CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Women’s Health /
Duh, Gejala kanker ini nih yang sering diabaikan perempuan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56b33b00620881a21b8b456c/duh-gejala-kanker-ini-nih-yang-sering-diabaikan-perempuan

Duh, Gejala kanker ini nih yang sering diabaikan perempuan

Duh, Gejala kanker ini nih yang sering diabaikan perempuan

Selamat hari kanker sedunia Gan Sis. emoticon-I Love Indonesia
Kanker emang jadi salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia karena kanker emang bisa menyerang semua bagian tubuh dan semua orang. Dan ternyata wanita lebih rentan terserang penyakit kanker Sis emoticon-Takut (S)
Nih ane kutip dari portal online


Quote:


Karena itu Sis kita juga harus jeli terhadap setiap perubahan yang tubuh kita rasakan. Tubuh perempuan emang selalu mengalami perubahan dan kadang perubahan yang kita anggap normal ternyata adalah tanda munculnya kanker. Berikut nih, gejala kanker yang perlu diwaspadai dan diperhatikan.


1. Perubahan payudara

Duh, Gejala kanker ini nih yang sering diabaikan perempuan
Kanker payudara emang jadi salah satu jenis kanker paling umum yang dialami oleh perempuan Sis. Dan jangan salah, kanker payudara ini bisa terjadi di semua usia Sis. Pertahanan paling baik selain hidup sehat adalah menemukan gejala kanker payudara sedini mungkin karena ketika masih kecil dan belum menyebar akan lebih mudah diobati.

Tapi ada perempuan yang masih belum sering memeriksa payudara secara rutin. Sista bisa mencari benjolan pada payudara untuk melihat apakah Sista betul betul terkena kanker payudara atau tidak. Benjolan pada payudara bisa saja bukan kanker, tapi jangan pernah mengabaikan Sis. Lihat perubahan lainnya misalnya kulit di sekitar payudara mengerut, puting masuk ke dalam, ada cairan keluar dari puting meski sedang tidak menyusui, atau ada tanda kemerahan di sekitar payudara.

2. Kembung

Duh, Gejala kanker ini nih yang sering diabaikan perempuan
Secara alamiah perempuan emang lebih sering kembung. Seringkali kembuh hanya dianggap sepele. Ah paling masuk angin. Ah kembung. Jangan terlalu menyepelekan Sis. kalau kembung berkepanjangan apalagi disertai penrurunan berat badan plus pendarahan mending Sista cek ke dokter deh. Kali aja kembung itu ternyata gejala dari kanker ovarium.

3. Ada pendarahan di antara siklus haid?

Udah tau belum siklus haid bulanan Sista? Coba deh lihat lagi siklus haid Sista biar bisa memantau kalau kalau ada pendarahan atau vlek di antara siklus haid. Vlek atau pendarahan yang dimaksud ini bukan bagian dari menstruasi yang belum kelar Sis tapi lebih disebabkan oleh banyak hal. Biasanya dokter akan mengecek apakah pendarahan tersebut adalah gejala dari kanker endometriosis. Buat Sista yang udah menopause apalagi. Pendarahan abis menopause bukan hal yang normal dan harus diperiksa segera.

4. Perubahan kulit

Duh, Gejala kanker ini nih yang sering diabaikan perempuan

Coba perhatikan lagi tahi lalat atau titik yang ada di permukaan kulit. Perubahan ukuran, bentuk, dan warna tahi lalat atau titik ini bisa jadi tanda kanker kulit. Langsung cek ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut deh Sis kalau emang mengalami perubahan seperti ini.

5. Darah di urine atau tinja

Coba deh langsung cek ke dokter bila Sista mendapati darah pada bagian tubuh yang secara normal biasanya tidak mengeluarkan darah ini. Apalagi jika sudah terjadi lebih dari dua hari. Gejala ini bisa saja disebabkan wasir tapi juga bisa saja merupakan tanda dari kanker usus besar.

6. Perubahan di kelenjar getah bening

Pernah menemukan kelenjar getah bening Sista bengkak dan bertambah besar? Kelenjar getah bening normalnya berukuran kecil dan berbentuk seperti kacang di seluruh tubuh Sis. Jika ada perubahan pada kelenjar ini bisa jadi disebabkan oleh infeksi, tapi juga bisa disebabkan oleh kanker leukemia dan limfoma.

7. Berat badan turun tiba-tiba

Duh, Gejala kanker ini nih yang sering diabaikan perempuan

Mungkin biasanya perempuan bakalan senang kalau berat badannya turun tanpa diet dan olahraga. Tapi jangan keburu senang Sis. waspadai jika memang berat badan SIsta turun lebih dari 5 kg dengan sendirinya. Penurunan berat badan memang bisa disebabkan oleh stress, diabetes atau gangguan tiroid. Tapi berat badan turun mendadak juga bisa dikarenakan tanda kanker pankreas atau paru Sis.

8. Kelelahan

Duh, Gejala kanker ini nih yang sering diabaikan perempuan

Sering merasa lelah? Mungkin hal ini bisa wajar kalau memang aktivitas Sista lagi segudang banyaknya. Tapi kelelahan yang berlebihan dan tak kunjung hilang juga bisa jadi tanda yang perlu diwaspadai. Apalagi jika ada gejala lain seperti darah di tinja dsb.


emoticon-Request
Yah intinya sih Sis jaga pola hidup sehat terus selalu perhatikan setiap perubahan yang kamu rasakan pada tubuh. Jangan tunggu parah tapi langsung cek ke dokter kalau ada keluhan ya

sumber
Aku sering ngerasa lelah, lemes gitu, padahal ga abis berkegiatan yang berat
Post ini telah dihapus
wah info bagus. buat lebih berhati hati utk kesehatan.
Wah harus waspada ya sist, lakukan pemeriksaan dini.. Terapkan pola hidup sehat agar terhindar dr penyakit2 mematikan emoticon-Frown
Duhh ngeri bgt sama penyakit kanker. Apapun jenis kankernya emoticon-Mewek

Karena kalau sudah divonis kanker, brpapun stadiumnya saat itu, rasanya dunia sudah runtuh
emoticon-Mewek

Semoga kita semua dijauhkan dari brbagai mcm penyakit aaaminnnn..
Quote:


Iyaaa... emoticon-Mewek
Mencegah memang lebih baik daripada mengobati... Tp untuk mencegah, juga harus rajin di deteksi dini... Dan itu yg bikin takut duluan... emoticon-Mewek
Jujur eh... Takut mau periksa, full medical check-up... Takut shock klo beneran knapa2... emoticon-Mewek emoticon-Mewek

Btw turut berduka atas meninggalnya jupe krn kanker serviks... Innalillahi wa innailaihi rojiun... emoticon-Mewek
ngeri juga kanker


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di