarkan secara luas, melalui web misalnya. Jadi penting sekali memiliki website untuk perusahaan yang bergerak di bisnis online. Jangan lupa juga untuk mencantumkan kontak kita agar mudah dihubungi.
Source
Dari pengertian branding tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa branding itu perlu agar masyarakat luas mengenal perusahaan dan percaya bahwa perusahaan tersebut ada, bonafit dan layak dipercaya. Semakin sering melakukan branding maka masyarakat akan semakin kenal dan percaya sehingga masyarakat akan pesan produk tertentu kepada perusahaan kita daripada ke perusahaan pesaing.
Bagi yang memiliki bisnis online tentu kegiatan branding ini sangat penting karena masyarakat luas tidak dapat “melihat” perusahaan secara nyata kecuali bagi perusahaan yang memang memiliki perusahaan offline atau memang ada tokonya yang memiliki jam buka seperti Kertas Warna di kota Malang. Walaupun memiliki toko atau workshop tetapi tidak semua masyarakat dapat mampir atau melihat kami karena lokasi masyarakat yang jauh. Untuk itulah branding perlu dilakukan agar masyarakat percaya kalau kami ada, bukan perusahaan abal-abal.
Cara yang dapat dilakukan untuk branding adalah selain dengan memperbanyak dokumentasi produk pada web juga melakukan dokumentasi kegiatan seperti pameran, workshop, menjadi sponsor kegiatan tertentu dan lain-lain. Semakin banyak kegiatan maka semakin bagus tapi jangan lupa didokumentasikan dan disebarkan secara luas, melalui web misalnya. Jadi penting sekali memiliki website untuk perusahaan yang bergerak di bisnis online. Jangan lupa juga untuk mencantumkan kontak kita agar mudah dihubungi.
Source
Sekian gan, jika berkenan di rate atau



0
764
Kutip
0
Balasan


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan